Sponsors Link

13 Obat Sakit Kepala Belakang yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala, hampir setiap orang passti pernah merasakan sakit kepala dibagian belakang , ada beberapa penyebab sakit kepala belakang diantaranya

ads

Penyebab Sakit Kepala Belakang

  1. Ketegangan

Sakit kepala atau stress ini lebih sering dialami oleh orang dewasa , biasanya sakit kepala ini disebabkan karena tegang, stres, lapar dan juga kurang tidur. Sakit kepala ini pada umumnya akan berangsung seama 30 menit hingga beberapa hari. Seseorang yang terkena sakit kepala ini akan merasakan leher terasa tegang dan terjadi penekanan pada bagian dahi, bagian leher juga pada bagian belakang kepala. Sakit kepala akiat ketegangan ini bisa berlangsung selama 15 hari atau bahkan lebih, namun sakit kepala tegang inin tidak mempengaruhi aktivitas kita sehari hari sebab sakit kepala yang ditimbulkan bukanah sakit kepala yang begitu berat. Biasanya sakit kepala ini juga ditandai dengan terjadinya mual. Untuk menghindari terjadinya sakit kepala tegang ini cukukan istirahat, sebab lelah dan stres yang berlebih adalah salah satu pemicu paling utama timbulnya sakit kepala inin.

Baca Juga:

  1. Sakit kepala cervicogenic

Adanya gangguan dibagian leher juga dapat menyebabkan sering sakit kepala. Sakit kepala cervicogenic merupakan salah satu sakit kepala karena adanya gangguan tersebut.  Sakit kepala ini biasanya berada dibagian salah satu sisi kepala belakang saja.  Biasanya bagi penderita sakit kepala ini akan merasakan sakit dari leher dan menjalar pada kepala bagian belakang, lalu ke kepala bagian samping hingga bagian dekat mata. Sakit kepala cervicogenic dapat menjadi sakit kepala yang berkepanjangan, meskipun pada awalnya hanyalah sakit kepala yang terjadi sementara. Beberapa hal seperti posisi tidur yang salah, terdapat masalah pada tulang leher, cidera, sikap tubuh yang tidak sesuai dapat memperburuk keadan penderita sakit kepala ini.

  1. Es cream headache

Es cream headache ini akan terasa ketika sang penderita sakit kepala inin mengkonsumsi es, baik es cream, es batu, maupun jenis jenis es yang lainnya. Rasa sakit ini biasanya terasa pada bagian belakang kepala tetapi tidak jarang ada yang merasakan di bagian depan kepala. Agar penderita tidak mengalami sakit kepala tersebut alangkah lebih baikya jika penderita mengurangi konsumsi es yang berlebihan.

Baca Juga:

  1. Oksipital neuralgia

Sakit kepala neurgia juga disebabkan karena beberapa fakor salah satu penyebab sakit kepala ini adalah adanya trauma, gangguan saraf, kompresi tulang belakang , asam urat, diabetes, dll. Gejala yang ditimbulkan oleh sakit kepala ini biasanya penderita akan merasakan rasa sakit yang begitu hebat, yang terrasa seperti ditusuk tsuk pada bagian kepaa dan juga terasa kesetrum pada bagian leher, kepala terasa berdenyut denyut seperti terbakar . gejala inin biasanya timbul dari akar kepala lalu menyebar pada kulit kepala hingga kedua sisi kepala.

ads
  1. Sakit kepala vaskular

Sakit kepala vaskular sangat erat kaitannya dengan sakit kepala migrain, namun bedanya sakit kepala ini terjadi berulang ulang kali dan level nya jauh lebih serius.  Gejala yang ditimbulkan dari sakit kepala ini biasanya penderita mengalami mual pada perut dan muntah.

Baca Juga:

  1. Arteritis tempora

Sakit kepala ini desababkan karena adanya peradangan pada pembuluh arteri besar, berdasarkan surve yang telah dilakukan bahwa peradangan tersebut terjadi karena imun tubuh . sakit kepala ini bisa disebabkan karena seseorang yang mengkonsumsi antibiotik dalam jumlah yang besar. Sakit kepala ini berada pada salah satu sisi dan biasanya diikuti oleh sakit pada rahang dan juga terasa nyeri pada otot.

  1. Ice pick headache

Ice pick headache biasanya tidak akan terjadi dalam kurun waktu yang lama, meskipun demikian sakit kepala ini merupakan sakit kepala yang bila menyerang sipenderita akan merasakan sakit yang begitu hebat. Sebab rasa sakit yang dialami oleh penderita sakit kepala ini tidak hanya dibagian kepala saja, tapi bisa juga dialami pada seluruh  bagian kepala.

Baca Juga:

  1. Migrain basilar

Migrain basiliar biasanya dialami oleh penderita sakit kepala ini pada bagian belakang saja.  Sakit kepala ini biasanya ditandai dengan berbagai gejala diantaranya kebutaan sementara, kaburnya pandangan, telinga berdengung dan tubuh menjadi lemah.

  1. Sakit kepala sinus

sinus terletak pada bagian tengkorak kepala, sinus terdiri dari 4 pasang yang memiliki udara. Sinus yang mengalami peradangan dapat menyebabkan seseorang merasakan sakit kepala pada bagian belakang.

  1. Sakit kepala kronis harian

Sakit kepala yang satu ini biasanya juga enyerang pada kaum wanita, sakit kepala yang satu ini desebabkan karena cidera pada leher karena kelelahan. Biasanya sakit kepala jenis ini terjadi daam kurun waktu yang relatif lama yaitu selama 3 bulan. Untuk penderita sakit kepala ini biasanya akan disarankan untuk meminum obat antidepresan, tidak disarankan untuk meminum obat pereda nyeri, sebab jika mengkonsumsi obat pereda nyeri makah dapat menimbulkan sakit kepala yang berlebih.

  1. Sakit kepala karena aktivitas fisik

Exertional atau sering disbut sakit kepala karena aktivitas fisik juga dapat terjadi oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Sakit kepala kareena aktivitas fisik ini disebabkan karena beberapa kegiatan yang beragam, biasanya yang menyebabkan sakit kepala karena aktivitas fisik seperti, berlari, batuk, berhubungan seks dan juga ketika buang air besar karena terjadi pengencangan ott perut. Rasa sakit kepala karena aktivitas fisik ini biasanya akan bertahan selam 20 menit, biasanya juga rasa sakit ini terasa pada bagian seluruh kepala atau pada bagian mata. Ppenyakit ini sangat jarang ditemukan , namun ketika penyakit inin memang terjadi ada baiknya ika melakukan pemeriksaan ke dokter, agar segera mendapat penanganan dengan baik.

Baca Juga:

  1. Migrain

Berdasarkan surve sekitar 40 persen kasus migrain mengalami sakit kepala dibagian belakang, yang terasa bersamaan saat mengalami sakit kepala sebelah, seseorang yang terkena migrain biasanya akan mengalami penurunan tingkat nasu makan, merasa mual dan juga muntah. Seseorang yang sedang menderita migrain sangat dianjurkan untu menghindari suara yang terlalu keras, aktivitas yang bera dan juga cahaya yang terlalu terang, sebab hal hal tersebut dapat memperburuk keadaan seseorang yang menderita penyakit migrain. Agar mempercepat penyembuhan penderita migrain dianjurkan untuk beristirahat ditempat yang redup dan juga tidak berisik.

Gejala gejala yang ditimbulkan dari seseorang yang menderita peyakit inin biasanya si penderita akan merasakan telnga yang berdengung, terdapat kilatan kilatan pada cahaya mata, merasa pusing. Jika terjadi migrain yang teralu sering dianjurkan untuk waspada sebab migrain yang terlalu sering  dapat juga menjadi salah satu gejala bahwa anda menderita penyakit lain seperti tumor otak.

Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

  1. Cukupkan kebutuhan cairan

Kebutuhan cairan yang ada pada tubuh kita sangat perlu dijaga, tidak hanya untuk menghindari sakit kepala saja, kebutuhan cairan yang kurang akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Untuk itu agar tubuh mendapatkan cairan yang cukup maka minum lah minimal 8 gelas perhari. (baca juga: Terapi Air Putih , Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih)

  1. Hindari minuman beralkohol

Banyak sekali bahaya minuman beralkohol yang telah kita ketahui, minuman beralkohol juga tidak baik untuk kesehatan kita.  Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, bahkan tidak sadarkan diri.

baca juga:

  1. Hindari stres berlebih

Stres yang berlebihan juga merupakan salah satu faktor yang memicu timbulnya sakit kepala pada bagian belakang.  Selain itu stres juga dapat menimbulkan gangguan sakit jantung dan penyakit penyakit lainnya, untuk itu hindarilah stres yang berlebihan supaya tubuh kita tetap terjaga. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres , Cara Menghindari Stres)

  1. Mengatur asupan makanan

Makanan yang kita makan sangatah berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Agar kesehatan tetap terjaga cukupkanlah nutrisi yang dibutuhkan pada tubuh kita spaya tubuh kita juga dapat bekerja secara optimal daam menyehatkan badan. Untuk menjaga kesehatan hindari juga makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, sebab makanan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet akan menyebabkan tubuh kita menjadi tidak sehat, bahkan mudah terserang penyakit.

  1. Hindari merokok

Banyak sekali bahaya rokok yang telah kita ketahui, rokok juga mengandung nikotin dan juga racun yang berbahaya bagi tubuh, selain menyebabkan berbagai penyakit seperti kangker asap rokok juga dapat menyebabkan seseorang menjadi sakit kepala pada bagian belakang. (Baca juga: bahaya merokok bagi alat pernafasan, penyebab akibat merokok, bahaya tar rokok)

  1. Posisi saat beraktivitas

Posisi tubuh saat beraktivitas juga penting untuk diperhatikan, posisi tubuh yang tidak baik saat beraktivitas terutama pada bagian leher dan tulang belakang dapat memicu terjadinya sakit kepala. Posisi aktivitas yang salah dapat menyebabkan cidera pada tulang belakang dan juga tulang leher. Saat beraktivitas tulang beakang dan tulang leher terasa pegal lakukan lah peregangan terebih dahulu, agar dapat mengurangi resiko terjadinya sakit kepala pada bagian belakang.

Baca juga:

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat melindungi kita dari berbagai macam penyakit, olah raga teratur dan benar juga dapat menghindarkan kita dari sakit kepala pada bagian belakang. Untuk itu agar kita terhindar dari sakit kepala dan penyakkit penyakit lainnya rajinlah untuk melakukan olahraga secara rutin dan benar.

Sponsors Link

  1. Peregangan

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala pada bagian belakang adalah adanya ketegangan otot. Untuk itu agar kita dapat terhindar ari sakit kepala beakang adalah meregangkan otot otot yang tegang . ketika kita melakukan peregangan otot juga dapat memperlancar peredaran darah. Otot yang rileks dan peredaran darah yang lancar dapat membuat kita terhindar dari sakit kepala bagian belakang. Lakukan peregangan pada bagian leher dan kepala salah satunya dengan cara mengerak gerakan baha serta leher selama 20 menit dan dilakukan secara isometrik.

Baca Juga:

  1. Memijat mijat

Memijat mijat bagian kepala yang sakit juga dapat disebut sebagai pertolongan pertama ketika kita menderita sakit kepala. Dengan memijat mijat bagian kepala dengan benar dapat menjadikan kepala menjadi lebih rileks, selain itu dengan memijat mijat juga dapat meningkatkan kwalitas tidur secara alami.

  1. Akupuntur

Cara pengobatan yang satu ini memang terlihat sangat mengerikan, namu pada kenyataannya akupuntur merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menyembuhkan sakit kepala yang intensitasnya tinggi, sebab jarum jarum yang ditusukkan pada kulit akan membantu aliran energi beredar keseluruh tubuh. Namun untuk melakukan pengobatan yang satu ini diperlukan seseorang yang memang ahli dalam bidang tersebut tidak bisa sembarang orang.

Baca Juga:

  1. Konumsi makanan mint

Makana dan minuman yang mint akan memberikan efek ketenangan pada tubuh kita. Jika kita menderita sakit kepala makanan dan minuman mint ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena sangat efektif untuk meringankan rasa sakit kepala yang sedang diderita.

  1. Aerobik

Selain dapat digunakan sebagai olahraga untuk diet ternyata aerobik juga dapat menghindarkan kita dari penyakit kepala belakang, sebab aerobik merupakan salah satu olah raga yang efektif untuk mengurangi rasa sakit yang timbul pada bagian belakang kepala. Dengan melakukan olah raga aerobik ini juga dapat meningkatkan kwalitas hidup yang baik.

Baca Juga:

  1. Terapi panas dingin

Terapi panas dingin ini deetakkan pada area yang berbeda, terapi panas dingin ini juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang. Terapi panas dingin ini dilakukan dengan cara mengkompreskan air hangat kebagian belakang leher dan mengkompreskan air dingin pada area pelipis. Terapi ini juga dapat digunakan untuk menuhunkan suhu pembuluh darah yang memicu terjadinya sakit kepala dibagian belakang.

 Ituah beberapa hal yang wajib kamu ketahui mengenai obat sakit kepala belakang, sehingga dengan mengetahui hal-hal berikut anda dapat mengerti bagaimana menangani apabila sakit kepala.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 27th, January 2017 / 07:53 Oleh :
Kategori : Sakit Kepala