Sponsors Link

20 Cara Mengobati Luka Memar secara Alami

Sponsors Link

Luka memar terkadang bisa menjadi masalah, khususnya bagi para wanita karena luka memar yang berwarna merah keunguan atau kebiruan dapat menurunkan rasa percaya diri. Hal ini dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang apabila luka memar tersebut terletak di area tubuh yang kelihatan oleh orang lain. Lalu, apa kiranya cara mengobati luka memar yang baik dan aman?

ads

(Baca juga: pertolongan pertama benturan kepala)

1. Gunakan Cuka Sari Apel

Untuk mengatasi luka memar, Anda bisa menggunakan cuka sari apel meski memang bahan alami ini biasanya lebih digunakan untuk mengobati penyakit dalam, seperti darah tinggi dan jenis-jenis penyakit jantung. Anda dapat memanfaatkan obat alami ini sebagai obat oles mujarab.

  • Caranya: Silakan sediakan cuka sari apel secukupnya yang Anda bisa campurkan bersama sedikit air, lalu ambil handuk atau kain bersih. Celupkan handuk atau kain tersebut pada larutan cuka sari apel untuk kemudian dikompreskan atau ditempelkan ke area yang terkena luka memar. Lakukan selama kira-kira 10 menit untuk hasil yang terbaik.

2. Kompres Dingin

Pasti setiap orang memiliki stok es batu di rumah, namun bila tidak pun Anda bisa langsung membuatnya dengan mudah. Es akan memberikan rasa adem yang menyenangkan dan merilekskan untuk bagian luka memar Anda, jadi sah-sah saja untuk dicoba.

  • Caranya: Sediakan kain atau plastik untuk membungkus es-es batu yang Anda ambil. Tempelkanlah ke bagian kulit Anda yang memar selama kurang lebih 15 menit tiap jam. Namun pastikan es batu ini tidak secara langsung menempel pada kulit. Gunakan cara ini beberapa hari pertama dari waktu luka memar itu muncul. Pembengkakan dan peradangan akan berkurang dan luka memar tersebut bakal sembuh lebih cepat.

(Baca juga: tanda-tanda gegar otak yang berbahaya)

3. Kompres Hangat

Gunakan kompres hangat di hari kedua Anda mengalami luka memar dan setelah di hari pertamanya Anda memakai kompres dingin dengan es batu. Ketika dengan pemberian es radang akhirnya bisa berkurang, kompres hangat sangat diperlukan sebagai cara perawatan lanjutannya. Ini karena proses kompres hangat mampu membuat aliran darah meningkat ke jaringan serta mendukung proses penyembuhan supaya lebih cepat.

4. Menjemur Luka Memar

Mungkin Anda merasa cukup asing dengan cara seperti ini, yakni menjemur bagian luka memar tepat di bawah paparan cahaya matahari. Selain baik untuk tubuh Anda dalam mendapatkan asupan vitamin D, menjemur luka memar selama 10-15 menit akan sangat membantu dalam penghancuran bilirubin.

Justru radiasi dari sinar UV-lah yang sangat berguna dan bisa Anda manfaatkan untuk proses penghancuran tersebut. Nantinya, luka memar yang dijemur akan berubah warna menjadi lebih kuning dan proses penyembuhan pun bakal lebih cepat. Luka memar lama-kelamaan akan memudar dan menghilang sebagai tanda bahwa luka sudah sembuh.

5. Konsumsi Pepaya

Bila biasanya pepaya adalah bahan atau buah yang mampu mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan BAB, pepaya sebagai buah yang mengandung kalsium tinggi ini juga bagus untuk mengobati luka memar. Ini karena pada buah berwarna oranye ini terdapat bromelain yang merupakan enzim digesti.

Bromelain itulah yang menjadi senyawa untuk menghancurkan protein pemicu cairan darah terjebak di dalam jaringan tubuh Anda. Mengonsumsi pepaya secara sering atau setiap hari selama Anda mengalami luka memar akan sangat bermanfaat. Anda akan dapat membuktikan bahwa luka memar tersebut akan cepat memudar secara alami tanpa efek samping dengan pengobatan dari dalam.

