Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda Super Ampuh

Sponsors Link

Karang gigi memang tampak begitu sepele dan tak banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya pengerasan plak pada gigi. Ya benar, karang gigi sebenarnya adalah plak pada gigi di mana plak tersebut berasal dari sisa makanan dan bakteri di mulut akibat jarang dibersihkan. Berikut ini adalah berbahaya jenis penyebab dari munculnya karang gigi:

ads
  • Sisa-sisa makanan yang sudah masuk ke dalam mulut tak segera dibersihkan sehingga akibatnya dapat bercampur dengan kuman. Plak terbentuk dari adanya gabungan sisa makanan dan kuman tersebut.
  • Jarangnya menyikat gigi, terutama sesudah makan.
  • Upaya dalam menyikat dan membersihkan gigi masih kurang. Ada banyak orang yang menyikat gigi cepat-cepat dan hanya sebentar saja di mana tentunya hal ini sangat berpengaruh. Karena untuk membuat gigi bersih, paling tidak menyikat gigi perlu dilakukan sehari 2 kali dengan durasi 1-2 menit lamanya.
  • Cara menyikat gigi yang salah juga berdampak buruk karena Anda tak akan bisa membersihkan sisa-sisa makanan secara total, terutama yang berada di sela-sela gigi.
  • Makanan mengandung tepung dan gula adalah ancaman yang paling besar dalam meningkatkan risiko karang gigi. Kedua jenis makanan tersebut sangatlah cepat dalam memicu munculnya plak pada gigi.
  • Kebiasaan merokok pun rupanya tak hanya berbahaya bagi jantung dan paru-paru. Bahaya merokok bagi kesehatan salah satunya adalah menyebabkan plak di gigi yang kalau tak dibersihkan segera maka bisa menjadi karang gigi.
  • Mengonsumsi kafein juga merupakan penyebab yang perlu Anda waspadai. Bagi Anda yang suka minum kopi serta teh, keduanya mampu menjadikan plak lebih mudah menempel dan membentuk karang gigi apabila tak rajin dan tepat dalam menyikat gigi.

Meski sudah tahu bahwa karang gigi itu adalah kumpulan bakteri, banyak orang mengabaikan hal ini dan juga jarang ke dokter gigi untuk sekadar check up. Kalau Anda mulai khawatir dengan karang gigi yang ada di gigi Anda, silakan mencoba cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda sebagai berikut di rumah.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit gigi dan mulut)

1. Pasta Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang tergolong alami dan bisa membantu banyak masalah kesehatan dan kali ini pun tak terkecuali karang gigi. Memang benar bahwa ada bahaya baking soda yang harus Anda waspadai, tapi jika pemakaiannya secara benar dan tidak berlebihan maka tak akan masalah.

  • Caranya: Jadikan baking soda ini sebagai pasta gigi Anda dan pakailah untuk menyikat gigi secara rutin. Ingat bahwa salah satu manfaat baking soda adalah memutihkan gigi sehingga memang mampu mengusir segala jenis plak penyebab karang gigi dan karang gigi itu sendiri. Cukup dengan mencampurkan baking soda dengan air biasa sedikit, pasta baking soda sudah jadi.

Untuk hasil yang terbaik Anda bisa mencoba menggunakannya setiap hari 1-2 kali dalam sehari dan ketika plak maupun karang gigi sudah berkurang atau hilang secara sukses, tak perlu sesering itu lagi. Anda cukup melanjutkan dengan menggunakan cara ini seminggu sekali saja agar karang gigi tak mudah terbentuk kembali.

2. Baking Soda + Garam

Baking soda merupakan sebuah bahan yang memiliki sifat dan efek antibakteri sehingga sangat pas dalam menghilangkan karang gigi maupun plak-plak pemicu karang gigi. Antimikrobanya juga tinggi dan kalau dikombinasikan dengan garam, maka hasilnya akan jauh lebih efektif dalam mengembalikan kebersihan dan kecemerlangan gigi Anda.

  • Caranya: Sediakan saja baking soda sebanyak 1 sendok makan bersama dengan sejumput garam dan juga sebuah sikat gigi. Baking soda dan garam tadi perlu untuk Anda campurkan dan kemudian campurannya Anda taruh langsung pada sikat gigi yang sudah Anda basahi. Gosoklah gigi Anda menggunakan campuran tersebut dan setelah berkumurlah menggunakan air hangat untuk membersihkan.

Supaya hasilnya jauh lebih cepat dan efektif, Anda perlu melakukan cara ini setiap hari 1-2 kali. Bila sudah ada hasilnya, Anda hanya tinggal melanjutkan saja sebagai pencegahan timbulnya karang gigi kembali. Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan cara ini 7-10 hari sekali.

(Baca juga: bahaya gigi berlubang)

3. Baking Soda + Gliserin

Baking soda mungkin bukanlah hal yang asing bagi kita, namun masih ada beberapa orang yang belum akrab dengan gliserin. Gliserin merupakan jenis cairan yang kental dengan rasa yang manis tapi tidaklah berwarna. Titik didih pada gliserin ini cukup tinggi dan diketahui mampu membeku dalam bentuk pasta.

Biasanya gliserin ini banyak dipakai untuk produk sabun maupun perawatan dan kecantikan, seperti produk-produk lotion. Gliserin ini pun diketahui menjadi humektan sehingga selalu dapat menjaga kelembaban sebab kemampuannya menerap air di lingkungan termasuk tinggi. Lalu apakah gliserin sangat aman kalau digunakan untuk membersihkan gigi dan menghilangkan karang gigi serta plak?

  • Caranya: Campuran antara baking soda dan gliserin tergolong sangat aman dan dikenal efektif dalam menjadikan gigi lebih cerah dan bersih secara alami. Cukup ambil saja gliserin nabati sebanyak 4 sendok teh yang kemudian Anda bisa campurkan bersama dengan baking soda sebanyak 4 hingga 5 sendok makan. Tambahkan bahan-bahan tersebut ke secangkir air dan aduk hingga menjadi pasta. Sikatlah gigi dengan campuran tersebut dan setelahnya bisa Anda bersihkan dengan berkumur air biasa untuk menghilangkan sisa-sisa larutan pasta.

Pasta hasil campuran kedua bahan tersebut dapat Anda pakai seperti pasta gigi yang Anda biasa pakai. Demi hasil terbaik, Anda bisa memakai cara ini setiap harinya 1 kali hingga plak maupun karang gigi hilang dan bersih. Selanjutnya, Anda juga tetap disarankan untuk menggunakan cara ini hanya untuk mencegah timbulnya penimbunan dan pengerasan plak kembali. Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan cara ini 4 hari sekali saja untuk tujuan perawatan gigi sendiri di rumah.

ads

4. Baking Soda + Lidah Buaya

Baking soda dan lidah buaya merupakan perpaduan yang sangat baik untuk Anda yang ingin menghilangkan karang gigi secara alami. Sebagai campuran baking soda, lidah buaya sangat aman sehingga Anda dapat mencoba memraktikkannya di rumah. Bila selama ini kita hanya tahu khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut, kali ini Anda bisa mencobanya untuk gigi.

  • Caranya: Cukup Anda sediakan baking soda sebanyak 4-5 sendok makan dan tambahkan 1 sendok teh hingga 1 sendok makan gel lidah buaya. Campurkan kedua bahan ini dengan air secukupnya untuk membuat pasta kental. Pasta kental ini adalah yang bisa Anda coba untuk digosokkan pada gigi secara merata dan kemudian bisa Anda bersihkan dengan berkumur.

Untuk hasil yang terbaik, Anda disarankan untuk melakukan cara ini setiap hari 1 kali dan teruskan pemakaian cara ini hingga karang gigi benar-benar hilang. Sebagai langkah pencegahan untuk datangnya kembali plak, silakan lakukan 4 hari sekali.

(Baca juga: penyebab gigi berlubang)

5. Baking Soda + Minyak Esensial Lemon

Selain dari cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mencoba menggunakan kombinasi antara baking soda dan minyak esensial lemon. Minyak esensial lemon mampu membantu agar gigi dapat putih bersih secara alami. Jadi tidak salah kalau Anda ingin memakai dan mencampurkan keduanya demi menghilangkan karang gigi.

  • Caranya: Sediakan baking soda sekitar 1-2 sendok makan yang kemudian ditambahkan dengan minyak esensial lemon secukupnya hanya untuk supaya dapat membentuk adonan pasta. Ketika adonan pasta telah terbentuk, Anda bisa mencoba menggunakannya dengan menggosokkannya pada gigi sampai merata dan kemudian Anda bersihkan dengan berkumur air biasa.

Minyak esensial lemon sangat berguna karena di dalamnya mengandung sifat antimikroba yang sudah biasa melawan bakteri penyebab plak sekaligus karang gigi. Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa menggunakannya sehari sekali setiap hari dan boleh juga kalau ingin mencegah dengan memakai cara ini 3-4 hari sekali sesudah karang gigi hilang.

6. Baking Soda + Minyak Lemon + Lidah Buaya + Gliserin

Kalau baking soda sebelumnya hanya direkomendasikan untuk dikombinasi hanya dengan salah satu bahan-bahan tersebut, kini Anda juga bisa memiliki pilihan untuk mengombinasi semuanya. Menjadikan satu bahan-bahan tersebut justru diketahui mampu memberikan efek yang jauh lebih mujarab dalam menghilangkan karang gigi serta plak-plak penyebab karang gigi.

  • Caranya: Ambil saja secangkir air, kemudian masukkan 5 sendok makan baking soda disusul juga dengan 4 sendok teh gliserin nabati, 10 tetes minyak esensial lemon dan juga 1 sendok teh gel lidah buaya. Seluruh bahan dapat Anda campur di dalam air tersebut di mana kemudian kalau sudah akan berubah menjadi bentuk pasta. Gosok-gosokkanlah ke gigi secara merata dan kemudian bersihkan dengan mengumurinya menggunakan air hangat.

Melakukannya rutin, terutama setiap hari 1 kali akan memudahkan karang gigi untuk menjadi lunak dan kemudian hilang. Bahkan untuk plak-plak calon karang gigi pun juga bisa dihilangkan sehingga tak telanjur nantinya. Tetaplah gunakan cara ini walau karang gigi sudah hilang dengan pemakaian 3-4 hari sekali.

Perlu diketahui bahwa baking soda dan gel lidah buaya punya kandungan yang sama, yakni sifat antimikroba. Belum lagi pada gel lidah buaya juga terkandung antioksidan sehingga akan melawan radikal bebas yang diproduksi oleh bakteri. Tapi jangan menggunakan dalam jangka panjang sebab gliserinnya mampu menghambat proses remineralisasi gigi Anda.

(Baca juga: penyebab sakit gigi)

7. Baking Soda dan Lemon

Kalau sebelumnya kita sudah melihat bagaimana kombinasi antara baking soda dengan minyak esensial lemon, maka kali ini yang perlu Anda coba adalah buah lemon itu sendiri. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini memang sangat baik dan berkhasiat dalam memutihkan gigi.

Gabungan antara baking soda dan lemon dipercaya mampu memutihkan gigi secara alami yang artinya segala kuman dan juga bakteri sekaligus plak penyebab gigi kuning akan dapat dihilangkan. Dengan begitu, karang gigi yang juga disebabkan oleh plak pun mampu Anda usir secara efektif dan aman.

  • Cara 1: Ambil saja baking soda secukupnya untuk dicampurkan ke sesendok teh jus lemon. Setelah dicampurkan nantinya akan membentuk adonan pasta di sana sehingga Anda dapat memakainya sebagai pasta gigi. Sikatlah gigi dengan campuran baking soda dan jus lemon ini dan kemudian bisa dibersihkan setelah selesai dengan berkumur dan menyikat gigi seperti biasa.
  • Cara 2: Atau, Anda bisa saja menyikat gigi seperti biasanya dengan pasta gigi yang biasa, tapi kemudian setelah selesai Anda bisa mencuci sikat gigi Anda dan kemudian celupkan ke jus lemon yang bercampur dengan baking soda. Gosokkanlah larutan tersebut ke bagian gigi dan juga gusi hingga merata, tinggalkan semenit sebelum mulut Anda bersihkan dengan air biasa.
  • Alternatif: Tak hanya dicampur baking soda, Anda pun juga bisa menggunakan jus lemon sendiri. Ambil saja 1 sendok jus lemon dan sikatlah gigi seperti biasa lebih dulu. Lalu setelah menyikat gigi biasa itulah Anda bisa menggosokkan jus lemon pada gigi dan gusi secara merata selama 1 menit sebelum kemudian Anda bisa membersihkan mulut dengan mengumurinya menggunakan air biasa.
Sponsors Link

Disarankan untuk melakukannya setiap hari secara rutin 1 kali dan kalau sudah terlihat hasilnya maka Anda dapat mengganti waktu penggunaan. Tetap melanjutkan cara ini tak masalah, tapi 10 hari sekali saja dengan tujuan untuk menjaga gigi dan gusi bebas plak dan mencegah terbentuk kembali karang gigi.

Kandungan asam pada buah lemon memiliki sifat antimikroba tinggi sehingga memang sangat berguna untuk menghilangkan karang gigi dan plak-plak pemicu karang gigi. Jika ingin memutihkan gigi secara alami, Anda juga bisa memakai lemon ini, asalkan jangan terlalu berlebihan dan dalam jangka panjang sebab lama-kelamaan bisa mengikis enamel gigi.

(Baca juga: cara mengatasi abrasi gigi)

8. Baking Soda + Minyak Kelapa

Minyak kelapa tak banyak diketahui mampu menjaga kesehatan gigi, apalagi dengan tujuan menghilangkan plak serta karang gigi. Pada minyak kelapa, ada kandungan antimikroba yang sangat dipercaya mampu dan juga punya efektivitas tinggi dalam melawan patogen, terutama jika memakai minyak kelapa virgin.

  • Caranya: Ambil saja 1-2 sendok makan minyak kelapa, khususnya jenis minyak kelapa virgin dan kemudian tambahkan baking soda secukupnya untuk menjadikan pasta. Pasta itu bisa Anda oleskan ke bagian gigi secara menyeluruh, berikut juga gusi. Setelah beberapa menit Anda tinggal mengumuri mulut untuk membersihkan sisa-sisa pasta.
  • Alternatif: Anda bisa juga mencoba untuk menggunakan minyak kelapa ini sendiri tanpa harus dicampurkan dengan baking soda. Ambil saja sekitar 2 sendok makan minyak kelapa dan kemudian desirkan ke seluruh bagian dalam mulut selama 10 atau 15 menit (bukan dikumurkan). Setelah itu pun jangan ditelan karena Anda perlu membuangnya dan kemudian membersihkan mulut dengan berkumur menggunakan air hangat.

9. Baking Soda + Jeruk Nipis

Membersihkan atau menghilangkan karang gigi bisa juga dengan kombinasi antara baking soda serta jeruk nipis. Jadi bukan lemon saja yang ampuh dalam memutihkan dan membersihkan gigi, melainkan jeruk nipis pun menawarkan kemampuan dan khasiat yang sama.

  • Caranya: Ambil saja perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan dan kemudian juga baking soda dengan takaran yang sama. Setelah itu, Anda bisa mengaduknya untuk mencampur hingga rata hingga bentuknya seperti pasta gigi. Sikat gigi kemudian bisa dibasahi dengan mencelupkannya ke air hangat, pasta tersebut dapat dioleskan ke atasnya. Anda pun siap untuk menggosok bagian karang gigi secara merata perlahan-lahan selama 2 menitan. Sesudah itu lanjutkan dengan berkumur 2 kali untuk membersihkannya.

Gunakan cara ini secara teratur selama beberapa minggu agar karang gigi segera hilang atau lepas. Jika rutin, maka Anda akan dapat membuktikan sendiri bahwa efek kombinasi kedua bahan ini mampu membuat karang gigi lepas dengan sendirinya.

(Baca juga: cara menghilangkan karang gigi dengan garam)

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda ampuh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga salah satu dari cara yang telah direkomendasikan mampu membantu Anda dalam menghilangkan karang gigi sehingga mencegah kemungkinan risiko kesehatan akibat karang tersebut seperti misalnya sakit gigi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 19th, April 2017 / 16:51 Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi