Sponsors Link

21 Cara Mencegah Karang Gigi secara Alami

Sponsors Link

Karang gigi atau juga sering disebut dengan kalkulus gigi terbentuk dari zat kapur yang ada pada air liur dan juga plak. Sementara plak terdiri dari 2 lapisan yakni perikel atau lapisan bening yang ada pada gigi dan juga kuman. Plak akan menempel pada gigi dan bagian bawah gusi yang kemudian akan menjalar ke bagian gigi lainnya sehingga sangat sulit untuk dibersihkan.

ads

Setiap kali kita mengkonsumsi makanan dan juga minuman, maka sekitar 350 bakteri akan menghasilkan asam yang bisa merusak lapisan enamel pada gigi sehingga akhirnya gigi menjadi berlubang. Apabila membersihkan gigi tidak dilakukan dengan rutin bisa menyebabkan gigi rusak secara permanen lalu mengeras dan berubah menjadi karang gigi sehingga perlu bantuan dari dokter gigi untuk menyingkirkan karang gigi tersebut. Agar hal ini tidak terjadi, maka diperlukan cara mencegah karang gigi yang paling bagus dan tentunya aman, seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Rajin Sikat Gigi

Berhubungan dengan kesehatan mulut serta gigi, maka tidak bisa lepas dari kebiasaan baik yang harus dilakukan secara rutin yakni menyikat gigi. Menyikat gigi harus dilakukan setiap hari khususnya saat mandi, sesudah makan dan sebelum pergi tidur dengan cara menggerakan sikat gigi dengan arah keatas dan bawah agar sisa makanan yang ada pada sela gigi bisa terbuang dan tidak menyebabkan plak pada gigi.

  1. Kumur Dengan Obat Berkumur Alami

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan adalah berkumur dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash berbahan alami. Berkumur ini juga tidak boleh dilakukan dengan asal yakni menggunakan air biasa. Sisa makanan yang masih tertinggal sesudah menggosok gigi bisa dihilangkan dengan cara berkumur air yang sudah dicampur dengan garam atau air rebusan daun sirih sebab kedua bahan ini mengandung anti bakteri yang bisa membasmi kuman lebih baik lagi.

Artikel terkait:

  1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Saat ini sudah banyak pasta gigi yang dilengkapi dengan flouride yang berguna untuk memperbaiki rusaknya enamel dan sebagai pencegah mengerasnya plak yang akan menjadi karang gigi tersebut. Selain memilih pasta gigi yang mengandung flouride, pilih juga pasta gigi yang ada kandungan tricolsan untuk membunuh berbagai kuman penyebab plak pada gigi.

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Memilih asupan makanan juga menjadi bagian penting untuk diperhatikan. Sayur dan buah merupakan makanan yang tinggi akan kandungan serat serta memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Vitamin ini nantinya akan memperbanyak produksi air liur sebagai cara mencegah karang pada gigi.

Artikel terkait:

  1. Banyak Minum Air Putih

Tidak hanya baik untuk pencernaan dan orang tubuh lainnya, minum banyak air putih juga merupakan cara pencegahan terbentuknya karang gigi. Air putih tidak akan meninggalkan noda pada gigi seperti yang terjadi jika anda minum teh, kopi atau minuman berwarna lainnya. Biasakan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari agar masalah gigi ini bisa dihindari sekaligus juga menghindari bahaya dehidrasi.

  1. Gosok Dengan Biji Asam Kawak

Asam kawak merupakan olahan dari asam jawa yang terbuat dari pohon asam asli. Biji asam kawak ini bisa digunakan untuk mencegah timbulnya karang gigi dengan cara menyangrai biji asam kawak kemudian haluskan dan gosok bubuk biji asam kawak tersebut pada area karang gigi.

ads

Artikel terkait:

  1. Gosok Dengan Cengkeh

Cengkeh juga sangat berguna untuk membunuh berbagai bakteri di dalam mulut sekaligus mencegah terbentuknya plak pada gigi. Caranya adalah dengan menghaluskan sedikit cengkeh sampai menjadi bubuk dan balurkan langsung pada area karang gigi mulut anda.

  1. Periksa Secara Teratur

Dengan rajin memeriksakan gigi anda ke dokter spesialis gigi, maka pertumbuhan karang gigi bisa dicegah. Karang ini tidak secara instan terbentuk sesudah anda makan, namun akan bersarang beberapa waktu sehingga pemeriksaan gigi secara rutin sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah gigi termasuk karang gigi ini.

Artikel terkait:

  1. Gunakan Dental Floss

Dental floss merupakan gulungan menyerupai benang yang memang dibuat untuk membersihkan gigi dan tidak akan melukai area gusi. Sesudah menyikat gigi dan berkumur, anda bisa menggunakan dental floss ini untuk mengangkat sisa makanan di sela gigi yang tidak bisa terangkat saat menyikat gigi dan juga berkumur.

  1. Hindari Merokok

Seperti yang sudah dibuktikan pada beberapa penelitian, bahaya merokok bagi kesehatan akan meninggalkan sebuah zat bernama nikotin yang akan melekat pada gigi, sehingga membuat kesehatan gigi berkurang kemudian timbul masalah karang gigi.

Artikel terkait:

  1. Hindari Makanan Manis

Makanan manis yang terlalu banyak dikonsumsi tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh seperti kadar gula dalam darah, namun juga berbahaya untuk gigi. Kadar bakteri pada area mulut akan meningkat dan menyebabkan gigi menghitam, berlubang dan terbentuk plak pada gigi.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk

Tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk juga bisa digunakan untuk membersihkan plak pada gigi khususnya plak yang sangat sulit dihilangkan bahkan sesudah menggosok gigi. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni hanya dengan menggosok bagian putih atau bagian dalam dari kulit jeruk pada permukaan gigi sesudah makan. Kulit jeruk ini juga akan menghilangkan bau mulut anda secara alami sesudah makan.

Artikel terkait:

  1. Sikat Gigi Dengan Baking Soda

Baking soda tidak hanya bagus untuk menghilangkan karang gigi, namun juga menjadi mouthwash alami yang akan membuat harum nafas anda. Caranya adalah dengan membasahi sikat gigi dan bubuhkan baking soda pada sikat gigi tersebut lalu sikat gigi anda seperti biasa. Supaya hasil bisa optimal bisa ditambahkan dengan sedikit garam saat menggosok gigi.

  1. Mengkonsumsi Keju

Untuk anda penggemar salah satu olahan susu yakni keju khususnya cheddar dan juga keju Swiss, anda bisa mengkonsumsi jenis keju ini sebelum mulai makan dengan tujuan menetralkan asam pada mulut yang menjadi penyebab timbulnya karang pada gigi. Semakin tua umur keju yang anda gunakan maka khasiatnya semakin baik.

Artikel terkait:

Sponsors Link

  1. Konsumsi Buah Ara

Dengan mengunyah 3 sampai 4 buah ara, bisa membuat produksi air liur semakin terangsang sehingga gigi akan lebih bersih dan terhindar dari plak membandel penyebab karang gigi tersebut.

  1. Hidrogen peroksida

Sesudah makan atau setidaknya 1 kali dalam sehari, anda bisa menggunakan Hidrogen peroksida sebagai obat kumur untuk melunakkan karang gigi sehingga lebih mudah diangkat. Caranya adalah dengan mencampur 1 sendok makan mouthwash dengan 3 sendok makan Hidrogen peroksida lalu pakai untuk berkumur selama 1 menit.

Artikel terkait:

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya baik untuk kesehatan rambut, namun juga bisa digunakan untuk melunakkan karang gigi sebelum sesudah makan. Caranya adalah dengan mengulum 1 sendok makan minyak kelapa murni sekitar 20 menit lalu buang dan gosok gigi seperti biasanya. Ulangi cara ini setiap bangun pagi atau sesudah makan.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera juga akan bekerja seperti mouthwash di dalam mulut, cara menggunakannya adalah dengan mengupas lidah buaya lalu gosokkan lendir yang terdapat didalamnya pada gigi sampai batas gusi dan diamkan selama 15 menit baru berkumur dengan air dingin. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari untuk hasil memuaskan.

Artikel terkait:

  1. Cuka Putih

Dalam cuka putih mengandung asam asetat yang bisa mencegah demineralisasi email serta mencegah pembentukan karang gigi dan anti bakteri. Zat tersebut sangat diperlukan untuk membersihkan karang gigi yang sangat efektif dan aman. Caranya adalah dengan campur 2 sendok teh cuka putih dengan 1 sendok teh garam serta 1/2 gelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari agar plak tidak bersarang pada gigi anda.

  1. Arang Aktif

Arang aktif sudah digunakan dari dulu untuk membersihkan gigi sebelum pasta gigi mulai diproduksi. Cara menggunakannya yakni dengan menghaluskan beberapa butir arang aktif lalu gunakan bubuk tersebut untuk menggosok gigi, bisa menggunakan jari atau sikat gigi lembut. Dengan ini, karang gigi akan dibasmi dengan mudah sebab kandungan berkhasiat yang ada dalam arang aktif tersebut.

Artikel terkait:

  1. Strawberry dan Tomat

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat pasta gigi alami dari buah tomat dan juga strawberry. Haluskan buah strawberry dan tomat lalu gunakan untuk mengganti pasta gigi yang biasa anda gunakan dan biarkan selama 5 menit baru berkumur dengan air hangat. Vitamin C yang terkandung pada 2 buah ini akan mencegah karang bersarang pada gigi anda.

Beberapa cara mencegah karang gigi diatas haruslah dilakukan dengan rutin setiap hari, sebab karang gigi tidak terbentuk dalam 1 malam namun akan berproses dan menumpuk yang kemudian berubah menjadi keras dan sulit dihilangkan, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk mencegah salah satu masalah gigi tersebut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 19th, May 2017 / 16:47 Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi