Sponsors Link

4 Bahaya Inframerah Bagi Tubuh

ads

Inframerah merupakan radiasi dari elektromagnetik yang tidak terlihat mata biasa yang memiliki panjang gelombang sejauh 700 nm dan 1mn yang lebih luas dan panjang dari sebuah cahaya yang tertangkap oleh mata manusia. Uniknya ketika berada pada suhu yang panas panjang gelombang inframerah justru berkurang.

Dilihat dari segi jarak tempuhnya , Infra merah memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda seperti berikut :

  • Inframerah ketika menjangkau pada jarak yang dekat maka panjang gelombangnya adalah antara 0,75 sampai 1,5 um
  • Inframerah ketika menjangkau pada jarak menengah maka panjang gelombangnya adalah antara 1,50 sampai 10 u,
  • Inframerah ketika menjangkau pada jarak jauh maka panjang gelombangnya adalah antara 10 sampai 100 um

Apa saja yang dapat masuk sebagai kategori inframerah yang berbahaya?

  • Sinar ultraviolet
  • sinar lampu pijar
  • cahaya api yang sedang membara
  • Cahaya hasil pengelasan
  • Sinar matahari yang terpantul kaca
  • Radiasi aspal yang terpapar sinar matahari pada pukul 12 sampai 2 siang

Apa saja benda yang memiliki inframerah tetapi tidak berbahaya jika digunakan dengan wajar?

  • Peralatan medis dirumah sakit
  • Elektronik seperti televisi, radio, remote
  • Gelang kesehatan yang berinframerah
  • Alat pemijatan kaki yang berinframerah
  • kamera untuk jurnalis atau fotografer
  • lampu senter berinframerah untuk digunakan  pada kondisi gelap dan genting

Inilah bahaya inframerah jika langsung terkena jaringan tubuh manusia :

1. Menyebabkan kulit terbakar

Radiasi Infra merah sama tajamnya dengan sinar ultraviolet yang dipancarkan kebumi , karena memang sinar matahari merupakan inframerah juga namun bersifat alami bukan buatan manusia. efek buruk inframerah dapat melukai dan memberi efek terbakar pada permukaan kulit atau melepuh. karena radiasi inframerah mampu menembus jaringan kulit terdalam dan merusak kolagen yang ada dibawah kulit

Baca juga : penanganan luka bakar

2. Menyebabakan kerusakan jaringan retina mata

Radiasi inframerah pada matahari dapat menembus bagian tretina mata sehingga memicu munculnya penumpukan kabut putih melapisi retina sehingga mata mengalami ketajaman penglihatan dan katarak pada lensa mata.

Sponsors Link

Baca juga :  bahaya melihat matahari secara langsung

3. Menyebabkan kanker kulit

Radiasi inframerah sama berbahayanya dengan sinar ultaviolet yang dapat merusak jaringan kulit paling dalam jika terpapar secara berlebihan . kulit yang terpapar inframerah secara tidak sengaja dan berlangsung dalam jangka panjang maka akan memicu munculnya sel kanker kulit. sama halnya seperti terpapar sinar matahari dalam jangka panjang karena sinar  matahari memiliki inframerah yang mampu merusak merusak pigmentasi, kolagen kulit dan memicu munculnya flek flek hitam awal dari tumbuhnya kanker kulit.

Baca juga : akibat sinar matahari langsung bagi kulit

4. Menyebabkan penuaan dini

radiasi inframerah dari matahari langsung yang terpapar terlalu lama setiap hari pada kulit dapat menyebabkan kulit mudah keriput dan kering, karena sinar matahari dapat mengganggu keseimbangan minyak alami dan sel kolagen kulit dimana dapat  memicu terjadinya kerusakan sel kulit. kondisi ini memungkinkan seseorang akan menjadi terlihat lebih tua dan kusam

Baca juga : penyebab penuaan dini

Inframerah mempunyai karakteristik yang unik meskipun notabenya sebagai gelombang elektromagnetik berbahaya bagi kesehatan

  • Tidak bisa terlihat dengan mata telanjang (mata langsung) tetapi masih bisa dilihat dengan menggunakan kamera digital ataupun vedeo handycam khusus.
  • Tidak memiliki bau atau efek aroma seperti parfum yang tidak nampak dilihat oleh maataa tertapi baunya bisa ditangkap indera penciuman
  • Tidak bisa disentuh atau diraba, kaarena inframerah bersifat ringan dan tidak berbentuk molekul yang masih bisa dilihat dibawah mikrioskop elektron
  • Dapat didefinikan dari bentuk bentuk benda yang memiliki suhu panas seperti manusia atau hewan, namun warna yang tertangkap tidak rata dan mempunyai warna yang bervariasi.
  • Jika mata manusia tidak mampu melihat secara tembus pandang pada benda benda tebal misalnya besi, baja atau dinding maka sinar inframerahpun tidak memiliki kemampuan menembus materi yang tebal.
Sponsors Link

Berhati hati memakai benda benda yang memiliki unsur inframerah adalah solusi terbaik untuk kesehatan , misalnya para pengelas besi dan baja karena efek dari cahaya pengelasan sangat tajam dan dapat merusak jaringan retina pada mata, untuk itu sangat dianjurkan untuk memakai pelindung mata (kaca mata khusus untuk pengelasan)

Bagaimana dengan orang orang yang kecanduan dengan handphone? Apakah handphone memiliki inframerah?

Handphone jenis apapun tidak dilapisi inframerah namun mempunyai gelombang elektromanetik yang jika terlalu sering terpapar ke area telinga dan mata, dapat mengakibatkan gangguan otak dan penglihatan.

Berhati hatilah orang orang yang kecanduan handphone karena Gelombang elektromagnetik yang muncul dari komponen komponen kecil yang mengandung gelombang elektromagnetik yang ada didalamnya yang berhubungan dengan penangkapan atau penjangkauan jaringan (sinyal), komponen untuk transfer vedeo,foto atau memainkan sebuah permainan (games) dan lain lain dapat menimbulkan mutasi DNA penyebab sel abnormal dijaringan kepala yang dapat memicu kanker otak.

Baca juga : bahaya kecanduan handphone

Apa bahayanya meletakan handphone dibawah bantal sedangkan benda tersebut tak memiliki infra merah berbahaya?

Ketika handphone disimpan dibawah bantal, kondisi itu membuat suhu disekitar benda tersebut menjadi meningkat, namun berhati hatilah jika anda mempunyai kebiasaan tersebut  karena ada bahaya meletakan hp di bawah bantal maka akan timbul keluhan kesehatan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 06:52 Oleh :
Kategori : Teknologi Kesehatan