Sponsors Link

16 Gejala Awal Penyakit Jantung untuk Diwaspadai

Sponsors Link

Jenis-jenis penyakit jantung, apapun itu, perlu diwaspadai dengan mengetahui setiap gejala awalnya. Dengan mengetahui gejala awal penyakit jantung, Anda pasti lebih bisa mencegah penyakit menjadi lebih serius. Karena gaya hidup masyarakat kini lebih kerap mengonsumsi makanan yang sama sekali tidak sehat ditambah dengan malas bergerak, kemungkinan penyakit jantung bisa saja menyerang.

ads

Penyakit jantung dapat terjadi dikarenakan sel jantung yang telah mati sebab pembuluh darah yang tersumbat. Penyumbatan pada pembuluh darah itu sendiri masih dibagi lagi menjadi 2, yaitu penyumbatan pembuluh koroner kecil dan pembulih koroner besar. Pada pembuluh koroner kecil, penyumbatan biasanya terjadi akibat pengaruh diabetes atau kolesterol di mana pembuluh darah pun menjadi kaku.

Sedangkan penyumbatan pembuluh koroner besar adalah penyumbatan yang dialami bersama dengan rasa nyeri di bagian dada secara hebat. Namun memang pada koroner besar, kondisi ini hanya sementara saja. Berikut di bawah ini bisa Anda lihat gejala awal apa saja yang kiranya dapat menjadi pertanda Anda mengalami penyakit jantung.

(Baca juga: perbedaan sakit jantung dan gerd)

1. Berkeringat Terlalu Sering

Anda perlu mencurigai sebuah kondisi di mana keringat keluar secara berlebihan dan sering meski tidak tengah melakukan aktivitas apapun. Bahkan ketika Anda tidak melakukan kegiatan berat, dan Anda berkeringat cukup banyak, hal ini bisa menandakan bahwa jantung sedang tidak beres.

Keringat berlebih biasanya akan dialami khususnya pada daerah telapak tangan. Pada umumnya juga, berkeringat dialami pasca olahraga dan ketika cuaca sedang panas-panasnya. Ketika keringat keluar begitu banyak dan sering tapi tidak pada kondisi-kondisi tersebut, Anda patut mencurigainya dan memeriksakan langsung ke dokter supaya diketahui apa penyebab keringat berlebih tersebut.

2. Nyeri pada Bagian Dada

Gejala seperti ini sangat umum dan memang biasanya menunjukkan adanya masalah pada jantung. Hanya saja, yang paling kerap mengalami gejala satu ini adalah wanita di mana penyebab utama nyeri dada adalah arteri yang tersumbat. Otomatis aliran darah yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh tidak menjadi lancar.

Sebagai efek dari nyeri dada ini, terkadang penderitanya bakal merasakan tubuh yang lemah sekaligus mati rasa. Ketika nyeri pada dada terjadi lebih dari sekali, alangkah baiknya Anda mulai bawa ke dokter untuk mendiagnosanya. Pasokan oksigen serta darah yang tidak cukup pada otot dan jantung akan membuat jantung terasa seperti ditekan sekaligus diremas sehingga sangat sakit.

(Baca juga: perbedaan sakit jantung dan nyeri dada biasa)

3. Cepat Lelah

Selain berkeringat terlalu banyak dan sering, tubuh penderita jantung akan merasakan kelelahan yang juga berlebihan. Saat seseorang merasa lelah, ini biasanya sebagai efek sehabis melakukan olahraga atau berkegiatan padat. Namun tanpa ada alasan yang jelas, seseorang yang diduga berpenyakit jantung akan gampang lelah dan tak berdaya bila harus bekerja.

Kondisi seperti ini kerap dianggap sebagai keadaan di mana penderita merasa kurang istirahat saja, padahal kemungkinan juga bukan karena hal itu. Apabila rasa lelah yang dialami begitu ekstrem, potensi besar akan gejala serangan jantung sangat memungkinkan. Cobalah untuk memeriksa kesehatan jantung Anda sebelum kondisi kelelahan semakin serius.

4. Perut Terasa Mual

Rasa mual memang bisa menandakan adanya gangguan pencernaan di mana biasanya juga dikaitkan erat dengan kondisi lambung yang sedang kurang baik. Penyakit maag atau asam lambung adalah masalah yang akan membuat seseorang merasakan mual. Tapi mual berlebih tidaklah wajar, ini bisa jadi menjadi pertanda bahwa Anda mengalami gangguan jantung.

5. Perut Membengkak

Pembengkakan pada bagian perut ini menyertai rasa mual yang dialami oleh penderita dan terkadang penderita pun tak menyadari bahwa kondisi ini cukup fatal. Bengkak pada perut kadang kala juga bisa menandakan adanya penyakit liver. Oleh karena itu, memastikannya dengan memeriksakan ke dokter jauh lebih baik ketimbang dibiarkan.

(Baca juga: gejala penyakit jantung pada wanita)

6. Nafsu Makan Hilang

Ketika rasa mual hadir, setiap penderita rasa mual ini pasti tak akan memiliki nafsu makan. Selera makan bisa saja menurun karena perut yang terasa tak nyaman. Belum lagi, mual sangat identik dengan kondisi ingin muntah atau muntah sungguhan. Inilah yang kemudian menjadikan Anda tak tertarik, meski hidangan tersebut adalah favorit Anda.

ads

7. Jantung Berdetak Cepat

Ada pula gejala awal di mana jantung bisa berdetak secara cepat di mana hal ini tidak seperti biasanya. Jantung yang berdebar-debar bisa saja dikarenakan sehabis berlari, berolahraga atau merasakan kegugupan. Namun bila bukan karena hal-hal tersebut, Anda perlu mencurigai kondisi yang sedang dialami.

Jantung dengan debar yang kencang dan cepat tanpa alasan yang jelas seperti sehabis berolahraga atau berlari tentunya bukanlah hal yang normal. Anda bisa memeriksakan ke dokter jika jantung berdebar terus Anda rasakan, apalagi tanpa sebab yang pasti. Ditambah dengan beberapa gejala lainnya, potensi penyakit jantung menjadi lebih besar.

(Baca juga: sayuran untuk lemah jantung)

8. Cemas Berlebih

Tanda awal penyakit jantung juga bisa ditunjukkan dengan rasa cemas berlebihan dengan sebab yang tidak jelas. Mungkin biasanya rasa cemas dan takut bisa muncul dikarenakan rasa stres atau tertekan akan suatu hal. Namun setelah masalah atau tekanan berlalu, Anda akan merasakan kedamaian kembali.

Pada penderita penyakit jantung, kecemasan dan ketakutan bisa sangat berlebihan dan muncul secara intens. Hal ini ada kemungkinan berkaitan dengan rasa tak nyaman karena jantung berdebar kencang terlalu sering, tubuh yang tak bisa berkompromi untuk dipakai bekerja, serta gejala lain yang sudah dialami. Maka, memeriksakan ke dokter adalah solusi untuk mengetahui penyebab pasti kondisi ini.

9. Gangguan Tidur

Meski tubuh selalu terasa lelah dan lemah, Anda akan mengalami susah tidur di malam hari. Hal semacam ini kerap dianggap sebagai kondisi insomnia, namun sebetulnya dapat menjadi pertanda adanya penyakit jantung. Namun, keadaan seperti ini justru lebih banyak dialami oleh para wanita.

Telah dilakukan survey dengan hasil bahwa dari sekelompok wanita, dengan 50 persen diantaranya mengidap gangguan tidur. Dan hal tersebut rupanya terjadi beberapa hari sebelum akhirnya dipastikan bahwa mereka ternyata menderita penyakit jantung. Oleh karena itu, kesulitan tidur hingga begitu lama jangan diabaikan, cobalah untuk ke dokter dan mengonsultasikannya supaya mendapat penanganan yang tepat.

10. Sesak Nafas

Penyakit jantung juga sangat identik dengan gejala seperti sesak nafas. Rasa sulit bernapas sehingga napas menjadi lebih pendek-pendek ada hubungannya juga dengan rasa lelah berlebihan. Gampang ngos-ngosan meski hanya bergerak sedikit memang bukanlah hal yang normal. Bila terjadi pada Anda, itu artinya jantung sedang tidak dalam kondisi yang baik.

Sesak nafas juga bisa diartikan sebagai kondisi yang diakibatkan oleh ketidaknormalan kontraksi otot jantung sehingga dapat berpengaruh pada paru-paru. Ketika paru-paru juga ikut terkena dampaknya, fungsinya tak akan menjadi maksimal sehingga otomatis pernapasan tidak lancar dan malah sesak nafas. Periksakan segera ke dokter jika Anda merasakan sesak nafas yang bukan karena asma.

(Baca juga: penyebab penyakit jantung)

11. Sakit Kepala

Kondisi kesehatan lainnya yang perlu Anda waspadai sebagai gejala awal penyakit jantung adalah rasa sakit kepala. Sakit kepala berlebih dan terlalu sering dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami masalah pada pembuluh darah dan jantung. Ketidaknormalan aliran darah menuju otak bisa mengakibatkan rasa pusing.

Hal ini juga lebih sering dialami oleh wanita di mana jenis sakit kepala yang dirasakan adalah migrain. Ketika rasa sakit kepala datang sebulan 2 kali atau lebih, Anda bisa memeriksakan langsung ke dokter supaya jelas benar tidaknya Anda mengalami penyakit jantung. Sakit kepala parah juga dapat disebabkan oleh penyimpangan sirkulasi darah.

12. Tubuh Terasa Nyeri

Rasa nyeri tak hanya muncul di bagian dada, tapi juga seluruh tubuh. Pada umumnya, gejala ini akan dirasakan oleh pria pada bagian lengan kiri, sementara rasa nyeri di kedua lengan dialami oleh wanita. Pada leher, bahu, siku dan juga punggung akan terasa nyeri juga.

Sebab utama dari adanya rasa nyeri pada beberapa titik bagian tubuh yang disebutkan tersebut adalah karena adanya arteri yang tersumbat. Ketika arteri tersumbat, otomatis ini akan memengaruhi sebagian besar area tubuh dan menghambat kinerjanya. Karena nyeri begitu membantu, Anda bisa mencoba untuk memeriksakan diri ke dokter supaya memperoleh penanganan yang tepat.

(Baca juga: penyebab jantung sering nyeri)

Sponsors Link

13. Kaki Bengkak

Penumpukan cairan dapat terjadi di dalam tubuh sehingga tak hanya bagian perut yang membengkak tapi juga bagian kaki. Bagian kaki yang lebih sering mengalami pembengkakan adalah bagian pergelangannya. Gejala awal belum begitu jelas, namun Anda bisa memastikannya dengan memerikskan ke dokter karena bisa jadi jantung mengalami kelainan di bagian katupnya.

14. Pingsan

Terkadang rasa sakit kepala bisa sangat parah dan karena gejala-gejala yang lainnya juga, maka penderita terkadang dapat mengalami pingsan. Kehilangan kesadaran memang biasanya dialami ketika seseorang menderita anemia atau kekurangan darah. Namun apabila ada gejala lain yang menyertai, Anda patut segera memerisakan kondisi ini.

Pingsan juga terjadi tak hanya disebabkan oleh detak jantung yang tak wajar serta ketidakmaksimalan sirkulasi darah. Ada kalanya, seseorang pingsan juga dikarenakan buruknya proses pemompaan darah pada tubuh. Untuk itulah, penting bagi Anda memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter agar penanganan yang tepat bisa secepatnya diberikan.

(Baca juga: gejala jantung tidak sehat)

15. Batuk Berdarah

Hati-hati apabila gejala awal saja sudah mengalami batuk yang disertai darah. Batuk darah ini mampu menjadi tanda dari adanya gagal jantung. Cairan yang terakumulasi di dalam paru-paru bisa jadi memicu kondisi seperti ini. Batuk berdarah memang tidak selalu ada hubungannya dengan penyakit jantung, tapi tetap saja Anda perlu ke dokter untuk mengetahui sebabnya.

Jika selama ini Anda merasa bahwa tubuh Anda sehat, lalu satu hari Anda mengalami pertama kalinya batuk berdarah, ini menandakan bahwa ada yang tak wajar di bagian jantung. Cepat-cepatlah ke dokter supaya dapat memeriksakan keadaan jantung Anda. Dengan penanganan yang cepat, maka penyakit jantung mematikan bisa dihindari.

16. Keringat Dingin

Rupanya bukan hanya keringat lebih dan sering saja yang bakal dialami oleh penderita penyakit jantung. Gejala awal lainnya adalah keringat dingin di mana normalnya dialami ketika sedang gugup atau menahan BAB. Gejala satu ini terbilang umum, namun juga akan berakibat lebih serius jika tak diperiksakan dan memperoleh penanganan dokter.

Keringat dingin memang adalah gejala yang jarang disadari oleh penderitanya, namun bukan berarti bahwa hal ini bisa disepelekan. Saat keringat dingin terjadi tanpa alasan yang jelas, Anda sebaiknya segera ke dokter untuk menempuh metode diagnosa. Hasilnya nanti akan membantu dokter dalam menentukan jenis pengobatan apa yang baik untuk mencegah penyakit jantung yang lebih parah.

(Baca juga: ciri-ciri penyakit jantung)

Penyakit jantung koroner, penyakit jantung rematik, gangguan serebrovaskular, angina, gagal jantung, penyakit katup jantung, jantung bengkak, penyakit jantung bawaan, penyakit otot jantung, dan trachycardia termasuk di dalam jenis penyakit jantung yang harus diwaspadai. Dengan mengenali gejalanya, diharapkan Anda bisa lebih waspada dan cepat tanggap.

Tak lupa, menjaga gaya hidup agar tetap sehat adalah prioritas, terutama bila sudah menginjak usia 40 tahun. Jika Anda terkendala masalah obesitas, maka temukan tips diet sehat yang seimbang dan tepat supaya berat badan menuju ideal. Ini karena obesitas adalah pemicu paling umum dari timbulnya penyakit jantung.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 19th, December 2016 / 03:24 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung