Sponsors Link

15 Makanan yang Baik untuk Syaraf Kejepit dan Pantangannya

Sponsors Link

Syaraf kejepit atau urat terjepit sebaiknya tidak diremehkan apalagi diabaikan karena rasa sakit yang tak segera ditangani mampu menjadi lebih serius. Adanya tekanan yang berkelanjutan di bagian bantalan antar tulang pada tubuh tentunya membuat segala aktivitas menjadi terhambat. Selain menggunakan obat herbal maupun medis, asupan makanan juga perlu diperhatikan agar pemulihan menjadi lebih cepat. Maka dari itu, di bawah ini adalah makanan yang baik untuk syaraf kejepit di mana bisa Anda konsumsi setiap hari supaya cepat sembuh.

ads

(Baca juga: penyebab syaraf terjepit)

1. Pisang

Karena seseorang yang menderita syaraf kejepit membutuhkan asupan kalium, maka pisang jelas adalah salah satu makanan yang wajib untuk Anda konsumsi. Kemungkinan syaraf kejepit bisa juga disebabkan kurangnya asupan kalium, maka harus diperiksakan lebih dulu sebelum mengonsumsi banyak pisang.

Kalium adalah sebuah nutrisi yang menjadi kunci dalam metabolisme sel tubuh manusia. Ketika kekurangan kalium, maka akibatnya adalah koneksi antar saraf menjadi lemah. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang adalah solusi tepat, aman dan sehat karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh juga.

2. Alpukat

Satu lagi buah yang mampu menyembuhkan syaraf terjepit, yaitu buah alpukat yang memang dikatakan mengandung lemak tinggi. Biasanya alpukat ini menjadi salah satu buah yang dihindari oleh para wanita ketika sedang melaksanakan program penurunan berat badan. Kandungan lemak yang dianggap sangat tinggi adalah alasannya.

Padahal sebenarnya alpukat selain menjadi salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi, vitamin E-nya tinggi. Lemak yang terkandung di dalam buah berwarna hijau dengan daging lembut ini pun juga termasuk lemak baik. Jadi, bagi Anda yang takut gemuk, tak usah cemas lagi karena alpukat adalah buah sehat dan baik.

(Baca juga: jenis kelainan saraf)

3. Kacang-kacangan

Selain pisang serta alpukat, kacang-kacangan juga memiliki kandungan kalium tinggi yang sangat pas untuk dikonsumsi selama pemulihan syaraf terjepit. Kekurangan kalium dapat menjadi faktor pemicu syaraf yang kejepit, jadi meningkatkan asupannya pada diet sehat Anda dijamin sangat menolong. Fungsinya adalah sebagai pengembali keseimbangan fungsi syaraf yang tadinya tidak normal.

ads

4. Aprikot

Masih ada lagi jenis makanan yang sangat baik dan membantu penyembuhan syaraf terjepit, yakni buah aprikot. Kandungan kaliumnya sangat tinggi sehingga akan dapat mengurangi gejala dan rasa nyeri akibat syaraf yang terjepit. Selain itu, kandungan kalsium, beta karoten, vitamin C, serta vitamin A-nya pun sangat kaya sehingga Anda tak bakal rugi.

(Baca juga: sering kesemutan)

5. Jus Jeruk

Makanan yang bakal meningkatkan sistem daya tahan Anda yang rendah adalah jus jeruk. Mengonsumsi minuman satu ini juga bakal meningkatkan daya serap kalium dari setelah konsumsi makanan-makanan yang sudah disebutkan sebelumnya. Jus jeruk asli, yakni dari buah jeruk murni, adalah yang paling baik karena jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi.

6. Susu Skim

Selain minuman jus jeruk, susu skim juga boleh Anda nikmati selama masa pemulihan syaraf terjepit. Alasannya adalah karena susu skim berfungsi sama dengan jus jeruk. Ketika Anda mengonsumsi makanan berkalium tinggi, daya serap kalium harus tinggi juga, maka mengonsumsi susu skim adalah solusi tepat. Selain itu, masih ada kalsium juga yang dapat diperoleh dari minuman ini sehingga penyembuhan pun bisa menjadi lebih cepat.

Ingat bahwa seseorang yang tubuhnya kekurangan asupan kalsium dapat mengalami osteoporosis atau tulang yang keropos. Tapi satu hal yang tak banyak orang tahu adalah kurangnya kadar kalsium juga berpotensi membuat tubuh mengalami syaraf kejepit. Nyeri pada tulang belakang itulah yang dianggap menjadi tanda syaraf kejepit dikarenakan suplai kalsium yang sangat kurang.

(Baca juga: bahaya kesemutan)

7. Bayam

Sayuran hijau juga termasuk di dalam makanan yang direkomendasikan untuk para penderita syaraf terjepit. Sederhana saja, ini karena kalsium tinggi di dalam jenis sayur ini bisa Anda andalkan, berikut juga kandungan zat besi yang berkadar cukup besar. Itulah alasan mengapa para ibu hamil kebanyakan dianjurkan untuk memakan bayam agar tidak mudah kekurangan nutrisi zat besi. Bayam juga adalah jenis sayur yang mampu menyembuhkan maupun mencegah nyeri datang akibat syaraf kejepit.

8. Brokoli

Makanan yang mengandung kalsium tinggi di mana makanan ini dibutuhkan oleh penderita syaraf kejepit adalah sayur brokoli. Jenis sayur ini walaupun kerap dihindari oleh banyak orang, sebetulnya manfaatnya begitu besar untuk kesehatan. Jadikan brokoli sebagai menu makanan per harinya supaya baik dalam meningkatkan asupan kalsium.

(Baca juga: penyebab tangan mati rasa)

9. Yogurt

Sebagai salah satu bahan makanan produk susu, yogurt tentu sudah jelas kaya akan kalsium dan baik untuk yang sedang menderita syaraf kejepit. Syaraf yang terasa nyeri berkepanjangan mampu dikurangi dan dipulihkan dengan yogurt, namun pastikan konsumsilah yogurt tawar untuk hasil maksimal. Mengonsumsi yogurt tak hanya menolong para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan, makanan ini juga bagus untuk seluruh kesehatan Anda.

10. Keju

Bukan hanya susu serta yogurt yang bisa Anda konsumsi selama dalam masa memulihkan keadaan syaraf terjepit. Keju adalah produk susu yang juga tentunya memiliki kadar kalsium super besar yang bisa Anda konsumsi setiap hari, entah itu bersama roti atau dengan makanan yang lainnya. Karena mudah didapat dan dikonsumsi, maka keju bisa Anda masukkan ke dalam menu harian agar asupan kalsium terjaga dengan baik. Boleh juga berganti-gantian dengan susu atau yogurt di mana setiap harinya Anda mengonsumsi produk susu yang berbeda demi menghindari rasa jenuh.

(Baca juga: penyebab kaki kram dan kesemutan)

11. Mengkudu

Buah mengkudu dikenal memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsinya. Untuk kesembuhan syaraf kejepit yang lebih cepat dan secara alami, mengkudu bisa Anda konsumsi setiap hari. Namun dengan catatan bahwa pastikan bahwa Anda tak memiliki riwayat penyakit ginjal karena mampu memperburuk kondisi sakit ginjal Anda.

Mengkudu juga bersifat analgesik sehingga sudah dipastikan bahwa buah ini mampu meredakan rasa nyeri akibat syaraf yang kejepit. Selain sakit kepala, nyeri sendi juga bisa diatasi dengan mengonsumsi rutin akan jenis buah ini. Kadar 75 persen akan zat analgesik serta ditambah juga sifat morfin sulfat akan secara efektif menyembuhkan syaraf yang bermasalah.

12. Kale

Mungkin ada dari Anda yang kurang begitu familiar dengan sayur kale. Jenis sayur satu ini mungkin tak begitu populer di tanah air, tapi di negara seperti Jepang, Amerika serta Eropa, sayur kale sudah sangat banyak dan biasa dikonsumsi warga sana. Kandungan nutrisinya terbilang sangat lengkap dan tinggi dan meski di sini kurang terkenal, Anda tetap masih bisa menjumpainya.

Tingginya kandungan kalsium membuat sayur ini menjadi salah satu bahan makanan yang Anda dapat pertimbangkan untuk konsumsi demi kesembuhan syaraf kejepit lebih cepat. Kandungan mineral, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin C, serta omega 3-nya sangat besar, tak ketinggalan pula sifat antioksidannya.

(Baca juga: bahaya terapi listrik)

13. Ikan Salmon

Penderita syaraf kejepit membutuhkan kalsium tinggi, maka ikan juga dapat dimasukkan ke dalam menu harian Anda. Ikan salmon adalah yang paling disarankan untuk penderita syaraf terjepit, tapi bila misalnya kurang menyukainya, ikan tuna dan sarden boleh-boleh saja untuk dinikmati selama memulihkan keadaan karena syaraf kejepit. Selain adanya mineral tersebut, pada ikan juga bakal ditemukan omega-3 tinggi beserta vitamin D khusus pada ikan salmon. Untuk per 110 gram ikan salmon, ada kalsium sebanyak 250 mg yang terkandung di dalamnya.

Sponsors Link

14. Kentang

Kalau biasanya Anda mengetahui bahwa kentang adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, sebetulnya kentang juga berkandungan kalsium. Vitamin D3 di dalam kentang juga tinggi sehingga bakal membantu proses daya serap kalsium ke dalam tubuh serta tulang secara lebih sempurna. Penyerapan kalsium dapat menjadi lebih cepat berkat mengonsumsi kentang.

15. Gandum Utuh

Sorgum, jagung, oatmeal, serta gandum adalah jenis-jenis makanan yang juga baik untuk kesehatan syaraf kejepit Anda yang tengah dalam masa penyembuhan. Beras merah pun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungan magnesiumnya sangat tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan keadaan tulang. Jumlah serat serta karbohidrat kompleksnya cukup tinggi sehingga baik untuk tubuh Anda.

(Baca juga: bahaya syaraf terjepit)

Makanan Pantangan Syaraf Kejepit

Selain dari makanan yang baik untuk penderita syaraf terjepit, ada juga sejumlah makanan yang harus dihindari karena merupakan sebuah pantangan.  Makanan-makanan di bawah ini apabila dimakan ketika syaraf kejepit belum sembuh, justru efeknya bisa sangat buruk.

  • Minuman bersoda.
  • Buah durian.
  • Makanan yang berkandungan lemak jenuh tinggi.
  • Kopi dan segala minuman berkafein.
  • Daging ayam.
  • Jeroan
  • Daging kambing.
  • Minuman dingin atau yang memakai es.
  • Daging sapi.

Selain dari makanan-makanan ini perlu untuk dihindari pastikan juga bahwa Anda tidak mengangkat barang yang berat-berat selama syaraf kejepit belum benar-benar dinyatakan sembuh. Bahkan Anda yang tidur di atas kasur empuk, Anda perlu mencari kasur yang keras sebab ini bakal membuat tubuh Anda sendiri semakin baik. Waspadai postur tubuh membungkuk yang kemungkinan Anda tak sadari ketika berkegiatan agar tidak membuat keadaan syaraf kejepit makin serius saja.

(Baca juga: cara menyembuhkan syaraf kejepit)

Itulah daftar makanan yang baik untuk syaraf kejepit dan yang tidak baik. Supaya syaraf yang terjepit bisa lekas sembuh, makanan-makanan baik tersebut perlu Anda konsumsi secara harian, tapi tidak dengan pantangannya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 30th, August 2016 / 15:09 Oleh :
Kategori : Saraf Terjepit