Sponsors Link

12 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Atas Kening

Sponsors Link

Sakit kepala bagian kanan atas ini merupakan gejala sakit kepala sebelah. Sakit kepala sebelah sering disebut sebagai migrain. Sakit kepala bagian kanan ini merupakan sakit kepala yang terasa berdenyut- denyut. Sakit kepala bagian kanan ini timbul karena berbagai sebab. Penyebab sakit kepala bagian kanan atas ini berbeda dengan sakit kepala biasa. Jika Anda mengalami sakit kepala bagian kanan atas ini secara terus- menerus, maka Anda perlu waspada. Bahaya sering migrain bisa datang kapan saja. Hal ini karena sakit kepala bagian kanan ini bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit kronis.  (Baca juga: cara mengatasi migrain – penyebab, gejala dan penanganan – penyebab sakit kepala – pengobatan dan pencegahannya)

ads

Beberapa penyebab dari sakit kepala bagian kanan yang dapat dideteksi adalah sebagai berikut:

1. Migrain Kronis

Migrain kronis ini datang menyerang diri Anda jika Anda adalah termasuk orang yang mempunyai riwayat migrain. Migrain akan terjadi secara berulang- ulang dengan gejala sebagai berikut:

  • Dirasakan pada satu atau dua sisi kepala Anda (baca juga: sakit kepala sebelah kiri – penyebab dan pengobatan)
  • Terasa nyeri berdenyut sedang hingga parah.
  • Terasa semakin parah oleh aktivitas fisik harian.
  • Menyebabkan sensitivitas yang berlebihan pada cahaya dan juga suara, serta munculnya rasa mual dan ingin muntah.

Jika Anda seringkali mengalami sakit kepala yang demikian, maka ada kemungkinan terjangkit migrain kronis. Migrain kronis ini menjadi salah satu penyebab Anda merasakan sakit kepala sebalah bagian kanan atas kening. (Baca juga:  sering sakit kepala : penyebab, gejala, penyakit, dan cara mencegah – penyebab sering mual setelah makan)

2. Sakit Kepala Klaster

Sakit kepala sebelah bagian kanan atas ini juga dapat dirasakan ketika Anda terjangkit sakit kepala klaster. Yang dimaksud dengan sakit kepala klaster adalah serangan nyeri yang dirasakan pada salah satu bagian kepala dan terjadi di area sekitar mata. Kondisi sakit kepala klaster ini seringkali dihubungkan dengan aktivitas pada bagian otak yang bernama hipotalamus. Sakit kepala klaster ini umumnya terjadi dengan disertai dengan gejala sebagai berikut:

Itulah beberapa gejala umum terjangkitnya sakit kepala klaster ini. Lalu apa saja yang menjadi pemicu timbulnya sakit kepala klaster ini? Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan terjadinya sakit kepala klaster ini, diantaranya adalah:

Sponsors Link

3. Adanya Infeksi

Selain kedua hal diatas, sakit kepala sebelah kanan kening atas ini juga terjadi akibat dari adanya infeksi, seperti penyakit meningitis, sinusitis, radang tenggorokan kronis. Pada dasarnya semua jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri, kuman atau virus yang menyerang  bagian selaput otak dan otak bisa menyebabkan sakit kepala kronis.

Baca juga: penyebab meningitis pada anak dan orang dewasa – vaksinasi meningitis – manfaat dan efek samping – cara mengobati sinusitis secara alami – penyebab sinusitis dan cara mengobatinya – mencegah – anak – dewasa – gejala sinusitis akut dan kronis – bahaya radang tenggorokan kronis – cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat.

4. Peradangan dalam Pembuluh Darah di Sekitar Otak

Peradangan atau gangguan yang menyerang pembuluh darah di sekitar otak ini dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit bagian kanan atas ini. Kondisi ini sering kita jumpai pada beberapa penyakit, seperti:

5. Tekanan dalam Rongga Kepala yang Meningkat atau Menurun

Adanya tekanan yang terjadi dalam rongga kepala yang meningkat atau justru malah menurun ini dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala bagian kanan atas dekat kening. Kondisi sering tidak disadari karena gejala yang sama seperti sakit kepala biasa. Penyebab perbedaan tekanan dalam otak sangat banyak dan setiap penderita memiliki karakter yang berbeda. (baca juga: akibat kekurangan cairan otak bagi tubuh)

6. Tumor otak

Penyebab lain dari terjadinya sakit kepala bagian kanan atas ini adalah terdapatnya tumor otak. Tumor otak adalah penyakit yang membahayakan yang jika datang harus segera dilakukan pengobatan. Tumor otak bisa mengancam anak-anak hingga orang dewasa. Dan ini termasuk salah satu penyakit paling mematikan di dunia. (baca juga: bahaya meletakkan HP di bawah bantal saat tidurbahaya menelpon terlalu lama : otak, syaraf, dan kesehatan)

7. Cedera Otak

Cedera otak juga dapat menjadi penyebab terjadinya sakit kepala bagian kanan atas dekat kening. Ada berbagai penyebab cedera otak seperti kecekaan yang mengenai kepala, benturan yang sangat keras pada kepala, benturan kepala seperti pada pemain bola dan olahraga lain, terjatuh seperti pada penderita epilepsi dan berbagai penyebab lain. (Baca juga: bahaya benturan di kepala – bayi – anak – dewasa – bagian belakang dan umum – langkah pertolongan pertama benturan kepala)

8. Depresi

Saat Anda depresi, Anda lebih berpotensi untuk mengalami sakit kepala sebelah kanan ini. Orang yang sering stres juga sangat rentan terkena depresi. Bahkan orang lanjut usia sangat sering terkena depresi karena  merasa kesepian. Ada banyak pemicu yang bisa menyebabkan depresi pada berbagai usia.

Baca juga: gejala depresi pada orang dewasa dan anak-anak – ciri ciri depresi ringan – berat – penyebab depresi pada lansia – dewasa – anak anak – cara mencegah depresi pada diri sendiri – penyebab stress berkepanjangan – cara mengatasi stress super ampuh.

ads

9. Insomnia

Berbagai gangguan pada saat tidur juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala bagian kanan atas ini. Apapun jenis gangguan tidur tersebut, yang pasti gangguan itu menyebabkan tidur kita menjadi terganggu dan tidak nyenyak, sehingga kita seringkali merasakan pusing dibuatnya. Sakit kepala bisa terjadi sepanjang waktu sehingga mengganggu aktifitas. Bahaya tidak tidur di malam hari memang sangat besar. (baca juga: dampak insomnia bagi kesehatan dan pengobatannya – cara mengatasi susah tidur di malam hari secara alami dan cepat)

10. Obesitas

Tahukah Anda bahwa ternyata obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala sebelah bagian kanan atas dekat kening ini. Kondisi ini mungkin tidak terlalu disadari sehingga banyak penderita yang tidak tahu. Ada berbagai penyebab obesitas tubuh yang harus dihindari agar tubuh lebih sehat. Jika sudah terkena obesitas maka bisa melakukan cara mencegah obesitas secara alami dan ampuh. Hal ini sangat diperlukan agar bisa terhindar dari bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker. Hindari semua jenis makanan yang bikin gemuk super cepat. (baca juga: bahaya junk food bagi kesehatan : dampak mematikan)

11. Cemas

Saat kita cemas, berarti kita memikirkan sesuatu terlalu berlebihan. Ketika kita mengeluarkan energi untuk memikirkan sesuatu terlalu berat maka resiko kita terserang penyakit sakit kepala sebelah akan semakin bertambah. Rasa cemas bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak yang menghadapi ujian atau ketika ada tes pekerjaan. Cemas sangat berbahaya karena bisa menjadi penyebab mudah lupa ingatan.

12. Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein yang terlalu banyak dan jangka panjang menyebabkan kita memiliki kondisi kesehatan yang dapat memburuk. Selain terkena resiko terjangkit penyakit kronis yang membahayakan, kita juga rentan terserang dengan berbagai penyakit ringan yang seringkali kita alami. Salah satu penyakit tersebut adalah sering timbulnya sakit kepala, baik itu sakit kepala biasa maupun sakit kepala sebelah bagian kanan atas. Ada berbagai efek bahaya kafein bagi tubuh yang siap menyerang kapan saja. Karena itu hindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi. Kafein juga bisa menjadi salah satu penyebab bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan dan efek terlalu banyak minum kopi bagi tubuh.

13. Obat Sakit Kepala

Banyak orang yang menderita sakit kepala kemudian mengkonsumsi obat sakit kepala yang dibeli dari warung. Biasanya jenis obat sakit kepala yang dijual bebas tidak membutuhkan resep. Tapi kebiasaan ini justru bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk karena menyebabkan sakit kepala yang bandel. Seharusnya bisa mencoba beberapa cara mengatasi sakit kepala tanpa obat secara alami. Sebenarnya sakit kepala sebelah bagian atas ini jika terjadinya hanya sesekali, tidak memerlukan pengobatan khusus. Yang perlu mendapatkan pengobatan khusus adalah jika sakit kepala sebelah kanan kening ini sudah mengkhawatirkan, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.(baca juga: obat sakit kepala paling ampuh dan aman – medis dan alami)

Tanda Sakit Kepala Parah 

Umumnya, tanda Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter adalah jika mengalami hal- hal berikut:

  1. Sakit kepala sebelah kanan yang terasa begitu hebat nyerinya
  2. Anda hingga harus mengonsumsi obat anti nyeri setiap kali kepala Anda terasa sakit, bahkan sampai harus melebihi dosis yang direkomendasikan dokter. (baca juga: efek samping minum obat jangka panjang)
  3. Terlalu sering merasakan sakit kepala bagian kanan ini, misalnya dua kali atau lebih dalam jangka waktu seminggu
  4. Saat sakit menyerang maka disertai dengan demam, kejang, gangguan penglihatan, lemas, leher kaku, dan sulit bicara. (baca juga: penyebab leher kaku dan tegang : gejala penyakit apa?)
  5. Sakit kepal yang disebabkan karena cedera seperti kecelakaan.
  6. Sakit kepala tidak segera membaik, bahkan ketika sudah mengonsumsi obat- obatan.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

Untuk mengatasi sakit kepala bagian kanan ini kita bisa menggunakan bahan- bahan yang alami atau juga obat- obatan dari dokter. Beberapa bahan- bahan alami atau tradisional yang dapat mengurangi rasa sakit kepala ini antara lain adalah:

  1. Mengonsumsi teh sebagai aromaterapi yang dapat meringankan rasa sakit kepala. (baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatanbahaya es teh manis bagi kesehatan)
  2. Mengonsumsi peppermint atau chamomile tea.
  3. Terapi pengharum ruangan dengan aromatherapi.
  4. Mengonsumsi almond atau lada merah.
  5. Kompres kepala dengan menggunakan sari cuka apel. (baca juga: cara kompres yang benar untuk demam tinggi)

Selain bahan- bahan alami diatas, ada juga obat- obatan medis yang dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala sebelah ini, antara lain anti nyeri, anti depresan, obat anti kejang dan juga penghambat beta. Namun yang paling baik adalah jika kita menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 02:54 Oleh :
Kategori : Sakit Kepala