11 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Secara Alami

Kapalan merupakan penebalan kulit yang bisa muncul pada kaki, tumit, tangan, atau jari, dan pada beberapa kasus bisa menyebabkan rasa sakit ketika digunakan untuk berjalan atau beraktivitas. Kapalan muncul karena adanya gesekan atau tekanan yang berlebihan pada kulit. Kulit yang mengalami kapalan biasanya akan memiliki tingkat sensitivitas yang menurun ketika disentuh. Kapalan yang muncul pada telapak tangan biasanya akan menyebabkan rasa nyaman bahkan menyebabkan tingkat kepercayaan diri menurun karena kulit tangan yang tidak halus. (Baca juga : cara menghilangkan kapalan di kaki)

Penyebab Kapalan Di Tangan

Kapalan yang muncul pada telapak tangan biasanya disebabkan oleh berbagai hal, seperti terlalu sering bermain gitar, menabuh drum, memegang raket atau pemukul, sering melakukan pekerjaan berat atau kasar, dan lain sebagainya. Resiko untuk munculnya kapalan akan semakin meningkat ketika seseorang memiliki berat badan berlebih sehingga menyebabkan adanya tekanan yang lebih besar ketika melakukan berbagai aktivitas.

Akan tetapi, pada beberapa kasus kapalan juga bisa muncul karena pengaruh jenis kulit seseorang. Orang-orang yang sudah berusia lanjut biasanya juga memiliki kapalan di tangan atau area kulit lainnya sebab jaringan lemak pada kulit mereka sudah banyak berkurang. Pada beberapa kasus, kapalan juga bisa menjadi tanda adanya kelainan bentuk tulang. (Baca juga : kelainan tulang belakang)

Adanya kapalan di telapak tangan seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan terkadang bisa menyebabkan rasa sakit ketika ditekan. Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa metode berikut ini untuk menghilangkan kapalan yang ada di telapak tangan secara efektif.

1. Rendam di dalam Air Hangat

Metode menghilangkan kapalan yang pertama adalah dengan merendam tangan di dalam air hangat. Rendamlah tangan Anda yang terkena kapalan di dalam air hangat selama 10 menit. Jika kapalan yang ada di tangan Anda sangat kasar, maka Anda bisa menambahkan cuka apel agar memperoleh hasil yang lebih efektif. Setelah direndam selama 10 menit, gosoklah area kulit yang terkena kapalan menggunakan batu apung. Sebelum menggunakan batu apung, Anda harus memastikan bahwa batu apung yang Anda gunakan benar-benar bersih sehingga tidak menyebabkan infeksi pada kulit.

Jangan menggosok area kapalan terlalu keras. Jika kulit kapalan sudah mengelupas atau sudah terasa sakit ketika Anda menggosok kulit maka segera hentikan gosokan yang sedang Anda lakukan. Untuk menambahkan rasa nyaman, Anda juga bisa menambahkan minyak untuk mandi atau bahkan teh ke dalam air hangat sebagai aroma terapi. Setelah metode tersebut selesai, segera keringkan kulit menggunakan handuk. Metode tersebut cukup efektif untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit tangan kapalan.

(Baca juga: bahaya mandi air hangat)

2. Gunakan Lotion

Setelah proses menghilangkan kapalan menggunakan air hangat dan juga batu apung selesai Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa menggunakan lotion untuk mencegah kapalan muncul kembali. Penggunaan lotion tersebut bisa Anda lakukan setelah selesai mengeringkan tangan yang baru saja dibersihkan dari kapalan. Pemberian lotion pada telapak tangan yang terkena kapalan bertujuan untuk menjaga kelembaban ekstra sehingga munculnya kapalan bisa dicegah.

Selain itu kebutuhan nutrisi kulit juga terpenuhi. Jika Anda hendak pergi tidur, anda bisa menggunakan sarung tangan untuk menjaga kelembaban lotion di tangan. Anda bisa mengulangi langkah nomor 1 dan nomor 2 ini setiap satu minggu sekali. Untuk mencegah munculnya kembali kapalan, Anda sebaiknya menggunakan lotion setiap sesudah mandi. Bila perlu gunakanlah krim yang sifatnya lebih pekat untuk memperoleh hasil yang terbaik.


3. Gunakan Tablet Aspirin

Ternyata aspirin tidak hanya berguna untuk mengencerkan darah saja. Tablet aspirin ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk cara menghilangkan kapalan di tangan. Caranya cukup mudah. Anda cukup menyediakan 5 tablet aspirin, kemudian haluskan 5 tablet aspirin tersebut. Campurkan tablet aspirin yang sudah dihaluskan menggunakan satu setengah sendok teh air perasan jeruk lemon dan air. Setelah tercampur rata, bubuhkan ramuan tersebut pada area kulit yang terkena kapalan.

Bungkus menggunakan handuk hangat dan tutupi menggunakan kantong plastik. Diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, angkat penutup kulit kemudian gosok kulit yang terkena kapalan menggunakan batu apung.  Penggunaan tablet aspirin ini tentu saja diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat alergi terhadap aspirin. Bagi Anda yang alergi aspirin atau menderita diabetes sebaiknya tidak menggunakan metode ini.

4. Gunakan Soda Kue

Cara menghilangkan kapalan pada telapak tangan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan soda kue. Caranya sebenarnya masih menggunakan metode nomor 1, sebab cara paling efektif untuk menghilangkan kapalan adalah dengan merendam kulit yang terkena kapalan di dalam air hangat. Untuk meningkatkan keberhasilan dan juga mempercepat proses penyembuhan kulit, Anda bisa menambahkan soda kue ke dalam air hangat yang digunakan untuk merendam kulit.

Anda cukup menambahkan 3 sendok makan soda kue ke dalam satu baskom air hangat. Kemudian, rendam tangan yang terkena kapalan. Cara tersebut sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kapalan. Perlu Anda tahu, soda kue memiliki pH 9 yang artinya bersifat basa. Sifat basa dari soda kue itulah yang menyebabkan pelindung kulit (kapalan) lebih mudah terkelupas. Selain memanfaatkan air hangat, anda juga bisa membersihkan kapalan menggunakan pasta soda kue.

Caranya, cukup mencampurkan soda kue dengan air, dengan perbandingan jumlah soda kue dengan air adalah 3 banding 1. Setelah berbentuk pasta, gunakanlah pasta soda kue tersebut untuk menggosok area kulit yang kapalan.

5. Gunakan Teh Kamomil

Teh kamomil ternyata memiliki efek yang sama seperti soda kue, yakni bisa melembutkan kulit dan juga mengubah pH kulit sehingga kapalan bisa dengan mudah dikelupas. Cara memanfaatkan teh kamomil untuk menghilangkan kapalan adalah dengan menambahkan teh kamomil ke dalam air hangat. Kemudian, rendam tangan Anda selama 10 menit. Gunakan batu apung untuk menggosok area kulit yang terkena kapalan. Teh kamomil mungkin akan meninggalkan noda bekas pada kulit tangan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab noda tersebut bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan sabun.

6. Gunakan Tepung Maizena

Bahan yang satu ini labih sering digunakan untuk membuat kue atau berbagai jenis makanan lainnya. Namun kali ini kita akan memanfaatkan tepung maizena untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan. Penggunaan tepung maizena ini sebenarnya bukan bertujuan untuk menghilangkan kapalan di kulit Anda. Tetapi, kapalan bisa memicu kulit menjadi kering, pecah-pecah, dan terinfeksi oleh jamur. Dengan menaburkan tepung maizena pada kulit yang terkena kapalan, kulit akan lebih terasa nyaman, mencegah dari resiko pecah-pecah, dan juga mencegah adanya infeksi jamur.

(Baca juga: penyebab kaki pecah-pecah dan cara mengatasinyacara mengobati kaki pecah-pecah)

7. Gunakan Cuka

Penggunaan cuka untuk cara menghilangkan kapalan di tangan sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mencampurkannya bersama air hagat seperti metode nomor 1. Namun, Anda juga bisa menggunakan metode lain meskipun masih menggunakan bahan yang sama. Caranya, basahi kapas menggunakan cuka biasa atau cuka apel. Tempelkan kapas basah tersebut pada kulit yang terkena kapalan. Diamkan selama satu malam. Pagi harinya Anda bisa menggosok area kulit yang terkena kapalan menggunakan batu apung.

Untuk mencegah kulit terkena iritasi, sebaiknya Anda menempelkan kapas pada kulit yang terkena kapalan saja. Area kulit normal yang terkena cuka bisa saja terkena iritasi oleh cuka, apalagi bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Penggunaan cuka ini sebaiknya anda pertimbangkan, terutama bagi yang memiliki jenis kulit sensitif. Bagi Anda yang menderita diabetes sebaiknya tidak menggunakan metode ini.

8. Gunakan Kulit Nanas

Kulit nanas merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan. Nanas kaya akan kandungan vitamin C yang efektif untuk menghilangkan kapalan sekaligus menutrisi kulit sehingga kulit lebih halus dan lembab. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, nanas juga mengandung sejenis enzim tertentu yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati pada kapalan. Untuk menghilangkan kapalan, Anda cukup menempelkan potongan kulit nanas pada kulit tangan yang terkena kapalan. Bungkus menggunakan kain bersih kemudian diamkan selama satu malam. Lakukan metode tersebut setiap malam selama satu minggu untuk mempercepat proses pengelupasan kapalan dari kulit.

9. Gunakan Kopi dan Minyak Zaitun

Campuran antara kopi dan juga minyak zaitun bisa Anda gunakan sebagai scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kapalan. Bahan alami tersebut relatif aman untuk menghilangkan penebalan kulit pada telapak tangan Anda. Selain efektif untuk menghilangkan kapalan, kandungan nutrisi dalam minyak zaitun, seperti vitamin E sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit, menjaga kelemababan kulit, dan juga membuat kulit enjadi lebih halus. Jadi Anda tidak perlu menggunakan bahan scrub yang dijual bebas di pasaran, Anda cukup menggunakan kedua jenis bahan alami tersebut.

(Baca juga: kopi bagi penderita asam uratkopi bagi penderita maagbahaya kopi bagi kesehatan)

10. Gunakan Cengkeh dan Air Lemon

Untuk menipiskan kulit kapalan, Anda cukup mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan cengkeh. Diamkan campuran keduanya selama 15 menit. Kemudian, gunakan campuran air tersebut untuk digosokkan pada kulit yang terkena kapalan. Lakukan metode tersebut setiap hari hingga kulit kapalan Anda semakin tipis.

11. Gunakan Cuka dan Bawang Putih

Haluskan bawang putih kemudian berikan beberapa tetes cuka pada bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah itu, keringkan campurkan bawang putih dan cuka tersebut di bawah sinar matahari. Setelah kering, Anda bisa menggunakan ramuan tersebut untuk dipoleskan ke area telapak tangan yang terkena kapalan. Untuk hasil yang lebih efektif, gunakan metode tersebut setiap menjelang tidur. Bersihkan keesokan paginya saat Anda bangun tidur.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentahefek samping bawang putih)

Tips Untuk Menghilangkan Tangan Kapalan

Untuk menghilangkan kapalan secara efektif dari telapak tangan, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes, Anda sebaiknya melakukan perawatan ekstra dan juga lebih hati-hati dalam menangani kapalan pada telapak tangan maupun pada area kulit lainnya. Proses pengelupasan kapalan bisa menyebabkan luka. Luka tersebut meskipun hanya luka kecil bisa menyebabkan infeksi dan sulit untuk disembuhkan jika Anda terkena diabetes.
  • Ada baiknya Anda memstikan air yang Anda gunakan untuk merendam kapalan tidak mengandung klorin atau zat kimia lainnya. Klorin ataupun zat kimia yang terkandung di dalam air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan mudah terkena iritasi.
  • Akan lebih aman jika Anda menggunakan air mineral biasa.

Selain beberapa metode di atas, kapalan juga bisa dihilangkan dengan metode medis, yakni:

  • Pemotongan kulit keras, cara ini akan dilakukan dokter untuk menurunkan tekanan pada jaringan di bawah kulit keras (kapalan) tersebut.
  • Menggunakan plester anti kapalan. Plester yang digunakan adalah plester yang mengandung asam salisilat yang efektif untuk menghilangkan kapalan. Metode ini dilakukan dengan petunjuk dokter. Dokter akan menentukan seberapa lama Anda harus menmpelkan plester salisilat tersebut.
  • Menggunakan salep antibiotik. Salep antibiotik tersebut sebenarnya bukan digunakan untuk menghilangkan kapalan, melainkan digunakan untuk mencegah infeksi pada aea kulit yang terkena kapalan. Kulit yang terkena kapalan sangat rentan terkena luka sehingga mudah terkena infeksi.
  • Operasi, metode ini biasanya tidak pernah digunakan. Dokter bisa saja menyarankan metode operasi untuk memperbaiki posisi atau struktur tulang yang selama ini menyebabkan kapalan.

Itulah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan, baik secara alami maupun melalui petunjuk dari dokter. Pertimbangkan kondisi kesehatan Anda sebelum melakukan tindakan untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan Anda.

, , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 07:47 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kulit