Sponsors Link

5 Bahaya Angin Malam untuk Kesehatan dan Cara Mencegah

ads

Keluar saat malam hari sekarang sudah menjadi hal yang biasa untuk semua orang. Pada umumnya ada berbagai alasan saat kita harus keluar malam. Beberapa contohnya seperti saat pulang kerja malam, mencari hiburan bersama teman dan berbagai keperluan lain. Bahkan sekarang banyak anak muda yang lebih memilih menghabiskan waktu di malam hari dengan berbagai macam kegiatan di luar rumah. Namun kebiasaan ini ternyata memiliki dampak buruk karena berdasarkan sebuah studi oleh ilmuwan, terbukti bahwa angin malam memiliki potensi membahayakan tubuh, khususnya pasa sistem pernafasan Anda.

Berikut ini beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh angin malam untuk tubuh dan kesehatan.

  1. Meningkatkan Resiko Penyakit Pneumonia

Pneumonia merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi di bagian paru-paru yang biasanya disebabkan oleh virus, jamur, maupun bakteri. Salah satu faktor penyebab penyakit ini adalah karena paparan angin malam yang berlebihan. Hal ini terjadi karena angin malam memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi dibandingkan dengan angin di siang hari. Dan bagi mereka yang telah memiliki penyakit ini, paparan angin di malam hari dapat lebih memperburuk penyakitnya.

Gejala Pneumonia

  • Gangguan sesak nafas
  • Telapak tangan dan kaki terasa dingin dan lebih basah akibat keringat yang keluar
  • Timbulnya gangguan batuk-batuk yang disertai dengan dahak
  • Merasakan sakit pada bagian dada pada saat batuk-batuk.

Cara Mencegah

  1. Meningkatkan Resiko Penyakit Asma

Asma merupakan suatu penyakit kronis yang menyerang saluran pernafasan. Banyak kalangan yang beranggapan bahwa asma merupakan suatu penyakit turunan, namun gangguan ini bisa menimpa siapa saja, terutama pada anak-anak. Salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan asma adalah karena paparan angin malam yang dingin, dimana manusia memiliki tubuh yang sangat rentan terhadap udara dingin tersebut. Suhu malam hari yang lembab dan dingin akan membuat penyempitan saluran pernafasan yang membuat keluar masuknya udara dalam tubuh menjadi sulit.

Sponsors Link

Gejala Asma

  • Gangguan sesak nafas
  • Mengi (suara yang timbul pada saat penderita asma bernafas)
  • Nyeri di bagian dada
  • Batuk yang terjadi terus menerus
  • Warna bibir dan kuku menjadi membiru
  • Timbul rasa panik dan kecemasan
  • Mudah lelah
  • Suara menghilang
  • Terjadi iritasi di tenggorokan

Jika Anda terserang asma maka bisa melakukan beberapa langkah seperti:

  1. Menyebabkan Gangguan Persendian

Dampak negatif lain dari paparan angin malam yang dingin  adalah timbulnya gangguan persendian seperti nyeri sendi maupun rematik, atau dalam dunia medis dikenal dengan gout arthritis. Pada penderita rematik, angin malam akan memperparah kondisi penyakitnya tersebut. Nyeri sendi lutut biasanya paling sering dirasakan oleh orang lanjut usia saat sering terkena angin malam.

Gejala Awal Gangguan Sendi

  • Pembengkakan
  • Timbulnya rasa nyeri
  • Sendi menjadi kemerahan.
  1. Meningkatkan Resiko Infeksi Penyakit dari Nyamuk

Malam hari dimana suhu udara menjadi lebih dingin dan lembab merupakan waktu bagi hewan-hewan yang suka menebar penyakit seperti nyamuk lebih aktif dalam melakukan aktivitasnya. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai membatasi keluar rumah dimalam hari, atau jika Anda terpaksa harus keluar dari rumah di malam hari, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengoleskan lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk pembawa penyakit berbahaya seperti malaria, cikungunya, filariasis. (baca juga : penyebab chikungunya dan gejala chikungunya)

  1. Resiko Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)
Sponsors Link

Saat kita terpapar angin malam yang dingin dan lembab, maka kondisi tersebut akan dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan bagian atas tubuh kita. Beberapa penyakit yang paling sering terjadi adalah seperti:

  • Rinitis yaitu peradangan yang terjadi pada mukosa hidung.
  • Faringitis yaitu peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Gangguansaluran pernafasan ini dapat ditandai dengan gejala seperti :

  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan

Efek Buruk Sering Keluar Malam

  1. Tubuh kurang istirahat sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, rasa lelah yang berlebihan dan daya tahan tubuh yang terus melemah.
  2. Tubuh Anda akan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah.
  3. Jika Anda sudah menderita sebuah penyakit maka kondisinya bisa menjadi lebih buruk dan membutuhkan perawatan atau pengobatan yang jauh lebih kompleks.
  4. Anda kurang istirahat sehingga tubuh menjadi lebih lemah serta tidak bisa menjadi produktif karena sering sakit.

Tips Keluar Saat Malam Hari

  1. Pergunakanlah jaket yang tebal atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh Anda, terutama bagian dada dari paparan angin malam yang dingin
  2. Minimalkan berkendara sepeda motor di malam hari, namun apabila Anda tetap harus melakukannya sebaiknya pergunakan pelindung wajah seperti helm full face, masker, baju hangat dan jaket.
  3. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan lotion anti nyamuk agar Anda terbebas atau terhindar dari gigitan nyamuk pembawa penyakit berbahaya.
  4. Jika tubuh Anda sedang lemah dan sudah menderita penyakit maka usahakan untuk tidak keluar malam hari kecuali terpaksa.

Jadi, ternyata angin malam memiliki dampak atau bahaya yang sangat besar untuk tubuh. Jika Anda tetap harus keluar malam maka lindungi tubuh Anda agar tidak terkena bahaya angin malam.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 24th, September 2015 / 04:35 Oleh :
Kategori : Sumber Penyakit