(Baca juga: bahaya kekurangan trombosit)

6. Konsumsi Nanas

Selain buah pepaya, nanas juga bisa Anda konsumsi setiap hari karena memiliki enzim yang sama di dalamnya. Bromelain di dalam buah nanas juga tinggi sehingga tubuh Anda dapat menyerap lebih banyak bromelain. Dengan bromelain yang didapat tubuh secara lebih, luka memar pun akan dengan cepat memudar.

7. Konsumsi Ekstrak Bilberry

Karena ada kandungan tinggi akan antosianin di dalam ekstrak bilberry, ini menjadikan bahan ini lebih terpercaya dalam mengatasi masalah luka memar. Kandungan tersebutlah yang akan membantu tubuh untuk mengubah serta mengurangi warna pada luka memar. Dengan membuat pembuluh darah kapiler lebih kuat dan membuat kolagen lebih stabil, ekstrak bilberry ini bisa mengobati luka memar Anda secara sempurna.

ads

8. Pakai Kulit Pisang

Seperti yang kita tahu, pisang adalah buah yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral sehingga kerap dimasukkan di dalam menu tips diet sehat. Dalam mengobati luka memar ternyata buah berwarna kuning ini juga handal. Setelah menikmati buahnya, jangan buang kulitnya dulu karena Anda pasti membutuhkannya untuk digosok-gosokkan ke bagian yang terluka dan memar.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat kering)

9. Gunakan Minyak Witch Hazel

Anda pasti pernah mendengar atau menggunakan minyak witch hazel ini, dan rupanya salah satu manfaat minyak ini adalah mengobati luka memar. Ingat bahwa witch hazel ini mampu membuat proses penyembuhan jauh lebih cepat dengan mengurangi risiko peradangan. Minyak ini bisa secara sederhana digunakan dengan mengaplikasikannya langsung ke bagian luka memar dan biarkan selama beberapa jam. Lakukan pengobatan ini sehari 1 kali saja setiap hari sampai memar menghilang.

10. Manfaatkan Akar Comfrey

Apakah Anda tahu dan familiar dengan akar comfrey? Bila ya, Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini sebagai obat luka memar tradisional.

  • Caranya: Cukup sediakan akar comfrey secukupnya untuk Anda bersihkan lalu haluskan dengan menambahkan sedikit air supaya membentuk adonan pasta. Pasta ini bisa Anda oles langsung ke area kulit yang terluka memar sehari 1 kali saja setiap hari.
  • Alternatif: Akar comfrey ini tak hanya bisa dijadikan pasta saja, tapi Anda juga dapat meramunya menjadi teh akar comfrey. Ambil bola kapas untuk Anda rendam dalam teh tersebut, lalu usap-usapkanlah kapas tersebut ke luka memar Anda sehari 1 kali saja sampai luka menghilang.

11. Pakai Cabe Rawit

Kalau biasanya cabe rawit Anda gunakan untuk melengkapi santapan Anda setiap harinya karena Anda adalah pecinta rasa pedas, kali ini cabe rawit dapat dimanfaatkan untuk tujuan berbeda. Cabe rawit yang sudah ditumbuk atau dihaluskan bisa Anda masukkan dan campurkan pada body lotion milik Anda. Oles campuran tersebut langsung ke bagian yang memar dan tunggu selama beberapa jam; lakukan metode pengobatan ini sehari sekali setiap hari.

(Baca juga: cara mengobati luka tersiram air panas)

12.Konsumsi Jahe

Meskipun ada efek samping jahe untuk kesehatan, nyatanya khasiat dari jahe ini sudah begitu terbukti tanpa membahayakan pengonsumsinya. Karena ada sifat anti-inflamasi di dalam jahe, maka rempah ini baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

  • Caranya: Dalam menyembuhkan luka memar, silakan Anda siapkan jahe secukupnya untuk kemudian cincang-cincang. Rendamlah cincangan jahe tersebut ke dalam air panas beberapa menit saja sebelum dikonsumsi.
  • Alternatif: Selain bisa dikonsumsi dan mengobati luka memar dari dalam, jahe pun dapat menjadi bahan efektif untuk mengoleskannya ke luka memar dari luar. Jahe yang sudah dihaluskan dapat Anda balurkan ke kulit yang kelihatan ada luka memarnya secara rutin.

13. Gunakan Peterseli

Seperti halnya jahe, peterseli juga mengandung sifat antiradang sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai obat ampuh bagi luka memar. Hanya dengan menghaluskannya, obat ini bisa langsung Anda oles ke bagian luka. Hasil hilangnya luka memar bakal jauh lebih cepat dan efektif dengan obat alami sederhana satu ini.

14. Manfaatkan Vitamin C

Gunakanlah vitamin C untuk mengatasi masalah luka memar Anda baik itu dari dalam maupun dari luar. Bila Anda memilih cara dari dalam, pengobatan bisa dilakukan sederhana dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi. Contoh makanan yang dimaksud adalah ubi, paprika, mangga, jeruk dan brokoli.

Bila ingin mengobati dari luar, ada cara yang juga cukup simpel, yakni dengan menghancurkan vitamin C dalam bentuk tablet. Setelah itu campur bersama air secukupnya supaya tekstur pastanya bisa didapat. Pasta dari vitamin C inilah yang bisa Anda oles ke bagian luka memar dan tunggu hingga mengering sebelum dibasuh dengan air biasa.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka di wajah)

15. Pakai Bawang Merah

Anda bisa memakai bumbu dapur satu ini tanpa harus khawatir tentang efek samping bawang merah. Cukup dengan membelah sesiung bawang merah menjadi dua, bagian dalamnya dapat langsung digunakan untuk dioles ke luka memar Anda. Lakukan cara ini secara rutin agar cepat sembuh dan memar cepat hilang.

Sponsors Link

16. Pakai Bawang Putih

Walau disebut-sebut ada bahaya bawang putih mentah, bumbu dapur yang wajib untuk hampir seluruh masakan ini rupanya bisa dijadikan obat luka memar alami. Cukup dengan memakan bawang putih mentah 2 siung saja setiap hari, ini akan memulihkan dan memudarkan memar dari dalam dengan cepat berkat sifat antibiotiknya.

17. Pakai Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit tak hanya sekadar melembutkan, melembabkan apalagi mencerahkannya. Jika Anda memiliki luka memar dan ingin memudarkan memar tersebut, silakan gunakan tanaman serbaguna ini dengan menerapkan gelnya langsung ke kulit memar Anda. Kandungan baik pada lidah buaya bakal membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

(Baca juga: obat luka bernanah)

18. Pakai Minyak Lavender

Untuk mengatasi luka memar, Anda bisa memanfaatkan pula minyak lavender beberapa tetes saja. Campurkan dengan air dingin, lalu celupkanlah kain atau handuk tipis bersih ke dalam larutan tersebut. Usapkan langsung ke area memar karena minyak ini bermanfaat dalam mengurangi potensi pembengkakan.

19. Pijat Lembut

Dalam mengobati luka memar, khususnya secara alami, Anda juga dapat memberi pijatan ringan dan lembut di bagian yang memar tersebut. Pakai ibu jari tangan Anda untuk memijat-mijatnya dengan gerakan memutar seperti biasa. Tujuan dari pemijatan dengan teknik ini adalah untuk mengaktivasi proses limfatik. Dengan demikian, tubuh bakal bekerja dan mengupayakan untuk memudarkan luka memar secara sendirinya.

20. Angkat Bagian yang Terluka Memar

Kalau bagian tubuh Anda yang terkena luka memar adalah bagian yang gampang diangkat, seperti bagian kaki dan tangan, Anda dapat mengangkatnya sampai posisinya tepat berada di atas jantung. Ini supaya aliran darah menuju luka dapat berkurang karena dengan demikian risiko peradangan juga bisa berkurang.

Dengan cara ini jugalah Anda bisa membuat darah yang mengalir menuju luka berkurang pula dan menjadikan warna memar menghilang secara berangsur. Tepat setelah luka memar muncul, langsung gunakan cara ini apabila memang memungkinkan supaya memar cepat hilang dan sembuh total.

(Baca juga: pertolongan pertama terkena knalpot)

Jadi, kira-kira manakah cara mengobati luka memar yang ingin Anda coba saat ini? Seluruh cara alami tersebut bisa secara efektif menyembuhkan dan menghilangkan memar tanpa efek samping berbahaya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 15:43 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kulit