Sponsors Link

37 Cara Menghilangkan Stres Pikiran dengan Mudah

Sponsors Link

Mungkin seseorang bisa saja stres secara fisik karena saking banyaknya kegiatan setiap harinya, namun tentunya ada pula yang mengalami stres pikiran. Mulai dari anak hingga orang dewasa mampu mengalami stres pikiran dengan berbagai penyebab stres. Hanya saja, rata-rata memang orang dewasalah yang cenderung mengalami hal ini dengan segudang faktor pemicu.

ads

Keluhan stres yang tidak ditangani dengan segera mampu membuat seseorang menjadi lebih depresi dan akhirnya benar-benar tak terkendali dan mampu berperilaku buruk. Ketika mulai nafas menjadi cepat dan pendek kemudian pikiran serta hati diliputi rasa takut, Anda patut mencari cara menghilangkan stres pikiran. Buat diri Anda nyaman untuk bisa berpikir jernih dalam mencari solusi masalah yang dihadapi.

(Baca juga: ciri-ciri depresi)

1. Minum Air Putih

Anda pasti pernah mendengar atau sudah familiar dengan terapi air putih yang dipercaya bagus untuk kesehatan tubuh dan ini memang benar adanya. Bahaya dehidrasi salah satunya adalah menjadikan seseorang mudah memiliki suasana hati yang buruk. Ini juga akan berdampak pada gampangnya terserang stres pikiran.

Minum banyak air putih setiap hari adalah cara yang ampuh untuk tetap terhidrasi setiap saat. Ketika minum air putih secara cukup setiap pagi saja, Anda tak akan mudah stres di siang harinya akibat pekerjaan atau hal lainnya. Selalu bawa bekal air putih supaya ketika pikiran panas, Anda bisa mengademkannya dengan mengonsumsinya.

2. Tersenyum

Hal ini sangatlah biasa ketika seseorang bahagia lalu tersenyum dan ini bakal sangat sulit bagi yang sedang stres untuk tersenyum. Percaya saja bahwa ketika Anda mencoba untuk memaksa tersenyum, hal ini akan berdampak baik bagi pikiran dan perasaan Anda yang sedang stres.

Latihlah untuk tersenyum walau memang harus dipaksakan karena dengan bisa tersenyum, tekanan pikiran yang melanda pun akan memudar secara berangsur. Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa tersenyum mampu membuat pusat kebahagiaan pada otak untuk aktif. Jadi saat stres pikiran melanda, tersenyumlah di depan cermin di mana ini akan memberikan efek terbaik bagi Anda.

(Baca juga: ciri-ciri stres)

3. Tertawa

Selain tersenyum, tertawa juga merupakan obat atau cara menghilangkan pikiran yang tengah stres secara ampuh. Tertawa adalah kegiatan yang akan membuat Anda lebih senang dan baik, bahkan tertawa juga diketahui dapat membuat kadar tekanan darah tinggi turun secara alami dan aman.

Tertawa merupakan kegiatan yang bisa dilakukan ketika situasi yang memang lucu dan membuat Anda merasa terhibur, jadi mengapa tidak mencari teman mengobrol, khususnya teman yang punya selera humor tinggi. Ada kalanya kita memiliki teman yang menjadi happy virus, jadi dekat-dekatlah dengannya, atau ingat-ingatlah hal-hal yang menggelikan supaya Anda bisa tertawa sendiri.

4. Minum Madu

Madu adalah salah satu bahan yang bila digunakan atau dikonsumsi rutin mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Namun selain dapat menjadikan imunitas tubuh meningkat, Anda bisa menggunakan madu sebagai solusi stres pikiran. Sebagai obat stres herbal, Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan stres pikiran berlebih.

Madu tak hanya bisa membantu menjadi obat penyembuh penyakit tertentu saja, tapi juga bisa dikonsumsi untuk mencegah stres maupun mengatasinya. Supaya pikiran yang dipenuhi rasa stres berkurang, ada baiknya untuk mengonsumsi madu 3 kali dalam sehari. Daripada lari kepada minuman beralkohol di mana bahaya minuman keras bagi kesehatan sangat tinggi, lebih baik minum madu yang dijamin baik bagi tubuh.

5. Minum Teh Kamomil

Untuk mengatasi pikiran yang dipenuhi stres, Anda juga bisa menenangkan diri dengan mengonsumsi teh kamomil. Anda perlu merilekskan diri dan supaya pikiran juga ikut tenang, konsumsilah minuman yang sehat dan baik seperti teh kamomil bila tak ada madu misalnya.

Ketimbang mencari minuman keras yang akhirnya berujung pada kondisi kesehatan yang serius, Anda perlu untuk menemukan minuman yang menenangkan tapi menyehatkan. Saat pikiran kacau, Anda bisa mencoba meluangkan waktu sejenak untuk membuat sendiri teh herbal kamomil. Nikmati sambil santai dan Anda akan merasakan bahwa ketegangan pikiran Anda akan sedikit demi sedikit berkurang.

(Baca juga: cara menghilangkan stres belajar)

6. Minum Teh Hijau

Selain dari teh kamomil dan juga madu, teh hijau adalah minuman yang bisa menghilangkan stres pikiran. Teh hijau mungkin bukan menjadi solusi dari masalah yang sedang dihadapi, namun teh hijau akan membantu meredakan stres akibat masalah tersebut. Sudah banyak yang membuktikan bahwa teh hijau adalah obat herbal untuk mengatasi stres ampuh.

Selain terkenal akan kandungan sifat antioksidannya, teh hijau merupakan jenis minuman yang akan memberikan efek tenang alami, bahkan hanya dari aromanya saja sudah membuat rileks. Jadi daripada mengonsumsi minuman keras yang hanya memberikan efek tenang sebentar tapi memicu banyak penyakit kronis, Anda sebaiknya beralih minum teh hijau saja yang banyak khasiatnya.

7. Bermain Games

Bermain games adalah cara untuk membuat stres hilang dengan sangat mudah. Hanya saja, Anda jangan sampai ketagihan lalu lupa akan segala kewajiban Anda, khususnya saat tengah bekerja. Jika memang sudah sangat suntuk dan pikiran betul-betul stres, ambil waktu bersantai dengan main games tak menjadi masalah.

Ada banyak jenis games yang bisa kita jumpai dan unduh ke dalam ponsel, namun untuk mengurangi atau menghilangkan stres pikiran, pilih games yang menyenangan dan ringan saja. Segala masalah akan terlupakan ketika Anda main games dan biasanya suasana hati juga menjadi lebih baik. Hindari games yang memerlukan strategi dan sebagainya karena ini hanya akan menambah stres.

8. Mendengarkan Musik

Banyak orang menyukai musik dan karena tersedia begitu banyak genre, satu orang dengan yang lain pasti memiliki jenis musik kesukaan yang berbeda. Apapun itu, dengarkan lagu atau musik yang paling Anda favoritkan ketika stres melanda pikiran Anda. Mendengarkannya sambil duduk santai atau tidran akan jauh lebih efektif.

Segala masalah yang kiranya berkecamuk di dalam pikiran Anda akan hilang dengan sendirinya ketika Anda mencoba berfokus pada musik yang tengah dinikmati. Otak akan lebih rileks oleh bantuan musik sehingga pikiran pun akan menjadi jauh dari stres serta lebih jernih untuk berpikir.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

9. Bermain Alat Musik

Jika Anda dibekali dengan bakat bermain alat musik, lepaskan segala rasa stres pada pikiran Anda dengan memainkan alat musik kesukaan Anda. Bermain piano, gitar, drum atau alat musik lainnya akan membantu supaya stres teratasi secara positif. Anda akan merasa jauh lebih baik setelah memainkan lagu kegemaran dengan alat musik yang disukai.

ads

10. Berpikir Positif

Salah satu cara menenangkan pikiran yang stres dan kacau adalah mencoba berpikir positif. Semakin kita memikirkan hal paling buruk, maka yang ada kita hanya akan tambah stres saja tiada akhir. Ingat bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami sebuah masalah atau ujian.

Ada banyak orang yang memiliki masalah yang lebih pelik dari Anda dan nyatanya mereka mampu mengatasinya. Jadi tetaplah berpikir secara positif, ini bakal membantu Anda untuk tetap optimis dan berpikir untuk maju. Setiap masalah selalu ada solusinya dan setiap ujian yang diperoleh tak akan melebihi kemampuan dari diri kita sendiri.

11. Menggunakan Aromaterapi

Ada pula cara menghilangkan stres pada pikiran yang sudah sangat umum direkomendasikan dan sudah terbukti pula hasilnya yang efektif. Penggunaan aromaterapi merupakan kunci untuk menjadikan tubuh serta pikiran menjadi jauh lebih rileks. Ada banyak orang yang stres pikiran hingga susah tidur alias insomnia dan aromaterapi mampu membuatnya tidur dengan mudah.

Minyak lavender adalah salah satu aromaterapi yang paling umum dan populer karena saking banyaknya orang yang memanfaatkannya. Supaya depresi dan sakit kepala hilang dengan cepat dan aman, aromaterapi bakal sangat menolong Anda. Tak hanya minyak lavender sebetulnya, tapi aroma wewangian mawar juga bisa digunakan agar stres hilang dan meningkatkan gairah.

(Baca juga: gejala depresi)

12. Cukup Istirahat

Beban pikiran yang terlalu menumpuk dan seakan begitu berat bisa jadi karena Anda kurang istirahat. Kemungkinan sulit untuk tidur selalu ada ketika sedang stres karena setiap kali memejamkan mata hendak tidur selalu terbayang kekhawatiran-kekhawatiran dalam diri kita. Namun, selalu dapatkan kualitas tidur yang cukup supaya tak makin stres.

Ketika mendapatkan cukup tidur, kualitas tidur yang baik tersebut akan membawa Anda menjadi senantiasa segar dan tak mudah stres. Jika Anda sedang dirundung masalah, pikiran serasa penuh, cobalah bawa tidur karena sehabis bangun tidur biasanya pikiran akan menjadi lebih enteng. Istirahatlah supaya otak pun juga bisa berpikir lebih baik nantinya.

13. Curhat

Ketika stres pikiran dipendam sendiri, maka memang ini akan menjadikan Anda bertambah stres, jadi berbagilah dengan orang yang dekat dan bisa dipercaya oleh Anda. Mencurahkan isi hati dan pikiran dengan menceritakan apa yang membebani pikiran Anda kepada orang terdekat biasanya akan menghilangkan stres tersebut plus mendapatkan solusi.

Terkadang berbagi tak ada salahnya karena jika orang tersebut peduli, maka ia pasti akan memberikan saran atau solusi yang terbaik bagi Anda. Atau paling tidak, dengan menceritakan apa yang menjadi beban pikiran Anda, ada rasa lega meski orang tersebut hanya sebagai pendengar atau memberi motivasi.

14. Menulis

Ada beberapa tipe orang yang akan memilih untuk menulis di buku hariannya ketimbang bercerita dengan orang lain. Cara mengatasi stres satu ini terbilang ampuh karena memang dengan menulis, kita pun bisa lebih leluasa untuk menuangkan segala apa yang ada di pikiran kita. Baik itu kemarahan, keluh dan kesah, atau kecemasan yang tak bisa diungkapkan ke orang lain.

Menulis akan membuat beban menjadi lebih ringan percaya atau tidak, dan buku tempat kita menulis tentunya juga termasuk aman bila Anda merasa bahwa beban Anda adalah sebuah rahasia. Aktivitas ini juga merupakan sebuah cara untuk meningkatkan daya ingat sehingga mampu menjaga otak dan mencegahnya dari penyakit lupa.

(Baca juga: cara mengencerkan otak agar pintar)

15. Liburan

Mungkin stres pikiran Anda adalah karena pekerjaan yang begitu segudang sehingga Anda merasa sulit untuk ‘bernapas’. Tak ada salahnya untuk mengambil waktu libur bila diperlukan supaya bisa menenangkan pikiran serta tubuh. Kesehatan fisik dan mental perlu terjaga keseimbangannya sehingga sangat perlu untuk mengambil cuti supaya tak stres berkepanjangan.

Stres pikiran akibat pekerjaan bila terlalu lama dibiarkan dan ditumpuk malah menjadi tidak sehat bagi Anda. Salah satu jalan agar stres tersebut bisa hilang adalah dengan pergi berlibur sebab liburan bakal membuat suasana hati dan pikiran tersegarkan kembali. Saat pulang dari liburan, Anda pun bakal siap bekerja lagi dengan lebih baik tentunya.

16. Olahraga

Melakukan olahraga teratur adalah kunci dari tubuh yang senantiasa segar dan bugar, tapi sebenarnya bukan hanya fisik saja yang akan tersehatkan dengan berolahraga. Pikiran yang sedang ruwet dan stres pun juga dapat dihilangkan dengan melakukan olahraga. Tubuh justru bakal lebih rileks ketika melakukan olahraga.

Pikiran yang tadinya begitu stres dan kacau, nantinya setelah olahraga bakal menjadi lebih baik dan rileks. Namun, aktivitas fisik apakah yang kiranya bagus untuk merilekskan pikiran sehingga jauh dari stres? Ada berbagai macam olahraga dan aktivitas fisik yang boleh dicoba supaya Anda tak lagi stres sendiri.

  • Senam pernapasan
  • Yoga
  • Chi kung
  • Tai chi
  • Jogging
  • Berjalan kaki
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Sit up
  • Push up

17. Berkebun

Stres yang berlebihan di pikiran Anda mampu memengaruhi kesehatan kalau tak segera diatasi. Oleh karena itu, cobalah berkebun, khususnya bila Anda menyukai tanaman dan suka berada di luar rumah. Berkebun akan meningkatkan rasa bahagia dalam diri Anda.

Sebuah hasil studi di Belanda menyatakan bahwa dalam mengatasi stres, kegiatan berkebun sangat efektif. Berkebun adalah aktivitas yang memberikan efek rileks dan santai bagi para pelakunya dan inilah yang kemudian secara otomatis menghilangkan stres. Cobalah lebih dulu bila Anda tertarik karena melihat hijaunya tanaman serta bunga warna-warni tentunya akan menyejukkan pikiran dan hati.

(Baca juga: penyebab gangguan jiwa)

18. Memijat

Memberikan pijatan di bagian pundak dan leher mampu menjadi solusi stres pikiran yang mungkin menjadikan bagian tubuh tersebut terasa begitu tegang. Jika memang Anda tak bisa memijat sendiri, minta tolong saja pada orang lain, terutama pasangan, orang tua, atau teman di mana pemijatan bisa dilakukan secara lembut.

Sambil orang terdekat memijat Anda, mengobrol saja supaya stres pun juga makin hilang. Beban pikiran apapun yang tengah melanda dijamin pasti mereda ketika bagian leher dan pundak dipijat. Otot-otot yang menegang terkadang malah membuat kita semakin tak bisa berpikir dengan baik, jadi pemijatan akan menyegarkan kembali otot sekaligus pikiran kita.

Sponsors Link

19. Makan Kacang-kacangan

Stres pikiran juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan yang tepat, seperti halnya kacang-kacangan. Seperti kita ketahui, kacang-kacangan adalah sumber makanan yang mengandung protein tinggi, dan protein tersebut bakal mampu membuat tubuh serta pikiran yang stres lebih tenang. Kacang-kacangan bisa dijadikan cemilan ketika Anda merasa sedang stres.

Obat stres satu ini termasuk terjangkau dan mudah dijumpai, jadi bisa Anda coba kapan saja. Hanya saja, untuk kacang yang paling direkomendasikan di sini adalah kacang almond dan juga kacang kedelai. Kedua jenis kacang ini akan memperbaiki suasana hati Anda dan menghilangkan rasa stres yang ada di pikiran.

20. Makan Coklat Hitam

Satu lagi cara ampuh yang tentunya menjadi favorit kebanyakan orang, yakni konsumsi coklat hitam. Coklat hitam sudah sangat terpercaya karena memang di dalam coklat hitam ada kandungan enzim yang mampu menjadi penurun risiko stres. Bahkan coklat hitam diketahui pula mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tak hanya menghilangkan stres maupun menurunkan darah tinggi, coklat hitam pun menawarkan manfaat lainnya, seperti mengatasi kelelahan tubuh serta meningkatkan energi. Untuk orang-orang yang sering dan mudah stres pikiran serta merasa terus-terusan cemas, makan coklat hitam merupakan sebuah solusi mudah dan dijamin pikiran lebih jernih dan hati lebih tenang.

21. Makan Es Krim

Selain makan coklat hitam, Anda yang sedang stres pikiran, cobalah untuk mengonsumsi es krim. Sensasi dingin es krim tak cuma menyegarkan tenggorokan saja, tapi pikiran yang tadinya penuh dan panas juga akan ikut adem. Dengan varian rasa yang sangat banyak, Anda bisa memilih rasa kesukaan, tapi hati-hati jangan sampai berlebihan.

22. Mengonsumsi Olahan Gandum

Produk olahan dari gandum, baik itu minuman atau makanan bisa coba Anda nikmati di kala stres pikiran. Dengan mengonsumsi olahan gandum ini secara teratur, stres pikiran dijamin reda dan kemudian hilang. Tanpa efek samping, produk olahan gandum akan membantu Anda jauh dari stres maupun penyakit.

(Baca juga: cara mencegah depresi)

23. Meditasi

Mencari cara menghindari stres paling efektif? Salah satunya adalah dengan bermeditasi. Ambil waktu beberapa menit untuk melakukan meditasi supaya stres hilang. Kalaupun stres pikiran sudah hilang, tetap lakukan meditasi dengan rutin supaya Anda bisa mencegah stres untuk kembali datang menyerang Anda.

24. Mengonsumsi Minuman Jahe

Minuman jahe tak hanya berguna ketika udara atau cuaca sedang dingin saja atau hanya berkhasiat bagi yang sedang terkena batuk. Minuman jahe dengan tambahan pemanis licorice bakal secara efektif mengurangi dan menghilangkan stres pikiran Anda. Cobalah mengonsumsinya selagi hangat supaya tubuh serta pikiran lebih gampang merasakan rileks.

25. Menikmati Yogurt

Kalau es krim saja sangat bisa membantu Anda untuk meredakan stres pikiran, tentu produk olahan susu seperti yogurt pun akan memberikan efek yang sama. Selain mengembalikan kejernihan pikiran kita, segala bentuk gangguan pencernaan pun akan mampu diatasi sehingga sistem pencernaan dapat selalu lancar. Minumlah yogurt saat stres dan pikiran dijamin kembali segar.

(Baca juga: terapi psikologi untuk depresi)

26. Berteriak

Kalau Anda punya nyali cukup besar dan tidak mudah merasa malu, Anda juga bisa memilih untuk berteriak ketika pikiran dipenuhi tekanan. Berteriak lepas dan dengan suara yang sekencang-kencangnya di tempat sepi mampu memberikan Anda kelegaan. Lakukan beberapa kali dan pikiran dijamin menjadi lebih enteng dari sebelum Anda melakukan ini.

27. Makan Buah-buahan

Ada banyak orang yang di kala stres bakal memilih untuk makan banyak dan makanan yang dikonsumsi pun termasuk makanan-makanan yang tak menyehatkan. Supaya stres pikiran hilang dan tidak menjadi obesitas karena makan makanan yang salah secara berlebihan seperti gorengan atau junk food, pilih buah-buahan saja.

Alasan mengapa buah-buahanlah yang direkomendasikan sebagai cara penghilang stres adalah karena buah mampu dicerna dengan baik oleh tubuh manusia. Buah tak akan membebani sistem pencernaan kita, jadi memang alangkah baiknya kalau mengonsumsi buah-buahan yang menyehatkan saja sebagai pelarian stres. Buah juga adalah makanan yang mengandung serat tinggi jadi Anda tak akan menyesal sudah mengonsumsinya sewaktu stres.

28. Bersyukur dan Ikhlas

Terkadang apa yang membuat pikiran kita stres adalah karena kehilangan sesuatu atau gagalnya mencapai target yang sudah kita tentukan sendiri. Oleh karena itu, sewaktu hal tersebut terjadi, maka cobalah untuk mengikhlaskan dan tetap bersyukur untuk apa yang sudah Anda punya serta upayakan. Ditambah dengan berpikir positif, pikiran akan menjadi lebih enteng, stres pun ikut hilang.

(Baca juga: akibat depresi)

Demikianlah cara-cara menghilangkan stres pikiran dengan mudah dan paling efektif. Salah satu atau beberapa cara di atas dapat Anda praktikkan ketika sedang dirundung stres berat. Segera ambil tindakan untuk menghilangkan stres agar tidak telanjur menjadi lebih serius. Kenali apa yang menjadi penyebab stres juga supaya Anda mampu mengatasi secara tepat dan cepat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 12th, March 2017 / 20:01 Oleh :
Kategori : Stres