Sponsors Link
     Sponsors Link

21 Obat Jantung Koroner Paling Ampuh

ads

Jantung koroner disebut juga dengan penyakit jantung iskemik. Penyakit ini merupakan momok bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Tidak hanya di negara Indonesia saja yang menjadikan penyakit jantung koroner sebagai pembunuh nomor satu, namun di negara berkembang seperti Amerika, penyakit jantung koroner menjadi pembunuh nomor satu yang sangat ditakuti oleh semua lapisan masyarakat. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya arteri koroner yang ada di jantung. Banyak hal yang bisa menyebabkan penyumbatan terjadi, salah satunya karena tersumbat oleh lemak. Hati hati bagi anda yang menderita obesitas, tumpukan lemak yang anda miliki bisa saja menyumbat pembuluh darah di arteri koroner ini. Jika sudah terkena penyakit jantung koroner, orang tersebut harus mengkonsumsi obat seumur hidup dan kesehatan jantungnya selalu dipantau oleh ahli medis. Meski begitu ada juga orang yang tiba tiba terkena penyakit jantung koroner kemudian menghembuskan nafas terakhirnya. Oleh sebab itu jantung koroner disebut juga dengan “ silent killer” atau pembunuh diam diam yang meresahkan. Masyarakat dihimbau untuk mengetahui gejala dari jantung koroner tersebut. Berikut ini adalah obat jantung koroner yang bisa mengurangi sakit jantung koroner :

  1. Aspirin

Obat medis yang bisa digunakan untuk mengobati jantung koroner pertama kali adala aspirin. Aspirin ini sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sayangnya aspirin tidak boleh digunakan untuk mengobati pendarahan sebab bisa menyebabkan pendarahan semakin parah. Fungsi aspirin dalam mengobati jantung koroner adalah aspirin itu mampu mengurangi jumlah penggumpalan darah di arteri yang sempit. Jika gumpalan darah bisa teratasi maka serangan jantung koroner bisa menurun secara perlahan dan rasa sakitnya menjadi berkurang.

Baca : Obat pengencer darahCara mengatasi darah kental

  1. Beta Bloker

Obat medis jantung koroner kedua adalah beta bloker. Obat ini berguna untuk mengurangi detak jantung yang cepat serta menurunkan tekanan darah. Orang yang mengalami tekanan darah tinggi sangat rentan untuk bisa terkena peyakit ini. Saat tekanan darah tinggi, jantung bisa terluka akibatnya. Sehingga fungsi dari jantung bisa melemah. Dengan menggunakan beta bloker, bisa menurunkan gejala angina dan melindungi jantng dari kerusakan yang lebih parah.

Baca : Obat herbal jantung koronerCiri ciri penderita jantung koroner

  1. Nitrates

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit jantung koroner adalah nitrates. Fungsi obat ini sangat bermanfaat bagi jantung sebab bisa digunakan untuk membuka arteri jantung yang mengalami penyumbatan, selain itu arteri yang sudah terbuka tersebut bisa mengalirkan darah ke bagian otot jantung. Menalrinya darah ke otot jantung berguna untuk mengurangi nyeri dada yang anda. Penderita jantung koroner akan merasakan nyeri dada yang teramat sangat. Dokter akan memberikan obat ini dengan cara disemprotkan di bawah lidah atau dengan cara oral. Efek obat ini sangat cepat, sehingga nyeri dada yang dirasakan akan berangsur angsur menghilang.

Baca : Kopi bagi penderita jantung koronerGejala jantung koroner

  1. Angiotensin

Obat lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jantung koroner adalah angiotensin. Dari nama obatnya saja kita sudah tahu bahwa obat tersebut berguna untuk mengatasi penyakit jantung. Obat ini berguna untuk mengatasi penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi orang tersebut. Dengan mengkonsumsi obat kimia ini penderita jantung koroner tekanan darahnya akan stabil, saat tekanan darah stabil orang tersebut akan memiliki aliran darah ke jantung yang lancar. Jika aliran darah ke jantung lancar, jantung bisa menjalankan fungsinya dengan baik kembali.

Baca : Ciri ciri penyakit jantungPenyakit jantung koroner

  1. Antiplatelets

Obat ini bermanfaat untuk mengencerkan darah yang menggumpal sehingga aliran darah menjadi normal kembali. Orang yang mengalami jantung koroner bisa mengkonsumsi obat ini agar peredaran darah menuju ke jantung menjadi lancar. Sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi obat ini seperti ibu hamil dan juga ibu yang menyusui. Antiplatelets merupakan jenis obat seperti aspirin, sehingga jika obat aspirin tidak cukup ampuh untuk mengencerkan darah yang menggumpal bisa mengkonsumsi oat antiplatelets lainnya. Contoh obat antiplatelets selain aspirin adalah clopidogrel, ticagrelor dan prasugrel.

Baca : Obat jantung berdebarCara terapi gagal jantung

  1. Fenovibrat

Obat ini bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kadang orang sering menyepelekan penyakit kolesterol dan darah tinggi padahal kedua penyakit tersebut memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan organ yang lainnya. Kedua penyakit itu bisa menyebabkan komplikasi sehingga bisa mendatangkan penyakit yang baru. Salah satu komplikasi kolesterol dan darah tinggi adalah penyakit jantung koroner. Fungsi obat fenovibrat ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi khususnya kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh penderita jantung koroner. Bisa dikatakan obat ini adalah obat yang harus ada ketika mengobati penyakit jantung koroner.

Baca : Obat herbal untuk kolesterol tinggiMakanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol

sponsored links
  1. Captopril

Obat ini memang tidak setenar dengan obat aspirin, namun obat ini berguna untuk mengatasi penyakit jantung. Captopril bermanfaat dalam penurun produksi hormon agiotonsin dimana membuat otot jantung lebih lentur. Otot jantung yang kaku dan menebal bisa memperparah penyakit jantung koroner tersebut dimana bisa membuat pecahnya pembuluh darah jantung. Untuk bisa menggunakan dan mengkonsumsi obat ini diharapkan penderita jantung koroner disertai dengan resep dokter jangan sampai membeli obat ini tanpa resep.

Baca : Penyempitan pembuluh darahPembuluh darah pecah di otak

  1. Nitroglycerin

Obat ini berguna untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan jantung mengalami masalah. Fungsi obat ini berguna untuk melebarkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah melebar, aliran darah menuju ke jantung semakin lancar sehingga jantung bisa berfungsi dengan lebih baik lagi mengingat darah adalah komponen utama jantung.

Baca : Tanaman herbal alami untuk melancarkan peredaran darahCara menjaga alat kesehatan peredaran darah

  1. Digoxin

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit jantung koroner adalah digoxin. Obat ini diambil dari nama daun tumbuhan digitalis. Meskipun obat ini adalah obat kimia, namun bahan dasarnya dari herbal dan diproses secara kimia. Obat ini berguna untuk melancarkan peredaran darah menuju ke jantung. Obat ini juga bisa digunakan artimia sehingga detak jantung bisa menjadi normal kembali.

Baca : Detak jantung cepatPenyebab gangguan ritme jantung

  1. Statin

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jantung koroner adalah statin. Statin sendiri merupakan obat kimia yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Obat ini bisa diberikan kepada penderita jantung koroner yang disertai dengan kadar kolesterol tinggi. Cara kerja dari obat ini adalah menghalangi adanya pembentukna kolesterol dan bisa meningkakan jumlah kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Obat ini juga dipercaya bisa membuat kadar kolesterol tinggi tersebut menjadi turun.

Baca : Akibat kekurangan kolesterolBuah penurun kolesterol tinggi

  1. Obat Diabetes

Bisa dikatakan penykit jantung koroner merupakan penyakit akibat komplikasi, penyakit primer dari jantung koroner adalah bermacam macam. Ada yang sakit jantung koroner disebabkan oleh diabetes, kolesterol dan juga darah tinggi. Obat diabetes dibutuhkan untuk mengobati jantung koroner jika penyakit jantung koroner itu disebabkan oleh penyakit diabetes. Tidak hanya jantung koroner saja penyakit komplikasi akibat diabetes ini namun penyakit ginjal pun bisa disebabkan oleh diabetes. Orang yang mengalami diabetes darahnya akan kental sehingga pembuluh darah di jantung tersumbat dan ginjal juga tidak bisa menyaring darah secara sempurna.

Baca : Obat herbal untuk diabetesPerbedaan diabetes kering dan basah

  1. Calcium Channel Blockers

Obat jantung koroner yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya serangan jantung yang lebih parah adalah dengan obat calcium channel blockers. Orang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi akan diberikan obat medis ini. Fungsi dari obat medis ini adalah agar bisa menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah bisa menjadi normal kembali. Tekanan darah tinggi ini pun menjadi penyebab mengapa seseorang bisa mengalami jantung koroner ini.

Baca : Makanan untuk penderita darah tinggidan asam uratCiri ciri gula darah tinggi

  1. Diuretik

Obat jantung koroner yang mungkin diperlukan adalah diuretik. Obat ini berguna untuk membuang kelebihan garam dan juga air yang ada di dalam tubuh. Memang garam adalah salah satu penyebab hipertensi atau darah tinggi yang perlu diwaspadai. Garam yang ada dan mengendap di dalam tubuh itu nantinya akan dibuang dengan bantuan obat ini. Akibatnya adalah orang yang mengkonsumsi obat ini akan selalu merasakan ingin buang air kecil. Hal tersebut lumrah dan wajar terjadi.

Baca : Akibat kelebihan garamBahaya konsumsi garam berlebihan

  1. Ivabradine

Jika ingin mengkonsumsi obat kimia sebaiknya anda memperhatikan indikasi dari obat kimia tersebut. Pasalnya ada indikator yang mengatakan orang dengan kondisi tertentu tidak bisa mengkonsumsi obat itu. Orang yang tidak bisa mengkonsumsi beta blocker bisa mengkonsumsi obat ivabradine. Penderita dengan penyakit infeksi paru paru. Fungsi obat ini adalah bisa meredakan denyut jantung yang tidak normal dan bisa membebankan fungsi jantung. Orang yang menderita sakit jantung biasanya akan memiliki detak jantung yang cepat sehingga obat ini mampu menurunkan detak jantung yang tidak normal tersebut.

Baca : Detak jantung normal manusia

  1. Nicorandil

Jantung koroner bisa diobati menggunakan obat ini, meski harus mengkonsumsi obat seumur hidup agar tidak terjadi penyumbatan kembali namun setidaknya obat ini bisa menjadi harapan bagi orang yang menderita jantung koroner. Obat ini bisa digunakan sebagai pengganti calcium channel bolckers dan fungsinya sama dengan obat tersebut dimana bisa digunakan untuk melancarkan aliran darah menuju ke jantung. Cara melancarkannya adalah dengan melebarkan pembuluh darah arteri jantung tersebut.

Baca : Penyebab dahak berdarah saat batukObat tradisional darah tinggi

Sponsors Link
  1. Ranolazine

Obat yang bisa digunakan untuk mengatasi jantung koroner adalah ranolazine. Fungsi obat ini digunakan untuk otot jantung yang lebih lentur. Otot jantung yang lebih lentur ini bisa digunakan untuk membuat jantung lebih rilleks dan aliran darah ke jantung lebih lancar. Otot jantung yang kaku ini bisa menyebabkan pembuluh darah jantung menjadi pecah.

Baca : Penyebab penyakit jantung pada manusiaBahaya penyakit jantung koroner

  1. Bawang Putih

Selain mengobati jantung koroner menggunakan obat kimia anda bisa mengobatinya menggunakan obat tradisional. Terus menerus mengkonsumsi obat kimia tentu bisa berefek pada organ tubuh lainnya yang tentunya sangat berbahaya sekali. Obat kimia yang sering masuk ke dalam tubuh akan memberatkan kinerja ginjal. Salah satu obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati jantung koroner adalah bawang putih. Selama ini bawang putih memang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Bawang putih banyak digunakan untuk mengatasi sakit gigi dan juga infeksi telinga. Kandungan antibiotik yang ada di bawang putih ini berguna untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol jahat, sebagai obat anti kanker, obat anti bakteri dan juga obat anti jamur. Cara mengobati jantung koroner menggunakan bawang putih ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan bawang putih sebanyak 4 siung.
  • Iris iris bawang putih tersebut.
  • Seduh menggunakan air panas.
  • Minum air seduhan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Rutinlah mengonsumsi obat herbal ini terutama bagi orang yang menderita penyakit jantung koroner akibat kolesterol tinggi. ( Baca : Obat sakit gigi berlubangCara mengobati sakit gigi )
  1. Temu Giring

Obat tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati jantung koroner adalah temu giring. Temu giring ini merupakan obat herbal tradisional yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Temu giring adalah tanaman rimpang satu family dengan temulawak. Selain bisa digunakan untuk mengobati jantung koroner, temu giring banyak digunakan untuk mengobati cacingan seperti cacing gelang. Cara mengobati jantung koroner menggunakan temu giring ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan rimpang temu giring secukupnya.
  • Kupas bersih temu giring tersebut.
  • Geprek temu giring agar sari sarinya keluar.
  • Rebus menggunakan dua gelas air.
  • Jika anda tidak ingin merebusnya dikarenakan proses perebusan yang lama, anda bisa menyeduhnya menggunakan air panas yang baru matang.
  • Minum air rebusan selagi hangat, minum sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Temu Putih

Obat tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jantung koroner adalah temu putih. Selama ini temu putih ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, ginjal, liver dan masih banyak lagi lainnya. Banyak obat herbal yang ada di Indonesia menggunakan bahan dasar tanaman ini. Temu putih memiliki ciri fisik seperti temulawak dan juga kunyit putih. Tanaman ini mampu tumbuh di area lembab di ketinggian 0 sampai dengan 1000 meter. Rasa tanaman ini adalah pahit dan juga pedas seperti jahe. Rasa pedas tersebut berfungsi untuk penghangat tubuh. Cara mengobati jantung koroner menggunakan obat herbal ini pun mudah sekali yaitu dengan menyiapkan 25 gram temu putih. Cuci bersih kemudian kupas. Geprek temu putih tersebut sampai sari sarinya keluar. Saat sarinya sudah keluar, rebus menggunakan tiga gelas air dan sisakan menjadi setengahnya. Saat sudah menjadi setengahnya minum air rebusan tersebut selagi hangat sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca : Cara mengobati angin dudukGejala masuk angin

  1. Daun Sukun

Tidak hanya buahnya saja yang bisa digunakan atau dikonsumsi ternyata daunnya pun bisa untuk dikonsumsi. Sari daun sukun bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Penyakit yang bisa diatasi menggunakan daun sukun adalah jantung koroner. Di dalam daun sukun mengandung zat flavonoid. Zat tersebut akan memberikan nutrisi kepada jantung agar jantung bisa berfungsi dengan baik kembali. Jantung yang ternutrisi akan membuat jantung bisa kembali menjalankan fungsinya dengan baik. Cara mengobati jantung koroner menggunakan daun sukun ini pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  1. Kunyit

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman herbal satu ini. Kunyit selama ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang bisa diredakan menggunakan kunyit adalah nyeri haid dan juga jantung koroner. Kunyit kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Cara mengobati jantung koroner menggunakan kunyit ini pun sangat mudah sekali yaitu :

  • Menyiapkan kunyit secukupnya.
  • Setelah itu anda bisa mengupas kunyit tersebut kemudian mencuci bersih.
  • Parut kunyit tersebut. Setelah di parut peras kunyit tersebut.
  • Minum sari dari kunyit tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Agar tidak terasa pengar anda bisa menambahkan madu ke dalam sari kunyit tersebut.
  • Anda juga bisa merebus kunyit tersebut menggunakan dua gelas air.
  • Saat merebusnya, sisakan air rebusan menjadi setengahnya.
  • Setelah air rebusan berubah menjadi hangat, minum air rebusan itu.
  • Sebaiknya membuat ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari, kemudian meminum air rebusan sebanyak satu gelas dalam sekali minum.

Demikianlah obat jantung koroner medis dan juga tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati jantung koroner. Agar jantung koroner cepat teratasi buatlah ramuan tradisional tersebut secara rutin. Jika anda memilih untuk mengonsumsi obat medis, cermatlah dan telitilah dalam mengkonsumsi obat agar penyakit jantung koroner tidak bertambah parah. Untuk yang belum terkena penyakit jantung koroner, waspada terhadap serangan jantung koroner dan gejala jantung koroner sangat diperlukan sebab penyakit ini merupakan pembunuh diam diam yang sangat mematikan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 13:52 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung