Sponsors Link

12 Bahaya Kantong Plastik bagi Kesehatan dan Lingkungan

Sponsors Link

Kantong plastik seperti yang kita tahu memang sangat membantu dalam keperluan dan kebutuhan kita sehari-hari. Dalam transaksi jual beli, kantong plastik berguna untuk menaruh makanan di mana memang fungsinya termasuk besar. Hanya saja, yang perlu kita ketahui sekarang adalah bahaya kantong plastik yang mengincar kita. Baik bagi lingkungan maupun kesehatan diri sendiri, kantong plastik cukup mengancam.

ads

(Baca juga: bahaya menelan plastik bagi kesehatan)

1. Menyebabkan Kanker

Plastik tampaknya adalah barang biasa yang memang banyak memberikan keuntungan dan bantuan pada kita. Namun bahayanya bila sampai terurai, partikel plastik bisa berbahaya bagi kesehatan, bahkan menyebabkan kanker. Ini dikarenakan di udara, plastik mengalami penguraian sebagai dioksin.

(Baca juga: bahaya makanan yang digoreng)

2. Menganggu Kesehatan Sistem Saraf

Apabila penguraian sebagai dioksin tersebut sampai dihirup oleh manusia, bahayanya tak hanya sekadar kanker. Bagian sistem saraf kita pun mampu terserang sehingga terjadi kerusakan di sana. Gangguan sistem saraf ini pun biasanya bakal berimbas juga pada kinerja organ-organ dalam kita yang lain. Ini biasanya dikarenakan pembakaran plastik tidak berjalan sempurna.

(Baca juga: kesehatan sistem saraf otak)

3. Meningkatkan Potensi Depresi

Depresi biasanya berawal dari kondisi stres yang sudah menjadi parah. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh masalah internal maupun eksternal di mana depresi kemudian berujung gangguang jiwa dan mental. Hanya saja, potensi depresi ini dapat disebabkan oleh paparan senyawa berbahaya dari plastik yang saat proses pembakaran tak sempurna.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit saraf)

4. Pembengkakan Hati

Berbagai masalah kesehatan dapat dipicu oleh penggunaan dan bahkan pembakaran kantong plastik. Perlu kita ketahui bersama bahwa kantong plasti, khususnya yang datang dengan warna hitam itu rata-rata adalah produk daur ulang. Maka bila makanan panas yang langsung ditaruh di sana akan lebih berisiko memengaruhi organ dalam kita, tak terkecuali bagian hati.

(Baca juga: penyebab hati bengkak makanan untuk penderita pembengkakan hati)

5. Gangguan Reproduksi

Baik wanita maupun pria sebaiknya berhati-hati dan senantiasa menggunakan kantong plastik dengan benar. Gangguan reproduksi adalah salah satu ancaman terbesar akan kantong plastik. Ini disebabkan oleh adanya bahan kimia tambahan yang beragam ada di dalam kantong plastik. Sisa monomer yang tidak bereaksi terhadap plastik pun juga menyebabkan gangguan kesehatan satu ini.

Sponsors Link

(Baca juga: penyebab telat datang bulanpenyakit kelamin)

6. Radang Paru-paru

Masih dengan alasan yang sama, bahan kimia berbahaya di dalam kantong plastik cukup tak terduga. Salah satu senyawa yang ada di dalam kantong plastik penyebab gangguan kesehatan seperti kanker dan radang paru-paru adalah PET atau sebutan lainnya adalah Polyetylene Terephthalate. Ada zat karsinogenik yang bakal keluar dari penggunaan botol atau kantong plastik, terutama saat terkena paparan panas.

(Baca juga: ciri-ciri radang paru-paru)

7. Mengakibatkan Banjir

Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, kantong plastik juga sangat berbahaya bila pembuangannya tidak pada tempat yang tepat. Bagi lingkungan, kantong plastik ini bakal menyebabkan penyumbatan saluran air serta tanggul. Banjirlah yang kemudian menjadi akibatnya dan pastinya bakal merugikan suatu lingkungan tempat tinggal tertentu.

(Baca juga: penyakit akibat banjir)

8. Menurunkan Tingkat Kesuburan Tanah

Masih bicara soal lingkungan, dampak kantong plastik juga buruk bagi tanah. Sederhana saja, ini dikarenakan sirkulasi udara di dalam tanah menjadi terhalang. Ruang gerak makhluk bawah tanah pun menjadi terhambat dan terganggu. Padahal tugas para makhluk tersebut adalah menyuburkan tanah.

(Baca juga: ciri-ciri beras plastik)

9. Hewan Terjerat

Tak hanya hewan yang hidup di dalam tanah, hewan yang berada di laut pun akan mengalami kerugian akibat kantong plastik. Akibat dari tumpukan plastik yang pembuangannya tak tepat bisa membuat para hewan tersebut menderita. Kemungkinan bagi mereka untuk terjerat dalam timbunan plastik sangat besar, apalagi kalau para hewan tersebut sampai mengonsumsinya.

(Baca juga: gangguan fungsi hati)

10. Meracuni Makhluk Hidup

Sponsors Link

Misalpun seekor hewan memakan kantong plastik dan mati. Kantong plastik setelah dimakan dan berada di dalam tubuh hewan tersebut pun tak akan bisa hancur. Hanya tubuh hewannya saja yang menjadi bangkai, tapi plastik itu tidak bisa hancur. Inilah yang kemudian bisa menjadi racun dan menyebar ke hewan maupun makhluk hidup lainnya.

(Baca juga: bahaya racun aflatoksin pada makanan bagi manusia)

11. Mencemari Air

Parahnya lagi, air minum yang ada di lingkungan hidup kita bisa diperburuk oleh kantong plastik yang mengurai. Bahan kimia penuh racun, seperti Bisphenol A, Styrene Trimer, serta produk sampingan Polystyrene dapat mencemari air. Air yang biasa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari tentunya dapat tercemar dan kemudian memengaruhi kesehatan kita.

12. Memicu Polusi Udara

Banyak orang memutuskan untuk membakar plastik agar tidak menumpuk di rumah. Namun sebenarnya pembakaran ini prosesnya akan membuat atmosfer terkontaminasi. Karena dari plastik yang melalui proses pembakaran bakal terlepaslah bahan kimia mengandung racun. Inilah yang lalu menjadi faktor pemicu terjadinya polusi udara.

(Baca juga: bahaya polusi udara)

Itulah daftar bahaya kantong plastik yang tak hanya akan berpengaruh buruk bagi kesehatan diri kita, namun juga lingkungan dalam lingkup besar. Maka dari itu, membungkus makanan dengan kertas jauh lebih baik dan aman ketimbang kantong plastik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 04th, July 2016 / 06:39 Oleh :
Kategori : Sumber Penyakit