Sponsors Link

22 Obat Herbal Rematik Paling Ampuh

Sponsors Link

Rematik merupakan sebuah kondisi penyakit yang bisa membuat otot atau persendian menjadi terasa sakit. Sendi dan otot yang terasa nyeri tersebut biasanya dikarenakan adanya pembengkakan dan peradangan sehingga menghambat kegiatan fisik penderitanya. Infeksi dan trauma pun dapat menjadi pemicu dari kondisi penyakit ini, lalu kira-kira obat herbal rematik apa yang bisa diandalkan secara efektif dalam menyembuhkan?

ads

(Baca juga: perbedaan sakit asam urat dan rematik)

1. Lengkuas

Lengkuas atau laos adalah bahan yang bisa Anda andalkan dalam menyembuhkan rematik hanya dengan menyiapkan sejumlah potong jari rimpang segar akan lengkuas. Cucilah lebih dulu sebelum memarutnya, lalu dengan kain Anda bisa peras airnya. Airnya inilah yang Anda gunakan sebagai obat oles pada area yang sakit sambil memijat-mijatnya.

2. Bengle atau Panglai

Apapun yang menjadi penyebab rematik Anda, silakan gunakan bengle atau panglai bila orang Sunda menyebutnya. Ambil rimpangnya secukupnya saja, yang kemudian bisa Anda rebus bersama air mendidih kira-kira 30 menit. Tunggu airnya dingin lebih dulu barulah dikonsumsi; obat ini juga baik untuk penderita cacingan dan asma.

(Baca juga: bahaya rematik)

3. Daun Landep

Gunakan daun landep segar untuk menyembuhkan rematik Anda, ambil sekitar 1 genggam, cuci lebih dulu, barulah Anda tumbuk sampai lembut. Silakan kemudian tambahkan secukupnya air kapur sirih sambil mengaduk-aduknya hingga menjadi bubur kental. Ramuan siap dibalurkan ke area yang nyeri.

4. Daun Dandelion

Berkandungan vitamin A dan juga vitamin C tinggi, daun dandelion yang bisa Anda kukus ini akan memberikan manfaat besar. Kunyah daun yang sudah dikukus supaya nyeri sendi karena rematik bisa cepat teredakan. Daun ini sangat berkhasiat dalam mengeluarkan racun dari darah Anda dan juga memperbaiki keruskana tubuh.

5. Daun Wungu

Tanaman yang familiar bagi orang Sunda ini juga sangat efektif dibalik warna ungunya yang indah. Daun wungu yang bisa Anda gunakan segenggam saja, lalu cucilah lebih dulu sebelum menumbuknya sampai lembut. Ramuan tersebut bisa Anda oles ke bagian tubuh yang sakit sampai terasa baikan selama beberapa hari secara rutin.

(Baca juga: obat tradisional rematik)

ads

6. Tanaman Brotowali

Tanaman yang terkenal pahit ini mampu menyembuhkan segala jenis rematik dan gejalanya. Dengan menyediakan batang brotowali sepanjang 10 cm, Anda bisa mencucinya dan potong-potong sepanjang 3 cm, lalu rebuslah bersama air sebanyak 3 gelas hingga tersisa setengahnya. Saring, tunggu dingin, barulah diminum. Pastikan sehari Anda meminumnya 3 kali supaya cepat sembuh.

7. Daun Seledri

Bila biasanya seledri digunakan sebagai bumbu tabur dan membuat aroma masakan tambah sedap, dengan setangkai seledri yang sudah dicuci dan dilalap mentah setiap makan akan menyembuhkan rematik Anda. Jadikan lalapan setiap hari dan setiap kali Anda makan dan Anda akan merasakan khasiat besarnya.

8. Daun Kumis Kucing

Masalah rematik pun bisa diatasi dengan daun kumis kucing, yaitu dengan menyediakan sesendok teh dari daun ini. Tak lupa juga ambil daun meniran yang sudah dihaluskan sebanyak 1 sendok makan. Rebuslah kedua bahan bersama segelas air, didihkan hingga menjadi ¾ gelas banyaknya. Saringlah saat sudah dingin dan minumlah rutin.

(Baca juga: makanan penyebab rematik)

9. Daun Pandan Wangi

Alternatif obat herbal rematik yang bisa Anda coba di rumah adalah daun pandan wangi. Sediakan daun pandan segar sebanyak 3 lembar, cuci sampai bersih, lalu iris secara tipis-tipis. Setelah itu Anda bisa menyeduhnya dengan minyak kelapa ½ cangkir yang dalam keadaan hangat. Pakai ramuan ini sebagai obat oles atau gosok.

Ada cara lain yang bisa Anda coba, yakni dengan mengambil 5 lembar daun pandan serta 20 lembar daun serai. Tumbuk halus keduanya setelah dicuci dan tambahkan minyak gandapura serta minyak kayu putih masing-masing sesendok makan. Anda bisa mengaduk seraya meremas-remasnya sampai rata, barulah gunakan sebagai obat gosok.

10. Akar Sembung

Selain dari daun sembung, akar sembung pun sangat berkhasiat. Cukup dengan menyiapkan akar sembung 30 gram bersama daun gandarusa 60 gram, cuci keduanya sampai bersih, lalu potong-potong. Kedua bahan dapat langsung Anda rebus bersama air 3 gelas sampai menyusut hingga segelas. Saringlah saat sudah dingin, minum sehari 2 kali ½ gelas masing-masing.

11. Daun Senggugu

Selain Anda bisa mengikuti pantangan rematik, obati dengan menggunakan daun senggugu. Sediakan daun senggugu yang muda plus ditambah dengan adas pulasari seperlunya. Tumbuklah kedua bahan sampai lembut, baru masukkan kapur sirih. Jika sudah jadi, ramuan dapat digunakan sebagai obat gosok seperti balsem.

(Baca juga: penyebab kaki lemas)

12. Daun Kentut

Daun yang bisa ditemukan di area perkampungan ini sangat bagus dalam mengatasi rematik. Cukup sediakan beberapa lembar saja, Anda bisa langsung menumbuknya setelah mencucinya. Setelah lembut ditumbuk, Anda bisa memeras untuk mengambil airnya, air inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk dioles dan dipijatkan ke area tubuh yang terkena rematik.

13. Tanaman Sosor Bebek

Demi rematik cepat membaik, Anda bisa menggunakan tanaman sosor bebek dengan menyediakan sekitar 30 gram saja. Anda bisa merebusnya setelah mencuci sampai bersih; rebuslah bersama air sebanyak 3 gelas, dan didihkan hingga tersisa 1 gelas. Saring sesudah dingin dan minumlah 2 kali sehari.

Untuk cara alternatifnya, silakan siapkan daun sosor bebek 4 lembar saja, bersama dengan gula enau 2 jari, pulosari 1 jari, serta adas sesendok teh. Cuci seluruh bahan, lalu potong-potong sebelum direbus dnegan 3 gelas air. Didihkan hingga berkurang sampai ¾ gelas, saring setelah dingin, konsumsilah sehari 3 kali ¾ gelas masing-masing.

14. Kacang Kedelai Hitam

Untuk membuat obat herbal dari kacang kedelai hitam ini, ambil saja bahan utamanya sekitar sesendok makan. Tak ketinggalan Anda harus menyiapkan juga kacang tanah 2 sendok makan dan kacang hijau 1 sendok makan di mana ketiga bahan bisa disangrai, baru ditumbuk hingga lembut. Konsumsilah setiap hari pagi dan sore 1 sendok teh masing-masing.

(Baca juga: penyebab tangan ngilu)

15. Daun Dewa

Rasa sakit akibat rematik bisa juga diredakan dengan memanfaatkan daun dewa. Tanaman herbal yang Anda butuhkan sebagai obat rematik hanya 30 lembar saja dan pastikan masih segar. Cuci lebih dulu, barulah direbus, kemudian Anda lumatkan. Peras untuk mendapatkan airnya, dan minumlah secara rutin.

16. Akar Beluntas

Rematik dan juga nyeri sendi lutut atau nyeri sendi di anggota tubuh manapun dapat Anda atasi menggunakan akar beluntas ini. Ambil secukupnya akar beluntas yang kemudian bisa Anda cuci sampai bersih. Rebuslah bersama dengan air sebanyak 1 gelas, tunggu mendidih, barulah Anda saring. Minum airnya selagi hangat sehari 1 kali setiap hari.

17. Gel Lidah Buaya

Meski lebih terkenal akan khasiat lidah buaya untuk kulit, lendir atau gelnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik. Karena di dalam lidah buaya ada kandungan baik yang menjadi anti inflamasi, maka lidah buaya mampu meredakan dan menyembuhkan rasa sakit akibat rematik. Lidah buaya jugalah yang akan memberikan energi lebih bagi tubuh dan meningkatkan sistem imun penderita rematik.

(Baca juga: penyebab encok)

Sponsors Link

18. Jahe

Terlepas dari efek samping jahe yang mungkin cukup mengkhawatirkan, jahe sangat kaya manfaatnya. Rempah satu ini juga bisa dijadikan obat rematik dengan ditambahkan langsung ke masakan apapun yang Anda santap. Entah itu sup, saus, salad atau makanan apapun lainnya, Anda dapat menambahkan jahe pada makanan-makanan tersebut. Bila dikonsumsi teratur, rasa nyeri akibat rematik akan dapat teredakan sedikit demi sedikit.

19. Minyak Mustar dan Kapur Barus

Ramuan kombinasi antara minyak mustar dengan kapur barus memang tak banyak yang tahu, tapi sebetulnya ramuan herbal ini pun sangat bermanfaat. Dengan menyediakan kapur barus sebanyak 10 gram, bersama dengan minyak mustar 1 cangkir saja, Anda dapat memanaskan keduanya hingga larut. Setelah kedua bahan dipanaskan dan sudah larut sempurna, Anda bisa menjadikan bahan ini sebagai obat gosok herbal alami untuk rematik Anda.

20. Buah Ceri

Ceri selain bisa menjadi pemanis pada kue, buah yang rasanya manis ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal rematik ampuh. Kandungan kalium di dalamnyalah yang akan mencegah inflamasi makin berkembang. Setiap harinya, Anda bisa mengonsumsi 7-9 buah ceri, atau jadikan sirup atau jus dengan merebus buahnya lebih dulu.

(Baca juga: bahaya mandi malam hari bagi kesehatan tubuh)

21. Bunga Rosela

Baik rematik maupun asam urat, bunga rosela akan mampu memberikan kesembuhan secara alami. Kandungan vitamin C dan protein esensialnya sangat tinggi beserta juga asam amino legnin dan argininanya. Kandungan-kandungan itulah yang berguna untuk membuat sel tubuh mengalami peremajaan atau perbaikan yang sempurna.

Cukup dengan menyediakan rosela kering sebanyak 5 kelopak, cucilah lebih dulu, lalu seduh bersama 200 cc air panas. Sebagai pemanisnya, tambahkan saja madu secukupnya dan minumlah secara rutin kurang lebih selama sebulan supaya rematik cepat membaik.

22. Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit bersifat anti inflamasi yang akan bekerja secara maksimal dalam menyembuhkan nyeri akibat rematik. Rebuslah bubuk kunyit sebanyak sesendok makan bersama dengan seliter air hingga mendidih; perebusan bisa dilakukan selama 10 menit. Tunggu sampai dingin dan minumlah 2 kali sehari secara rutin. Atau, Anda bisa secara sederhana menambahkan bubuk kunyit pada masakan buatan Anda sehari-hari.

(Baca juga: ciri-ciri asam urat)

Itulah daftar rekomendasi obat herbal rematik yang sangat efektif, baik itu diminum atau dijadikan obat oles. Semoga dengan referensi ini, Anda tak perlu khawatir dan bingung lagi soal bagaimana Anda harus menyembuhkan rematik Anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 16th, September 2016 / 00:52 Oleh :
Kategori : Rematik