Sponsors Link
     Sponsors Link

19 Buah dan Sayuran Untuk Lemah Jantung

ads

Penyakit lemah jantung atau yang juga disebut dengan kardiopati merupakan suatu penyakit yang memiliki hubungan erat dengan otot jantung. Penyakit ini adalah penyakit yang murni terjadi di dalam otot jantung sehingga tidak berhubungan pada bagian pembuluh arteri, katup dan bagian lainnya di dalam jantung namun memang penyakit lemah jantung bisa terjadi karena efek dari adanya beberapa penyakit lainnya. penyakit ini tidak boleh disepelekan karena bisa membuat penderitanya mengalami detak jantung yang lemah serta tidak beraturan dan juga fatalnya bisa membuat jantung berhenti berdetak.

Penyakit lemah jantung ini merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi karena adanya pewarisan. Jadi, orang yang memiliki anggota keluarga dengan penyakit ini sebelumnya akan sangat beresiko menderita penyakit lemah jantung pula. Penyakit lemah jantung sudah banyak diderita oleh anak kecil hingga orang dewasa. Penyakit ini perlu diobati segera dan cara pengobatannya akan tergantung dari seberapa parah penyakit lemah jantung yang diderita oleh masing-masing orang sehingga pengobatan dari satu penderita dengan penderita lainnya akan berbeda.

Penyakit lemah jantung disebabkan oleh adanya kekuatan dari otot jantung yang berkurang sehingga tidak bisa memompa jantung dengan baik dan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Penyakit lemah jantung ada karena adanya struktur otot jantung yang tidak normal namun selain itu ada beberapa hal lainnya yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit lemah jantung ini.


Hal-hal yang menyebabkan terkena penyakit lemah jantung

  • Adanya kerusakan jaringan di dalam jantung karena adanya kelainan pada jantung sebelumnya
  • Denyut jantung yang detaknya terlalu cepat dan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga membuat jantung menjadi melemah
  • Adanya faktor keturunan atau faktor genetic dari keluarga
  • Orang yang menderita tekanan dara tinggi atau hipertensi
  • Orang yang memiliki gangguan pada katup jantung
  • Orang yang mengalami kekurangan vitamin dan mineral yang cukup penting bagi tubuh seperti kekurangan vitamin B1
  • Orang yang memiliki gangguan pada sistem metabolisme seperti para penderita diabetes, penyakit di kelenjar tiroid dan obesitas
  • Orang yang mengkonsumsi minuman keras atau alkohol dalam jangka waktu yang cukup lama
  • Terjadi komplikasi pada kehamilan
  • Orang yang mengkonsumsi obat amfetamin, steroid anabolic dan kokain
  • Orang yang menderita beberapa infeksi tertentu seperti hepatitis C dn lainnya
  • Mengalami gangguan pada jaringan ikat di dalam tubuh


Seperti ulasan yang sudah dijelaskan di atas menyebutkan bahwa penyakit lemah jantung cukup berbahaya sehingga harus segera diobati jika sudah mengalami gejalanya. Selain melakukan pemeriksaan dengan dokter secara rutin dan mengkonsumsi obat lemah jantung, para penderita lemah jantung juga sangat perlu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat bagi para penderita lemah jantung supaya jantungnya menjadi lebih sehat dan kuat. Apa saja makanan itu? Selengkapnya simak berikut ini:

  1. Nanas

Nanas selain enak dimakan ternyata juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. buah yang memiliki warna daging kuning cerah ini memang sangat menarik hati dan perhatian apalagi jika dibuat jus atau salad. Rasanya yang segar, asam dan manis ini akan memberikan sensasi tersendiri di lidah anda. Tahukah anda bahwa nanas ini akan menydiakan 100% kebutuhan tubuh akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh jantung untuk melawan radikal bebas sehingga kinerja jantung menjadi lebih baik dan lebih kuat. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan zat yang bisa merusak metabolisme tubuh dan bisa memicu terjadinya penyakit lemah jantung. Jadi, selain untuk tindakan pengobatan nanas ini juga bisa menjadi alternatif tindakan pencegahan dari penyakit lemah jantung.

Sayangnya nanas ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan pada wanita dikarenakan bisa menjadi penyebab keputihan pada wanita.

Baca : Cara mengatasi keputihanKeputihan normal vs tidak normal

Sponsors Link
  1. Jagung

Selain nanas, buah dan sayur yang berwarna kuning lainnya yang juga sangat baik untuk jantung adalah jagung. Di dalam jagung ini terdapat zat yang disebut dengan antioksidan lutein dan zeanxanthin yang sudah terbukti bisa menurunkan potensi penebalan pembuluh arteri yang bisa meredakan gejala penyakit lemah jantung dan penyakit yang berkaitan dengan jantung lainnya.

Baca : Kandungan gizi jagung

  1. Kangkung dan Bayam

Kangkung dan bayam pasti sudah tidak asing lagi bagi anda bukan? Kangkung dan bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. selain enak dimakan dan dijadikan tumis ini, kedua jenis sayuran hijau ini juga berkhasiat untuk kesehatan jantung. Di dalam bayam misalnya terdapat kandungan nitrat tinggi yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dimana seperti yang diketahui bahwa penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyebab dari adanya lemah jantung ini. untuk sayur kangkung memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga bisa membuat jantung kebal dari segala radikal bebas dan racun. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari kedua sayuran hijau tersebut sebaiknya untuk memasaknya sebelum dimakan ya.

Baca : Khasiat dan kandungan kangkung  – Bahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Anggur

Di dalam buah anggur yang memiliki rasa khas dan enak ini ternyata terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. menurut penelitian yang dilakukan bahwa orang yang mengkonsumsi buah anggur secara rutin akan memiliki jantung yang lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi anggur. Namun ingat ya yang dimakan adalah buahnya saat masih segar bukannya fermentasi anggur yang sudah dijadikan minuman seperti wine karena ini bisa membuat kesehatan anda menjadi terganggu dalam jangka panjang.

  1. Semangka

Siapa tidak suka dengan buah bundar yang satu ini? ya, mungkin hampir sebagian besar orang senang dengan buah semangka. Selain rasanya yang enak juga memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga buah ini akan terasa segar apalagi saat musim kemarau tiba. Nah, di dalam buah semangka ini terdapat kandungan lycopene tinggi dimanna lycopene ini adalah antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang langsung bekerja di dalam peredarah darah sehingga darah pun akan menjadi lebih sehat dan lancar peredarannya. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi buah semangka atau lycopene lebih banyak akan mendapatkan kesehatan jantung yang lebih sehat dan baik lagi dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengkonsumsi semangka. Untuk sumber lycopene ini juga bisa didapatkan dari tomat ya, jadi anda bisa mengkombinasi antara tomat dan semangka ini.

Tidak hanya tu saja, buah semangka pun dijadikan sebagai buah penurun kolesterol sehingga saat kolesterol sedang tinggi bisa diturunkan menggunakan buah tersebut.

Baca : Penyebab kolesterol tinggi HDL rendah

  1. Jeruk

Semua jenis jeruk termasuk ke dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi dan jeruk memiliki serat serat yang juga tinggi bahkan terdapat 3 gram serat di dalam setiap butir jeruk sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolestrol jahat yang memicu berbagai jenis penyakit salah satunya adalah penyakit lemah jantung.

Baca : Bahaya jeruk nipis bagi penderita maag  – Penyakit akibat kekurangan vitamin C

  1. Paprika

Buah paprika terutama yang berwarna oranye memiliki kandungan zat potassium yang cukup tinggi dimana potassium ini adalah salah satu jenis mineral yang sangat baik bagi tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh yang bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga akan terbebas dari serangan berbagai penyakit termasuk penyakit lemah jantung.

  1. Oat

Oat merupakan salah satu makanan dari olahan gandum yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Oat ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang bisa menyumbat pembuluh arteri jantung dan memicu berbagai serangan penyakit termasuk penyakit lemah jantung. Di dalam oat terdapat lemak tinggi yang bisa menurunkan kadar kolestrol jahat. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki penyakit lemah jantung dan berbagai jenis penyakit lainnya yang berkaitan denga jantung sebaiknya untuk mengkonsumsi oat setiap hari paling tidak dua kali sehari untuk membuat jantung anda menjadi lebih sehat dan lebih kuat.

  1. Roti Gandum

Roti yang terbuat dari gandum utuh selain memiliki rasa yang enak ternyata manfaatnya bagi kesehatan pun sangat besar. Gandum utuh memang sangat baik bagi kesehatan jantung. Jadi bagi para penderita penyakit lemah jantung supaya banyak mengkonsumsi roti gandum ya. Untuk membuat rasanya menjadi lebih enak anda bisa membuatnya menjadi sandwich yang diisi dengan sayuran, telur atau daging dan menjadi menu sarapan sehat anda. Bahan lainnya seperti tomat, bawang merah, mayones dan lainnya juga bisa anda tambahkan dalam sandwich tersebut untuk menciptakan rasa yang anda sukai serta mencakup gizi yang anda butuhkan.

  1. Kecambah

Elama ini kecambah dipercaya sebagai makanan untuk kesuburan bagi pria maupun wanita, tidak hanya itu saja kecambah mampu menyeimbangkan dan menetralisir kolestrol di dalam tubuh sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda tentunya bisa membuat kecambah ini menjadi berbagai olahan yang enak dan bisa juga dicampur dengan beberapa bahan lainnya yang anda suka yang penting bahan lainnya itu sehat dan cara memasaknya juga sehat. kecambah juga bisa dimasukan dalam bahan pembuat salad yang pasti akan membuat salad anda menjadi lebih enak dan memiliki cita rasa yang khas.

  1. Buah dan Yoghurt

Buah dan yogurt merupakan pasangan yang sangat serasi dan sangat enak rasanya bila dimakan. Mencampur buah dan yogurt ini bisa anda buat sebagai salah satu alternatif untuk membuat jantung anda menjadi lebih sehat selain itu anda juga akan mendapatkan cita rasa yang enak, khas, segar dan pastinya sehat. kombinasi keduanya juga mampu memberika anda energi yang lebih tahan lama dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Di dalam buah dan yogurt terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga membuat tubuh menjadi tidak mudah sakit dan bisa juga digunakan sebagai anti aging yang alami dan baik untuk anda dan pastinya anda akan terlihat lebih awet muda dengan kulit yang selalu segar dan fresh.

  1. Sup

Dengan mengkonsumsi sup anda juga bisa menjaga kesehatan jantung anda. Berbagai bahan sayuran bisa anda gunakan untuk menjadi sup terutama sayur yang kaya akan antioksidan yang baik bagi jantung. Sup yang masih hangat juga akan memberikan anda kehangatan di dalam dada serta membuat peredaran darah anda akan menjadi lebih lancar dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan lainnya. jadi, anda bisa membuatnya setiap hari lho.

  1. Buah Delima
sponsored links

Buah delima akhir-akhir ini menjadi sangat populer karena khasiat yang ada di dalamnya antara lain adalah untuk mengurangi penebalan dinding pembuluh arteri sehingga sangat baik untuk jantung. Di dalam buah delima juga terdapa kandungan yang mampu menurunkan kadar kolestrol jahat LDL dan akan diganti dengan kolestrol baik HDL. Anda bisa menyajikan buah delima ini menjadi buah yang harus dikonsumsi setiap hari supaya penyakit jantung yang anda derita bisa mereda.

  1. Buah Apel

Selain buah delima, buah lainnya yang sangat baik untuk jantung adalah buah apel. Di dalam buah apel terdapat kandungan fitokimia dan zat peticin yang pastinya bisa membantu menurunkan kadar kolestrol jahat sehingga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Buah apel sendiri merupakan buah yang sangat mudah ditemukan dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti jus, salad, lutisan dan lainnya bahkan saat ini sudah ada keripik apel yang bisa anda nikmati dengan leluasa. Harga dari buah apel ini juga tidak mahal sehingga bisa anda beli dan menstock buah apel secara berkala supaya kesehatan jantung anda menjadi lebih sehat. Apel hijau yang kaya akan antioksidan pun dipercaya bisa digunaka untuk mencegah kanker dan bisa digunakan sebagai cara mencegah parkinson yang berbahaya.

  1. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga mampu menahan segala radikal bebas di dalam tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga peredaran darah akan menjadi semakin lancar dan membuat kekuatan jantung juga menjadi lebih kuat lagi sehingga anda yang menderita penyakit lemah jantung akan sangat baik jika mengkonsumsi buah kiwi ini.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki rasa dan tekstur yang enak serta memiliki khasiat yang sangat besar pula. Di dalam buah alpukat terdapat kandungan gula yang rendah namun kaliumnya tinggi sehingga bisa menahan ketegangan otot di dalam jantung sehingga bisa menjadi kuat dan terhindarkan dari penyakit lemah jantung. Ini sangat bagi anda yang memiliki penyakit lemah jantung untuk membuat jantung anda kembali kuat. Anda bisa membuat alpukat ini sebagai jus, salad dan makanan lainnya sesuai dengan selera anda masing-masing.

Baca : Khasiat biji alpukat

  1. Stroberi

Di dalam buah stroberi kaya akan kandungan antioksidan, kalium, vitamin C dan magnesium yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah sehingga menjadi stabil dan membuat jantung juga menjadi lebih sehat dan tidak lemah. Buah stroberi juga memiliki cita rasa yang khas dengan rasa asam dan manisnya yang pastinya akan membuat anda lebih segar dan fresh ketika mengkonsumsi stroberi dan beraga olahannya.

  1. Blewah

Di dalam buah blewah terdapat kandungan beta karoten, vitamin C dan vitamin B yang pastinya akan membuat jantung anda menjadi lebih sehat karena zat tersebut bisa menjadi salah satu antioksidan dan antiogunan.

  1. Kulit Manggis

Ketenaran kulit manggis saat ini sudah sangat populer karena khasiatnya yang sangat luar biasa, di dalam kulit manggis terdapat zat yang akan membuat jantung anda lebih sehat dengan peredaran darah yang lebih lancar sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Baca : Khasiat kulit manggis  – Bahaya makan manggis dan gula

Demikian informasi mengenai penyakit lemah jantung dan makanan apa saja yang baik untuk para penderitanya. Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan menerapkan gaya hidup sehat akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit yang ada. Sekian dan terima kasih.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, March 2016 / 06:15 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung