Sponsors Link

8 Cara Menghindari Stres dan Penyebabnya

ads

Stres merupakan sebuah keadaan dimana seseorang merasa tertekan akibat beban yang dirasakannya. Stres dapat menghampiri siapa saja terlebih pada mereka yang memiliki beban hidup yang besar. Beban hidup yang dapat menyebabkan stres terdapat banyak sekali macamnya seperti menumpuknya pekerjaan, terlalu banyak hutang serta tekanan dari lingkungan sekitar. Stres yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi hingga menjadi gila. Sebelum itu terjadi tentu ada baiknya anda mampu memanajemen stres anda supaya tidak menyebabkan tekanan pikiran yang berlebihan.

Ada banyak sekali cara menghindari stres dan cara mengatasi stress super ampuh yang dapat anda terapkan pada kehidupan sehari-hari seperti:

  1. Olahraga

Olahraga bukan hanya membuat badan menjadi lebih sehat dan terasa lebih segar namun juga bagus untuk mengatasi stres. Selain itu, olahraga juga dapat membuat percaya diri semakin meningkat. Untuk mencegah datangnya tekanan pikiran, anda dapat melakukan olahraga yang anda gemari secara teratur. Olahraga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya melainkan cukup dilakukan dengan cara sederhana dan dapat dilakukan dimana-mana seperti halnya olahraga jogging dan bersepeda karena olahraga memiliki manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh.

  1. Rekreasi

Satu hal yang baling banyak dilakukan ketika masalah melanda sehingga pikiran menjadi tertekan adalah dengan melakukan wisata. Wisata dapat dilakukan dengan orang-orang tercinta seperti sahabat, pacar atau bahkan dengan keluarga. Rekreasi dapat dilakukan dengan cara mengunjungi area-area wisata yang menarik entah di dalam atau di luar negeri. Berwisata membantu anda untuk melupakan masalah anda sehingga pikiran tidak akan terfokus pada tekanan. Ada banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang dapat anda manfaatkan sebagai tempat berekreasi bagi anda. Beragam tempat rekreasi, terutama wisata alam dapat membuat perasaan serta pikiran anda menjadi lebih nyaman dan pastinya mampu mendinginkan kepala.

  1. Istirahat cukup

Langkah untuk menghindari stres selanjutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Bukan hanya tubuh, namun otak kita juga membutuhkan istirahat dari banyaknya masalah-masalah yang membebani. Istirahat yang cukup membantu kita dalam menyegarkan kembali otak sehingga dapat kembali digunakan untuk berpikir secara jernih. Membagi waktu dengan baik merupakan solusi jitu bagi anda untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, pada saat beranjak tidur hendaknya anda menjauhkan diri anda dari pikiran-pikiran yang tidak perlu sehingga tidur akan menjadi nyaman dan nyenyak. (baca : ciri ciri kurang tidur yang cukup)

  1. Salurkan hobi

Tiap orang sudah pasti memiliki hobi atau kesenangan terhadap suatu hal yang berbeda-beda. Hobi bisa berupa apa saja seperti menggambar, hobi berpetualang atau bahkan menulis. Dalam menghindari serta mencegah terjadinya stres hobi bisa menjadi obat yang cukup mujarab. Lakukan hobi anda supaya pikiran anda menjadi lebih rileks sejenak. Hobi akan terasa lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama-sama dengan orang yang disuka. Hobi yang dilakukan bersama orang tersayang tentu menjadi sebuah pengalaman seru yang berguna untuk menyegarkan pikiran.

sponsored links
  1. Menonton video lucu

Satu lagi cara menghindari stres adalah dengan menonton video lucu. Menonton video-video lucu dapat membuat anda tertawa lepas sehingga tekanan pikiran tidak lagi terasa. Ada banyak sekali video lucu yang sekarang banyak tersebar di internet sehingga anda dapat memanfaatkan video- video tersebut sebagai ajang penghibur diri. Selain video-video tentu media lain seperti acara-acara komedia serta cerita-cerita seru di media masa dapat digunakan sebagai obat penghibur yang mujarab..

  1. Rileks

Cara menghindari stres berikutnya adalah dengan cara mencoba bersikap rileks. Rileks dapat dilakukan dengan cara melakukan yoga, berdoa serta melakukan pijat. Bagi anda yang tengah berada tekanan pekerjaan, sebaiknya anda mencari sela- sela waktu saat bekerja untuk sekedar mendinginkan pikiran anda. Pijat atau yoga dapat dilakukan di rumah atau dapat pula dilakukan di pusat kebugaran. Kegiatan ini membantu anda untuk merilekskan pikiran serta otot- otot di dalam tubuh sehingga tidak terus- terusan tegang dan tidak menjadi penyebab sakit kepala.

  1. Ceritakan masalah kita

Ketika mendapat masalah yang begitu besar tentu memendam masalah anda sendiri bukanlah hal yang baik. Ada baiknya jika anda bercerita kepada teman atau keluarga yang dapat dipercaya dalam menjaga masalah kita. Cari waktu untuk sekedar curhat dan mencari solusi atas masalah yang tengah dirasa. Solusi yang baik terkadang bukan berasal dari diri sendiri melainkan dari teman sehingga tidak ada salahnya jika anda berbagi pada mereka. Anda tidak perlu terbuka pada siapa saja melainkan cukup pada teman atau keluarga dekat saja.

  1. Sikap tegas

Sikap tegas ternyata dapat membantu kita dalam menghindari masalah. Ketika seseorang meminta bantuan kita, memang akan lebih baik jika kita bisa membantu mereka namun jika bantuan yang diinginkan sulit untuk dilakukan, sebaiknya anda katakan dengan tegas jika anda tidak dapat membantunya. Ketika mengatakan bersedia membantu bahkan hingga tuntas, tentu akan menjadi masalah ketika anda tidak benar- benar menguasai hal tersebut.

Hal- hal diatas merupakan tips yang dapat anda lakukan dalam usaha menghindari stres. Ada banyak sekali hal yang meyebabkan seseorang mengalami stres sehingga membutuhkan manajemen stres yang tepat supaya stres yang dialami tidak berdampak buruk pada kehidupan.

Penyebab Stres

Stres yang dirasakan dapat disebabkan oleh beragam hal. beragam hal tersebut antara lain:

  • Masalah akademik – Hal ini dapat dikarenakan prestasi belajar yang menurun atau bahkan lingkungan sekolah yang kurang kondusif.
  • Tanggung jawab dalam keluarga yang berat – Hal ini cukup banyak dialami oleh seseorang terutama ketika keluarga banyak memberinya tuntutan. Tuntutan dalam keluarga bisa berupa apa saja seperti dituntut untuk mempebaiki ekonomi keluarga, tuntutan untuk menjalankan peran dalam keluarga secara baik dan lain sebagainya.
  • Beban dalam pekerjaan – Hal ini bisa disebabkan pekerjaan yang menumpuk atau bahkan karena suasana pekerjaan yang tidak kondusif. Jika sudah merasa demikian maka rasa malas dan tertekan akan begitu dirasakan sehingga rasa enggan saat berangkat bekerja menjadi terlalu besar.
  • Masalah perceraian – Perceraian membuahkan banyak masalah tidak hanya pada pasangan yang telah melakukan perceraian melainkan juga anak serta keluarga besar yang bersangkutan. Akan ada gunjingan, masalah keuangan serta peran ganda bagi anak yang menjadi masalah ketika perceraian terjadi.
  • Masalah dengan keluarga – Keadaan keluarga yang tidak menyenangkan membuat seseorang merasa tertekan dan depresi.
  • Akibat sakit yang tidak kunjung sembuh – Ada banyak sekali jenis penyakit yang ada. Beragam penyakit tersebut ada yang dengan mudah dapat disembuhkan namun ada pula yang susah atau bahkan tidak bisa disembuhkan. Hal ini dapat membuat seseorang merasa tertekan akibat sakit yang tidak kunjung sembuh. Bagi mereka yang hanya dapat berbaring di ranjang tentu menjadi tekanan tersendiri karena tidak dapat melakukan apa- apa.
    Sponsors Link

  • Akibat ditinggal orang yang disayangi – Rasa sayang yang terlalu besar pada seseorang membuat mereka merasa begitu depresi ketika ditinggalkan. Mereka akan merasa lebih kesepian dan mulai depresi ketika tidak dapat lagi bertemu dengan yang disayangi.
  • Usaha yang merugi – Dalam melakukan usaha, tentu ada resiko mengalami kerugian. Ketika kerugian yang diderita begitu besar maka tingkat terjadinya stres semakin besar pula.
  • Terlalu banyak hutang – Hutang menjadi salah satu penyebab stres yang banyak terjadi. Terlalu banyak hutang membuat seseorang harus bekerja lebih keras supaya dapat menutupi hutang- hutangnya. Masalah hutang akan semakin membuat seseorang tertekan ketika mereka tidak sanggup membayarnya entah karena gaji yang tidak mencukupi atau karena hal yang lain. Agar hutang tidak menumpuk tentu harus diadakan manajemen keuangan yang tepat. Jangan sampai besar pasak daripada tiang yang artinya pengeluaran lebih banyak dari pendapatan.
  • Rasa kecewa yang begitu besar – Rasa kecewa biasanya terjadi karena kegagalan atas sesuatu yang tengah dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal mulai dari kecewa karena impian tidak terwujud, kecewa masalah percintaan dan lain sebagainya.
  • Gagal dalam pencapaian target – Dalam kehidupan tentu ada target-target yang ingin dicapai. Ketika target tidak kesampaian timbullah rasa kecewa yang luar biasa hingga menjadi depresi.
  • Tekanan dari lingkungan – Tekanan bisa terjadi karena banyaknya orang yang mengunjingkan kita. ketika suasana di lingkungan tidak lagi kondusif tentu rasa ingin menghindari lingkungan menjadi semakin besar sehingga perasaan depresi kian meningkat.
  • Tanggungan hidup yang begitu berat – Ada banyak sekali tanggungan hidup yang mana dapat membuat orang depresi. Stres bukan hanya menimbulkan rasa tertekan, namun juga dapat membuat seseorang tidak fokus dalam melakukan kegiatan serta mudah menangis. Parahnya lagi stres juga dapat menimbulkan hal buruk seperti pelanggaran norma. Hal ini biasanya dikarenakan orang yang tengah tertekan tidak dapat lagi memanajemen stresnya dengan baik sehingga menjadi tidak terkendali dan berperilaku buruk.

Ketika seseorang mendapat masalah hingga mengalami depresi yang berat tentu dukungan dari orang- orang terdekat sangatlah diperlukan terutama dukungan dari keluarga. Untuk sebaiknya anda memberi penyemangat melalui pikiran- pikiran poisitif anda ketika menemui teman atau anggota keluarga yang tengah dilanda masalah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 11th, January 2016 / 08:20 Oleh :
Kategori : Stres