7 Cara Mengobati Kaki Pegal dan Linu

Kegiatan sehari – hari yang padat dan melelahkan. Harus mondar – mandir berjalan kesana kesini membuat kaki kita menjadi lelah dan pegal. Kita tidak boleh menganggap remeh pegal pada kaki. Biasanya pegal – pegal pada kaki sering terasa setelah kita menjalani aktivitas kita sehari – hari. Biasanya untuk pegal – pegal dapat diredakan dengan dipijit dengan baby oil atau minyak rempah. Tetapi untuk urut tidak boleh dilakukan setiap hari karena bisa menimbulkan pembiasaan yang tidak baik untuk otot. Dan juga harus dilakukan oleh seorang yang professional. (Baca Juga : Obat Kutu Air pada Kaki)

Biasanya pegal – pegal pada kaki terjadi karena kaki mengalami kelelahan yang sangat karena dipakai untuk berjalan dalam waktu yang lama dan dengan jarak yang jauh. Pegal pada kaki bisa juga terjadi karena kita berolahraga terlalu berat dan tidak disertai dengan pemanasan yang benar. Pegal yang terjadi pada kaki tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena bisa saja menimbulkan memar atau cidera pada kaki. Bisa juga menjadi penyebab penyakit rematik apabila dibiarkan terus – menerus dalam waktu yang lama. (Baca Juga : Cara agar kaki tidak berkeringat dan bau)

Oleh karena itu sebelum kita mau berolahraga atau beraktivitas yang berat. Ada baiknya kita melakukan gerakan ringan atau pemanasan yang bisa melonggarkan otot – otot pada kaki. Yang tidak membuat otot kaki terkejut dan menjadi pegal ketika habis menjalani olahraga atau aktivitas yang berat. Berikut adalah gerakan pemanasan yang bisa dicoba sebelum menjalani kegiatan sehari – hari yang berat dan padat. (Baca Juga : Penyebab linu pada kaki)

Peregangan Jari Kaki

Biasanya gerakannya dimulai dengan posisi duduk dengan kaki kanan di atas paha kaki kiri. Lalu masukan jari – jari tangan ke jari kaki kanan kita. Lalu tarik kaki kanan kita sejauh mungkin tetapi jangan terlalu dipaksakan karena bisa menimbulkan kejang pada otot. Tahan selama hitungan ke delapan lalu gantilah dengan gerakan yang sama dengan sisi kaki dan tangan yang lain. (Baca Juga : Penyebab kaki bengkak sebelah)

Peregangan Kaki

Berdiri dengan kaki kanan didepan lalu arahkan jari – jari kaki kiri kebawah sehingga menyentuh lantai dan sampai terasa ada tarikan yang dirasakan pada bagian atas kaki kanan. Tahan sekitar satu menit lalu lakukan lagi dengan kaki sisi yang lain. (Baca Juga : Obat kaki kapalan)

Peregangan Otot Kaki

Peregangan otot kaki dapat dilakukan dengan posisi duduk menghadap dinding lalu luruskan kaki dengan telapak kaki menghadap dinding. Lalu luruskan juga tangan kedepan sejauh mungkin tetapi jangan terlalu dipaksa untuk menghindarkan cedera yang bisa saja ditimbulkan oleh gerakan ini. Ini dilakukan untuk meregangkan otot betis dan paha bagian belakang. (Baca Juga : Gejala kaki panas)

Semua gerakan ini sangatlah praktis dan bisa dilakukan dimana saja. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk melakukan gerakan – gerakan ini. Tetapi manfaat dari gerakan ini sangatlah besar yaitu salah satunya untuk mencegah terjadinya cedera yang tidak kita inginkan atau kejang otot pada saat kita beraktivitas. Biasanya dianjurkan untuk para pekerja lapangan yang membutuhkan banyak pekerjaan yang dilakukan oleh kaki didalam pekerjaannya. (Baca Juga : Gejala Kaki dingin)

Apabila pegal pada kaki tidaklah lagi dapat dihindari dan sudah terasa saat kita selesai melakukan kegiatan janganlah kita biarkan kaki tetap pegal dan langsung beristirahat. Selain akan mengganggu istirahat kita ini juga dapat membuat kita tidak bersemangat dan fresh saat kita mau memulai hari untuk melakukan kegiatan yang sama. Apabila itu terjadi disetiap hari maka bisa saja menimbulkan cedera pada otot kaki. Berikut adalah cara mengatasi pegal – pegal pada kaki. (Baca Juga : Gejala asam urat pada kaki)

1. Melakukan Pijatan Pada Kaki

Setelah melakukan kegiatan yang tergolong berat dan kaki kita terasa pegal – pegal. Anda bisa saja melakukan pijat ringan pada bagian kaki yang mengalami pegal. Biasanya pegal yang terjadi pada kaki disebabkan peredaran darah pada kaki tidaklah berjalan dengan lancar. Pijatan ringan ini dapat mempelancar peredaran dara pada kaki anda. Da tentunya menghilangkan rasa pegal pada kaki anda. Gunakan minyak rempah atau body lotion untuk memijit kaki anda. Pijatlah sampai kaki anda terbebas dari rasa pegal. (Baca Juga : Obat nyeri tulang kaki)

Penggunaan Minyak herbal saat pemijatan sangat dianjurkan. Karena rasa hangat pada minyak herbal seperti minyak dari jahe merah atau minyak cengkeh. Dapat memperlancar peredaran darah pada bagian kaki yang pegal dan otomatis juga menghilangkan rasa pegal pada kaki anda. (Baca Juga : Obat kram kaki)

2. Merendam Kaki dengan menggunakan Air Garam

Apabila kaki anda terasa pegal – pegal setelah habis melakukan kegiatan atau aktivitas yang berat. Sangat dianjurkan untuk merendam kaki dengan menggunakan air garam. Sebenarnya orang – orang pada jaman dahulu sering melakukan ini. Petani pada umumnya merendam kaki mereka dengan air garam untuk meredakan rasa pegal pada kaki. Cara nya dengan ambilah air hangat dengan wadah baskom yang memiliki ukuran cukup untuk menampung satu atau kedua kaki anda. Lalu masukan garam kurang lebih 7 sendok makan atau disesuaikan dengan volume air yang anda gunakan. Lalu rendamlah kaki anda selama 15 sampai 20 menit. (Baca Juga : Obat kaki bengkak karena jatuh)


Sebenarnya merendam kaki dengan air hangat dan garam ini sudah dilakukan dari zaman dahulu. Malah sekarang ada produk kesehatan herbal yang mengeluarkan obat dengan metode merendam kaki mereka dengan air hangat dan campuran obat tersebut. Ada beberapa manfaat dengan merendam kaki kedalam air garam sebagai berikut :

  • Menghilangkan pegal – pegal pada kaki karena dengan merendam kaki ke air garam dapat memperlancar aliran darah pada kaki anda.
  • Menghilangkan bau pada kaki anda. Karena air garam bisa membunuh bakteri pada kaki anda saat anda merendam kaki anda kedalam air garam.
  • Biasanya didalam salon atau tempat kecantikan merendam kaki kedalam air garam juga dapat membuat kita rileks atau sebagai alat relaksasi untuk menghilangkan penat difikiran kita.
  • Merendam kaki pada air garam juga dapat mengatasi kulit retak dan pecah – pecah pada kaki anda.
  • Dapat juga menghilangkan kuman dan bakteri pada kaki anda setelah menggunakan kaus kaki dan sepatu yang menjadi sarang kuman dan bakteri.

3. Mengkomsumsi Minuman yang Dapat Mengurangi Pegal pada Kaki

Ada beberapa bahan herbal yang bisa dibuat menjadi minuman yang berguna untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki anda. Seperti minuman madu dan lemon dipercaya dapat mengurangi pegal pada kaki anda. Minumlah air lemon yang dicampurkan dengan madu setelah anda selesai beraktivitas. Selain membuat segar dan menghilangkan penat fikiran anda. Minuman ini juga dapat membantu memperlancar peredaran darah anda dan meredakan rasa pegal pada kaki anda. (Baca Juga : Gejala rematik kaki)

4. Menggunakan Es untuk Mengkompres Kaki yang Pegal

Didalam dunia kedokteran cedera atau kram pada kaki sangatlah dianjurkan menggunakan es sebagai alat untuk mengkompres kaki yang mengalami cedera atau pegal. Ini sangatlah efektive karena kompresan es dapat membantu menghilangkan rasa pegal pada kaki anda dan mencegah terjadinya cedera yang lebih parah. Gunakan es yang terbungkus didalam plastik lalu tempelkan pada bagian kaku yang mengalami rasa pegal dan nyeri. Tahan selama 10 sampai dengan 15 menit. (Baca Juga : Bahaya kaki sering kram)

5. Memperbaiki Posisi Tidur

Posisi tidur yang dianjurkan bagi yang menderita pegal – pegal pada kaki adalah dengan posisi kaki lebih tinggi dari pada badan. Ini berguna untuk mempelancar peredaran darah anda dan tidak menumpuk pada bagian kaki saja. Gunakan bantal atau alat lainnya yang bisa menompang kaki anda. Dapatkan posisi senyaman mungkin untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal sehingga ketika anda bangun pagi tubuh sudah fresh dan rasa pegal pada kaki anda sudah hilang. (Baca Juga : Obat tradisional kaki bengkak)

6. Menggunakan Sepatu Senyaman Mungkin dalam Kegiatan Sehari – hari

Sering sekali sepatu menjadi penyebab terjadinya pegal atau cedera pada kaki anda. Dudukan sepatu yang didesain berbeda – beda dapat menimbulkan ketidakcocokan pada kaki anda. Karena desain setiap dudukan sepatu yang berbeda – beda. Pakailah sepatu untuk kegiatan sehari – hari dengan senyaman mungkin. Apabila sepatu anda menjadi penyebab kaki anda pegal apabila dipakai terlalu lama berjalan maka gantilah sepatu anda dengan sepatu yang lebih nyaman. (Baca Juga : Penyebab kaki lemas)

Biasanya sepatu yang dipakai dilapangan atau bagi pekerja diluaran yang membutuhkan pergerakan yang luwes dan banyak disarankan untuk memakai sepatu olahraga yang memiliki bantalan busa pada bagian dalamnya. Ini sangat berguna untuk kaki anda tidak lari atau longgar pada saat berjalan. Kalau didalam ruangan atau pekerja kantoran disarankan untuk memakai sepatu kerja yang seringan mungkin untuk menghindari salah gerak pada kaki atau terkilir yang dapat mengganggu kegiatan anda sehari – hari. (Baca Juga : Penyebab kaki bengkak pada lansia)

7. Gunakan kaus kaki tebal saat anda tidur

Cuaca yang dingin pada malam hari sangatlah mempengaruhi peredaran darah pada kaki. Rasa pegal pada kaki bisa juga dikarenakan peredaran darah pada kaki tidak lancar. Penggunaan kaus kaki tebal saat tidur dapat memperlancar peredaran darah pada kaki anda. Pakailah kaus kaki tebal dengan berbahan katun saat anda tidur ini dipercaya bisa menghilangkan rasa pegal pada kaki anda pada saat anda bangun pagi keesokan harinya. (Baca Juga : Cara menghilangkan mata ikan di kaki)

8. Rendam Kaki didalam Air Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang dipakai untuk menyedapkan masakan. Tetapi manfaat cuka bukan itu saja cuka juga dapat berguna sebagai penghilang rasa nyeri pada kaki. Caranya hampir sama dengan air garam tadi yaitu rendam kaki dengan menggunakan air hangat yang bercampur cuka. Lalu biarkan selama 15 – 20 menit. Kaki anda akan hilang dari rasa nyeri dan pegal. (Baca Juga : Penyebab kaki kram dan kesemutan)

Penting bagi anda yang memiliki aktivitas diluar ruangan dan bekerja menggunakan kaki untuk berjalan kesana – kesini. Untuk mengistiharatkan kaki anda yang cukup dan melakukan kegiatan atau perawatan seperti diatas agar menghindari rasa pegal yang menyerang pada kaki anda saat menjalani aktivitas. Dan itu sangatlah mengganggu aktivitas anda. Meminimalkan pemakaian sepatu dengan menggunakan hak yang sangat tinggi. Apabila didalam pekerjaan kita mewajibkan untuk pemakaian hak tinggi maka pakailah dengan waktu seminimal mungkin dan gunakan sendal saat anda selesai bekerja atau saat jam istirahat. Selamat Mencoba (Baca Juga : Tips menghilangkan bau kaki)

, , , ,
Post Date: Tuesday 27th, December 2016 / 03:14 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki