Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Cara Mengobati Paru-paru Basah secara Alami

ads

Paru-paru basah di dalam dunia medis juga dikenal dengan istilah pneumonia dan masalah ini cukup serius bila Anda tak segera menangani gejalanya. Kondisi ini adalah di mana salah satu atau kedua paru-paru mengalami infeksi yang penyebabnya bisa berasal dari virus, bakteri, atau jamur. Terjadinya peradangan di bagian alveoli alias kantong udara pada organ paru-paru inilah yang dinamakan pneumonia.

Pada umumnya, gejala pneumonia atau paru-paru basah ada yang terbilang ringan tapi ada juga yang terbilang serius dan membawa kematian. Kondisi paru-paru basah biasanya di bagian alveoli tersebut bakal penuh dengan nanah atau cairan sehingga itulah alasan mengapa disebut juga dengan paru-paru basah.

Jika Anda mulai merasakan tanda-tanda tak enak dan tak nyaman seperti misalnya nafas menjadi lebih cepat, batuk kering, sakit di bagian dada, nyeri otot, demam serta menggigil, sulit bernapas, detak jantung cepat, dan mual/muntah, waspadailah. Kondisi darurat yang memungkinkan terjadi adalah kebingungan, sesak nafas, batuk berdarah dan kulit yang kebiruan. Cara mengobati paru-paru basah berikut ini kiranya dapat membantu.

(Baca juga: ciri-ciri radang paru-paru)

1. Menggunakan Kunyit

Kunyit adalah rempah yang jelas berguna bagi macam-macam masalah kesehatan dan salah satunya bisa digunakan sebagai obat paru-paru basah. Sifat antibakteri dan antiviralnya adalah yang menjadi unggulan dari kunyit sehingga mampu membasmi infeksi sekaligus melancarkan sistem pernapasan.

  • Caranya: Campurkanlah bubuk kunyit ke dalam minyak mustard untuk membuat adonan pasta dan setelah pasta jadi, oleskan langsung ke bagian dada Anda. Atau, bisa juga sesendok teh bubuk kunyit dicampur rata ke dalam segelas susu hangat yang kemudian dapat dikonsumsi sehari 2-3 kali. Alternatif lainnya, 1 ¼ sendok teh bubuk lada hitam dan 1 ½ bubuk kunyit bisa ditambah ke segelas air hangat untuk diminum sehari sekali.

2. Memanfaatkan Minyak Oregano

Anti jamur, antibakteri sekaligus antiviral merupakan sifat-sifat yang ada di dalam minyak oregano. Itulah mengapa minyak ini cukup sering dimanfaatkan sebagai obat pelega sistem pernapasan, termasuk oleh penderita paru-paru basah.

  • Caranya: Siapkan segelas air putih atau jus segar yang kemudian ditambahkan sekitar 2 atau 3 tetes minyak oregano. Minumlah setiap hari 3 kali dan rasakan kemajuannya. Cara alternatif yang juga bisa dicoba adalah dengan menambahkan 1-2 tetes minyak esensial ini ke jaringan atau bola kapas yang kemudian ditempatkan di sebelah bantal Anda sebelum pergi tidur. Anda akan ditemani oleh aromanya yang melegakan sepanjang malam.

3. Menghindari Kebiasaan Merokok

Cara mengobati selanjutnya yang sudah jelas adalah dengan menghindari rokok sama sekali, termasuk juga asapnya. Baik perokok aktif maupun pasif dapat memperburuk kondisi paru-paru basah yang sudah ada. Menghentikan kebiasaan memang sulit, tapi perlu dicoba supaya tak membahayakan jiwa.

Bahaya merokok bagi kesehatan tak hanya berakibat pada timbulnya kanker paru-paru saja, tapi juga penyakit-penyakit ganas lainnya. Dengan niat dan juga komitmen yang kuat, tentunya berhenti merokok bukanlah hal yang sulit. Menghindari rokok akan menyelamatkan Anda dari paru-paru basah sekaligus ancaman penyakit kronis lainnya.

(Baca juga: infeksi paru-paru)

4. Menjauhi Alkohol

Seperti halnya rokok, alkohol adalah pembawa penyakit bagi Anda yang suka minum minuman keras secara berlebihan terlalu sering. Bahaya minuman keras bagi kesehatan sebaiknya mulai diperhatikan mulai dari sekarang. Ada banyak penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh kebiasaan minum minuman beralkohol ini, paru-paru basah pun bisa menjadi lebih parah karenanya.

Supaya Anda terhindar dari paru-paru basah dan juga penyakit-penyakit serius lainnya, Anda perlu mulai membatasi konsumsi alkohol. Sebelum benar-benar menjauhinya sama sekali, Anda bisa pelan-pelan mengurangi porsi yang biasa Anda minum. Teruslah kurangi sampai akhirnya Anda bisa benar-benar lepas dari alkohol yang dapat mematikan ini.

5. Menggunakan Bunga Sepatu

Tak banyak yang tahu bahwa bunga sepatu bisa juga dijadikan obat herbal bagi yang menderita paru-paru basah atau pneumonia. Cara penggunaannya pun mudah sehingga setiap penderita yang ingin mengobati pneumonia secara tradisional atau alami bisa memanfaatkan bunga sepatu ini.

  • Caranya: Sediakan saja bunga sepatu sebanyak 2 kuntum sekaligus juga garam seperlunya berikut air matang sebanyak 2 gelas. Bunga sepatu yang sudah disiapkan dapat dicuci sampai bersih yang kemudian bisa Anda tumbuk hingga benar-benar halus. Tumbukan yang sudah jadi dapat dicampurkan ke dalam segelas air yang telah dalam kondisi mendidih. Tambahkan garam sedikit yang kemudian bisa Anda lanjutkan dengan menyaringnya. Ramuan siap diminum setiap hari 3 kali.

6. Menggunakan Minyak Terpentin

Jenis minyak ini sangat bagus untuk dimanfaatkan sebagai obat alami bagi penderita paru-paru basah. Rasa sakit mengganggu yang dirasakan penderita karena infeksi di bagian paru-paru akan dapat lebih lega dan berkurang dengan menggunakan minyak ini secara rutin.

  • Caranya: Gunakan minyak terpentin ini sebagai obat gosok di mana Anda bisa menggosokkannya sedikit pada area tulang rusuk. Sebelumnya Anda juga bisa mencampurkannya dengan kapur barus yang kemudian hasil larutannya bisa Anda pijat-pijat lebih dulu. Setelah itu, area yang sudah diobati dapat Anda tutup dengan kapas hangat beserta kain wol.

(Baca juga: jenis penyakit paru-paru)

7. Mengonsumsi Jus Lemon

Seperti yang kita tahu, buah yang mengandung vitamin C tinggi salah satunya adalah lemon. Oleh karena itu, sudah tak usah diragukan lagi kalau jus lemon memiliki kandungan vitamin C super tinggi yang gunanya bisa untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sifat antibakterinya juga mampu melawan bakteri pemicu paru-paru basah.

  • Caranya: Siapkanlah segelas air putih biasa yang kemudian dapat ditambahkan dengan sejumput garam batu begitu juga jus lemon segar sesendok makan. Campurkanlah dengan mengaduknya hingga rata sebelum akhirnya larutan yang sudah jadi bisa dikonsumsi setiap hari. Minumlah rutin setiap hari 1-2 kali untuk meredakan penyakit paru-paru basah Anda.

8. Menggunakan Biji Wijen

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa biji wijen adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satu kondisi yang bisa diatasi dengan penggunaan biji wijen adalah paru-paru basah karena bahan ini adalah ekspektoran alami. Paru-paru dan dahak dapat berkurang berkat obat ini.

  • Caranya: Secangkir air bisa Anda rebus lebih dulu, lalu tambahkan biji wijen sebanyak sesendok makan berikut juga biji rami dengan takaran yang sama. Kurangi panasnya lalu didihkanlah selama kurang lebih 5 menit, tunggulah 10 menit setelah diangkat. Tambahkan sesendok teh madu berikut garam secukupnya sesudah disaring; minumlah setiap hari agar paru-paru basah cepat membaik.
sponsored links

9. Memakai Daun Pegagan

Daun pegagan banyak digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan, tak terkecuali penyakit paru-paru basah. Bila Anda ingin menggunakan obat tradisional, maka jangan lewatkan bahan ini karena memang sudah terpercaya sejak lama serta penggunaannya pun sangat gampang.

  • Caranya: Daun pegagan yang perlu Anda siapkan adalah sebanyak 29 gram, berikut juga dengan jahe 15 gram. Sediakan pula air 500 ml di mana semua bahan direbus lebih dulu dan didihkan hingga airnya sisa setengah. Angkat lalu minumlah dalam kondisi masih hangat sebanyak sehari 2 kali secara rutin. Setelah 2 minggu Anda meminumnya, pasti akan membaik.

(Baca juga: penyebab paru-paru basah)

10. Menggunakan Kacang Tanah

Paru-paru basah juga bisa diobati dengan bahan alami lainnya, yakni kacang tanah. Tak banyak yang mungkin mengetahui akan hal ini, tapi setelah Anda tahu, tak ada salahnya untuk mencoba supaya paru-paru basah dapat sembuh dengan baik tanpa efek samping.

  • Caranya: Yang perlu disiapkan adalah kulit kacang tanah sebanyak 27 gram beserta juga gula merah sesuai kebutuhan. Gula merah tersebut dapat Anda tambahkan pada kulit kacang tanah yang sudah direbus. Ramuan yang sudah mendidih bisa diangkat dan diminum untuk mengobati paru-paru basah. Untuk kesembuhan maksimal, silakan meminumnya sehari 2 kali dan setiap hari.

11. Tanaman Ciplukan

Tanaman ini sebetulnya cukup mudah ditemui meski memang namanya tak begitu populer atau masih asing untuk sebagian orang. Tanaman ini paling sering dijumpai di kebun atau ladang sekitar rumah dan penggunaannya sebagai obat paru-paru basah pun tak begitu sulit.

  • Caranya: Untuk menggunakannya, Anda terlebih dulu perlu membuang bagian buahnya, tapi yang lainnya bisa Anda manfaatkan. Cucilah tanaman ciplukan selain buahnya sampai bersih dan lanjutkan dengan merebusnya hingga air mendidih. Airnya inilah yang perlu Anda minum ketika sudah lebih dingin sehari 3 kali setiap hari. Minumlah sebanyak 1 gelas setiap kali sampai paru-paru basah membaik dan sembuh betul.

12. Memakai Air Garam

Air garam adalah bahan alami yang paling mudah juga untuk dibuat dan digunakan. Selain untuk mengatasi masalah batuk, air garam juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat paru-paru basah yang oke. Cara penggunaannya pun termasuk sangat mudah dan sama seperti ketika Anda mengobati penyakit batuk.

  • Caranya: Dalam sehari Anda bisa menggunakan air garam (yang hangat lebih baik) untuk berkumur. Ini adalah cara yang gampang dan bisa dilakukan setiap hari tanpa susah payah. Kegunaannya adalah untuk melegakan sistem pernapasan dan membuat dada serta pernapasan menjadi lebih nyaman. Gejala batuk pun juga dipastikan dapat berkurang berkat air garam ini.

(Baca juga: penyebab radang paru-paru)

13. Menggunakan Teh Hitam

Banyak orang jelas lebih familiar dengan teh hijau ketimbang teh hitam, namun teh hitam ini tak kalah berkhasiat dari teh hijau. Teh hitam sendiri merupakan teh yang kaya akan catechin dan polifenol serta antioksidan sehingga memang sangat bagus dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mengobati paru-paru basah.

  • Caranya: Buatlah secangkir teh hitam yang dikombinasikan dengan bubuk biji fenugreek sebanyak 3 sendok teh. Jangan ketinggalan juga untuk menambahkan gula atau madu sesendok teh juga sesuai selera Anda. Campurkan dan minumlah sehari 1 kali saja agar paru-paru basah cepat sembuh. Konsumsi besar tidaklah disarankan karena dapat mengganggu kesehatan.

14. Kaldu Kalium

Untuk penderita paru-paru basah, sudah tak diragukan lagi bahwa kalium adalah mineral yang sangat baik. Kalium ini berguna sebagai mineral yang memperbaiki jaringan paru-paru yang sempat terganggu. Itulah mengapa seseorang perlu mempunyai dan memenuhi kalium cukup di dalam tubuh.

  • Caranya: Sediakan bawang putih 4 siung, air 500 ml, peterseli sebanyak yang Anda butuhkan, seledri 2 batang, wortel besar 2 buah, dan lobak 2 buah. Seluruh bahan bisa dimasukkan ke dalam panci sup dan didihkan bersama-sama. Kurangi panasnya dan didihkan selama 20 menit sebelum kemudian bisa diangkat dan dinikmati sebagai sup. Tapi, Anda juga bisa menggunakan kaldunya saja untuk diminum secara teratur.

15. Lada Hitam dan Daun Kemangi

Sebagai dekongestan alami, lada hitam sekaligus daun kemangi adalah bahan yang paling oke. Sistem pernapasan yang dipenuhi cairan dapat diatasi dengan lada hitam dan bahkan mampu melawan infeksi pneumonia.

  • Caranya: Ambil jus kemangi dengan cara menumbuk dan melumatkan 5-7 lembar daun kemangi. Campurkan dengan bubuk lada hitam ½ sendok teh yang kemudian bisa dikonsumsi setiap 6 jam sekali secara langsung. Atau, rebuslah air sebanyak 2 cangkir lalu tambahkan dengan ¼ sendok teh lada hitam. Rebusan air bisa ditunggu 10 menit sebelum kemudian Anda bisa meminumnya rutin agar paru-paru basah cepat membaik.

(Baca juga: penyebab cairan di paru-paru)

16. Memakai Coltsfoot

Bagi beberapa orang memang bahan ini kedengaran begitu asing, tapi sebetulnya coltsfoot kerap disebut-sebut sebagai jenis tanaman yang berbahaya untuk yang menderita penyakit ginjal kronis. Tapi meski tak baik untuk penderita penyakit ginjal, tanaman ini baik untuk paru-paru, tenggorokan dan saluran pernapasan, apalagi yang mengidap paru-paru basah.

  • Caranya: Didihkan secangkir air yang bisa ditambahkan dengan daun tanaman coltsfoot kering sebanyak 1 sendok teh. Bunganya pun juga boleh apabila Anda menjumpainya dengan mudah. Setelahnya, angkat dan tunggulah 15 menit sebelum akhirnya bisa Anda saring sekaligus minum. Demi hasil paling efektif dan maksimal, silakan meminumnya sehari 3 kali, tapi tidak boleh dikonsumsi lebih dari 4 minggu dalam 1 tahun.

17. Elecampane

Mungkin kedengaran aneh atau asing, tapi elecampane merupakan sebuah ramuan yang dikenal abadi di mana bisa tumbuh sampai 5 kaki tingginya. Mirip seperti bunga matahari tapi elecampane ini mempunyai bentuk oval dan berdaun hijau. Sebagai pelega paru-paru basah, batuk, bronkitis dan TBC, bahan ini sangat bisa diandalkan.

  • Caranya: Rebuslah secangkir air yang kemudian ditambahkan dengan elecampane kering sebanyak 1 sendok teh. Panasnya bisa Anda kurangi dan didihkanlah selama 25 menit lamanya. Setelah diangkat, Anda perlu menyaringnya lebih dulu sebelum ditambahkan madu sebanyak 1 sendok teh. Minumlah ramuan selama 2 minggu penuh di mana per harinya ramuan dikonsumsi 3 kali.

18. Menggunakan Pleurisy Root

Sungguh asing mungkin namanya, tapi tanaman dengan tinggi 30-35 cm ini sangat berguna dalam menyembuhkan paru-paru basah. Berkat kandungan asclepiadin dan resinnya, segala bentuk peradangan di organ paru-paru akan dapat dikurangi. Bahkan tubuh akan dibantuk terdetoksifikasi oleh tanaman ini.

  • Caranya: Secangkir air dapat Anda rebus lebih dulu dan masukkan sesendok teh akar pleuritis ini. Angkatlah kemudian dan biarkan terseduh selama kurang lebih 20 menit lamanya. Sebelum Anda bisa meminumnya, pastikan Anda menyaring lebih dulu dan minumlah sehari 3 kali supaya cepat sembuh dari paru-paru basah. Tapi, jangan meminumnya lebih dari 3 kali dalam sehari karena membuat pengonsumsi bisa mual/muntah.

(Baca juga: gejala paru-paru basah)

Sponsors Link

19. Memakai Lada Cayenne

Seperti Anda tahu, di dalam jenis lada ini ada kandungan capsaicin tinggi yang memang sangat menolong bagi yang bermasalah dengan saluran pernapasannya. Lendir atau cairan yang ada di paru-paru dapat terpecah berkat efek lada satu ini.

  • Caranya: Campurkanlah sesendok teh jus lemon bersama dengan sejumput lada cayenne di dalam segelas air. Anda bisa meminumnya secara teratur untuk menyembuhkan paru-paru basah, yakni cukup sehari 3 kali. Atau, bisa juga Anda membeli atau membuat jus wortel organik yang kemudian ditambahkan dnegan sejumput lada cayenne. Aduk merata dan konsumsilah secara rutin.

20. Memanfaatkan Echinacea

Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya di mana memang echinacea ini terkenal baik dalam membasmi bakteri serta membuat sistem daya tahan tubuh meningkat. Dalam melawan paru-paru basah, memang bahan ini begitu terpercaya, termasuk juga fungsinya dalam mengurangi cairan pada paru-paru.

  • Caranya: Sediakanlah sesendok teh echinacea, spearmint ¼ sendok teh, madu 1 sendok teh, air 2 gelas, berikut juga serai ¼ sendok teh. Air bisa direbus lebih dulu dan campurkan seluruh bahan kecuali madu dengan mengaduk-aduknya. Setelah diseduh 10 menit, barulah Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya. Mengonsumsi seminggu 2-3 kali bisa membantu menyembuhkan paru-paru basah Anda.

21. Memakai Biji Fenugreek

Sifat mukolitik ada di dalam biji fenugreek dan inilah yang kerap diandalkan sebagai pemecah kemacetan di dalam sistem pernapasan. Bila terjadi demam pada penderita paru-paru basah, fenugreek juga berguna sebagai penurun demam serta pengusir racun dari dalam tubuh penderita.

  • Caranya: Buatlah teh fenugreek; rebuslah biji fenugreek sebanyak 1 sendok teh di dalam 500 ml air. Setelah direbus, airnya bisa disaring dan Anda bisa meminum sekitar 4 cangkir seharinya untuk kesembuhan maksimal. Sebagai penambah rasa, silakan Anda mencampurkan dengan jus lemon. Ketika sudah merasa lebih baik, takaran konsumsi bisa Anda kurangi.

(Baca juga: gejala paru-paru bermasalah)

22. Menggunakan Bawang Putih

Walau diketahui bahwa ada efek samping bawang putih, selama konsumsi tidaklah berlebihan maka sebenarnya tidaklah apa-apa. Antimikroba di dalam bawang putih sangat bagus dalam membasmi jamur, virus hingga bakteri. Maka tentunya bawang putih bisa dipergunakan pula sebagai obat bagi penderita paru-paru basah.

  • Caranya: Buatlah secangkir susu yang kemudian ditambahkan dengan 1 ½ sendok teh bawang putih yang sudah dilumatkan. Rebuslah sampai akhirnya ramuan berkurang sekitar ¼ dari takaran semula. Minumlah sehari 3 kali untuk kesehatan Anda, atau bisa juga bawang putih dalam bentuk pasta Anda gunakan dengan mengoleskannya ke bagian dada sehingga sistem pernapasan nantinya bakal terbantu menjadi lebih baik.

23. Menggunakan Uap

Sama halnya ketika Anda merasa hidung tersumbat dikarenakan pilek, uap juga dapat membantu para penderita paru-paru basah. Uap adalah bahan yang alami namun sangat efektif untuk melawan infeksi. Bahkan dengan uap ini, Anda akan merasakan bahwa pernapasan Anda menjadi lebih baik serta tidak batuk-batuk lagi.

  • Caranya: Air bisa direbus secukupnya di dalam panci, lalu masukkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak lemon, pohon teh, lavender, atau kayu putih. Uapnya bisa Anda hirup sebagai pelega pernapasan dan pereda gejala pneumonia. Ketika menghirup, kepala Anda bisa ditutup memakai handuk supaya uap tidak ke mana-mana.

(Baca juga: cara mengatasi bronkitis saat kambuh)

24. Memanfaatkan Goldenseal

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh ampuh adalah dengan menggunakan goldenseal. Bahan ini pun baik untuk membersihkan cairan pada organ paru-paru. Namun, pastikan bahwa Anda mengonsultasikan lebih dulu dengan dokter apabila memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, dan stroke ataupun sedang hamil.

  • Caranya: Pastikan Anda merebus lebih dulu 2 cangkir air, lalu tambahkan akar goldenseal kering sebanyak 2 sendok teh untuk diaduk bersama. Panasnya bisa dikurangi lalu didihkan selama kurang lebih 15 menit lamanya. Setelah 15 menit, angkat dan tunggulah dingin sebelum kemudian diminum. Konsumsilah sehari 3 kali supaya Anda lebih cepat merasakan efektivitas dari obat herbal satu ini.

25. Mengonsumsi Jus Sayuran

Dalam mengobati masalah paru-paru basah, Anda juga bisa menggunakan jus sayuran untuk mengobati paru-paru basah, seperti misalnya jus mentimun, jus bit, jus wortel maupun jus bayam. Seperti yang sudah kita ketahui sejak kecil bahwa sayuran itu sangat baik untuk kesehatan, maka tak salah bila mencoba jus sayuran sebagai obat bagi paru-paru basah.

  • Caranya: Yang perlu dilakukan hanyalah mencampurkan jus wortel dan jus bayam dengan perbandingan 2:3 supaya bisa menjadi 1 ½ liter jus yang dapat dikonsumsi rutin setiap hari. Tak masalah juga bila Anda menginginkan campuran antara jus wortel, jus mentimun dan jus bit dengan perbandingan 3:1:1 yang kemudian bisa diminum rutin juga sampai Anda merasa bahwa paru-paru basah sudah jauh lebih baik.

(Baca juga: bahaya angin malam)

Itulah daftar cara mengobati paru-paru basah menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional paling mantap dan mujarab. Buktikan sendiri cara-cara tersebut untuk kebaikan tubuh dan kesembuhan maksimal akan penyakit paru-paru basah Anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 09th, January 2017 / 19:02 Oleh :
Kategori : Pneumonia