7 Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri Secara Alami

Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri merupakan upaya terbaik untuk meringankan sekaligus menyembuhkan keluhan kesehatan yang menyerang saraf kepala. Sakit kepala sebelah kiri dapat dialami siapa saja dengan aktivitas yang berbeda dan karena riwayat penyakit tertentu yang juga berbeda.

Penyebab

Faktor pemicu sakit kepala sebelah kiri :

1. Stroke ringan
Stroke ringan dapat menghambat peredaran darah menuju otak menjadi tidak lancar sehingga oksigen serta nutrisi yang masuk melalui aliran darah justru mengalami pengurangan dan keterlambatan. Kondisi ini memicu saraf saraf kepala menjadi tertekan dan tersumbat akibat gumpalan darah akibat stroke.

(Baca juga : cara mencegah stroke)

2. Sinusitus yang menahun
Sinus kepala sebelah kiri yang mengalami cedera dan peradangan dapat menyebabkan aliran darah dan pasokan oksigen di kepala menjadi tersendat dan infeksi mudah terjadi, Akibatnya sakit kepala sebelah kiri tak dapat dihindari.

3. Stress berat
Seseorang yang mengalami stres berat yang berlarut larut dapat menyebabkan saraf dan otot kepala menjadi tegang dan tertekan , Akibatnya kepala sebelah kiri mengalami nyeri dan sakit. Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri bagi penderita stres dapat pula dengan mengkonsumsi cokelat karena cokelat memiliki kandungan zat yang dapat memberi rasa sennag atau lapang.

(Baca juga: Cara menghilangkan stres)


4. Terserang migrain
Migrain adalah sakit kepala yang menyerang hanya pada satu sisi saja dan cukup mengganggu aktivitas. Migrain mudah muncul ketika seseorang terpapar sinar matahari terlalu lama atau karena tekanan masalah yang tidak kunjung selesai.

(Baca juga : Cara mengatasi migrain)

5. Gejala tumor otak
Seseorang yang memiliki sel tumor diotaknya maka akan rentan terkena sakit kepala sebelah kiri dan akan terus muncul setiap beberapa menit bahkan beberapa jam setiap hari. Namun jika tumor telah berhasil diangkat melalui operasi bedah, Maka sakit kepala akan sembuh.

6. Pendarahan pembuluh darah
Seseorang yang mengalami jatuh atau terkena benturan yang keras pada bagian kepala sebelah kiri biasanya hanya menderita sakit sesaat. Namun ketika terjadi pendarahan di pembuluh darah maka si penderita akan mengalami sakit kepala sebelah kiri selama beberapa hari sebelum dirinya benar benar terdiagnosa telah mengalami pendarahan pada pembuluh darah di kepalanya.

7. kurang tidur malam
seseorang yang terbiasa begadang dan tidur kurang dari 7 sampai 8 jam setiap harinya maka kepala akan rentan terserang sakit kepala sebelah kiri. Kurang tidur hanya akan mengurangi pasokan darah dan oksigen yang akan di alirkan pada pembuluh darah menuju otak sehingga saraf otak menjadi menyusut dan menyebabkan ketegangan serta tekanan.

(Baca juga : Penyakit akibat Kurang tidur malam)

Penanganan

Tips cara mengobati sakit kepala sebelah kiri dengan mudah :

1. Tidur yang cukup

Agar terhindar dari sakit kepala sebelah kiri sebaiknya hindari kafein, rokok dan minuman beralkohol. Ketiga bahan tersebut dapat mengotori aliran darah dan mengiritasi dinding arteri menuju otak, akibatnya kepala akan mengalami sakit dan berdenyut.

2. Kurangi stres

Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri dapat dilakukan dengan cara mengurangi stres setidaknya dengan olahraga atau melakukan perjalanan rekreasi ke suatu tempat favorit. Suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan semangat dan pikiran lebih jernih sehingga terhindar dari ketegangan saraf dan otot kepala akibat terlalu lama berfikir.

3. Mengurangi es krim

Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri bagi seseorang yang sensitif terhadap es krim adalah menghindari makanan apapun yang berbahan dasar es krim. Dibalik kelezatan es krim terdapat zat yang mampu menyebabkan saraf kepala menjadi tegang dan mendapat tekanan, Akibatnya sakit kepala sebelah kiri tak dapat dihindari. Kurangi es krim dan beralihlah minum air putih sebanyak yang anda bisa. Air putih mampu melancarkan peredaran darah menuju kepala.


4. Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit jenis ibufrofen

Sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan karena berhubungan intim yang mengharuskan saraf saraf dan otot otak senantiasa untuk tegang dan memanjang sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Untuk mengobati sakit kepal tersebut minumlah obat jenis ibufrofen.

5. Mengurangi pemakaian hormon estrogen

Wanita yang memakai alat kontrasepsi biasanya akan mengalami pengerungan rahim yang diakibatkan penambahan hormon estrogen untuk mencegah kehamilan. Tetapi banyak wanita yang mengalami sakit kepala sebelah kiri akibat hormon estrogen tersebut.

6. Minum air putih yang cukup

Air putih dapat melancarkan seluruh peredaran darah, Menyehatkan pembuluh arteri dan menghindari tubuh mengalami kekeringan atau dehidrasi yang biasanya dapat memicu sakit kepala sebelah kiri. Minum air putih adalah satu satunya cara mengobati sakit kepala sebelah kiri paling mudah dan murah meriah.

7. Hindari benturan dan hantaman

Agar kepala terhindar dari sakit kepala sebelah kiri sebaiknya hindari benturan atau hantaman keras pada sisi kiri kepala yang dapat mencederai organ dalam kepala dan memicu munculnya sakit kepala berulang dan pendarahan pada otak. Benturan acapkali menjadi penyebab munculnya sakit kepala pada anak anak. Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri pada anak anak biasanya bisa diberikan obat jenis naproxen dan tylenon.

,
Post Date: Friday 26th, August 2016 / 03:22 Oleh :
Kategori : Sakit Kepala