Sponsors Link

13 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit yang paling tidak enak dirasa adalah sakit gigi! Sebab ketika anda merasakan ngilu di gigi anda, semua rasa normal pada organ lain juga merasakan sakit. Kepala menjadi pening, pikiran jadi kacau, pandangan jadi kabur. Padahal masalah utamanya adalah sakit gigi.

ads

Sudah bukan menjadi hal baru merasakan sakit gigi. Sebab setiap orang yang mengalami perkembangan menuju dewasa pasti sudah pernah merasakan sakit gigi. Hal ini memang sudah menjadi ‘kewajiban’. Pernahkah anda menemui orang yang belum merasakan sakit gigi? Tidak ada!

Banyak sekali factor yang menyebabkan sesorang merasakan sakit gigi. Entah karena sudah alamiah atau karena sebab treatment pada kebersihan giginya.

1. Gigi rusak

Hal ini merupakan masalah yang paling umum diderita para orang-orang yang mengeluhkan sakit gigi. Adanya lubang yang menembus emai gigi sampai pada lapisan dalam gigi. Adanya rongga tersebut membuat sensitifitas pada gigi meningkat. Akhirnya menjadi sangat mudah sakit.

Adanya gigi berlubang mampu memicu infeksi. Bahkan sampaimematikan jaringan pulpa. Beberapa sampat sampai bernanah.

Anda akan mengurangi bicara anda. Sebab raas sakit ini juga akan semakin nyeri ketika anda mencoba bicara. Kepala anda juga terasa pening. Sehingga menjadi malas melakukan kegiatan atau aktifitas.

2. Gusi radang

Adanya radang gusi biasanya karena terjadi infeksi. Hal ini mampu menyebabkan gusi menjadi merah, lalu membengkak. Bahkan parahnya sampai berdarah. Biasanya yang menjadi masalah adalah radang bukan hanya pada gusi, namun juga tulang gigi yang menyebabkan bengkak pada jaringan penyongkomg gigi. Pembengkakan gusi biasa disebut gingivitis.

3. Pengalaman trauma

Adanya trauma pada gigi bisa menyebabkan gigi patah, sehingga berujung pada sakit gigi. Anda akan merasa sangat kesakitan jika sampai mengenai syaraf gigi (pulpa) tertentu.

4. Gigi yang Erosi

Gigi surut (erosi / abrasi gigi) gusi terjadi biasanya karena anda menyikat gigi namun dengan cara yang salah. Sehingga membuat akar bawah gigi terbuka. Karena tak ada pelindung di bagian akar gigi bawah, hal ini menjadikan ia lebih sensitive. Apalagi jika berkontakan langsung dengan makanan panas, dingin, dan asam. Menurut penelitian bahwa asam pada makanan atau minuman mampu mengikis akar gigi. Sehingga memperburuk kondisi sensitifitas gigi.

5. Tumbuh Molar 3

Salah satu paling banyak orang merasakan sakit adalah saat pertumbuhan gigi terakhir. Gigi molar 3 yang mau keluar memang membuat nyeri. Sebab tempat untuk ia keluar sudah tidak ada, namun ia dipaksa harus keluar. Sehingga ia terpaksa tumbuh dengan menekan gigi disampingnya. Hal inilah yang membuat nyeri pada gigi.

Karena pertumbuhanya juga lumayan lama, letak gigi geraham bungsu juga paling ujung. Sulit dijangkau untuk dibersihkan. Hal ini memicu bakteri untuk tumbuh berkembang biak yang meningkatkan adanya resiko pada gusi dan gigi.

6. Kondisi bruxism

Kondisi ini terjadi ketika anda menggertakan gigi anda, atau menggeser gigi secara bolak balik satu sama lain, namun hal tersebut dilakukan secara tidak sadar.

Sponsors Link

Ini mampu menjadi pemicu sakit gigi sebab gigi mendapat tekanan berlebih. Bukan hanya pada gigi saja pengarruhnya, tapi juga sendi dan otot.

7. Susunan gigi yang tidak teratur

Susunan gigi yang tidak pas seperti miring mampu membuat gigi anda merasa sakit juga. Hal ini disebabkan karena ketika anda menggunakan gigi untuk mengunyah, terjadi tekanan yang tidak seimbang. Sehingga mudah terjadi radang pada gigi.

8. Penyakit : neuralgia trigeminal

neuralgia trigeminalPenyakit yang sering dikenal dengan sebutan penyakit bunuh diri. Keadaan yang terjadi membuat anda benar-benar kesakitan, bahkan merasa mau mati saja. Hal ini disebabkan karena penyakit ini bersumber dari otak yang menghubungkan syaraf di tiga tempat. Yakni di rahang atas, rahang bawah, dan mata. Bahkan mereka yang memiliki kondisi gigi sehat ingin mencabut gigi yang menurutnya menjadi sumber sakit gigu.

9. Perawatan dengan Kawat

Fungsi anda menggunakan kawat gigi memang untuk meratakan tampilan gigi. Karena pada awalnya gigi anda belum rata, jadi ketika dilakukan perataan (ortodentik) terjadi penyesuaian yang menyebabkan sakit.

Selain itu menggunakan kawat gigi mampu memicu bakteri tumbuh. Sebab keadaan bawah kawat gigi atau bagian logamnya sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan. Akibatnya tumbuhlah karang yang mampu merusak gigi anda.

Baca juga : Bahaya behel lepas pasang

10. Jarang membersihkan gigi

Kebiasaan buruk orang-orang adalah malas untuk membersihkan giginya. Apalagi yang pulang kerja malam, karena terlalu letih akhirnya tertidur. Factor ini menjadi pemicu seseorang mengalami sakit gigi. Bakteri yang menumpuk pada sisa makanan tidak dibersihkan. Sehingga menjadikan kerusakan gigi yang parah dan akhirnya menjadi rapuh. Untuk itu biasakan minimal menggosok gigi dua kali sehari.

Sponsors Link

Baca : Cara menjaga kesehatan gigi

11. Makanan manis

Memakan makanan manis juga mendorong kemungkinan seseorang untuk sakit gigi. Kondisi manis lebih memicu bakteri untuk datang dan tinggal menetap di sarang. Sehingga jika anda tidak segera membersihkan, bakteri tersebut semakin banyak. Bahkan mampu merusak gigi anda. Solusinya dengan mengurangi makanan manis dan yang mengandung tepung.

12. Terjadi karena penyakit : Sinusitis

Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada rongga hidung. Salah satu gejalanya adalah dengan sakit gigi. Namun perlu diketahui, tidak setiap sakit gigi memiliki resiko sinusitis. Hanya saja ketika anda menderita sinusitis, ada kemungkinan untuk terjadi sakit gigi.

13. Gigi Berlubang

Penyebab sakit gigi paling umum adalah gigi berlubang, gigi yang memiliki lubang cenderung memiliki kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan sakit gigi. Penyebab gigi berlubang ini biasanya adalah kebiasaan konsumsi makanan manis. Bahaya minuman soda juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Jadi sebelum anda memberikan hipotesis tentang rasa sakit gigi, hendaklah mengingat apa yang sudah dilakukan. Mungkin sakit ini karena semalam anda yang setelah makan malam, lalu pulang tanpa membersihkan gigi. Nah sebab tersebut juga mampu meningkatkan resiko bakteri tumbuh. Untuk itu yang paling penting bersihkan gigi anda. Minimal dua kali sehari sudah cukup.

Cara Mengatasi

Jika anda mengalami sakit gigi yang sangat mengganggu ada beberapa cara agar dapat menghilangkan rasa sakit tersebut berikut adalah beberapa di antaranya

  • Menggunakan obat sakit gigi
  • Manggunakan bahan herbal seperti
    • Bawang putih
    • Pasta gigi
    • Cengkeh
    • Air garam
  • Jika gigi berlubang, lekas cabut gigi jika sudah tidak sakit lagi.

Penyebab sakit gigi paling umum adalah gigi berlubang, jadi hindari konsumsi makanan manis dan rajin gosok gigi adalah cara yang paling ampuh untuk menghindari sakit gigi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Sunday 10th, May 2015 / 08:35 Oleh :
Kategori : Sakit Gigi