Sponsors Link

82 Ciri Ciri Penyakit Jantung – Koroner, Lemah, Bocor dan Gagal Jantung

Sponsors Link

Penyakit jantung harus diketahui dan diwaspadai hal itu dikarenakan penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa orang Indonesia memiliki potensi yang tinggi untuk terkena penyakit jantung. Tidak hanya di Indonesia saja, WHO pun mengatakan bahwa penyakit jantung merupakan penyakit nomor satu yang membunuh banyak nyawa di berbagai belahan dunia.

ads

Banyak penelitian dilakukan di beberapa negara untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi penyebab penyakit jantung. Penelitian itu menemukan fakta bahwa semua penyakit jantung disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang ada di jantung. Akibatnya adalah jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik setelah itu gejala dari penyakit jantung tersebut baru bisa muncul.

Ciri Ciri Secara Umum

Berhati-hatilah bagi anda yang memiliki pola hidup dan pola makan tidak sehat. kehati-hatian juga perlu dilakukan bagi orang yang menderita diabetes, kolesterol tinggi, asam urat  dan juga hipertensi atau darah tinggi  dikarenakan orang yang mengalami penyakit tersebut juga berpotensi mengalami penyakit jantung sebagai komplikasi dari penyakit yang diderita. Berikut ini adalah tanda atau ciri ciri penyakit jantung yang harus diwaspadai :

  1. Sakit Kepala

Ciri umum dari penyakit jantung yang pertama dalah sakit di bagian kepala. Sakit kepala itu bisa muncul saat terkena sinar matahari. Jika anda sering merasakan sakit kepala ketika berada di bawah sinar matahari bisa jadi anda menderita penyakit jantung. Sakit kepala yang ditimbulkan merupakan tanda jika irama jantung bermasalah. irama jantung bisa lambat bahkan bisa lebih cepat. Sakit kepala sebelah pada wanita juga menjadi indikasi bahwa wanita tersebut mengalami penyakit jantung. Penyebab sakit kepala  itu disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah menuju ke otak.

Baca juga : Cara mengatasi sakit kepala  – Cara menghilangkan sakit kepala

  1. Dada Nyeri

Ciri atau gejala umum dari sakit jantung adalah munculnya nyeri dada. Biasanya orang yang sakit jantung akan mengeluhkan nyeri dada kiri. Namun tidak semua nyeri dada adalah sakit jantung. Orang yang merasakan nyeri dada entah itu di sebelah kiri atau dada disebelah mana saja sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Alasannya adalah orang yang menderita jantung koroner sering mengabaikan nyeri dada yang dialaminya, sehingga dia tidak ketahuan kalau menderita jantung koroner. Saat sudah parah jantung koroner itu bisa menyebabkan kematian mendadak  . Orang mengira jantung koroner hanyalah masuk angin duduk dan penanganannya hanya sebatas penanganan orang masuk angin biasa. Padahal semua penanganan itu tidak akan bermanfaat samasekali.

  1. Sakit di Bagian Tubuh

Ciri umum dari sakit jantung adalah dia akan merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu. Pada wanita yang menderita penyakit jantung dia akan mengalami sakit pada bagian tangan kiri maupun pada bagian tangan kanannya. Untuk laki-laki yang menderita penyakit jantung dia akan merasakan sakit di bagian bahu, bagian punggung siku dan menjalar pada bagian leher. Sayangya rasa sakit itu sering diabaikan dikarenakan rasa sakit itu hilang dan muncul kembali.

  1. Mudah Lelah

Orang yang menderita penyakit jantung akan merasakan mudah lelah. Hal itu berkaitan dengan fungsi jantung yang tidak berfungsi secara maksimal. Tugas jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Darah itu juga akan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Darah yang tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh bisa menyebabkan oksigen juga tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh. Oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem metabolisme, orang yang kekurangan oksigen akan mudah sekali merasakan lesu, lemas dan letih. Tanda orang kekurangan oksigen mirip sekali dengan gejala anemia. Kekurangan oksigen juga bisa disebabkan oleh dehidrasi

Baca : Cepat lelah dan jantung berdebar  –  Cara mencegah anemia

  1. Sesak Napas

Yang membedakan sakit jantung dengan masuk angin duduk adalah orang yang masuk angin tidak akan merasakan sesak napas sedangkan orang yang sakit jantung terutama jantung koroner akan mengalami sesak napas. Jika di sekitar anda ada yang merasakan mual, muntah, sakit kepala dan disertai dengan sesak napas segeralah bawa ke rumahsakit. Penyebab dada sesak nafas  salah satunya adalah adanya serangan jantung.

Baca juga : Penyebab dada sakit dan sesak 

  1. Mual

Gejala umum dari penyakit jantung dan sering membuat orang salah kaprah adalah rasa mual. Rasa mual disebabkan oleh pembengkakan perut pada bagian dalam. Karena rasa mual yang dialami, penderita jantung tidak memiliki nafsu makan.

Baca : Kepala sering terasa berat, pusing dan mual

  1. Cemas

Ciri umum dari penyakit jantung lainnya adalah munculnya rasa cemas berlebihan. Hal itu dipengaruhi oleh detak jantung yang tidak teratur juga dipengaruhi oleh irama jantung yang tidak teratur. Detak jantung yang tidak teratur serta iramanya yang tidak teratur akan menimbulkan kecemasan dan juga ketegangan. Jika anda tiba-tiba merasakan kecemasan tanpa sebab dan jantung berdebar-debar secara tiba-tiba bisa dipastikan bahwa ada yang salah dengan jantung anda.

Baca : Penyebab jantung berdebar debar

  1. Bengkak

Ciri umum dari sakit jantung adalah adanya pembengkakan pada tubuh tertentu. Ciri khas orang yang mengalami sakit jantung serius adalah dia akan mengalami pembengkakan pada bagian perut sebab cairan tubuh menumpuk di dalam tubuh.

  1. Berkeringat

Serangan jantung  yang dialami oleh sebagian orang juga akan menimbulkan keringat dingin. Keluarnya keringat dingin di dalam tubuh seseorang inilah yang nantinya akan membuat orang salah kaprah mengira serangan jantung tersebut adalah gejala masuk angin  biasa.


Macam-Macam Penyakit Jantung

Orang mengira bahwa sakit jantung hanya ada satu macam saja sehingga pengetahuan masyarakat tentang penyakit jantung yang lebih spesifik cenderung kurang. Oleh sebab itu masyarakat harus tahu apa saja yang menjadi penyakit jantung dan apa saja yang menjadi ciri ciri penyakit jantung tersebut. Berikut ini adalah macam-macam penyakit jantung yang harus diketahui :

  1. Penyakit Jantung Koroner
  2. Jantung Bocor
  3. Gagal Jantung
  4. Pembesaran Jantung 
  5. Jantung Lemah
  6. Infeksi Jantung
  7. Kelainan Detak Jantung
  8. Penyakit Otot Jantung


Ciri Ciri Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang mematikan dan bisa menimbulkan kematian mendadak. Orang yang menderita jantung koroner seperti orang sehat pada umumnya, namun ketika serangan penyakit jantung koroner datang dia tidak akan tahu jika hal itu adalah serangan dari jantung koroner. Penanganan yang tidak tepat akan menyebabkan orang tersebut mati secara mendadak. Berikut ini adalah ciri jantung koroner yang harus kita waspadai :

  1. Sesak Napas

Hal pertama yang akan dialami oleh orang yang mengalami jantung koroner adalah dia akan mengalami sesak napas. Sesak napas ini diakibatkan oleh kurangnya pasokan oksigen yang ada di jantung sehingga sesak napas itu akan muncul. Pembuluh aorta jantung  mengalami penyumbatan sehingga oksigen dan darah tidak bisa masuk ke dalam jantung.

  1. Keringat Dingin

Sudah dikatakan sebelumnya jika orang yang mengalami jantung koroner dia hanya akan seperti masuk angin biasa. Hal itulah yang membuat orang awam mengira bahwa mengeluarkan keringat dingin dan sesak napas adalah tanda jika dia mengalami masuk angin.  Padahal mengeluarkan keringat dingin  bisa merupakan tanda dari gejala penyakit serius.

  1. Ulu Hati Ngilu atau Nyeri
ads

Tanda bahwa orang tersebut mengalami jantung koroner adalah dia akan merasakan ngilu atau nyeri di bagian ulu hati. Rasa ngilu dan nyeri itu merupakan pertanda adanya penyempitan pembuluh darah di dalam jantung anda.

  1. Leher Tercekik

Sesak napas akan membuat orang yang sakit jantung koroner akan merasakan lehernya seperti tercekik. Leher tercekik akan dibarengi dengan gejala lainnya misalnya rasa sakit pada lengan kiri kemudian rasa sakit itu menjalar ke bagian punggung dan bagian tubuh yang lainnya.

  1. Mual dan Muntah

Tanda serangan jantung koroner yang mirip dengan gejala masuk angin adalah timbulnya mual dan muntah. Mual dan muntah ini disebabkan oleh pembengkakan perut yang diakibatkan oleh penumpukan cairan yang berlebihan di dalam perut.

Ciri Ciri Jantung Bocor

Jantung merupakan organ vital bagi tubuh manusia, jika ada kelainan sedikit saja bisa berpengaruh pada tubuh dan kesehatan manusia. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kualitas kesehatan seseorang menjadi menurun adalah jantung bocor. Bagian jantung yang mengalami kebocoran biasanya adalah bagian katup jantung.

Jantung memiliki empat buah katup jantung dimana katup itu berfungsi sebagai penjaga aliran darah agar tetap pada jalurnya masing-masing. Ketika ada salah satu katup yang mengalami kebcocoran maka aliran darah bisa bisa menyimpang dari jalurnya sehingga ada aliran darah yang justru berbalik arah. Hal itulah yang disebut dengan penyakit jantung bocor. Penyakit jantung bocor bisa dialami oleh bayi maupun anak-anak yang sudah memiliki kelainan jantung ketika dilahirkan. Orang dewasa pun juga bisa mengalami jantung bocor. Orang yang mengalami jantung bocor harus mendapatkan perawatan intensif agar kerja jantung tidak semakin terbebani dalam mengatur volume darah di dalam tubuh. Berikut ini adalah ciri jantung bocor yang harus diwaspadai :

  1. Jantung Berbunyi

Gejala jantung bocor yang pertama adalah jantung mengeluarkan bunyi. Bunyi itu memang tidak bisa didengarkan dengan telinga telanjang. Dokter ahli jantung akan memeriksa jantung menggunakan stetoskopnya, saat itulah jantung yang berbunyi akan terdengar. Bunyi itu disebabkan oleh aliran darah di jantung yang tidak pada rutenya.

  1. Sulit Mengatur Nafas

Orang yang mengalami jantung bocor dia akan kesulitan dalam mengatur nafas aplagi jika tubuhnya dalam kondisi terbaring. Alasannya adalah ketika digunakan untuk berbaring posisi katup jantung akan mendatar sehingga pengaturan volume darah di dalam jantng semakin memburuk. Hal itulah yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan bernafas.Jika digunakan untuk duduk pengaturan nafas bisa lebih baik karena katup tidak dalam posisi sejajar.

  1. Mudah Lelah

Jantung yang katupnya mengalami kebocoran tidak bisa mengalirkan darah dan juga tidak bisa mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh secara sempurna. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa orang yang jantungnya bocor akan mudah mengalami kelelahan. Kekurangan oksigen adalah penyebab orang menjadi mudah lelah. Tidak hanya untuk orang yang mengalami kebocoran jantung saja, namun orang yang dehidrasi dan orang yang anemia juga akan merasakan mudah lelah. Orang yang mengalami masalah dengan kekurangan oksigen akan mudah lelah meskipun tidak sehabis melakukan aktivitas berat atau berlebihan.

  1. Pembengkakan Kaki

Tanda dari jantung bocor adaah adanya pembengkakan di bagian kaki.  Pembengkakan itu bisa disebabkan oleh penumpukan cairan di bagian kaki dan juga di bagian betis kaki.

  1. Kuku Kebiruan

Tanda jantung bocor adalah munculnya tanda kuku kebiruan dan bibir juga berwarna biru. Hal itu disebabkan oleh aliran darah yang tidak stabil pada bagian kuku dan bibir membuat kuku dan bibir kekurangan darah. Kekurangan darah ditandai dengan warna kebiruan pada bagian kuku dan juga bibir. Warna kebiruan pada tubuh tertentu juga mengindikasikan adanya pembekuan darah dan masalah aliran darah yang terganggu.

Ciri Ciri Gagal Jantung

Penyakit jantung lainnya adalah gagal jantung. Dinamakan gagal jantung karena jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Gagal jantung bisa terjadi pada jantung sebelah kiri, jantung sebelah kanan atau bisa terjadi pada kedua belah jantung yaitu kiri dan kanan. Gagal jantung merupakan penyakit dengan kondisi kritis setelah penyakit jantung koroner. Ciri dan gejala gagal jantung  yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut ini :

  1. Sesak Nafas

Sakit jantung banyak yang menimbulkan bgejala berupa sesak nafas, Orang yang mengalami sesak nafas adalah orang yang mengalami gagal jantung pada bagian kiri. Penumpukan cairan di dalam paru-paru menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas. Sesak nafas itu akan terasa ketika sedang melakukan aktivitas namun semakin parahnya kondisi jantung, sesak nafas akan terjadi ketika sedang diam dan tidak melakukan aktivitas apapun.

  1. Kelelahan

Orang yang mengalami gagal jantung akan mengalami kelelahan, alasannya adalah saat jantung gagal memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh akibatnya tubuh akan kekurangan darah. Gagal jantung juga bisa disebabkan tekanan pompaan jantung ke seluruh tubuh yang rendah. Hal itulah yang menyebabkan orang yang sakit jantung mengalami kelelahan.

  1. Batuk

Orang yang mengalami gagal jantung disebabkan oleh penumpukan cairan di paru-paru sehingga paru-paru tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.  Batuk yang dialami oleh penderita gagal jantung bukan batuk  biasa namun batuk yang disebabkan oleh virus. Virus itu memperparah kondisi paru-paru.

Baca juga : Cara menjaga kesehatan paru-paru  – Infeksi paru-paru  – flek paru-paru

  1. Perut Buncit

Gagal jantung akan membuat penumpukan cairan di dalam perut sehingga membuat perut terasa buncit dan juga kembung. Jika orang terlalu banyak menghirup angin atau mengkonsumsi cairan berlebihan maka bisa menjadikan perut kembung. Penyebab perut kembung  pada penderita jantung bocor bukan dikarenakan itu semua namun karena adanya penumpukan cairan di perut yang disebabkan oleh fungsi paru-paru yang tidak maksimal. (Baca : Cara mengecilkan perut buncit)

  1. Hati Bengkak

Komplikasi dari penyakit jantung bocor adalah orang tersebut akan mengalami pembengkakan hati. Pembengkakan hati yang terjadi dalam tubuh penderita jantung bocor bisa menimbulkan gejala liver  berupa pembengkakan perut. Orang yang pernah mengalami pembengkakan liver sebaiknya mengetahui ciri-ciri liver rusak dan bermasalah, hal itu dikarenakan liver yang bengkak rentan mengalami kerusakan. Bahkan sirosis hati bisa terjadi pada orang yang pernah mengalami pembengkakan liver atau pada orang yang menderita penyakit Hepatitis A  .

Ciri Ciri Jantung Lemah

Kelainan jantung lainnya adalah jantung lemah. Jantung lemah ini adalah penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli balita, anak-anak, anak remaja, orang dewasa maupun orangtua. Jantung lemah merupakan kelainan jantung yang disebabkan oleh ketidakmampuan jantung untuk mempompa darah ke seluruh tubuh. Gejala dari jantung lemah adalah berikut ini :

  1. Sering Berdebar-debar

Salah satu tanda orang yang mengalami jantung lemah adalah dia akan merasakan sering berdebar-debar. Rasa berdebar-debar itu disebabkan oleh jantung dengan tekanan yang lemah berusaha keras agar aliran darah dapat terpompa ke seluruh tubuh. Detak jantung yang tidak teratur dan detak jantung yang kencang bisa dirasakan oleh tubuh. Detak jantung yang berdebar kencang dan tidak teratur akan diikuti dengan nafas yang tidak teratur pula.

  1. Daya Ingat Menurun

Orang yang mengalami jantung lemah sangat payah dalam hal ingatan. Hal itu dikarenakan otak memiliki asupan oksigen dan asupan darah yang berkurang. Hal itulah yang menyebabkan daya ingat si jantung lemah menurun atau lemah.

  1. Nafas Pendek

Orang yang mengalami lemah jantung dia akan memiliki nafas yang pendek. Dia akan begitu terengah-engah ketika disuruh untuk berlari atau mengangkat beban yang berat. Dalam hal olahraga si jantung lemah bukanlah ahlinya sebab dia akan mudah sekali kelelahan dan tidak memiliki nafas yang panjang untuk melakukan semua kegiatan olahraga. Nafas pendek ini disebabkan oleh lemahnya jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang tidak maksimal ke seluuruh tubuh menyebabkan aliran oksigen menjadi tidak maksimal pula terutama ke bagian paru-paru. Hal itulah yang menyebabkan penderita lemah jantung mengalami nafas pendek.

  1. Telapak Tangan Berkeringat

Hal yang membedakan orang normal dengan orang yang mengalami lemah jantung adalah keringat yang sering muncul pada telapak tangan. Meskipun dijadikan perdebatan dalam dunia medis ada beberapa dokter setuju bahwa lemah jantung ditandai dengan keringat berlebihan pada telapak tangan. Penyebabnya jantung lemah akan mengalami gangguan pada sistem syaraf simpatik. Syaraf simpatik berhubungan erat dengan detak jantung. Syaraf ini akan mengeluarkan zat adrenalin dimana zat itu membuat detak jantung tidak teratur dan memproduksi keringat berlebihan pada bagian tangan dan kaki.

Info lebih lengkap : Telapak tangan dan kaki berkeringat

Ciri Ciri Jantung Tipe Aritmia

Sponsors Link

Aritmia merupakan penyakit kelainan di detak jantung. Detak jantung tidak normal dan bisa juga tidak beraturan. Kadang dentak jantung terasa lemah dan detak jantung tiba-tiba berubah menjadi cepat. Ciri dari penyakit ini adalah berikut ini:

  1. Detak Jantung Tidak Beraturan

Ada beberapa hal yang menyebabkan detak jantung menjadi tidak beraturan yaitu penyumbatan pembuluh darah di jantung dan juga adanya perubahan struktur jantung. Saat ada penyumbatan, mungkin detak jantung akan meningkat dibandingkan dengan detak jantung normal. Hal itu dikarenakan jantung bekerja lebih keras dibandingkan dengan jantung yang normal. Untuk detak jantung yang lemah bisa disebabkan oleh struktur jantung yang berubah. Detak jantung akan menyesuaikan dengan perubahan struktur jantung yang baru.

  1. Sakit Kepala

Saat detak jantung melemah hal itu menjadi tanda bahwa jantung memiliki tekanan yang sedikit untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh terutama di bagian otak atau kepala. Hal itu menyebabkan orang yang mengalami aritmia mengalami pusing atau sakit kepala.

  1. Sering Pingsan

Orang yang menderita anemia akan sering pingsan sebab berkurangnya pasokan darah dan oksigen di seluruh tubuh. Tekanan jantung yang lemah dan penyumbatan pembuluh darah di jantung menjadi penyebab mengapa pingsan bisa terjadi.

Info lebih lengkap : Jenis-jenis penyakit jantung 

Diagnosa Penyakit Jantung

Ketika mengeluh merasakan nyeri pada bagian dada, dokter atau pihak medis langsung menyebutkan bahwa penyakit itu jantung. Dokter akan melakukan beberapa diagnosa untuk mendeteksi apakah penyakit yang dialaminya tersebut merupakan penyakit jantung. Berikut ini adalah cara mendiagnosa sakit jantung yang dilakukan oleh pihak medis :

  1. Elektrokardiogram atau EKG

Pemeriksaan ini menggunakan aktivitas listrik untuk memeriksa otot jantung. Alat yang digunakan adalah elektrokardiogram. Namun pemeriksaan seperti ini tidak akan cukup untuk menentukan apakah orang tersebut menderita penyakit jantung ataukah penyakit lainnya. Hasil pemeriksaan EKG yang normal berupa otot jantung menerima cukup oksigen. Pemeriksaan ini akan dilakukan saat pasien dalam posisi tidur. Selain tidur pemeriksaan yang akan dilakukan selanjutnya adalah memeriksa kondisi jantung setelah pasien melakukan treadmil. Pemeriksaan setelah treadmil ini berfungsi untuk mengetahui apakah penyakit jantung koroner  ada pada orang tersebut.

  1. Ekokardiogram

Pemeriksaan ini sejenis UGS namun untuk memeriksa jantung. Yang akan diperiksa adalah melihat struktur jantung, ketebalan otot jantung dan memeriksa setiap denyut jantung sehingga denyut jantung itu akan tergambar pada sebuah kertas. Pemeriksaan ini lebih detail dan lebih rinci dibandingkan dengan pemeriksaan EKG. Fungsi dari pemeriksaan ini untuk melihat tingkat fungsi jantung. Apakah jantung masih berfungsi normal ataukah tidak.

  1. Memeriksa Enzim Jantung

Dignosa yang dilakukan selanjutnya adalah memeriksa enzim jantung dengan mengambil sampel darah. Adanya enzim jantung pada darah manusia mengindikasikan bahwa otot jantung mengalami kerusakan.

  1. Angiografi

Pemeriksaan ini harus menggunakan bius. Sebab pemeriksaan ini akan melakukan kateterisasi pada jantung manusia. Fungsinya adalah untuk memeriksa tinkat keparahan penyempitan pembuluh darah di dalam jantung serta melakukan pemeriksaan tekanan bilik jantung. Prosedurnya sebagai berikut ini :

  • Memasukkan kateter sampai ke bagian pembuluh arteri jantung. Pemasukan kateter itu bisa melalui kaki atau melalui selangkangan.
  • Menyuntikkan tinta ke dalam pembuluh arteri jantung. Penyuntikan itu melalui keteter.

Itulah berbagai macam hal tentang penyakit jantung, mulai dari macam-macam penyakit jantung, ciri dari macam-macam penyakit jantung dan cara mendiagnosa penyakit jantung. Jika tidak ditunjang dengan pola hidup sehat dan melakukan berbagai macam cara menjaga jantung agar tetap sehat  setiap harinya fungsi jantung bisa menurun dan tubuh akan merasakan ciri ciri penyakit jantung.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 23rd, January 2016 / 07:22 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung