Sponsors Link

Kelainan Pada Proses Metabolisme Lemak – Penyebab dan Cara Mengatasi

ads

Kelainan metabolisme lemak adalah suatu kelainan yang terjadi akibat disfungsi proses penyerapan lemak yang ada dalam tubuh kita sehingga kita sukar mencerna lemak yang masuk ke dalam tubuh kita. Banyak dari kita yang belum begitu mengerti tentang kelainan metabolisme lemak ini. Berikut

ini adalah penyebab dari kelainan metabolisme lemak :

  1. Obesitas

Salah satu penyebab dari kelainan metabolisme lemak adalah obesitas atau penimbunan lemak yang berlebihan dalam tubuh kita. Dengan banyaknya lemak yang tertimbun pada tubuh kita tentu akan membuat fungsi organ yang ada dalam tubuh kita menjadi terganggu dan mulailah gangguan-gangguan penyakit akan menyerang tubuh kita. Timbunan lemak ini pun tidak bisa diremehkan karena dari sinilah bermula penyakit yang ada dalam tubuh kita. Maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa penyebab obesitas

  1. Sering mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh

Terkadang kita jarang memperhatikan makanan yang kita makan, dari kandungannya bahkan manfaatnya bagi tubuh kita. Banyak dari kita mengkonsumsi makanan hanya mementingkan dari kelezatan dari makanan tersebut bukan yang didapatkan dari makanan tersebut seperti makanan yang mengandung lemak jenuh. Efek dari sering mengkonsumsi lemak jenuh ini adalah melabolisme kita terganggu akibat lemak yang berlebihan dalam tubuh kita. Untuk memnjaga makanan yang kita konsumsi alangkah lebih baik jika kita mengetahui beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh

  1. Kurang olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang bermanfaat bagi tubuh kita selain dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh kita, olahraga juga membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh kita maka sering kita lihat bahwasanya orang yang sering olahraga selalu sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Semua itu dapat kita peroleh dengan kita melakukan olahraga secara rutin dan teratur. karena kurang olah raga bisa menyebabkan beberapa penyakit yang membat tubuh menjadi tidak fit.

  1. Merokok

Kita sudah banyak tahu bahwasnya dengan merokok maka kita telah memasukan berbagai macam racun kedalam tubuh dan merusak tubuh kita dengan benda tersebut. Selain itu ternyata salah satu kerugian kita mengkonsumsi rokok adalah terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh kita sehingga memperlambat tubuh kita dalam memproses penyerapan lemak yang hasil dari pencernaan kita. Dengan melambatnya proses penyerapan dalam tubuh kita maka akan terjadi gangguan-gangguan dalam tubuh kita. Tidak hanya itu saja ternyata merokok juga dapat menyebabkan beberapa macam macam penyakit akibat merokok.

  1. Meminum alkhohol

Alkhohol juga merupakan salah satu yang merugikan tubuh kita apabila kita mengkonsumsinya. Dengan kita mengkonsumsi alkhohol maka akan menyebabkan pembuluh darah kita menjadi menyempit dan asupan seperti lemak akan sulit terlewati maka terjadilah penimbunan lemak dalam tubuh kita. ketika penimbunan lemak dalam tubuh kita terjadi maka terjadi pula kelainan metabolisme akibat lemak yang ada dalam tubuh kita. Selain menyebabkan kelainan pada metabolisme tubuh kita ternyata meminum alkohol juga memiliki efek bahaya alkohol untuk kesehatan dan kehidupan sosial

gejala akibat kelainan metabolisme lemak

  1. Kebiasaan tidur mendengkur
Sponsors Link

Salah satu gejala yang dialami oleh orang yang menderita kelainan metabolisme lemak adalah kebiasaan tidur mendengkur. Hal ini terjadi karena pernafasan saat kita sedang tidur menjadi terganggu akibat kelainan ini maka mengakibatkan tidur menjadi mendengkur.Namun kita tidak bisa menetapkan bahwa orang yang tidurnya mendengkur selalu mengalami kelainan metabolisme lemak ini hanya gejala yang terlihat saja. untuk itu penting untuk kita mengetahui beberapa cara mencegah mendengkur saat tidur.

  1. Susah tidur

Orang yang mengalami kelainan metabolisme lemak juga akan mempunyai gejala susah tidur. Tentu setiap orang membutuhkan istirahat untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit dan sehat. Namun bagi orang yang mengalami kesulitan tidur maka akan membuat tubuh menjadi kelelahan dan daya tahan tubuh kita akan menurun sehingga tubuh kita akan terserang berbagai macam penyakit. Maka dari itu kita juga harus mengetahui beberapa cara mengatasi susah tidur pada malam hari. Agar kesehatan kita juga akan tetap terjaga.

  1. Nyeri pada punggung atau sendi

Ketika tubuh kita mengalami kelainan metabolisme lemak maka tubuh kita akan mengalami disfungsi dalam proses penyerapan lemak sehingga lemak tersebut akan tertimbun dalam tubuh kita dan menyebabkan berbagai gejala yang ada seperti nyeri pada punggung atau sendi. Hal ini sangat wajar terjadi pada orang yang mengalami kelainan metabolisme lemak akibat dari gaya hidup yang kurang sehat atau berbagai aktifitas yang kurang tepat bagi tubuh kita.

  1. Sulit bernafas

Sulit bernafas juga merupakan salah satu gejala yang dialami oleh orang yang mengalami kelainan metabolisme lemak. Dikarenakan lemak tubuh yang tertimbun dalam tubuh kita sehingga akan mengakibatkan kita kesulitan bernafas sehingga akan menggangu proses penyerapan oksigen dalam tubuh kita, dengan kurangnya penyerapan oksigen bagi tubuh kita maka akan memperlambat pula proses penyerapan asupan bagi kebutuhan tubuh kita. Untuk itu alangkah lebih baik jika kita mengetahui cara mencegah sesak nafas secara alami.

  1. Depresi

sponsored links
Selain gelaja fisik yang terjadi bagi tubuh kita akibat kelainan metabolisme lemak yaitu ada gangguan psikis seperti terjadinya depresi yang berkenjangan. Ketika kita mengalami depresi maka daya tahan tubuh kita akan menurun sehingga kita mudah terserang penyakit dan berbagai macam radikal bebas dari luar lingkungan kita. tentu penting bagi kita untuk mempertahankan daya tahan tubuh kita agar hidup kita selalu sehat dan maksimal dalam melakukan berbagai aktifitas yang ada. untuk itu alangkah lebih baik jika kita mengetahui ciri-ciri depresi ringan dan bahaya depresi agar kita bisa lebih waspada.

cara mengatasi metabolisme lemak

  1. Sering melakukan aktifitas fisik secara teratur

Orang yang mengalami kelainan metabolisme lemak pasti akan terganggu dengan gejala-gejala yang timbul akibat kelainan tersebut. salah satu cara mengatasi dari berbagai gejala ini adalah dengan sering melakukan aktifitas fisik seperti olahraga secara teratur. Dengan kita melakukan olahraga secara teratur maka dapat membakar timbunan lemak yang ada dalam tubuh kita sehingga mengurangi dan mengatur lemak yang ada dalam tubuh kita.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak

Selain melakukan aktifitas fisik seperti olahraga, kita juga dapat mengatur asupan yang kita makan agar terjadi keseimbangan dalam tubuh kita seperti menjaga asupan kita menjadi asupan yang sehat dan rendah lemak. Dengan kita menjaga asupan yang kita makan maka akan mengatur apa yang sedang kita konsumsi yang baik maupun sehat bagi tubuh kita. Menjaga asupan bagi tubuh kita memang tidaklah mudah mengingat berbagai makanan yang ada di sekitar kita banyak yang mengandung bahaya bagi tubuh kita.

  1. Menjaga berat badan

Salah satu indikator hidup kita sehat adalah berat badan yang ideal. Dengan kita memiliki berat badan yang ideal maka akan terjadi keseimbangan asupan maupun gizi dalam tubuh kita sehingga terciptalah pola hidup yang sehat dan baik bagi kita. Dalam menjaga berat badan kita harus memperhatikan asupan dan gizi yang masuk kedalam tubuh kita agar kita dapat mengatur serta menjaga berat badan kita. anda dapat mengetahui ideal tidaknya berat badan anda melalui kalkulator berat badan ideal

  1. Kebiasaan gaya hidup sehat

Semua orang akan mudah terserang penyakit dan berbagai gangguan yang ada akibat gaya hidup yang tidak sehat. Semua bermula dengan gaya hidup yang tidak sehat kemudian mulailah terserang penyakit dan akhirnya tubuh kita mudah terserang penyakit. Padahal ketika kita menjalankan gaya hidup yang sehat akan membuat hidup kita menjadi sehat dan terbebas dari gangguan maupun penyakit yang ada.

  1. Menghindari stress

Salah satu yang menyebabkan kita mudah terserang penyakit adalah kita mudah stress dengan berbagai aktifitas yang kita lakukan. Ketika kita sedang mengalami stress tentu daya tahan tubuh kita akan segera menurun maka kita mudah terserang penyakit dan berbagai radikal bebas yang ada. Tak jarang pula orang yang merasakan stress langsung akan merasakan dampaknya bagi tubuh seperti lemas dan lunglai. Dengan pengetahuan tentang kelainan metabolisme lemak maka akan semakin menyadari kita tentang menjaga pola hidup dan asupan yang kita makan sehingga terciptanya hidup yang baik bagi kita semua.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 08th, July 2016 / 10:45 Oleh :