Sponsors Link

26 Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres

ads

Stres merupakan suatu kondisi yang dialami oleh individu dan sifatnya internal dan disebabkan oleh tuntutan fisik, lingkungan, dan situasi sosial yang biasanya merusak dan tidak terkontrol. Padatnya aktivitas dan juga tekanan sering menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan condong ke arah depresi. Kondisi itulah yang disebut dengan stres. Stres seringkali dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit ataupun gangguan kesehatan, seperti depresi, tekanan darah tinggi, obesitas, dan juga gangguan jantung. Kondisi semacam itu sering terjadi pada orang-orang yang tidak bisa mengontrol dan juga mengatasi stresnya dengan baik. Untuk lebih jelasnya, selanjutnya akan dijelaskan mengenai penyebab dan juga dampak negatif dari stres. Selain itu, akan dijelaskan pula metode penanganan stres melalui asupan makanan yang sesuai. Berikut adalah beberapa makanan yang berguna untuk menghilangkan stres.

Artikel terkait : Cara Menghindari Stres

Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres adalah melalui pola asupan makanan. Beberapa jenis makanan bisa jadi akan membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik. Adapun beberapa jenis makanan yang bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi stres Anda adalah:

1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu jenis asupan dari olahan susu. Mengkonsumsi yogurt dapat menurunkan tingkat stres berlebih karena dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang berguna untuk memberikan rasa rileks bagi Anda yang mengalami stres. Mengkonsumsi yogurt akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Untuk meningkatkan rasa rileks, juga dapat mengkonsumsi yogurt dengan berbagai jenis rasa sehingga menciptakan sensasi baru bagi perasaan Anda.

2. Coklat

Hampir semua orang menyukai coklat. Bahkan tidak jarang pula yang mengkonsumsi coklat ketika suasana hati mereka sedang buruk. Hal tersebut tidak salah sama sekali. Seperti halnya yogurt, mengkonsumsi coklat juga akan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Tidak hanya itu, coklat ternyata memiliki kandungan phenylethylamine, yaitu suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dopamine merupakan hormon yang akan menciptakan perasaan senang dan memberikan suasana hati yang lebih baik. Kandungan phenylethylamine di dalam coklat juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta. Sangat menyenangkan bukan?

3. Kacang Almond

Jika Anda suka mengkonsumsi kacang almond, maka Anda tidak hanya memperoleh manfaat nutrisinya saja, tetapi sekaligus meredakan rasa stres yang mungkin saat ini sedang dirasakan. Kacang almond memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin B, zat besi, magnesium, dan juga vitamin E. Kandungan vitamin B dan juga magnesium berkaitan dengan kinerja otak agar menghasilkan lebih banyak serotonin agar perasaan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, vitamin E dan juga zat besi berguna sebagai antioksidan alami yang akan menangkal berbagai dampak negatif dari radikal bebas yang menyebabkan stres.

4. Ikan

Ikan sejak dahulu telah dipercaya sebagai salah satu asupan dengan segudang nutrisi yang baik bagi perkembangan sel otak. Tidak hanya baik bagi perkembangan sel otak saja, mengkonsumsi ikan juga sangat baik bagi suasana hati. Ikan merupakan makanan yang mengandung omega 3 tinggi dalam ikan sangat baik untuk menenangkan pikiran dan mencegah dari stres. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi ikan, Anda juga memperoleh bonus berupa meningkatnya kesehatan jantung.

Baca juga : Bahaya Ikan Asin Bagi Kesehatan

Sponsors Link

5. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau juga akan menghindarkan diri dari stres. Asupan teh hijau akan memberikan suasana rileks bagi hati dan juga pikiran. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, seseorang yang mengkonsumsi teh gelas 4 gelas setiap hari akan terhindar dari resiko stres dan depresi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi teh hijau akan menghindarkan diri dari berbagai jenis penyakit karena teh hijau kaya akan kandungan antioksidan. Bagi Anda yang sedang melakukan diet, teh hijau merupakan asupan yang paling tepat untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi teh hijau akan meningkatkan proses metabolisme yang akan mempercepat penurunan berat badan sekaligus menurunkan resiko stres.

6. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan serat dan juga nutrisi yang tinggi. Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi brokoli juga dapat menghilangkan stres. Menurut para peneliti, brokoli memiliki kandungan vitamin B dan juga folic acid yang berguna untuk meredakan stres, meredakan sindrom panik, gelisah, dan juga depresi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam brokoli juga akan menurunkan resiko dampak negatif dari radikal bebas yang menyebabkan stres.

Baca juga : Makanan Kaya Serat Alami dan Produk Olahan

7. Susu

Tidak hanya olahan susu seperti yogurt saja yang mampu menghilangkan stres. Susu juga merupakan asupan bernutrisi tinggi yang dapat menghilangkan stres. Kandungan kalsium dalam susu berguna mengurangi ketegangan otot dan juga menenangkan saraf sehingga stres akan reda. Jika ingin meredakan stres dengan mengkonsumsi susu, maka ada baiknya memilih jenis susu rendah lemak agar terhindar dari obesitas.

Baca juga : Khasiat Susu Sapi Murni Bagi Kesehatan

8. Blueberry

Salah satu jenis buah berry yaitu blueberry merupakan asupan tepat untuk menghadapi stres. Blueberry merupakan salah satu buah berry yang kaya akan kandungan flavonoid dan juga antioksidan alami yang akan mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas dan juga stres. Dengan mengkonsumsi blueberry Anda tidak hanya mendapat manfaat berupa hilangnya stres, tetapi juga berupa pola diet yang sehat dan seimbang. Kandungan kalori dalam buah blueberry sangat rendah sehingga sangat cocok untuk menu makan diet Anda.

9. Ice Cream

Es krim bisa jadi merupakan pilihan utama untuk menghilangkan stres. Hampir semua orang menyukai es krim bahkan meski mereka tidak stres sekalipun. Kombinasi susu dan krim merupakan perpaduan efektif yang akan memberikan rasa nyaman bagi diri Anda. Bahkan menurut peneliti yang berasal dari University of California menyatakan bahwa mengkonsumsi es krim sangat efektif untuk meredakan stres. Kandungan asam amino thrytopan dalam es krim sangat efektif untuk menenangkan otak. Namun bagi Anda yang ingin menjaga kondisi kesehatan tubuh, ada baiknya memilih es krim yang rendah lemak agar tubuh terhindar dari obesitas.

10. Kedelai

Tahu, tempe, dan juga susu kedelai merupakan beberapa jenis olahan kedelai yang sangat menyehatkan tubuh. Anda suka mengkonsumsi beberapa jenis asupan tersebut? Maka bukan hanya tubuh sehat yang diperoleh, tetapi juga stres yang segera hilang. Kedelai dan juga berbagai jenis olahannya seperti makanan yang mengandung kalsium tinggi  , protein, vitamin B, dan juga magnesium yang dapat memberikan rasa nyaman bagi otak.

11. Gandum

Makanan yang dapat menghilangkan stres selanjutnya adalah gandum. Mengkonsumsi gandum akan meningkatkan jumlah serotonin di dalam otak sehingga menghilangkan stres. Bagi yang ingin menghilangkan stres dengan mengkonsumsi gandum, maka ada baiknya memilih jenis gandum utuh, seperti oatmeal. Oatmeal merupakan olahan gandum utuh yang kaya akan serat. Dengan mengkonsumsi oatmeal, tidak hanya stres saja yang hilang dari tubuh, pencernaan yang sehat dan juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

12. Asparagus

Jenis sayuran yang dapat menghilangkan stres selanjutnya adalah asparagus. Asparagus kaya akan kandungan asam folat yang berguna untuk menghilangkan stres. Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang mengalami anemia maka asparagus bisa menjadi jalan keluar paling efektif. Kandungan asam folat dalam asparagus sangat efektif untuk membentuk sel darah merah sehingga anemia dapat diatasi.

Baca juga : Cara Mencegah Anemia

13. Keju

Salah satu olahan susu yang dapat menghilangkan stres selanjutnya adalah keju. Mengkonsumsi keju akan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak sehingga stres dapat menurun. Sensasi saat mengunyah keju yang lembut juga akan memberikan suasana hati yang lebih nyaman sehingga mood menjadi lebih baik.

14. Ubi Jalar

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang suka melampiaskan stres dengan mengkonsumsi cemilan tidak sehat dengan kandungan lemak yang tinggi. Jika Anda adalah tipe orang seperti itu, maka mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Kebiasaan seperti itu akan meningkatkan resiko obesitas dan juga resiko gangguan jantung. Akan sangat baik bagi Anda untuk mengganti cemilan berupa ubi jalar. Ubi jalar sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan juga meredakan stres. Ubi jalar memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk menangkal berbagai dampak negatif dari radikal bebas dan juga menghilangkan stres.

15. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis asupan makanan selanjutnya yang akan menurunkan resiko terhadap stres. Kacang-kacangan kaya akan kandungan vitamin B, zat besi, dan juga omega 3. Kombinasi ketiganya sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi akibat stres dan juga memberikan rasa rileks bagi otak.

16. Kismis

Kismis kaya akan kandungan vitamin B, vitamin E, asam lemak, omega 3, mangan, triptofan, dan tembaga. Berbagai kandungan nutrisi tersebut akan membantu kualitas tidur sehingga proses pemulihan tubuh menjadi lebih optimal. Kandungan nutrisi di dalam kismis tersebut juga sangat efektif untuk memperbaiki suasana hati. Tidak hanya menghilangkan stres, dengan mengkonsumsi kismis Anda juga akan memperoleh bonus berupa menurunnya resiko terkena gangguan jantung dan juga obesitas.

Baca juga : Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Super Tinggi

17. Madu

Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak terkecuali untuk menghilangkan stres. Madu sangat kaya akan kandungan vitamin dan juga antioksidan. Maka tidak heran jika berbagai jenis suplemen peningkat daya tahan tubuh menyertakan ekstrak madu di dalamnya. Hal tersebut tidak lepas dari manfaat madu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu saja, madu kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan depresi, sebagai anti peradangan dan juga bisa untuk antibiotik. Mengkonsumsi madu akan memberikan efek tenang dan juga sebagai pendorong energi sehingga Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Artikel terkait : Manfaat Madu Bagi Penderita Maag

18. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk ternyata tidak hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja. Perlu Anda tahu bahwa vitamin C ternyata juga berguna sebagai pereda stres. Mengkonsumsi jeruk akan membantu tubuh untuk mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal. Dengan kata lain, dampak negatif dari stres dapat dihindari bahkan rasa tertekan akibat stres akan menurun.

Baca juga : Bahaya Jeruk Nipis Bagi Penderita Maag

19. Pisang

Salah satu dampak negatif dari stres adalah meningkatnya tekanan darah dan juga peningkatan detak jantung. Dengan mengkonsumsi pisang, beberapa dampak negatif dari stres yang baru saja disebutkan dapat segera diredakan. Pisang memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang berguna untuk menormalkan tekanan darah dan juga mengontrol detak jantung agar lebih stabil sehingga tingkat stres akan berkurang secara bertahap.

Artikel terkait : Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

20. Alpukat

Tidak hanya jeruk dan pisang saja yang berguna untuk menurunkan stres. Alpukat ternyata juga memberikan manfaat bagi penurunan tingkat stres. Alpukat memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium tersebut berguna untuk memberikan rasa tenang bagi suasana hati sehingga rasa stres akan berkurang. Alpukat juga kaya akan kandungan lemak baik yang berdampak positif bagi kesehatan jantung Anda.

Baca juga : Khasiat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

21. Teh Hitam

Tidak hanya teh hijau saja yang mampu menghilangkan stres. Teh hitam ternyata juga berdampak positif terhadap penurunan tingkat stres dalam pikiran Anda. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, mengkonsumsi teh hitam sebanyak 4 gelas setiap hari selama 6 minggu akan menurunkan resiko untuk terkena depresi. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi teh hitam Anda akan memperoleh bonus lain yaitu menurunnya kadar kolesterol dalam darah.

22. Bayam

Mungkin Anda berpikir bahwa bayam hanya berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Nyatanya bayam juga mampu meningkatkan rasa nyaman dan menurunkan rasa stres. Bayam merupakan makanan yang mengandung magnesium tinggi dan juga mineral yang akan menurunkan stres. Akibat keurangan magnesium akan meningkatkan resiko untuk terkena stres. Tidak hanya itu, kekurangan asupan magnesium juga akan membuat tubuh lebih cepat lelah dan beresiko lebih tinggi untuk mengalami sakit kepala.

23. Havermut

Havermut asalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang berguna untuk meningkatkan produksi serotonin di dalam otak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, peningkatan jumlah serotonin di dalam otak akan menurunkan rasa stres yang dialami. Bagi Anda yang sedang diet, havermut bisa menjadi alternatif paling baik untuk meningkatkan kesuksesan program diet. Havermut memiliki proses pencernaan yang relatif lama sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga akan mencegah Anda untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang relatif banyak.

24. Sereal

Makanan selanjutnya yang dapat menghilangkan stres adalah sereal. Sereal kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B. Kedua jenis nutrisi itulah yang berguna menghilangkan rasa stres yang sedang Anda alami.

25. Kayu Manis

Asupan kayu manis ternyata tidak hanya berguna untuk menambah rasa saja. Menurut penelitian, mengkonsumsi kayu manis akan memberikan rasa rileks bagi pikiran Anda. Kayu manis juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan para peneliti juga menyarankan orang-orang yang sedang stres untuk menambahkan bubuk kayu manis pada setiap jenis makanan yang mereka konsumsi. Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti depresi yang akan menekan jumlah hormon stres sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

26. Telur

Banyak yang mengira telur hanya berguna sebagai salah satu makanan penunda lapar atau sebagai salah satu lauk-pauk wajib setiap makan. Namun kandungan nutrisi dalam telur seperti kalsium, protein, vitamin A, vitamin D, riboflavin, tiamin, dan pantotenik ternyata merupakan nutrisi alami yang akan menghilangkan stres yang sedang Anda alami. Bahkan telur bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk terapi penyembuhan gejala depresi.

Baca juga : Bahaya Telur Setengah Matang

Demikian beberapa jenis asupan makanan yang dapat menghilangkan ataupun menurunkan stres yang sedang Anda alami. Untuk menghilangkan stres, makanan bukanlah satu-satunya alternatif. Tapi dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Penyebab dan Dampak Stres

Berbagai faktor bisa menyebabkan munculnya stres. Secara garis besar ada beberapa sumber yang mampu mendasari munculnya stres, yang meliputi faktor lingkungan, faktor organisasi, dan faktor individu. Ketiganya akan dipaparkan melalui penjelasan berikut ini :

sponsored links
  • Faktor Lingkungan

Yang dimaksud ialah lingkungan kerja dari seseorang. Faktor utama munculnya stres biasanya bersumber pada aspek pekerjaan. Tidak terkecuali lingkungan tempat seseorang bekerja. Di dalam dunia pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan dunia usaha, perubahan siklus bisnis akan menyebabkan ketidakpastian ekonomi. Sebut saja seperti ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) yang muncul sebagai akibat menurunnya tingkat ekonomi suatu negara.

  • Faktor Organisasi

Faktor organisasi juga berada dalam lingkup dunia kerja. Ketika seseorang bekerja maka ia akan dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungannya, termasuk dengan teman-teman kerjanya. Sayangnya, tidak semua teman kerja mampu menciptakan kondisi yang kondusif bagi seseorang. Rekan kerja yang tidak menyenangkan akan memberikan tekanan tersendiri pada seseorang dan akan meningkatkan resiko terkena stres. Selain itu, beban tugas yang berlebihan, atasan kerja yang selalu banyak menuntut sudah tentu akan memberikan tekanan kerja yang berlipat ganda. Kondisi semacam itu bisa saja memberikan motivasi bagi Anda untuk bekerja lebih optimal agar menghasilkan kinerja yang optimal pula. Tetapi kondisi semacam itu sekaligus akan memberikan tuntutan bagi Anda untuk berpikir lebih keras agar menghasilkan metode kerja yang lebih baik.

  • Faktor Pribadi

Adalah faktor intern yang menyebabkan stres itu muncul. Keluarga, kepribadian dan juga masalah ekonomi pribadi merupakan beberapa faktor pribadi yang menyebabkan stres tersebut muncul. Dalam konteks ini, stres muncul sebagai akibat dari dalam diri seseorang. Kepribadian biasanya memberikan pengaruh paling besar terhadap munculnya stres. Seseorang yang memiliki kepribadian relatif kaku akan membuatnya berpikir kaku pula. Orang seperti itu akan sulit berpikir dengan cara santai dan fleksibel. Ia merasa dikejar-kejar oleh pekerjaan, perasaan tidak nyaman dengan lingkungan baru dan juga berbagai kondisi lain yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Ketiga faktor di atas merupakan penyebab utama munculnya stres. Stres secara umum akan memberikan dampak negatif bagi yang mengalaminya. Stres berkepanjangan akan membuat seseorang terkena depresi. Rasa cemas berlebihan juga bisa menjadi dampak negatif dari stres. Selain dari segi psikis, stres juga akan mempengaruhi kesehatan fisik, seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, obesitas, sesak nafas, gangguan pencernaan, konstipasi, arthritis, bahkan pemicu berkembangnya sel kanker. Stres akan menyebabkan naiknya tekanan darah hingga memicu gangguan jantung. Seseorang yang mengalami stres juga sering mengalami gangguan makan berupa penurunan nafsu makan atau peningkatan nafsu makan secara berlebih. Akibatnya, stres sering menimbulkan gangguan pencernaan serupa radang usus akibat penurunan nafsu makan serta obesitas karena peningkatan nafsu makan berlebih.

Dampak negatif dari stres akan semakin meningkat dan lebih cepat terjadi ketika seseorang yang mengalami stres tidak mampu mengontrol dan juga menangani stresnya dengan baik. Stres yang seringkali berkaitan dengan masalah pekerjaan akan membuat seseorang selalu merasa tidak puas dengan pekerjaan yang dilakukannya. Bahkan orang yang mengalami stres selalu merasa pekerjaan yang dilakukannya tidak pernah bagus.

Untuk mengatasi kondisi stres seperti yang telah dijelaskan di atas, maka penderita stres perlu melakukan manajemen terhadap stresnya. Mengatasi stres merupakan metode paling tepat untuk meredam stres itu sendiri.

Artikel terkait :

Untuk menghilangkan stres, dukunglah dengan pola hidup sehat seperti dengan olah raga secara rutin, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, dan juga dengan melakukan relaksasi secara berkala, salah satunya dengan berlibur. Jika tidak sempat berlibur, maka lakukanlah sesuatu yang menjadi hobi Anda agar pikiran terasa lebih bahagia sehingga stres juga dapat dihindari, atau setidaknya dapat dikelola dengan baik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 15th, April 2016 / 02:18 Oleh :
Kategori : Stres