Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat Secara Alami

Sponsors Link

Pengobatan hidung tersumbat sering dicari oleh banyak orang, baik dewasa, bayi maupun anak kecil. Banyak hal yang bisa menyebabkan hidung tersumbat itu. Salah satunya adalah penyakit pilek. Memang hidung tersumbat merupakan penyakit sepele namun jangan pernah meremehkan keluhan yang bisa terjadi ketika hidung tersumbat. Orang yang terkena hidung tersumbat akan kesulitan bernafas dan tidak memiliki nafsu makan. Hal tersebutlah yang membuat orang dengan hidung tersumbat merasakan hal-hl yang kurang menyenangkan. Hidung tersumbat juga sering dialami oleh bayi. Bayi dengan hidung tersumbat akan kesulitan bernafas sehingga bayi akan sering sekali rewel dan memangis. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda lakukan :

ads

1. Terapi Uap

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan terapi uap. Terapi uap ini bisa dilakukan untk mengatasi hdi g tersumbat pada bayi mupun pada orang dewasa. Uap yang dilakukan ni bermanfaat untuk melegakan slauran pernafasan sehingga ketika saluran pernafasan lega maka hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Bayi yang diobati menggunakan cara ini bisa lega sauran pernafasannya sehingga nafas enjaadi tidak grak grok lagi. Terapi uap ini merupakan terapi yang paling efektif dan paling aman jika dilakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan terapi uap yang bisa anda lakukan :

  • Tuangkan air yang panas ke dalam baskom yang besar.
  • Setelah anda menuangkan air ke dalam baskom, anda bisa meneteskan sebanyak dua sampai dengan tiga tetes minyak kayu putih ke dalam baskom tersebut. Jika aroma belum keluar, anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom tersebut.
  • Setelah anda menghirup bau atau aroma minyak kayu putih, dekatkanlah kepala bayi anda ke baskom. Jangan terlalu dekat, anda bisa mengambil jarak sekitar 30 cm diatas baskom tersebut.
  • Tutupi kepala bayi anda menggunakan handuk dan usahakan ssa handuk tersebut menutup baskom sehingga tidak banyak udara yang keluar.
  • Jangan terlalu lama menutup kepala bayi anda mengguakan handuk. Lakukanlah selama 3 menit lamanya kepala anda menutupi handuk tersebut, jangan terlalu lama. ( Baca : Obat tradisional untuk batuk dan pilekPenyebab pilek tidak kunjung sembuhCara menghilangka pilek )

2. Menggunakan Magic Com

Bagi anda yang memiliki  bayi dan sedang pilek anda bisa menggunakan magic com untuk mengobati pilek pada bayi anda. Tentu anda bertanya-tanya apa hubungannya magic com dengan pilek yang diderita. Magic com ini merupakan alat terapi uap untuk meredakan saluran pernafasan yang bayi derita. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu seperti berikut ini :

  • Isi magic com dengan air mentah.
  • Teteskan beberapa tetes minyak kayu putih di dalam magic com tersebut.
  • Setelah itu nyalakan magic com yang anda miliki sehingga posisinya berada di bagian magic cooking bukan di magic warmer.
  • Letakkan magic com di dalam ruangan atau di dalam kamar anda.
  • Saat air mendidih, anda akan mencium aroma minyak kayu putih di dalam ruangan.
  • Uap yang berbau minyak kayu putih itu berguna untuk melegakan saluran pernafasan dan meredakan hidung yang tersumbat.
  • Diamkanlah selama 30 menit, setelah 30 menit matikan magic com.
  • Ulangi cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar hidung yang tersumbat bisa segera diatasi atau dilegakan. ( Baca : Bahaya minyak bila diminumPertolongan pertama kena minyak goreng )

3. Uap Kamar Mandi

Anda bisa menggunakan kamar mandi yang tertutup untuk bisa engatasi hidung yang tersumbat. Cara mengatasi hidung yang tesumbat menggunakan uap akmar mandi ini termasuk mudah. Anda yang menggunakan bath up bisa menyalakan air hangat di bagian shower anda. Setelah itu tuangkanlah beberapa tetes minyak kayu putih. Anda bisa mendekatkan muka anda di bath up kemudian anda bisa menghirup uap yang ada di bath up itu agar saluran pernafasan anda menjadi lancar. Saat menghirup uap kamar mandi yang ada disitu sebaiknya anda mengambil nafas dalam-dalam terlebih dahulu. Setelah itu hembuskan secara perlahaan. Lakukanlah cara ini sebanyak 15 menit lamanya agar saluran pernafasan anda menjadi lancar.

4. Minyak Kayu Putih

Untuk meredakan hidung tersumbat lainnya adalah anda bisa menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih yang bisa anda gunakan untu k meredakan masuk angin ini bisa membantu anda untuk meredakan hidung tersumbat yang anda alami. Hidung yang tersumbat ini bisa diredakan dengan mengoleskan minyak kayu putih di batang hidung anda. Batang hidung anda yang tersumbat akan terasa hangat jika dioleskan minyak kayu putih itu sehingga rasa hangat itu akan membuat sumbatan pada hidung anda akan sedikit berkurang. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih sebelum anda tidur sehingga saat tidut hidung anda akan terasa hangat.

Sponsors Link

Baca : Ciri ciri masuk anginCara mencegah masuk anginCara mengobati masuk angin

5. Bawang Merah

Selama ini bawang merah memang tidak hanya berguna untuk bumbu dapur semata namun bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Saah satu khasiat abwang merah untuk kesehatan aalah bawang merah titu bisa meredakan masuk angin dan untuk menghangatkan badan. Tidak hanya itu saja, bawang merah pun dipercaya bisa digunakan untuk meredakan hidung yan tersumbat. Meredakan hidung tersumbat menggunakan bawang merah dipercaya sangat efektif dan cepat dalam mengatasi dhiung yang tersumbat terutama pada anak bayi di bawah dua tahun. Cara meredakan hidung tersumbat menggunakan bawang merah ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan satu siung bawang merah berukuran sedang.
  • Kupas bawang merah kemudian parut.
  • Tambahkan dua tetes minyak telon atau minyak kayu putih.
  • Pupukkan parutan bawang merah itu di ubun-ubun kepala bayi.
  • Lakukan cara ini saat malam hari dan sebelum tidur agar pernfasan bayi saat malam hari tidak terganggu.

6. Humidifier

Cara selanjunya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hiduung tersumbat adalah dengan menggunaan humidifier. Humidifier yang anda letakan di kamar dipercaya bisa membuat saluran pernafasan anda menjadi lancar dan tidak tersumbat. Tahukah anda apakah humidifier itu?, humidifier merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk melembbakan udara. Udara kering yang ada di dalam ruangan bisa menyebabkan saluran pernfasan semakin bertambah parah.

Menurut para ahli kesehatan, mereka mengemukakan bahwa tungkat kelembaban di dalam rumah harus sekitar 30 smpai dengan 50 persen. Menggunakan humidifier yang dipasang di dalam ruangan anda menyebabkan kelembaban yang ada di dalam rumah anda semakin bertambah. Sehingga udara menjadi tidak kering dan hidung tersumbat pun tidak semakin bertambah parah.

7. Soup Hangat

Mengkonsumsi sup hangat maupun makanan yang hangat bisa menghilangkan hdiung tersumbat pada slauran pernafasan anda. Soup hangat itu selain bisa digunakan untuk menghilangkan maslaah hidung tersumbat, soup hangat juga bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin dan mual-mual. Anda bisa mengknonsums soup hangat sayuran maupun soup daging yang kaya akan nutrisi.

Baca : Penyebab mual setelah berolahragaPenyebab mual setelah mengkonsumsi kopiSering mual setelah makan

8. Cabai

Semua masyarakat yang ada di Indonesia ini menyukai cabai. Bahkan mereka suka memakan makanan yag pedas. Sayangnya terlalu banyak mengkonsumsi cabai tidak bagus untuk kesehatan. Selain bisa menyebabkan perut terasa panas, mengkonsumsi cabai bisa melegakan saluran pernafasn dan menghilangkan hidung yang tersumbat. Kandungan capsicum yang ada pada cabai dipercaya bisa merangsang lendir yang menyebbakan hidung menjadi tersumbat. Orang yang memakan cabai akan berkeringat dan orang yang mengkonsumsi cabai akan mengeluarkan ingus cair dari hidungnya. Jika ingus keluar maka hdiung pun menjadi tidak tersumbat kembali.

Baca : Bahaya makanan pedasMakanan yang berbahaya bagi lambung

9. Bantal

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah anda bisa menggunakan bantuan bantal untuk mengatasinya. Ketika anda tidur, ana tentu akan merasaka kesulitan bernafas jika saluran nafas anda setara dengan dada anda. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin melegakan saluran pernafasan anda bisa menggunakan bantal yang tinggi untuk melegakan saluran pernafasan anda. Posisi kepala yang lebih tinggi dibandingkan dada bisa membuat saluran pernafasna menjadi lebih lancar sehingga anda bisa lebih mudah bernafas dibandingkan posisi tubuh anda sejajar dengan dada anda.

10. Bawang Putih

Tidak hanya bawang merah saja yang bisa melegakan salauran pernafasan anda, namun bawang putih pun bisa melegakan saluran pernafasan anda. Kandungan senyawa allicin pada bawang putih dipercaya bisa melegakan saluran pernafasan. Cara melegakan saluran pernafasan menggunakan bawang putih ini pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengiris bawnag putih tipis-tipis kemudian menciumnya secara perlahan. Hidung anda yang tersumbat pun bisa diatasi menggunakan bwang putih tersebut.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

11. Jalan-jalan

Jika anda merasakan hidung tersumbat pada malam hari namun anda merasakan tidak lelah atau tidak lemas anda bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan sepeti jalan-jalan ringan di malam ahri. Anda bisa mengelilingi rumah anda menggunakan kaki anda. Olahraga yang ringan ini bisa membuat hidung tersumbat anda perlahan-lahan menghilang. Jalan-jalan dan olahraga yang ringan bisa membuat sirkulasi udara yang ada di dalam tubuh anda menjadi lancar. Ketika sirkulasi udara yag ada di dalam tubuh anda lancar maka hidung tersumbat pun bisa diatasi.

12. Membuang Ingus

Solusi cepat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan membuang ingus tersebut. Hal ini bisa dilakukan bagi orang yang sedang terkena flu. Sayangnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan membuang ingus tersebut. Saat hidung anda tersumbat sebaiknya jangan terlalu kers membuang ingus anda. Terlalu keras membuang ingus anda justru akan merobaek slauran sinus anda. Ketika sauran sinus anda robek anda rawan untuk terkena penyakit sinusitis.

Baca : Gejala sinusitisPenyebab sinusitisCiri ciri sinusitis

ads

13. Dekongestan

Cara mengatasi hidung tersumbat yang lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan dekongestan. Dekongestan ini bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat setelah anda membuang ingus anda. Dekongestan itu berfungsi agar saluran pernafasan terutaam sinusitis anda tidak terluka akibat anda membuang ingus secara kasar.

Dekongestan ini bisa anda beli tanpa resep dokter. Di dala dekongestan terdapat pseudophedrine dan phenylephrine. Kedua bahan tersbut sagat efektif untuk meredakan gejala hidung tersumbat. Berikut ini adalah cara dekongestan untuk meredakan hdiung yang tersumbat :

  • Disemprot. Deongestan seperti naphazoline, oxymetazoline bisa disemprotkan ke lubang hidung untuk mengatasi hdiung yang tersumbat. Sayangnya semprotan dekongestan ini tidak bisa digunakan secara terus menerus. Anda tidak bisa menggunakan semprotan ini lebih dari tiga hari lamanya sebab jika digunakan lebih dari 3 hari lamanya, dekongestan itu justru bisa memperpaah kondisi hidung tersumbat yang anda derita.
  • Obat oral. Ada dekongestan yang digunakan sebagai obat oral untuk meredakan hdiung yang tersumbat. Isanya obat hidung tersumbat berupa dekongestan bisa dengan mudah anda jumpai dama bentu tablet. Anda bisa mengkonsumsi tablet dekongestan itu sebanyak tiga kali dalam sehari agar hidung tersumbat anda segera menghilang dan anda bisa bernafas dengan lancar kembali.

14. Larutan Garam

Anda bisa membeli larutan garam ke apotek atau ke toko obat. Ada larutan garam yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Larutan garam itu sangat efektif untuk mengencerkan ingus yang ada di slauran pernafasan anda. Saluran pernafasan anda akan menjadi lega ketika ingus mencair dan bisa keluar. Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan larutan garam ini adalah sebagai berikut ini:

  • Tuangkan setengah sendok teh larutan garam di cangkir.
  • Tuangkan air hangat sedikit ke dalam arutan gambar tersebut.
  • Aduk secara merata kemudian ambil air larutan garam itu menggunakan pipet.
  • Masukkan pipet yang berisi cairan garam ke salah satu lubang hidung anda.
  • Masukann lagi pipet yang berisi cairan larutan garam ke lubang hidung anda yang satunya lagi secara bergantian, jangan melakukannya secara bersama-sama sebab jika dilakuka secara bersama-sama lubang hidung tidak akan bisa bernafas. ( Baca : Bahaya konsumsi garam berlebihanBahaya garam bagi penderita hipertensi )

15. Vapor Rub

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yang lainnya adalh dengan menggunakan vapor rub. Anda bisa meletakan vapor rub itu di dada anda sehingga dada anda terasa hangat. Saat dada anda terasa hangat aka hidung anda yang tersumbat pun bisa menghilang.

16. Neti Pot

Untuk mengatasi hidung anda yang tersumbat anda bisa menggunaka neti pot untuk melegakan saluran pernafasan anda. Anda bisa mengarii hidung anda menggunakan neti pot.  Mengarii hidung anda termasuk dalam cara alami dan bebas obat-obatan. Kerja neti pot ini adalah menipiskan caira lendir yang ada di hidung kemudian mengeluarkannya melalui rongga hidung. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika menggunakan neti pot :

  • Ikuti semua petunjuk yang ada di dalam neti pot. Semua neti pot dilengkapi degan petunjuk yang jelas dan lugas. Neti pot tu nantinya akan diberian larutan berisi garam yang dibeli di apotek.
  • Miringkan kepala nada dengan membentuk sudut sekit 45 derajat dan arahkanlah arah ujung neti pot ke salah satu lubang hidung anda. Larutan garam yang ada di dalam neti pot itu akan masuk dan mengalir ke dalam hidng anda atau ke salah satu lubang hidung anda.
  • Jika larutan yang ada di dalam neti pot masuk ke dalam mulut anda bisa meludahkannya, jangan sampai anda menelan larutan neti pot tersebut.
  • Hembuskanlah hidung dan ulangilah proses tersebut sampa hidung anda terbebas dari ingus atau lendir yang menghambat pernafasan anda.
  • Anda bisa mengatasi idung tersumbat menggunakan neti pot ini sebanyak tiga kali daam seminggu. Jangan terlalu sering agar rongga hidung anda menjadi tidak terganggu.

17. Buncis

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat adalha dengan menggunakan sarung buncis. Mungkin anda merasa aneh dengan sarung buncis tersebut, namun sarung buncis merupakan cara yang efektif dan alami untuk melegakan saluran pernafasan yang anda derita. Cara membuat sarung buncis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adaah sebagai berikut ini :

  • Masukkan kacang buncis ke dalam sarung.
  • Kemudian jahit bagian sarung yang terbuka.
  • Masukkanlah sarung buncis itu ke dalam oven smaksimal 2 menit lamanya.
  • Setelah hangat anda bisa menempelkan sarung buncis itu ke bagian batang hidung anda selama 25 sampai dengan 30 menit lamanya.
  • Dalam satu kali waktu anda bisa mengangkatnya selama 5 sampai dengan 10 detik lamanya. Jeda tersebut diguakan untuk menghindari panas berlebihan di batang hidung anda. ( Baca : Manfaat buncisManfaat kacang hijau bagi penderita kista )

18. Akupresur

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangan hdiung tersumbat yang anda alami adalah dengan akupresur. Memang cara ini merupakan cara yang sedikt kuno namun tindakan akupresusr ini bisa diunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Ketika anda bosan untuk mengkonsumsi obat setiap hari anda bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan hidung yang tersumbat. Cara ini merupakan cara yang dilakukan leh orang di jaman dahulu untu mengatasi hdiung yang tersumbat. Anda bisa meluangkan sedikit waktu anda untuk melakukan akupresur ini. Akupresur harus dilakukan secara tepat agar bisa berfungsi untuk menghianggkan hidung tersumbat yang ada di dalam diri anda. Berikut in adaah cara akupresur yang efektif dan benar untuk menghilangkan hdiung tersumbat yang anda alami :

  • Letakkanlah kedua jari telunjuk anda di kedua cekungan kedua mata anda, letakkanlah telunjuk itu tepat di bagian atas hidung anda nmun jangan di atas alis tapi di bawah alis.
  • Lakukanlah gerakan memutar ke bagian luar wajah, mulailah memjit bagian sinus anda di sekitar mata degan memijatnya. Anda bisa menggunakan bantuan jari-jari tangan agar bisa memijat bagian sinus anda dengan benar dan efektif.
  • Setelah itu tempatkanlah kedua jari telunjuk di bagian luar mata anda. Lakukanlah gerakan memutar lagi dengan arah ke bagia luar wajah dengan memijitnya menggunakan jari-jari tanga anda.
  • Langah terakhir adalah dengan menempatkan kedua ibu jari anda ke kedua tulang pipi anda. Kemudian anda bisa memijat tulang pipi anda dengan melakukan gerakan ke arah luar wajah aau ke luar pipi menggunakan batuan jari-jari tangan anda.
  • Lakukanah cara itu sebanyak 30 detik lamanya.
  • Ulangilah pijatan ini samai bagian sinus anda cukup lega untuk bernafas. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dlaam sehari.

19. Hindari Susu

Agar pernafasan anda tidak semakin terasa berat dan tersumbat anda bisa menghindari susu. Susu ini tidak hanay sebatas mitos saja, namun para dokter mengatakan banyyak orang yang merasa hidungnya tersumbat saat dia mengkonsumsi susu. Oleh sebab itu jika hidung anda sering tersumbat tidak ada salahnhya anda menghindari mengkonsumsi susu agar nafas anda tidak menjadi tersumbat kembali. Memang susu ini baik untuk kesehatan, namun bagi orang yang alergi protein susu tidak bagus untuk kesehatannya.

Baca : Khasiat susu sapi murni

20. Minum Teh Hangat dengan Madu

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat anda adalah dengan minum teh dengan madu. Teh hangat yang dicampurkan dengan madu bisa membuat tubuh anda tercukupi cairannya. Teh ddengan madu yang bisa melembabkan tenggorokan ini dipercaya mampu mengatasi radang ternggorokan dengan hidung yang tersumbat. Teh dengan madu akan lebih efektif lgi jika dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis. Cara pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu buatlah teh hangat seperti biasa di dalam cangkir, kemudian tambahkan satu sendok makan madu. Setelah itu tambahkan perasan air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh ke dalam cangkir tersebut. Aduk hingga merata kemudian minum tiga kali dalam sehari.

Baca : Bahaya es teh manisBahaya minum tehManfaat madu untuk penderita batu ginjalManfaat madu untuk penderita insomnia

Itulah cara mengatasi hidung tersumbat bagi bayi dan orang dewasa yang anda coba. Jika tidak kunjung sembuh anda bisa mengunjungi dokter untuk memastikan bahwa hidung tersumbat anda bukanlah efek dari penyakit lain seperti sinusitis atau lain sebagainya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 16:32 Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung