14 Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat menentukan kualitas hidup seseorang. Ginjal ini berfungsi melakukan filterisasi terhadap zat-zat yang masuk kedalam tubuh manusia. apabila terjadi kerusakan atau kondisi dimana ginjal tidak mampu melakukan tugasnya dalam memfilter atau menyaring zat yang masuk kedalam tubuh maka hal ini akan membahayakan kehidupan seseorang. Cara medis yang dapat ditempuh untuk mengatasi ini yakni dengan dilakukannya transplantasi.

Namun untuk menemukan pendonor ginjal tentunya membutuhkan waktu serta biaya yang tidak sedikit. Untuk memperpanjang usia penderita pada umumnya pihak medis akan melakukan cuci darah dalam secara rutin dalam kurun waktu tertentu.

injal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital sehingga sudah sepatutnya kita menjaganya. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit ginjal yang merupakan cara mencegah sakit ginjal secara ampuh :

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Kesehatan tubuh pada dasarnya dapat tetap terjaga apabila pola hidup yang kita terakan sehari-hari benar. Pola hidup sehat dapat ditempuh dengan cara olah raga teratur, terutama meluangkah waktu untuk melakukan gerakan-gerakan yang baik bagi ginjal. Selain itu, menunjang dengan makanan atau minuman sehat yang kita konsumsi juga penting. Apabila pola hidup sehat telah diterapkan tentunya resiko menderita penyakit ginjal dapat diminimalisir bahkan dihindari.

  1. Perhatikan Dampak dari Penyakit Lain

Ginjal dapat mengalami kerusakan akibat adanya penyakit lain yang bersarang di dalam tubuh. Tiga penyakit yang biasanya akan berdampak pada ginjal yakni penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serta penyakit diabetes. Dampak dari beberapa penyakit tersebut tentunya akan memicu penyakit ginjal untuk muncul.

Dengan tetap menjaga tekanan darah dalam kadar normal sangat dianjurkan bagi penderita penyakit hipertensi. Selain itu, bagi penderita penyakit diabetes harus menjaga serta mengendalikan kadar gula darah didalam tubuh secara berkala. Selanjutnya kadar kolesterol dalam tubuh harus tetap diperhatikan oleh penderita penyakit jantung guna mengantisipasi timbulnya penyakit ginjal. Hal yang tidak boleh dilupakan yakni untuk tetap menjalankan fase pengobatan yang telah dianjurkan oleh pihak medis guna mengantisipasi dampak yang lebih buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Meminimalisir Penggunaan Garam untuk Dikonsumsi

Ketika seseorang mengkonsumsi garam dalam kadar tertentu maka natrium didalam tubuh akan meningkat. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka seseorang berpotensi menderita batu ginjal. Meningkatnya kadar natrium didalam tubuh secara tidak langsung juga meningkatkan tekanan darah serta memicu terbentuknya batu ginjal. Untuk itu, sebaiknya kita memperhatikan jumlah asupan garam yang kita konsumsi dalam seharinya.

  1. Memenuhi Asupan Mineral bagi Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air, oleh karena itu dalam seseorang tidak dapat bertahan hidup tanpa asupan mineral. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam satu hari akan menghindarkan tubuh mengalami gejala dehidrasi. Selain itu, air mineral yang masuk kedalam tubuh akan membantu kerja ginjal dalam membuang zat beracun melalui proses detoksifikasi.

Selain itu, air mineral juga dapat membantu menstabilkan volume serta konsentrasi darah didalam tubuh manusia. kinerja sistem pencernaan dalam memproses asupan makanan yang masuk juga dapat terbantu. Bahkan apabila kita memenuhi jumlah minimal asupan air dalam seharinya dapat membuat tubuh mempunyai suhu yang normal.

  1. Tidak Membiasakan Menahan Kencing

Kencing atau buang air kecil yang selalu ditahan akan berdampak tidak baik bagi kinerja ginjal. Bahkan proses filterisasi darah yang dilakukan oleh ginjal dapat terhambat. Pada saat proses filterisasi berlangsung maka cairan urin yang berada didalam kandung kemih harus segera dibuang ketika telah melebihi jumlah penampungan cairan limbah. Secara medis, seseorang akan merasakan gejala ingin buang air kecil ketika kandung kemih telah terisi sebanyak 120 hingga 150 ml cairan urin.

Pada jumlah cairan ini, kandung kemih sebenarnya masih mampu menahan cairan dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Meskipun demikian apabila dilakuakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat kandung kemih merenggang melebihi kapasitas tampungan urin. Dampak dari hal tersebut yakni terpengaruhnya proses filter darah ynag dilakukan oleh ginjal. Untuk itu, sebaiknya ketika tubuh telah merasakan panggilan alam, sebaiknya tidak  menahannya terlalu lama.

  1. Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Makan adalah proses alami makhluk hidup, terutama manusia dalam upayanya untuk bertahan hidup. Dengan menjaga pola makan serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari tentunya akan membuat organ tubuh dapat berkerja secara maksimal. Tubuh akan bereaksi terhadap apapun jenis makanan yang anda konsumsi. Terutama apabila anda merupakan penggemar junk food atau beragam jenis makanan cepat saji tentunya organ tubuh anda akan mengalami kesulitan serta berkerja lebih keras dalam memprosesnya makanan tersebut.

Tidak terkecuali ginjal yang akan berkerja lebih keras dari biasanya karena kandungan zat-zat kimia yang terdapat makanan cepat saji tersebut. Guna menjaga kesehatan ginjal serta organ tubuh lainnya, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung nutrisi serta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. contoh makanan yang dapat memperkuat ginjal yakni ikan, sereal dan peterseli. Sedangkan buah-buahan yang sangat baik bagi ginjal salah satunya adalah jeruk.

  1. Kurangi Konsumsi Minuman Berikut

Tidak semua jenis minuman baik bagi organ tubuh terutama ginjal. Beragam minuman bersoda, teh dan kopi apabila dikonsumsi secara terus menerus dapat berimbas pada melemahnya kinerja ginjal. Minuman yang mengandung kafein akan membuat ginjal berkerja dengan sangat keras ketika membuangnya.Selain itu kandungan kafein yang masuk kedalam tubuh dapat membuat jumlah cairan didalam tubuh terkurangi secara drastis.

Minuman yang baik untuk ginjal dapat berupa jus buah-buahan atau sayuran telah dihaluskan. Namun bagi seseorang yang sudah mengalami gangguan pada ginjalnya, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jus yang terbuat dari sayur bayam dan bit. Hal ini karena adanya kandungan asam oksalat  yang tinggi pada kedua bahan pangan tersebut sehingga dapat menyebabkan seseorang berpotensi menderita penyakit batu ginjal.

  1. Hindari Minuman Keras

Minuman keras yakni merupakan sebuah minuman yang mengandung alkohol dengan takaran yang dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran. Kadar elektrolit didalam tubuh akan mengalami ketidakseimbangan serta munculnya masalah hormonal yang berdampak pada kinerja ginjal. Selain itu, minuman beralkohol juga akan merusak organ tubuh secara perlahan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

  1. Hindari Merokok Aktif Maupun Pasif

Rokok mengandung zat bernama nikotin yang bisa merusak tubuh apabila terpapar dalam jangka waktu yang lama. Perokok itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni seseorang yang merokok  dengan sengaja atau disebut perokok aktif. Selanjtnya yaknii perokok pasif yakni seseorang yang secara tidak sengaja ikut menghirup asap rokok dari perokok aktif disekitarnya.

Meskipun merokok tidak berbahaya secara langsung dan berdampak seketika pada fungsi ginjal namun apabila terus dilakukan juga akan memicu adanya gangguan pada jantung. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa penyakit jantung dapat memicu timbulnya masalah pada fungsi ginjal.

  1. Gunakan Obat Sesuai Resep Dokter

Penggunaan obat tanpa adanya konsultasi iterlebih dahulu ke dokter terkait sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. hal ini karena adanya kandungan zat lain yang terdapat pada obat, muungkin saja justru memperburuk suatu fungsi organ seperti ginjal. Ketika sebuah obat masuk kedalam tubuh maka ginjal akan berkerja sesuai proses filterisasi darah.

Ginjal akan semakin berkerja dengan keras dalam memfilter beban racun yang semakin meningkat. Pada dasarnya sebuah obat dapat dapat meredakan bahkan menyembuhkan suatu gejala tertentu namun apabila penggunaannya tidak sesuai dengan kondisi tubuh serta dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka obat tersebut akan beralih fungsi sebagai racun.


  1. Melakukan Check Up

Kegagalan fungsi ginjal tentunya dapat diantiasipasi dengan dilakukannya general check up secara berkala. Pada proses pemeriksaan ini, seseorang akan diteliti kadar urin dan darah guna mengetahui kondisi tubuh sebenarnya. Tahapan awal pemerikasaan ini akan membatu pihak medis mendiagnosa gejala gangguan fungsi ginjal seperti kencing batu.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan yang Berlemak

Makanan yang mengandung lemak jenuh tidak hanya berpotensi menyebabkan seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan namun dapat juga berdampak buruk bagi fungsi ginjal. Kadar kolesterol didalam tubuh akan meningkat jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang banyak serta dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Fungsi ginjal akan terganggu karena kadar darah didalam tubuh mengalami peningkatan akibat kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Menjaga Tekanan Darah didalam Tubuh

Tekanan darah yang tidak stabil akan berdampak langsung pada fungsi ginjal yang melakukan proses penyaringan darah. Tekanan darah yang semakin meningkat sangat berpotensi menyebabkan seseorang mengalami gejala penyakit hipertensi. Apabila kita tetap tidak bisa mengontrol tekanan darah maka yang akan terjadi yakni kegagalan fungsi ginjal akut. Baik laki-laki maupun perempuan mempunyai persetase resiko yang sama.

  1. Meminimalisir Penggunaan Obat Aspirin dan Ibuprofen

Untuk menangani atau meredakan suatu gejala penyakit, kita tidak boleh mengkonsumsi obat secara sembarangan tanpa disertai resep dari dokter terkait. Selain memperhatikan aturan pakai, pemakaian obat pereda rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen nyatanya juga memicu terjadinya gangguan fungsi ginjal. Hal ini karena didalam obat anti inflamasi non steroid terdapat kandungan zat yang menyebabkan ginjal berkerja memfilter darah dengan sangat keras. Untuk itu sebaiknya sebelum menggunakan atau mengkonsumsi obat tertentu, pastikan terlebih dahulu apakah obat tersebut aman bagi organ tubuh lainnya.

Demikian penjelasan dari cara mencegah penyakit ginjal. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, January 2016 / 08:41 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ginjal