12 Terapi Sinusitis Akut

Sinusitis diketahui merupakan sebuah kondisi peradangan atau inflamasi yang menyerang di bagian dinding sinus alias rongga kecil yang isinya udara. Letak sinus ada pada belakang tulang dahi dan pipi. Penyakit ini merupakan suatu jenis penyakit umum yang bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang usia. Hanya saja, sinusitis pada anak dan orang dewasa memiliki penyebab yang berbeda.

Pada anak-anak, sinusitis biasanya terjadi akibat adanya alergi atau bisa juga tertular dari teman-teman sebayanya. Jika masih balita atau bayi, kemungkinan sinusitis mampu menyerang karena kebiasaan minum dari botol atau penggunaan dot saat posisinya berbaring. Anak-anak juga sangat rentan terkena sinusitis apabila tinggal pada lingkungan yang sering ada paparan asap.

Pada orang dewasa, penyebab sinusitis paling umum adalah bengkaknya dinding sinus di dalam hidung sebagai efek dari kondisi penyakit flu alias infeksi virus. Selain infeksi virus, infeksi gigi, infeksi jamur, bahkan hingga kebiasaan dalam merokok mampu menjadi pemicu sinusitis. Itulah mengapa Anda membutuhkan terapi sinusitis seperti yang direkomendasikan berikut.

(Baca juga: obat herbal sinusitis – pengobatan sinusitis tanpa operasi)

  1. Terapi Air Garam

Dalam mengobati sinusitis, biasanya penanganan akan dibagi menjadi 3 tergantung pada penyebab timbulnya sinusitis di mana yakni akibat serangan jamur, serangan virus, maupun serangan bakteri. Sebelum Anda menggunakan obat kimia untuk mengatasi sinusitis, terapi air garam bisa menjadi suatu solusi yang Anda bisa coba selama di rumah.

Dokter spesialis THT di luar negerti, yaitu di Amerika sudah lama menemukan terapi ini dan menyarankan pada pasien sinusitis supaya melakukan metode ini. Cara pembersihkan rongga hidung menggunakan terapi ini terbukti ampuh dan peradangan sembuh secara permanen. Ada 2 macam terapi air garam yang perlu Anda ketahui:

  • Teknik Uap Air

Dalam penggunaan teknik uap air garam ini, Anda bisa memasukkan air panas ke dalam baskom berukuran kecil di mana bisa Anda campur dengan garam sesudahnya. Lalu, jangan lupa untuk memfokuskan uap tersebut di bawah hidung. Sambil melakukannya, Anda bisa menutup kepala memakai handuk supaya uap air garam tak ke arah lain selain hidung Anda.

Karena mengandung antibakteri, maka memang air garam terbukti sangat efektif untuk melegakan hidung yang kerap tersumbat sebagai gejala sinusitis umum. Peradangan pada sinus mampu membuat hidung menjadi tersumbat dan karena tak nyaman, Anda bisa mencoba menggunakan uap air garam sebagai solusi alami dan aman.

  • Teknik Pot Neti

Terapi air garam dengan metode pot neti atau netipot ini merupakan sebuah teknik dengan menggunakan teko/ceret yang ukurannya kecil. Biasanya, ini khusus digunakan untuk membuat air dapat dimasukkan ke rongga hidung secara lebih mudah. Masukkanlah air hangat ke pot neti tersebut dengan garam sebanyak ¼ sendok.

Setelah tercampur maka air garam pun sudah jadi dan masukkan langsung ke rongga hidung sebelah kiri supaya keluarnya air nanti bisa berasal dari rongga hidung kanan. Lanjutkan dengan sebaliknya, yaitu masukkan ke rongga hidung sebelah kanan dan airnya nanti bakal keluar dari rongga hidung kiri. Peradangan bakal hilang dan sembuh secara permanen.

(Baca juga: penyebab pilek tidak kunjung sembuh)

  1. Terapi Obat

Ketika kondisi sinusitis terbilang akut biasanya penyebab utamanya adalah karena infeksi virus dan kemungkinan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi jika memang terapi air garam bukan untuk Anda, ada terapi obat yang kiranya bisa membantu supaya ciri-ciri sinusitis yang dirasakan dapat teringankan, seperti misalnya:


  • Obat pereda rasa sakit. Karena sinusitis mampu menimbulkan gejala nyeri di bagian wajah dan apabila Anda menekannya bakal terasa sakit, maka obat pereda rasa sakit kiranya diperlukan. Tujuan pemberian obat jenis ini adalah untuk membuat bagian wajah yang sakit bisa berkurang rasa sakitnya, khususnya kalau ditekan.
  • Semprotan hidung saline. Dalam mengatasi gejala sinusitis, Anda memerlukan juga obat berupa semprotan hidung saline. Penderita sinusitis memang dianjurkan memakai semprotan ini dengan cara menyemprotkan beberapa kali ke hidung dalam sehari. Tujuan pemakaian semprotan hidung saline adalah supaya saluran hidung selalu bersih. Jangan khawatir akan isinya, karena di dalamnya berisi 400 ml air matang dengan campuran 1 sendok teh garam berikut 1 sendok teh soda bikarbonat.
  • Kostikosteroid. Jenis kortikosteroid ini khusus untuk hidung sehingga Anda tidak perlu khawatir apakah aman atau tidak sebab memang fungsinya adalah sebagai pencegah peradangan. Tapi selain untuk mencegah, banyak juga yang memakainya sebagai solusi penanganan bagi sinusitis yang telah terjadi.
  • Dekongestan. Terapi obat satu ini juga cukup sering dan umum, namun tentunya tidak sembarangan bagi penderita sinusitis untuk mengonsumsi obat ini. Jenis obat dekongestan seharusnya bisa dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter dan bahkan ada aturan berapa lama untuk memakainya. Obat ini tak disarankan untuk dipakai lebih dari 1 minggu.

(Baca juga: kelainan pada hidung manusia)

  1. Imunoterapi

Terapi jenis ini sudah banyak juga dipakai oleh para pasien sinustis. Metode terapi ini merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dan banyak dimanfaatkan dalam membasmi sel-sel kanker. Tapi untuk kasus sinusitis pun, cara ini terbukti sangat ampuh dan baik, terutama pada pasien sinusitis yang disebabkan oleh alergi.


  1. Terapi Non-Farmakologi

Terapi obat juga disebut dengan istilah terapi farmakologi, lalu adakah terapi non-farmakologi, khususnya berfokus pada pengubahan pola hidup yang lebih baik? Ya, tentu saja ada. Dan Anda bisa langsung menyimak di bawah ini langkah apa saja yang baik dilakukan di rumah sebagai terapi sinusitis alami:

  • Konsumsi Makanan Higienis. Konsumsilah makanan atau minuman yang sudah jelas dan terjamin sisi higienisnya. Tak lupa juga, supaya lebih higienis pun Anda bisa mencuci tangan hingga bersih dengan sabun antiseptik sebelum makan atau memasak. Hal ini sangat berguna dalam menjauhkan diri Anda dari kuman-kuman yang mengancam kesehatan.
  • Menyikat Gigi Teratur. Menyikat gigi teratur bukan hanya menjadi cara menghilangkan karang gigi atau mencegah risiko sakit gigi saja. Menyikat gigi sehari paling tidak 2 kali sehari adalah yang paling dianjurkan dan itupun perlu dilakukan dalam durasi 1-2 menit untuk membersihkan bagian dalam mulut (gigi dan gusi) secara maksimal.
  • Menjaga Kebersihan Lingkungan. Alergi debu bisa menjadi penyebab munculnya sinusitis, maka sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah Anda supaya senantiasa bersih dari debu maupun bulu binatang.
  • Menghindari Makanan yang Mampu Memroduksi Lendir Lebih Banyak. Makanan-makanan seperti produk olahan susu misalnya, ini adalah makanan yang mampu memperbanyak lendir sehingga bisa berakibat buruk bagi saluran pernapasan. Ini juga termasuk makanan pedas dan panas.
  • Menghindari Paparan Asap. Beberapa orang dengan alergi asap bisa saja mengalami sinusitis, termasuk juga saat menghirup asap rokok maupun beberapa produk yang mengeluarkan bau cukup menyengat. Jadi, hindarilah faktor-faktor tersebut dengan baik.

(Baca juga: cara mencegah sinusitis penyebab hidung tersumbat sebelah)

Itulah sejumlah terapi sinusitis paling ampuh sebagai cara mengobati sinusitis yang bisa Anda coba di rumah ketika sinus mengalami peradangan secara tiba-tiba. Jika sinusitis sudah kronis dan sejumlah terapi tersebut kurang begitu efektif, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.

, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, April 2017 / 17:43 Oleh :
Kategori : Sinusitis