20 Obat Ambeien Luar Alami Termujarab

Ambeien merupakan sebuah penyakit yang cukup umum dan dikenal juga dengan istilah wasir. Namun banyak yang belum tahu bahwa ambeien sendiri dibagi menjadi 2 kategori kondisi, yakni kondisi eksternal atau luar serta internal atau dalam. Ambeien luar atau eksternal merupakan sebuah jenis ambeien yang menyerang bagian anus sehingga memicu rasa gatal, sakit atau perih ketika BAB.

Pada jenis ambeien eksternal jugalah para penderitanya bakal merasa begitu kurang nyaman saat untuk duduk. Ketika feses mendorongnya keluar, ambeien mampu memicu thrombosis atau yang disebut juga dengan penggumpalan. Setelah itu pun ambeien dapat mengalami perubahan warna karena hal tersebut menjadi warna biru keunguan.

Setelah mengenal ambeien luar, kita juga perlu tahu apa bedanya dari ambeien dalam atau internal. Ambeien internal adalah sebuah jenis ambeien di mana ini biasanya ditunjukkan dengan adanya pembengkakan di dalam rektum sehingga tak terlihat maupun teraba. Hanya saja pembengkakan tersebut tak akan terasa sakit karena saraf yang ada pada area rektum tersebut termasuk sedikit.

Namun selalu ada potensi untuk ambeien internal bisa membesar dan bisa sampai ke bibir anus sehingga rasanya pun menjadi sakit. Ambeien bakal berwarna merah muda bila dilihat dan bisa sembuh dan masuk dengan sendirinya lagi, tapi juga ada yang harus didorong lebih dulu untuk proses memasukkannya. Untuk rekomendasi obat ambeien luar, berikut ini bisa Anda simak.

(Baca juga: tanda-tanda ambeien)

1. Gandum Utuh

Ketika Anda menderita wasir atau ambeien baik luar atau dalam, silakan mulai mengubah menu makanan. Bagi penderita wasir, gandum utuh adalah yang paling baik untuk dikonsumsi karena ada kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya. Serat bakal membantu meredakan gejala ambeien dan perdarahan.

Terkadang wasir juga bisa disebabkan oleh konstipasi, sedangkan konstipasi merupakan akibat dari tubuh yang kekurangan serat. Supaya usus lancar dan tak mengalami sembelit, makanan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal, nasi merah, dan quinoa adalah yang terbaik untuk dikonsumsi. Masukkan bahan-bahan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda.

2. Es Batu

Untuk mengatasi wasir atau ambeien, es batu adalah bahan yang sangat sederhana namun efektif. Jika terjadi pembengkakan serta rasa sakit yang begitu mengganggu, es batu adalah bahan yang dapat diandalkan untuk dijadikan obat.

  • Caranya: Gunakan icepack atau es batu yang dibungkus dengan kain bersih untuk diaplikasikan pada area yang terkena ambeien selama 10 menit. Lakukan sehari beberapa kali sampai ambeien hilang. Atau bila tak ada es batu, sayuran beku yang Anda simpan di dalam lemari es juga dapat digunakan sehari 3 kali selama masing-masing 20 menit pengompresan. Melakukan rutin jelas memberikan hasil yang paling baik.

3. Minyak Zaitun

Mengandung antioksidan dan juga anti-inflamasi, minyak zaitun merupakan bahan alami yang siap membantu Anda dalam mengatasi masalah ambeien atau wasir secara ampuh. Pada umumnya, ambeien luarlah yang paling bisa disembuhkan dengan minyak ini. Risiko inflamasi dan pembesaran pembuluh darah bakal berkurang dengan baik.

  • Caranya: Setiap hari, Anda bisa mengonsumsi sesendok teh minyak zaitun yang akan membantu mengurangi inflamasi. Lemak tak jenuhnya pun bakal mampu meningkatkan fungsi dari sistem ekskresinya. Atau cara lainnya, Anda bisa juga mengambil jus dari daun plum yang dicampur dengan minyak zaitun. Pembengakakan dan rasa sakit bakal berkurang secara efektif.

(Baca juga: cara menghilangkan wasir)

4. Lidah Buaya

Bukan hal asing lagi tentang khasiat lidah buaya untuk kulit karena hampir setiap orang sudah mengetahuinya. Sifat penenang dan anti-inflamasi naturalnya begitu luar biasa bermanfaat untuk mengurangi iritasi ambeien. Kabar baiknya, lidah buaya adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien luar maupun dalam.

  • Untuk Ambeien Luar: Ambil gel lidah buaya secukupnya yang kemudian dioles perlahan ke area yang terkena ambeien. Berikan pula pijatan sedikit dan pelan. Dengan obat ini, sensasi terbakar dan juga rasa sakitnya akan memudar secara berangsur.
  • Untuk Ambeien Dalam: Anda bisa memotong daun tanaman lidah buaya, lalu mengupas bagian luarnya secara tuntas. Irisan dagingnya bisa Anda masukkan ke sebuah wadah, lalu bekukan. Sesudah membeku, barulah es lidah buaya dapat Anda terapkan pada bagian ambeien untuk mengurangi sekaligus meredakan secara bertahap akan sensasi gatal serta sakit yang begitu tak nyaman.

5. Witch Hazel

Bahan ini pasti sudah sering didengar oleh Anda, namun masih banyak yang tak mengerti apa itu witch hazel. Tanaman ini bernama latin Hamamelis Virginiana dan sudah sangat kerap dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan. Berasal dari Amerika Utara, tanaman ini memiliki banyak manfaat, tak terkecuali untuk mengatasi masalah ambeien.

Witch hazel adalah bahan alami yang juga sangat dipercaya mampu mengurangi rasa sakit, gatal hingga perdarahan. Tak cuma mengurangi, ambeien juga dapat disembuhkan hingga benar-benar sembuh dan gejala memudar. Memang belum terbukti secara ilmiah, namun kandungan minyak dan tanin di dalamnya mampu melawan inflamasi serta perdarahan akibat ambeien. Bahkan di dalam tanaman ini juga ada kandungan anti-inflamasi sehingga aman-aman saja bila hendak digunakan langsung pada area yang ambeien.

  • Caranya: Ambil kapas yang kemudian bisa Anda celupkan di dalam larutan sari witch hazel. Aplikasikan langsung pada area yang sakit dan terkena ambeien setiap hari paling tidak 3 kali. Witch hazel pun merupakan sebuah bahan yang mampu digunakan untuk memberikan perlindungan bagi anus dari iritasi dan mikroorganisme.

(Baca juga: cara mengobati wasir)

6. Air Putih

Sesederhana itukah mengobati ambeien luar maupun dalam? Air putih merupakan sebuah obat yang paling simpel namun termasuk sangat mujarab untuk meredakan ambeien tanpa efek samping. Sebetulnya tanpa harus disuruh pun, manusia membutuhkan 8-10 gelas air setiap harinya untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Air putih adalah bahan yang mampu juga membuat segala bentuk racun di dalam tubuh ternetralisir secara sempurna. Porsi air putih yang sesuai akan mampu membuat rasa nyeri yang diakibatkan ambeien cepat berkurang dan membaik. Oleh karena itu, biasakan minum air putih banyak dengan takaran yang sudah disebutkan tadi; selain mengobati ambeien, air putih akan mencegah bahaya dehidrasi.

7. Minyak Almond

Setelah minyak zaitun, ada pula minyak almond yang juga siap untuk membantu Anda mengobati masalah ambeien. Kebanyakan memang minyak almond ini digunakan untuk menyembuhkan ambeien luar sama seperti minyak zaitun tadi. Minyak ini begitu aman dan efektif untuk Anda pakai secara rutin sampai ambeien sembuh.

  • Caranya: Sediakan sebuah kapas bersih yang kemudian bisa dicelupkan ke dalam larutan minyak almond. Gunakanlah dengan mengaplikasikannya langsung ke area yang terkena ambeien secara perlahan. Minyak ini bakal melembabkan sekaligus meredakan inflamasi di mana bahan ini bisa menenangkan sensasi terbakar dan gatal di area anus. Lakukan saja beberapa kali dalam sehari supaya manfaatnya segera dirasakan.

(Baca juga: gejala wasir)

8. Jus Lemon

Bahan seperti jus lemon pun mampu memberikan manfaat bagi para penderita ambeien. Jus lemon merupakan bahan alami yang sanggup membuat kapiler dan dinding pembuluh darah lebih kuat. Berkat kandungan nutrisi yang beragam di dalam jus lemon, dijamin ambeien pasti cepat reda dan hilang.

  • Caranya: Ambil bola kapas yang kemudian dicelupkan ke dalam jus lemon yang masih dalam kondisi segar. Terapkan kapas tersebut pada area ambeien secara perlahan. Jangan takut atau panik apabila ada rasa seperti kesemutan ringan atau sensasi seperti terbakar. Sesudah itu, rasa sakitnya akan hilang.
  • Alternatif: Bila ingin cara alternatif, Anda bisa menyiapkan setengah buah lemon yang kemudian dapat diperas ke dalam 1 cangkir susu panas. Sesudah susu lebih dingin, Anda dapat mengonsumsinya. Namun lebih disarankan untuk meminumnya setiap 3 jam sekali jika Anda ingin hasil yang maksimal. Atau, bisa juga Anda mencampurkan jus lemon, jus mint, madu, serta jus jahe masing-masing setengah sendok teh dan meminumnya rutin.

9. Daun Sirsak

Seperti kita tahu, ada banyak manfaat dari daun sirsak yang bisa didapatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Ketika ciri-ciri ambeien mulai dialami, Anda perlu mengambil tindakan sebelum ambeien menjadi lebih parah. Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang jelas akan menyembuhkan secara total.

  • Caranya: Penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menyiapkan daun sirsak sebanyak 10 lembar yang harus sudah dicuci lebih dulu. Rebuslah daun-daun tersebut bersama dengan air sebanyak 3 gelas dan didihkan. Pastikan ketika mendidih dan hendak diangkat, air sudah berkurang hingga kurang lebih tersisa 2 gelas. Minumlah secara rutin sampai ambeien hilang.

(Baca juga: penyebab wasir)

10. Daun Pepaya

Jangan remehkan daun pepaya karena pada dasarnya, daun pepaya memiliki banyak kandungan gizi. Kalsium pun ada di dalam pepaya selain dari vitamin E, D, C, A dan B. Fungsi dari daun pepaya sendiri adalah untuk menghambat berkembangnya bakteri, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masalah prostat, mencegah katarak, hingga menyembuhkan ambeien.

  • Caranya: Tanaman daun pepaya dapat diambil beberapa lembar saja yang kemudian bisa Anda rebus sampai airnya mendidih. Airnya bisa Anda minum sehari 2 kali setiap hari, pagi dan malam, hingga ambeien menghilang dan sembuh. Meski memang rasanya begitu pahit, Anda tak usah meragukan khasiatnya dalam menyembuhkan.

11. Bunga Pagoda

Pernah mendengar akan bunga pagoda? Bunga ini cukup terkenal karena sudah biasa dijadikan obat. Rasa bunga ini sendiri adalah manis dan bersifat hangat dengan khasiat sedatif yang mampu membantu perdarahan untuk berhenti. Untuk ambeien, tanaman yang ajaib ini bisa Anda pergunakan dengan meramunya.

  • Caranya: Ambil bunga pagoda secukupnya untuk dicampurkan dengan air serta madu sesuai kebutuhan. Rebuslah bunga ini dan didihkan; setelahnya, Anda bisa angkat air rebusan untuk menunggu suhunya turun alias lebih dingin. Minumlah ramuan ini setiap hari 2 kali setiap malam dan pagi hari secara rutin untuk memperoleh hasil terbaik bagi kesembuhan ambeien Anda.

12. Kulit Manggis

Anda suka menikmati buah manggis dan kebetulan sedang mengalami masalah ambeien yang mengganggu? Bagian kulitnya bisa Anda gunakan sebagai obat bagi ambeien Anda. Di dalam kulit manggis sendiri pun ada banyak senyawa baik, seperti senyawa pencegah diabetes, radikal bebas dan kanker sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

  • Caranya: Kulit manggis yang sudah Anda kumpulkan sehabis menikmati buahnya dapat Anda keringkan lebih dulu. Setelah dikeringkan, barulah kulit manggis perlu direbus dan diminum air rebusannya setiap hari pada siang dan malam hari. Larutan obat ini dapat Anda konsumsi rutin agar penyakit ambeien menjadi lebih ringan dari hari ke hari dan cepat sembuh.

(Baca juga: penyebab feses berwarna hitam)

13. Cuka Sari Apel

Pada cuka sari apel, ada kandungan astringent yang sangat baik dalam meredakan pembuluh darah yang membesar. Cuka sari apel pun bisa dijadikan penenang alami untuk iritasi dan masalah pembengkakan tersebut, baik untuk ambeien luar maupun dalam. Namun, pastikan Anda menggunakan cuka sari apel yang organik.

  • Untuk Ambeien Luar: Siapkan kapas bersih yang bisa Anda celup ke dalam larutan cuka sari apel. Setelah dicelup, kapas bisa ditempel dan usapkan perlahan ke area yang terkena ambeien. Tak masalah bila ada sensasi seperti kesemutan atau terbakar, Anda akan merasakan manfaatnya sesegera mungkin. Lakukan saja pengobatan ini sehari beberapa kali untuk efek yang cepat.
  • Untuk Ambeien Dalam: Anda bisa menambahkan sesendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air putih biasa. Campurkan dengan mengaduk-aduknya dan minumlah setiap hari di mana seharinya paling tidak Anda minum 2 kali. Anda pun bisa menambahkan madu untuk rasa yang lebih baik dan manis.

14. Kantong Teh Hitam

Anda perlu tahu bahwa di dalam teh hitam ada kandungan senyawa asam tannic yang berperan sebagai astringent alami. Kantong ini mampu membantu Anda dalam mengurangi pembengkakan serta rasa sakit yang membuat Anda terasa tak nyaman.

  • Caranya: Basahilah kantong teh hitam yang sudah Anda siapkan dengan air panas. Setelah itu, biarkan sesaat agar suhunya menurun alias menjadi lebih dingin. Aplikasikan kantong teh yang masih dalam keadaan hangat dan basah etrsebut pada area ambeien Anda. Kompreskan di sana sekitar 10 menit lamanya. Untuk memperoleh hasil kesembuhan terbaik, Anda bisa melakukannya sehari 2 atau 3 kali dalam sehari secara rutin.
  • Alternatif: Kalau sebelumnya Anda harus membasahi kantong teh hitam dengan air panas, maka kini Anda bisa menggunakan kantong teh yang dingin. Kantong teh hitam yang baru saja digunakan bisa langsung digunakan untuk mengompres bagian yang terserang ambeien selama kurang lebih 5-10 menit. Lakukan secara rutin juga demi mendapat hasil yang maksimal.

(Baca juga: bab berdarah)

15. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang menjadi obat yang baik untuk yang menderita penyakit jantung. Untuk kolesterol tinggi, minyak kelapa adalah salah satu solusi alami yang baik. Namun tak hanya itu saja, masalah kesehatan seperti ambeien juga bisa diatasi dengan minyak kelapa ini tanpa efek samping.


  • Caranya: Ambil minyak kelapa secukupnya saja dengan menuangkannya ke atas kapas bersih. Kapas tersebut kemudian bisa Anda usapkan sekaligus kompreskan pada area ambeien secara langsung. Setelah itu bersihkan, lanjutkan pengobatan dengan mengulanginya kembali. Hanya dalam beberapa hari, asal pengobatan dilakukan rutin maka hasilnya ambeien bakal cepat hilang dan sembuh total.

16. Olahraga

Obat untuk ambeien luar maupun dalam bukan hanya sekadar obat dari tanaman herbal atau bahan alami lainnya. Olahraga pun juga dapat membantu Anda memulihkan tubuh dan menjadikan gejala ambeien cepat menghilang. Kurang olahraga bisa saja memengaruhi sistem pencernaan, jadi pastikan Anda melakukannya rutin agar kebugaran tubuh terjaga.

17. Garam dan Gliserin

Mungkin Anda jarang mendengar tentang campuran gliserin dan garam yang bisa menyembuhkan masalah ambeien. Memang kurang terkenal, namun Anda dapat membuktikan keampuhannya dalam mengobati ambeien. Campuran yang begitu sederhana ini bisa Anda pakai ketika tanda-tanda ambeien begitu tak nyaman.

  • Caranya: Campurkan saja langsung gliserin sebanyak 2 sendok makan dengan 2 sendok makan garam. Hasil larutan campuran kedua bahan tersebut dapat Anda usap menggunakan kapas ke area yang mengalami ambeien. Tinggalkan selama 15-20 menit setelah kapas tersebut diusap dan dikompreskan ke area yang sakit dan bengkak. Pastikan Anda mengulangi metode pengobatan ini setiap 6 jam sekali sampai rasa sakit benar-benar pudar.

(Baca juga: pantangan ambeien wajib dihindari)

18. Bawang Putih dan Bawang Merah

Kombinasi antara bawang putih dan merah ternyata sangat efektif dalam mengobati ambeien. Berkat sifat antibakteri di dalam kedua bawang ini, maka otomatis segala risiko inflamasi pun dapat berkurang dan pembengkakan pun hilang. Penggunaannya pun terbilang sangat mudah.

  • Caranya: Sediakan sesiung bawang putih ukuran biasa dan sesiung bawang merah ukuran kecil. Sebelum tidur di malam hari, Anda bisa memasukkan potongan bawang merah dan bawang putih tersebut pada bagian rektum dan tinggal tidur. Jika tak nyaman, iris saja keduanya menjadi 2 bagian alias setengah-setengah. Dalam 1 minggu ulangi cara pengobatan ini 2-3 kali.

19. Cranberry

Pernah mendengar bahwa kompresan cranberry sanggup menjadikan ambeien Anda hilang dan sembuh secara total? Obat ini dapat dengan mudah Anda siapkan dan penggunaannya juga terbilang gampang sehingga tak akan memakan waktu karena ribet.

  • Caranya: Yang perlu Anda lakukan hanyalah membungkus cranberry yang sudah halus diblender sebanyak 5 sendok makan dan aplikasikan ke bagian yang terserang ambeien. Anda bisa mengusapkannya perlahan dan kompreskan setelah itu. Tunggulah sekitar 1 jam sebelum Anda boleh melepasnya, jadi supaya waktu berjalan lebih cepat, Anda bisa menonton televisi atau tidur. Karena cranberry ini bisa menodai celana, pakailah celana dengan warna gelap atau celana lama.

20. Calendula

Berikutnya ada pula calendula yang siap membantu Anda untuk menjauhkan dari bahaya ambeien. Calendula sendiri adalah sebuah jenis bunga yang memang pada umumnya ditanam sebagai tanaman hias. Siapa sangka bahwa tanaman ini juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk ambeien.

  • Caranya: Ambil sekitar 3 cangkir air, lalu tambahkan dengan sesendok makan daun peppermint, sesendok makan bunga calendula yang sudah dihancurkan, berikut juga witch hazel ½ cangkir, dan bubuk goldenseal 1 sendok makan. Setelah semuanya terkumpul, rebus seluruh bahan dan didihkan. Angkat lalu dinginkan setelah itu selama 15-20 menit. Sesudah dingin, pakailah kain bersih untuk dicelupkan ke dalam larutan dan aplikasikan ke area yang ambeien. Sehari, Anda bisa melakukannya 3 kali dan hasilnya dapat dirasakan dalam waktu 36 jam.

(Baca juga: penyakit ambeien jenis penyebab dan pencegahan)

Pencegahan Ambeien Luar dan Dalam

Untuk mencegah supaya ambeien tidak mudah terjadi pada Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Setelah sembuh dari ambeien, untuk mencegahnya datang kembali, langkah-langkah ini cukup jitu.

  • Olahraga tak hanya bisa menjadi obat bagi ambeien, tapi juga penting untuk mencegah ambeien datang lagi dan lagi.
  • Mengonsumsi makanan berserat. Makanan yang kaya serat akan membantu Anda jauh-jauh dari sembelit atau konstipasi yang menyebabkan Anda susah BAB. Susah ketika BAB bisa menyebabkan Anda sering mengejan yang akhirnya bisa menyebabkan wasir.
  • Menghindari mengangkat benda-benda yang termasuk berat.
  • Minum banyak-banyak air putih, yakni 8-12 gelas dalam 1 hari setiap harinya, baik ketika Anda sibuk atau tidak.
  • Menghindari duduk dalam waktu yang lama.
  • Menghindari mengejan terlalu kuat.

(Baca juga: cara mengobati ambeien secara alami)

Demikianlah sekilas informasi mengenai rekomendasi obat ambeien luar dan dalam yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Dengan obat-obat alami tersebut, kiranya ambeien Anda bisa disembuhkan tanpa efek samping berbahaya.

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 15:45 Oleh :
Kategori : Wasir