Sponsors Link

24 Obat Tradisional Ambeien Paling Alami dan Ampuh

Sponsors Link

Ambeien atau wasir adalah sebuah kondisi penyakit ketika pembuluh darah vena dalam saluran anus mengalami pembesaran. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai sebab seperti kebiasaan mengejan berlebihan saat buang air besar, ibu hamil yang melahirkan normal, kurang sayuran dan bahaya duduk terlalu lama. Ketika gejala ambeien baru berkembang maka ambeien sama sekali tidak menyebabkan rasa sakit. Namun ketika sudah masuk ke tahap yang serius maka bisa membuat penderita selalu merasa sakit saat buang air besar dan duduk. Jadi penyakit ini membutuhkan perawatan yang rutin, termasuk dengan menggunakan obat tradisional ambeien.

ads

Berikut ini adalah beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menyembuhkan ambeien.

  1. Minyak Kelapa (VCO)

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil sangat bermanfaat untuk mengobati ambeien. Minyak kelapa yang disuling dari kelapa murni mengandung senyawa kimia alami yang akan meredakan gejala dan ambeien. Obat ini bisa menyembuhkan ambeian dalam ataupun luar. Manfaat lain dari minyak kelapa adalah sebagai cara menghilangkan kurap dan cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Cara perawatan:

  • Jika penderita mengalami ambeian luar, maka oleskan minyak kelapa murni dengan bantuan kapas. Rendam kapas dengan minyak kelapa kemudian letakkan pada bagian ambeien selama beberapa saat. Ulangi hingga ambeien sembuh.
  • Jika penderita mengalami ambeien dalam maka campurkan minyak kelapa dengan jus buah atau sayuran kemudian minum. Cara ini akan membantu melancarkan buang air besar secara alami.
  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah lama dikenal sebagai obat wasir atau obat ambeien. Cuka sari apel mengandung senyawa yang akan memulihkan pembuluh vena yang tegang atau terlalu bengkak. Kemudian cuka sari apel juga akan menghilangkan rasa sakit dan tidak nyaman pada ambeien. Cuka sari apel juga dipercaya sebagai cara mengobati tipes dengan cepat secara alami.

Cara perawatan: rendam kapas dalam cuka sari apel,kemudian terapkan langsung ke bagian wasir atau ambeien. Kemudian ulangi langkah ini hingga wasir bisa sembuh. Selain itu penderita ambeien juga bisa mandi dengan campuran air dan cuka sari apel untuk mengatasi rasa sakit.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya yang sering ditemukan pada taman atau kebun bisa mengobati ambeien dengan cepat dan tanpa efek samping. Selain itu lidah buaya juga mengandung antrakunion yang akan membuat dinding saluran sistem pencernaan menjadi lebih baik sehingga gerakan usus juga akan lebih lancar. Lidah buaya juga mengandung enzim bradykinase yang akan membuat luka pada bagian ambeien menjadi lebih lemas dan mengurangi iritasi pada sekitar ambeien. (baca juga: khasiat lidah buaya untuk kulit)

Cara perawatan:

  • Kupas lidah buaya yang sudah dibersihkan kemudian ambil bagian gel lidah buaya.
  • Kemudian oleskan gel lidah buaya pada ambeien secara langsung untuk menurunkan ketegangan pada pembuluh darah.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi gel lidah buaya yang sudah dimasak. Gel lidah buaya mengandung serat yang akan membuat gerakan usus menjadi lebih baik.
  1. Ekstrak Witch Hazel

Ekstrak tanaman Witch Hazel diperoleh dengan melakukan proses destilasi. Bagian minyak akan diambil dari ranting, daun dan batang bahkan kulit tanaman ini. Tanaman ini menjadi jenis herbal alami yang berasal dari Amerika Utara. Witch Hazel mengandung bahan alami seperti tanin yang bisa mengurangi bengkak pada ambeien dan membuat kulit di sekitar anus kembali pulih. Bahkan herbal alami ini juga akan mengurangi aktifitas bakteri yang sering terjadi pada ambeien. Witch hazel juga bisa menjadi cara menghilangkan mata panda secara alami.

Cara perawatan: masukkan kapas ke dalam Witch Hazel selama beberapa detik. Kemudian gunakan kapas untuk mengompres ambeien selama beberapa menit. Anda juga bisa langsung menggunakan air suling Witch Hazel dengan cara dioleskan pada ambeien.

  1. Air Hangat

Air hangat juga bisa membantu menyembuhkan ambeien secara alami dan tanpa efek samping. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri oleh penderita ambeien. Air hangat akan membantu ambeien agar tidak terlalu tegang sehingga pembuluh darah akan kembali seperti semula. Untuk menggunakan air hangat maka Anda hanya perlu berendam dengan air hangat selama beberapa saat. Selama berendam maka tempatkan handuk kecil pada bagian ambeien agar pembuluh darah bisa lebih santai. (baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan – bahaya mandi air hangat)

Sponsors Link
  1. Sekam Psyllium

Sekam psyllium adalah jenis obat tradisional ambeien yang sangat ampuh. Sekam ini didapatkan dengan cara menghancurkan biji Plantago ovata. Sekam psyllium mengandung senyawa yang menguntungkan untuk ambeien seperti asam amino, protein, tanin, flavonoid, dan minyak. Sekam ini juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa membantu gerakan usus dan mendorong tinja menjadi lebih lunak. Kemudian sekam pysllium juga bisa membuat bakteri menguntungkan dalam usus seperti Lactobacillus menjadi lebih banyak. Cara ini akan membuat usus bekerja dengan baik dan bisa membuat gerakan usus yang lebih sehat. Bahkan sekam psyllium juga termasuk makanan yang baik untuk diabetes melitus.

Cara: Campurkan sekam psyllium dengan segelas air hangat kemudian minum. Untuk ambeien yang cukup parah maka bisa mengkonsumsi tiga kali sehari selama 3 minggu. Kemudian cukupi kebutuhan air putih untuk mengatasi dehidrasi dan sembelit.

  1. Kompres dengan Air Dingin

Air dingin atau es batu memang bisa membuat ambeien menjadi tidak terlalu parah. Anda bisa mencoba untuk mengompres dengan air dingin atau es batu yang sudah dibungkus dengan handuk lembut. Air dingin atau es batu akan mengurangi rasa gatal dan membuat rasa nyeri pada ambeien berkurang secara alami. Bahkan rasa dingin ini juga akan membantu mengurangi pembengkakan sehingga pembuluh darah pada wasir akan kembali seperti semula.

Cara perawatan: bungkus beberapa es batu dengan handuk lembut kemudian terapkan langsung pada ambeien. Kompres selama beberapa kali hingga ambeien sembuh atau berkurang.

  1. Jus Lobak

Lobak biasanya dikonsumsi dengan cara dimasak atau menjadi minuman seperti jus. Untuk penderita ambeien maka bisa mengkonsumsi jus lobak untuk menyembuhkan lobak dari dalam. Lobak mengandung serat dan senyawa alami yang bisa mengurangi peradangan. Lobak juga sangat baik untuk tubuh karena akan membantu mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Bahkan lobak sejak lama telah menjadi makanan untuk penderita asam urat paling menyehatkan dan makanan peninggi badan alami dan aman.

Cara perawatan:

  • Parut lobak putih yang masih segar dengan parutan, kemudian peras dan ambil airnya.
  • Minum air tersebut selama 2 kali dalam sehari.
  • Untuk mencegah agar ambeien tidak kambuh maka bisa mengkonsumsi jus lobak setiap 2 hari sekali.
  1. Minyak Pohon Teh ( Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh menjadi obat alami untuk berbagai keluhan pada kulit. Minyak pohon teh mengandung tanin yang sangat baik untuk mengurangi efek peradangan. Selain itu minyak pohon teh bisa menyembuhkan ambeien dengan cara membuat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah di bagian anus. Cara inilah yang akan menyembuhkan ambeien tanpa menyebabkan rasa sakit ataupun luka langsung.

Cara perawatan: Berikan dua tetes minyak pohon teh pada kapas, kemudian terapkan secara langsung pada bagian ambeien. Jika Anda memiliki minyak jarak, maka gunakan sebagai campuran alami.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki senyawa alami yang bisa mengurangi rasa sakit pada ambeien dan membuat pembuluh darah menjadi lebih nyaman. Minyak zaitun akan menyembuhkan peradangan langsung pada kulit dan membuat pembuluh darah menjasi lebih elastis. Dengan cara ini maka penderita ambeien tidak akan merasa sakit ketika buang air besar. Untuk menyembuhkan ambeien dengan minyak zaitun, maka cukup minum satu sendok makan minyak zaitun setiap hari sebelum makan. Minyak zaitun juga mengandung  asam lemak trans monoenoic yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

  1. Lemon

Jeruk lemon memiliki rasa yang sangat asam karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang akan membantu menyembuhkan ambeien. Pada dasarnya senyawa vitamin C yang masuk ke dalam tubuh atau mengenai ambeien akan membuat dinding pembuluh darah menjadi tidak terlalu tegang. Bahkan jeruk lemon akan membantu agar ambeien kembali pulih seperti semula karena aliran darah yang lebih baik pada pembuluh darah. Semua efek ini juga disebabkan karena efek bioflavonoid yang membuat pembuluh darah menjadi kuat dan mengurangi peradangan.

Cara perawatan:

  • Anda bisa mengoleskan air perasan jeruk lemon pada bagian ambeien. Efeknya akan terasa sedikit perih dan panas, namun hanya sebentar, kemudian akan lebih nyaman. Jika dilakukan secara rutin maka ambeien luar akan masuk dan sembuh.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi air perasan jeruk lemon dengan jahe yang sudah disangrai. Cara ini akan menyembuhkan peradangan pada ambeien dari dalam tubuh.
  1. Ekstrak Kulit Pohon Pinus

Sebuah herbal alami lain yang bisa menyembuhkan ambeien adalah ekstrak kulit pohon pinus. Bahan ini mengandung sumber alami dasar yang bisa menyembuhkan ambeien seperti katekin, flavonoid, asam fenolik, dan proantosianidin. Semua senyawa ini akan memberi perlindungan pada pembuluh darah di bagian ambeien karena mengandung bahan anti peradangan dan antioksidan yang sangat tinggi. Sebuah penelitian telah mengungkap bahwa efek flavonoid sangat kuat terhadap penyembuhan ambeien. Anda bisa menemukan bahan ekstrak kulit pohon pinus yang sudah diolah dan gunakan untuk menyembuhkan ambeien sesuai dengan petunjuk.

  1. Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi obat ambeien yang paling mudah didapatkan. Bawang putih sering ditemukan di dapur sebagai bumbu alami. Bawang putih mengandung senyawa alami yang sangat baik untuk menyembuhkan ambeien seperti asam amino, peroksidase, allinase, mirosinase dan kandungan senyawa belerang yang sangat tinggi. Bawang putih juga bisa membantu menyembuhkan ambeien karena bersifat sebagai bahan anti peradangan, bahan anti bakteri dan membuang racun dalam tubuh. Kandungan alisin dalam bawang putih bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi pembuluh darah seperti pada ambeien. (baca juga: bahaya bawang putih mentah – efek samping bawang putih)

Cara perawatan: kupas bawang putih kemudian cuci dan potong kecil-kecil atau hancurkan hingga halus. Kemudian terapkan secara langsung pada bagian ambeien secara rutin hingga sembuh.

  1. Batu Akar (Collinsonia canadensis)

Batu akar atau Collinsonia canadensis termasuk sebagai tanaman herbal alami yang sama dengan golongan tanaman mint. Tanaman ini sering digunakan sebagai herbal alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti ambeien. Efek dari tanaman ini adalah mengurangi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah vena. Kemudian bisa melindungi ambeien agar tidak kambuh atau membesar karena peradangan. Selain itu bahan herbal alami ini juga bersifat untuk membuang racun dalam tubuh, membuat pembuluh darah menjadi lebih tenang dan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahan alami inilah yang akan melindungi usus dan membuat lapisan pembuluh darah menjadi lebih kuat. Cara perawatan dengan akar batu adalah menerapkan ekstrak akar batu secara langsung pada ambeien.

sponsored links
  1. Ekstrak Kulit Kayu Oak Putih

Pohon oak atau ek adalah tanaman khas yang sering menjadi penghias di berbagai negara termasuk benua Amerika dan Eropa. Tanaman yang memiliki nama lain Quercus alba ini mengandung bahan antioksidan dan zat alami kuat untuk menyembuhkan ambeien dalam dan ambeien luar. Bahan ekstrak kulit kayu oak putih mengandung sifat seperti menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, membersihkan bakteri dan menyembuhkan pendarahan. Bahan alami ini mengandung tanin dan kalsium yang sangat baik untuk melindungi usus dan menjaga agar jaringan kulit pada rektum tidak terkena iritasi akibat ambeien. Selain itu bahan ini juga bisa melindungi pembuluh darah dari pembengkakan dan mengatasi rasa gatal. Cara perawatan dengan ekstrak kulit kayu oak putih adalah dengan merebus bahan ini kemudian gunakan airnya untuk mengompres bagian ambeien.

  1. Horse Chestnut

Horse chestnut atau kacang kuda memiliki nama lain yaitu Aesculus hippocastanum. Bahan ini didapatkan dari pohon yang sering muncul pada musim gugur di berbagai negara yang memiliki empat musim. Kacang didapatkan dari bagian bunga yang akan jatuh sendiri. Bagian kacang di dalamnya mengandung biji alami yang bisa membantu mengobati ambeien. Beberapa bahan alami dalam horse chestnut yang bisa mengobati ambeien adalah seperti tanin dan saponin. Kedua senyawa ini bisa mengurangi peradangan dan mengatasi bakteri yang bisa menyebabkan ambeien lebih parah.

Cara perawatan: gunakan ekstrak horse chesnut kemudian rebus dengan beberapa gelas air. Setelah mendidih saring dan minum airnys saat masih hangat.

  1. Rutabaga

Rutabaga adalah jenis umbi yang menjadi persilangan tanaman sayuran turnip dan kubis. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, ternyata rutabaga juga bisa menyembuhkan ambeien dan menjadi cara meningkatkan hormon testosteron pada pria. Kandungan senyawa alami dalam rutabaga sangat penting untuk membuat ambeien tidak pernah kambuh. Umbi rutabaga mengandung bahan antioksidan dan bisa membuat pembuluh darah kembali santai. Banyak orang yang sudah sembuh dari ambeien dengan rutabaga dan sama sekali tidak menyebabkan sakit.

Cara perawatan:

  • Pilih umbi rutabaga yang masih segar kemudian kupas, cuci dan rebus hingga lunak.
  • Hancurkan rutabaga kemudian letakkan pada kapas dan terapkan langsung pada ambeien.
  • Untuk hasil yang lebih cepat maka terapkan rutabaga saat masih hangat selama beberapa saat.
  1. Kulit Pisang

Anda mungkin tidak percaya jika kulit pisang bisa menyembuhkan ambeien hingga sembuh total dan tidak pernah kambuh. Kulit pisang biasanya dibuang begitu saja setelah buahnya dimakan. Kulit pisang mengandung beberapa lapisan serat dan bersifat dingin. Bahan kulit pisang ternyata mengandung senyawa alami yang bisa menyembuhkan peradangan ambeien, membuat kulit di sekitar rektum tidak iritasi dan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk paling alami. (baca juga: khasiat buah pisang untuk kesehatan)

Cara perawatan:

  • Ambil beberapa kulit pisang yang bersih dan masih segar.
  • Kupas bagian dalam kulit pisang kemudian tempelkan atau terapkan secara langsung pada ambeien.
  • Anda juga bisa menempelkan kulit pisang bagian dalam selama beberapa menit sehingga efeknya lebih terasa.
  1. Benih Ajwain / Biji Karambol

Benih ajwain atau biji karambol adalah jenis herbal alami yang berasal dari India. Herbal ini sering menjadi obat untuk berbagai penyakit seperti diare, sakit perut, meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan produksi ASI. Selain itu biji karambol juga sangat baik untuk melonggarkan pembuluh darah, meningkatkan elastisitas otot pada rektum dan mengandung antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Cara perawatan: panggang biji karambol diatas wajan yang sudah dipanaskan, hingga biji karambol mengembang. Kemudian giling biji karambol dan masak dengan air mendidih. Saring airnya dan minum saat masih hangat.

  1. Kubis

Kubis merupakan jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan. Kubis menjadi sayuran yang banyak disukai karena menjadi makanan yang mengandung asam folat super tinggiBiasanya kubis dimasak menjadi sup atau dimakan mentah seperti lalapan. Kubis sangat baik untuk merawat ambeien hingga benar-benar sembuh karena mengandung bahan alami untuk meringankan peradangan.

Cara perawatan:

  • Pilih jenis kubis putih atau kubis ungu yang masih segar kemudian cuci hingga bersih.
  • Tempelkan kubis yang sudah dipotong kecil – kecil ke bagian ambeien untuk mengatasi sakit dan pembengkakan. Tempelkan selama beberapa menit saja.
  • Jika Anda ingin ambeien cepat sembuh maka lakukan perawatan ini selama beberapa kali dalam sehari.
  1. Biji Jintan Hitam

Biji jintan hitam adalah bahan alami yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan ambeien. Biji jintan hitam mengandung senyawa alami seperti zat astringent. Bahan ini bisa mengatasi peradangan dan pembengkakan pada ambeien. Selain itu juga mengandung zat antioksidan yang akan melawan sumber penyakit seperti infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jintan hitam sering menjadi obat terapi untuk penderita maag sehingga menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung yang paling sehat.

Cara perawatan:

  • Ambil satu atau beberapa sendok biji jintan hitam kemudian panggang di atas wajan panas selama beberapa saat.
  • Kemudian giling hingga halus dan masak dengan beberapa gelas air hingga mendidih.
  • Saring dan minum airnya saat masih hangat seperti Anda minum teh.
  • Untuk hasil yang lebih baik maka lakukan cara ini setiap hari hingga ambeien sembuh.
  1. Ekstrak Goldenrod

Goldenrod adalah salah satu jenis tanaman aster yang memiliki nama lain Solidago Canadensis. Ekstrak Goldenrod biasanya berbentuk minyak esensial. Minyak diproses dari bagian puncak bunga dengan cara destilasi. Meskipun tanaman ini dianggap sebagai hama tanaman alami namun ternyata bisa menjadi obat yang ampuh untuk ambeien. Minyak goldenrod bisa membantu mengatasi ambeien dengan mencegah iritasi, melawan infeksi dan mengurangi pembengkakan pada bagian pembuluh darah.

Cara perawatan:

  • Larutkan minyak goldenrod dengan minyak kelapa dengan campuran yang seimbang.
  • Oleskan secara langsung ke bagian ambeien selama beberapa kali dalam sehari.
  • Untuk ambeien yang sudah besar maka lakukan perawatan secara rutin dan sering.
  1. Daun Neem / Daun Intaran

Daun Neem atau daun Intaran didapatkan dari pohon Neem atau memiliki nama lain Azadirachta indica. Tanaman ini juga dikenal dengan nama lain pohon mimba atau pohon margosa. Tanaman yang banyak tumbuh di kawasan India. Tanaman ini sangat penting dalam perawatan tradisional khas India untuk beberapa penyakit seperti sakit gigi, diabetes, penyakit kulit dan berbagai jenis perawatan yang lain. Daun neem bersifat sebagai bahan untuk mencegah inflamasi dan mencegah aktifitas bakteri.

Cara perawatan: campurkan bubuk daun neem yang sudah kering dengan minyak kelapa. Kemudian campurkan dengan air hingga menjadi pasta kemudian terapkan secara langsung pada bagian ambeien.

  1. Ekstrak Pegagan

Ekstrak pegagan adalah bahan alami yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati wasir secara alami. Bahan ini mengandung senyawa alami yang bisa mengontrol pembuluh darah yang bengkak. Pegagan juga bisa membantu memulihkan jaringan ikat yang rusak pada bagian rektum akibat ambeien yang membengkak. Selain itu ekstrak pegagan bisa membantu mengurangi rasa sakit berlebihan akibat ambeien dan membuat ambeien kembali pulih secara alami. Cara perawatan dilakukan dengan menggunakan ekstrak pegagan alami secara langsung pada ambeien. Kenali pendarahan akibat ambeien untuk mengurangi efek samping. Anda juga bisa mengkonsumsi teh daun pegagan untuk menyembuhkan ambeien dari dalam tubuh. Ekstrak pegagan juga sering digunakan sebagai cara mengatasi alergi obat secara alami.

Semua obat tradisional ambeien ini dipercaya akan menyembuhkan tanpa efek samping. Namun untuk ambeien yang sudah parah sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter. Cara lain untuk merawat ambeien adalah dengan menghindari semua makanan yang dapat menyebabkan ambeien dan menghindari semua pantangan ambeien wajib dihindari. Langkah perawatan secara tradisional juga penting dilakukan ketika ambeien masih dalam tahap yang ringan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, July 2016 / 07:26 Oleh :
Kategori : Wasir