Sponsors Link

18 Cara Mengobati Mulut Pahit Paling Ampuh

Sponsors Link

Mulut yang pahit dapat disebabkan oleh banyak hal, contohnya seperti kebersihan mulut yang tak dijaga dengan baik. Atau, bagi Anda yang tengah mengonsumsi obat, rasanya yang pahit akan menjadikan mulut juga ikut pahit apabila ditambah dengan kurang minum air putih. Beberapa suplemen dan vitamin pun turut menjadikan mulut menjadi pahit.

ads

Vitamin dan suplemen biasanya ada yang berkandungan tinggi akan logam berat, seperti halnya kromium, tembaga, dan seng. Itulah yang dapat membuat mulut kemudian menjadi pahit. Bahkan suplemen zat besi dan kalsium juga memberikan efek yang sama pada mulut Anda. Lalu, adakah cara mengobati mulut pahit yang bisa Anda coba lakukan?

(Baca juga: penyebab lidah terasa pahit saat sakit)

1. Minum Banyak Air Putih

Mulut yang pahit terkadang dikarenakan kurang banyaknya minum air putih. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya berdampak pada persendian tubuh, keringnya tenggorokan, atau keringnya kulit. Asupan cairan yang kurang terpenuhi juga bisa saja memengaruhi bagian lidah dan mulut Anda sehingga terasa pahit.

Minumlah banyak air putih dalam sehari, yakni 8-10 gelas per harinya agar mulut tidak kering dan senantiasa terjaga kesegarannya. Tak hanya pahit, terkadang mulut juga dapat mengeluarkan bau tak sedap dikarenakan kurang minum. Dengan minum air putih, segala bentuk toksin yang bersarang di dalam mulut dan juga asam yang ada di dalam perut akan berkurang.

2. Makan Permen Mint

Bila mulut terasa pahit, maka tak ada salahnya untuk makan permen dengan rasa mint atau peppermint agar mulut terasa segar. Permen dengan rasa tersebut akan membantu supaya rasa pahit di mulut berkurang dan kemudian hilang. Anda bisa selalu sedia permen seperti ini ke manapun Anda pergi.

Tak ada salahnya untuk selalu membawa bekal permen mint di manapun Anda berada apabila memang kondisi mulut Anda cukup sering dan mudah terasa pahit. Apabila Anda tidak memiliki permen rasa mint, Anda bisa menyiapkan permen dengan rasa buah karena efeknya akan sama membantunya dengan permen mint.

(Baca juga: lidah tidak bisa merasakan rasa makanan)

3. Menyikat Gigi, Gusi dan Lidah Teratur

Karena pahitnya mulut dapat dikaitkan dengan kebersihan mulut, maka silakan untuk mulai rajin menyikat gigi. Ada sebagian orang yang sangat malas menggosok gigi dan hanya melakukan sekenanya dan secepat mungkin. Pastikan bahwa gigi yang Anda sikat sudah menyeluruh dan benar-benar pada setiap bagian.

Tak hanya itu, untuk menyempurnakan proses sikat gigi, sikatlah juga bagian lidah dan gusi Anda. Namun, hati-hatilah karena gusi yang tidak dalam kondisi sehat malah justru bisa berdarah. Sikat gigi yang benar adalah sehari 2 kali paling tidak dan setelah menyikat gigi serta lidah, otomatis akumulasi bakteri pada area tersebut akan berkurang.

4. Mengonsumsi Buah Sitrus

Jenis buah seperti jeruk atau lemon tak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan vitamin C tinggi di dalamnya. Buah sitrus yang dibuat minuman jus dapat menjadi penghilang rasa pahit di mulut. Buah lemon atau jeruk biasa diketahui memiliki kemampuan dalam memroduksi air liur.

Karena kemampuan tersebutlah maka air liur yang terproduksi lebih banyak bakal mampu menjadikan rasa pahit berkurang dan memudar. Asalkan tak mengonsumsi secara berlebihan, tak akan masalah karena bila berlebihan malah justru bisa membuat lidah terasa pahit sekali. Ingat bahwa kadar vitamin C yang bisa dikonsumsi dalam sehari hanya 1000 mg saja.

5. Menggunakan Obat Kumur

Mulut yang terasa pahit bisa coba Anda atasi dengan berkumur menggunakan obat kumur. Banyak yang sudah membuktikan bahwa obat kumur bisa membuat mulut menjadi jauh lebih segar. Ada banyak jenis obat kumur yang tersedia dan bisa dibeli dengan mudah di pasaran dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Mulut yang pahit lebih-lebih bakal dirasakan ketika Anda sakit, namun sekalipun sedang sakit, tak masalah untuk menggunakan obat kumur. Gunakanlah obat kumur setiap sehabis menyikat gigi supaya lidah dan mulut Anda menjadi jauh lebih segar. Mulut juga akan terjaga kebersihannya senantiasa dan terhindar dari adanya rasa pahit.

(Baca juga: penyebab bau mulut akut)

ads

6. Memulai Pola Makan Sehat

Memiliki pola makan yang sehat adalah salah satu cara supaya mulut Anda tak menjadi mudah pahit. Jagalah asupan makanan Anda sebaik mungkin sebagai solusi bagi mulut yang terasa begitu pahit, baik saat Anda sedang sakit atau setiap sehabis makan. Pola makan yang baik dan sehat jugalah yang menjauhkan dari gangguan pencernaan.

Saat pencernaan mengalami masalah atau terganggu, seperti halnya masalah asam lambung, maka hal ini akan dengan mudah memengaruhi mulut kita juga. Mulut bisa terasa pahit akibat pengaruh dari asam lambung tersebut. Tidak terlambat makan dan selalu makan makanan yang bernutrisi adalah contoh dari pola makan yang sehat.

7. Menggunakan Baking Soda

Meski ada bahaya baking soda yang perlu diperhatikan, bahan satu ini merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah mulut pahit. Menyikat gigi dengan baking soda ternyata adalah cara lama yang efektif untuk Anda coba. Ambil sedikit baking soda sekitar setengah sendok teh saja untuk ditambahkan ke sikat gigi Anda.

Barulah setelah itu Anda aplikasikan pasta gigi ke sikat gigi tepat di atas baking soda tadi. Setelah itu, sikatlah gigi seperti biasa beserta bagian lidah secara benar. Jangan terlalu buru-buru saat menyikat gigi, lakukanlah sekitar 2 sampai 2 ½ menit di mana sudah sekaligus dengan lidah.

8. Makan dengan Porsi Lebih Sedikit

Ada baiknya untuk membatasi porsi makan Anda setiap harinya untuk mengatasi masalah mulut pahit. Anda bisa mengonsumsi porsi makan yang sedikit-sedikit selama beberapa kali dalam sehari supaya gejala mulut pahit bisa dicegah atau diminimalisir. Lakukan secara rutin ditambah juga dengan minum air putih yang banyak, dijamin hasilnya baik.

(Baca juga: ciri asam lambung dan obatnya)

9. Menghindari Gorengan dan Makanan Pedas

Memang benar bahwa makanan pedas akan menstimulasi produksi air liur supaya lebih banyak. Namun ini bukannya menyelamatkan mulut Anda yang pahit malah justru bisa meningkatkan rasa pahit itu sendiri. Bila Anda gemar makan makanan pedas, batasilah konsumsinya secara sementara sampai mulut tak pahit lagi.

Membatasi makanan pedas sama dengan membantu Anda untuk menghambat asam lambung yang naik dan menyebabkan mulut pahit. Gangguan pencernaan pada lambung biasanya dipicu oleh makanan yang rasanya pedas. Oleh karena itulah, Anda bisa menghindari atau paling tidak membatasi agar lambung tetap sehat dan mulut juga tetap segar.

10. Mengunyah Kayu Manis

Tahukah Anda bahwa kayu manis bisa membantu mengobati masalah mulut pahit? Cukup dengan mengunyah-ngunyahnya langsung, Anda bisa mengurangi gangguan pada mulut dengan baik. Untuk takarannya, Anda bisa menggunakan kayu manis sebanyak sesendok teh saja yang bisa Anda kunyah paling tidak sehari 1-2 kali.

11. Menggunakan Antasid

Untuk mengobati masalah mulut yang pahit, Anda juga bisa menggunakan antasid yang berguna dalam menyegarkan kembali kondisi mulut pahit. Antasid sendiri bisa dibeli dengan mudah sehingga Anda bisa memperolehnya di apotek terdekat. Hanya saja, Anda perlu mengikuti aturan pakai yang tertera pada label supaya tidak berefek buruk bagi kesehatan.

(Baca juga: cara mengatasi bau mulut)

12. Menggunakan Cengkih

Selain kayu manis, Anda juga bisa memanfaatkan cengkih untuk mengobati mulut pahit. Sama seperti kayu manis, takaran yang bisa Anda pakai sebagai obat adalah sesendok teh saja. Anda bisa menggunakannya dengan menaruhnya di dalam mulut beberapa kali sehari untuk membuat mulut terasa segar kembali.

13. Menggunakan Lidah Buaya

Selain khasiat lidah buaya untuk kulit yang begitu tinggi, Anda bisa mencoba menggunakan tanaman ajaib ini untuk mengatasi mulut pahit. Cukup dengan meminum ¼ cangkir jus aloe vera setiap hari, mulut Anda akan terasa jauh lebih baik. Atau, bisa juga Anda menggunakan jus aloe vera beberapa kali sehari untuk membersihkan bagian dalam mulut.

Lidah buaya adalah tanaman yang baik dan aman untuk mengobati masalah di dalam mulut Anda sendiri. Alternatif lainnya, cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya yang diaplikasikan ke area mulut menggunakan kapas, tinggalkan di sana selama beberapa menit. Berkumurlah dengan air biasa setelah itu untuk membersihkan gelnya tadi.

(Baca juga: penyebab lidah pahit)

14. Memakai Minyak Biji Anggur

Obat alami lainnya yang bagus untuk mengatasi mulut pahit adalah minyak biji anggur. Tingginya kadar vitamin E di dalam minyak ini pun mampu menjadi penyembuh bagi setiap luka yang kemungkinan terjadi di dalam mulut Anda. Tak usah banyak-banyak, Anda cukup mengambil 1-2 tetes minyak ini untuk dioles ke bagian lidah atau area dalam mulut.

Jangan dikumuri dengan air biasa karena Anda harus meninggalkannya semalaman lebih dulu. Barulah esok paginya bisa Anda bilas bagian dalam mulut Anda menggunakan air hangat yang diikuti dengan menyikat gigi seperti biasanya. Ulangilah cara ini setiap hari setiap Anda hendak berangkat tidur.

Sponsors Link

15. Menggunakan Jahe

Mungkin Anda pernah mendengar tentang adanya efek samping jahe; namun, asalkan pemakaiannya tepat, tak akan berbahaya bagi tubuh Anda. Jahe sangat efektif dalam menstimulasi produksi air liur di dalam mulut. Itulah mengapa bila Anda memakai rempah ini, mulut akan terasa lebih segar dalam jangka waktu lebih lama.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengunyah irisan jahe kecil yang masih segar. Kunyahlah pelan-pelan dan lakukan cara ini sehari beberapa kali untuk mengatasi mulut yang pahit dan terasa kering. Atau, Anda bisa menggunakan teh jahe 2-3 cangkir yang bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya bersama madu setiap harinya. Ini adalah untuk menstimulasi kelenjar air liur agar tetap terproduksi dengan lancar.

(Baca juga: cara mengatasi lidah pahit saat sakit)

16. Menjauhi Rokok

Kebiasaan merokok juga bisa menjadikan mulut terasa pahit sekaligus kering serta tak nyaman. Semakin Anda merokok, maka akan semakin kering dan pahit pula mulut Anda. Merokok jugalah yang merupakan salah satu penghambat produksi air liur, jadi batasi atau kalau bisa hindari sama sekali.

17. Berkumur Menggunakan Air Garam

Penggunaan air garam hangat bukan hanya mampu dijadikan sebagai obat batuk saja. Anda bisa menggunakan air garam yang hangat ini sebagai obat kumur untuk mengobati masalah mulut pahit. Anda bisa dengan mudah membuatnya dan lakukan cara berkumur ini 3-4 kali dalam sehari.

18. Membatasi Kafein

Anda memiliki kebiasaan minum kopi? Tentu saja beberapa orang tak akan merasa baik ketika dalam sehari belum mengonsumsi kopi. Namun tahukah Anda bahwa kopi merupakan salah satu penyebab mulut pahit? Mulai sekarang, cobalah untuk membatasi kafein untuk mengobati mulut pahit Anda.

Bila biasanya Anda meminumnya setiap hari, belum lagi per harinya Anda mungkin meminum kopi beberapa gelas, cobalah untuk mengonsumsinya menjadi seminggu 2-3 kali atau 1 kali saja. Mulut Anda akan terasa lebih baik dan segar ketika Anda mencoba cara ini. Sambil membatasi, Anda bisa memperbanyak minum air putih untuk membantu mengembalikan kesegaran mulut.

(Baca juga: penyebab mulut terasa pahit)

Semoga cara-cara mengobati mulut pahit tersebut dapat menjadi hal yang membantu dan efektif bagi Anda. Mulut pahit bukanlah sebuah kondisi yang sulit untuk diatasi, jadi selamat mencoba salah satu atau beberapa dari cara yang sudah disebutkan tersebut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 18th, December 2016 / 19:19 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut