7 Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita dan Pria

Gejala sakit pinggang sebelah kiri sering dialami manusia dan dianggap sebagai keluhan yang biasa saja karena dapat sembuh dengan sendirinya. Sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi keluhan kesehatan serius dan menyerang berulang kali secara berkesinambungan jika dibiarkan tanpa penanganan medis.

Penyebab

Gejala sakit pinggang sebelah kiri dapat diakibatkan beberapa faktor

1.Ginjal bermasalah
Ketika tubuh kekurangan cairan maka ginjal akan bekerja keras untuk mengendalikan pasokan air dalaam tubuh agar tetap stabil. Kondisi tubuh yang dehidrasi dapaat menyebabkan ginjal lelah dan cedera dan terkena infeksi, Sehingga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

2. Pembentukan batu ginjal
Adanya pembentukan batu ginjal yang menyebabkan urin bercampur dengaan darah dan terlalu sering keluar. Kondisi ni dapat mwmicu munculnya seri pada pinggang sebelah kiri.

3. Karena terkilir
Melakukan aktifitas rutin atau olahraga jika dilakukan dengan salah maka akan menyebabkan urat terjepit pada pinggang sebelah kiri dan menyebabkan sakit pinggang ketika tubuh bergerak ke sebelah kiri. Kondisi ini dapat menyebabkan kesemutan, sakit ketika duduk dan kesulitan tidur.

4. Karena usia
Usia lansia adalah usia dimana struktur kekuatan tulang belakang menjadi melemah dan rentan terjadi cerdera dan ketegangan otot ketika melakukan aktivitas. Tulang belakang pada usia tua menjadi semakin menyempit dan akibatnya dapat menekan tulang belakang itu sendiri sehingga beresiko terseramg nyeri pinggang sebelah kiri.

5. Adanya kista
Gejala sakit pinggang sebelah kiri yang sering dialami para wanita adalah karena telah tumbuh kista pada jaringan reproduksi atau ovarium sehingga menyebabkan sakit menjalar pada pinggang dan kanduh kemih. (Baca juga : kacang hijau bagi penderita kista)

6. Osteoporosis
Seseorang yang terserang osteoporosis dimana tulang tulang bagian pinggang rentan terjadi keretakan dan patah tulang karena aktivitas yang terlalu berat atau mengangkat beban yang terlalu berat, Sehingga dapat menyebabkan pinggang sebelah kiri selalu nyeri dan tak dapat dihindari.

7. Duduk terlalu lama
seseorang yang duduk terlalu lama dan sering membelok atau menggunakan bagian tubuhnya yang sebelah kiri saja dapat menyebabkan kelelahan otot dan ketegangan yang menyebabkan sakit pada pinggang sebelah kiri setelah melakukan gerakan untuk berdiri.

8.Bantalan tulang terganggu
Adanya bantalan tulang diantara tulang pinggang yang semakin membesar akibat adanya infeksi jaringan pinggang dapat menyebabkan otot dan saraf pinggang mendapat tekanan keras sehingga memicu sakit pinggang sebelah kiri yang berkesinambungan atau berulang.


Gejala

Gejala sakit pinggang sebelah kiri yang mudah dikenali

1. Nyeri tiba tiba
Seseorang yang menderita serangan sakit pinggang secara tiba tiba dapat mengalami kesulitan untuk menegakkan atau meluruskan posisi tubuhnya.

2. Sering buang air kecil
Pinggang sebelah kiri yang mengalami rasa nyeri diakibatkan adanya infeksi pada ginjal dapat menyebabkan seseorang menjadi harus sering pergi ketoilet untuk buang air kecil. (baca juga : sering buang air kecil)

3. Nyeri ketika buang air kecil
Gejala sakit pinggang sebelah kirim dapat diketahui ketika seseorang merasa sakit dan urin berwarna kemerahan serta menimbulkan bau tak sedap ketika buang air kecil adalah indikasi awal jika seseorang sedang terancam dengan keluhan kesehatan disekitar pinggang sebelah kiri.

4. Bagian pinggang sebelah kiri selalu merasa sakit
Rasa sakit pada pinggang sebelah kiri yang terjadi berulang dan rasa nyerinya menjalar kearah perut bagian bawah dan area kandung kemih serta daerah kemaluan. Gejala sakit pinggang sebelah kiri akan tetap kambuh kembali, Misalnya seseorang masih saja melakukan duduk terlalu lama dan kurang minum air putih.

5. Pinggang sakit jika duduk terlalu lama
Pinggang yang mudah terasa panas, Nyeri dan seperti ditarik adalah indikasi jika seseorang sedang terserang sakit pinggang dan segera membutuhkan minum air putih yang banyak. Kurang minum dapat menyebabkan pinggang mudah sakit dan terkilir ketika sedang melakuakn tugas yang berhubungan dengan duduk terlalu lama. (Baca juga : Bahaya duduk terlalu lama)

6. Sakit pinggang ketika mengangkat beban
Seseorang yang tiba tiba pinggang sebelah kirinya terasa nyeri dan selalu merasa sakit setelah mengangkat beban yang sebenarnya tidak berat. Maka itu pertanda bahwa seseorang sedang mengalami masalah pada pinggangnya.


7. Cepat merasa lelah
Seseorang yang sering mengalami sakit pinggang maka tubuhnya akan cepat merasa kelelahan karena ginjal menurun kemampuannya dalam mengendalikan cairan tubuh. Pada saat itulah sakit pada pinggang tak bisa dihindari.

Penanganan

Solusi terbaik agar terhindar dari gejala sakit pinggang sebelah kiri :

  • Mengompres pinggang sebelah kiri yang terasa nyeri dengan air dingin agar nyeri dapat melenyapkan gejala sakit pinggang sebelah kiri dan bahkan sakit tidak akan kembali datang . Kondisi tersebut memungkinkan seseorang dapat bergerak lebih nyaman.
  • Menggunakan obat penghilang rasa nyeri pada pinggang jenis acetaminofen, ibuprofen dan naproxen yang memiliki kemampuan meredakan nyeri dengan cepat.
  • Mengurangi asupan makanan yang mengandung garam dan gula, Karena dapat menyebabkan aliran darah disekitar pinggang jadi terhambat dan memicu munculnya nyeri dan sensasi rasa panas di seputar pinggang bagian kiri.
  • Membiasakan diri membiarkan tubuh untuk santai meregangkan diri dengan cara berjalan jalan atau sekedar berdiri setelah duduk terlalu lama. Usahakan tidak larut dalam kesibukan yang mengharuskan duduk berlama lama agar terhindar dari gejala sakit pinggang sebelah kiri.

, , ,
Post Date: Monday 22nd, August 2016 / 02:29 Oleh :
Kategori : Sakit Pinggang