Sponsors Link
     Sponsors Link

Bahaya Behel Lepas Pasang Bagi Kesehatan

ads

Behel sudah dikenal pemakaiannya sejak lama. Pada mulanya behel atau kawat gigi digunakan untuk membuat tampilan gigi lebih rapih dan behel juga berfungsi untuk faktor kesehatan lainnya. Seiring perkembangan jaman, behel atau kawat gigi ini ternyata mulai berkembang pula kegunaanya. Salah satu yang saat ini sangat banyak digandrungi masyarakat adalah menggunakan behel untuk gaya atau fashion.

behel lepas pasang

Fenomena Behel Gigi

Semakin banyaknya orang yang ingin tampil trendy dan lebih gaya, baik pria maupun wanita, membuat mereka berlomba – lomba memasang behel dengan berbagai warna untuk mempercantik penampilan. Namun sayangnya, harga behel permanen yang tidak dapat dijangkau oleh semua orang membuat sebagian orang yang ingin tampil gaya tersebut melakukan berbagai cara untuk bisa memakai behel atau kawat gigi.

Harga Behel Lepas Pasang

Behel lepas pasang menjadi solusi yang sangat digemari bagi mereka yang ingin memakai behel namun dengan biaya yang terjangkau. Behel lepas pasang ini bahkan bisa dijumpai dengan mudah di toko – toko pinggir jalan, atau di tempat pemasangan gigi asal – asalan. Dan harganya pun tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Lalu, bagaimana kualitas dari behel lepas pasang?

Inilah yang menjadi keprihatinan banyak pakar kesehatan, karena bahaya behel lepas pasang yang hanya memiliki harga tidak lebih dari seratus ribu rupiah tersebut sangat jauh selisihnya dengan behel permanen yang memiliki harga hingga lebih dari lima jutaan. Dan kualitasnya pun sangat dipertanyakan. Berikut bahaya dari behel lepas pasang yang patut anda ketahui:

Sponsors Link

  1. Menimbulkan Masalah Pencernaan. Kawat gigi atau behel lepas pasang yang memiliki kualitas sangat rendah dikhawatirkan terbuat dari material berbahaya. Dikhawatirkan juga material tersebut bisa bereaksi terhadap air liur atau saliva di dalam mulut, jika terjadi hal yang demikian maka reaksi dari material tersebut akan masuk ke dalam sistem pencernaan kita dan selanjutnya bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan.
  2. Membuat Gigi Semakin Berantakan. Behel lepas pasang yang notabene tidak memiliki fungsi kesehatan apa pun bila sering di pasang dan lepas akan mempengaruhi struktur gigi. Bahkan pemakaian dalam jangka waktu yang lama akan membuat gigi menjadi lebih berantakan.
  3. Menyebabkan Iritasi pada Gusi. Lepas dan pasang behel lepas pasang yang terlalu sering dapat mengiritasi gusi. Material pembuat behel yang keras serta tidak memiliki kualitas yang baik pun dan menjadikan gusi iritasi.
  4. Menyebabkan Kesulitan Makan. Behel lepas pasang yang tidak dibuat dari bahan yang aman akan sangat tidak nyaman di mulut. Selain itu desain behel lepas pasang yang kemungkinan besar dibuat secara asal – asalan dan tidak diketahui pemasangannya oleh dokter akan membuat si pemakai behel lepas pasang mengalami kesulitan untuk mengunyah makanan.
  5. Menyebabkan Gusi Membengkak. Kualitas kawat dari behel lepas pasang yang tidak baik dapat menggores gusi. Padahal gusi sendiri memiliki struktur yang sangt mudah tergores. Bahkan goresan kecil oleh kawat behel lepas pasang dapat membuat gusi menjadi bengkak.
    Sponsors Link
  6. Menyebabkan Fungsi Gigi Terganggu. Behel lepas pasang yang dipakai secara terus menerus dan dala jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi fungsi gigi – gigi anda. Fungsi gigi seperti mengunyah dapat menjadi terganggu karena behel lepas pasang yang terpasang pada gigi.
  7. Menyebabkan Penyakit Mulut. Menggunakan behel lepas pasang dengan secara sering melepas dan memasangnya pada gigi kita dapat secara tidak langsung memasukan bakteri yang kemungkinan menempel pada behel lepas pasang. Jika behel tersebut dipasang bakteri bisa berada di mulut bahkan masuk ke dalam sistem pencernaan dan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit yang lebih serius.

Dari beberapa bahaya behel lepas pasang di atas, terlihat jelas jika behel jenis ini bisa sangat membahayakan kesehatan si pemakainya. Apalagi behel lepas pasang yang dijual bebas di pasaran memiliki kualitas bahan atau kawat yang sangat dipertanyakan. Dari segi kebersihan pun, behel tersebut bisa menjadi barang yang tidak higienis. Jika sudah demikian, apa anda masih mau memakai behel seperti ini?

Memiliki penampilan menarik dan trendy memang merupakan hak setiap individu, namun tetap saja, ada baiknya kita menjadi individu yang cerdas dalam memilih barang atau aksesoris penunjang penampilan lainnya. Salah – salah anda malah bisa terkena penyakit yang berbahaya atau bahkan fatal.

Baca juga : Bahaya ciuman bibir

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 17th, March 2015 / 12:42 Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi