Sponsors Link
     Sponsors Link

17 Bahaya Rokok bagi Jantung Manusia

ads

Bahaya merokok sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, rokok yang berbahaya ada pada tembakaunya dan juga asapnya. Asap yang dihembuskan oleh perokok dibagi menjadi dua, yakni asap utama dan juga asap samping. Asap utama ini merupakan asam tembakau yang dihirup oleh si perokok, sedang asap yang kedua ini adalah asap tembakau yang kemudian akan disebar ke udara debas dan dihirup oleh jutaan manusia.

Hasil penelitian menemukan setidaknya ada 4.000 jenis bahan kimia yang ditemukan dalam kandungan rokok. Dari 4.000 tersebut, 40 diantara bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Dan zat yang bersifat karsinogenik tersebut lebih banyak justru ditemukan pada asam samping yang dihirup oleh orang lain, dan bukan si perokok. Bahaya menelan asap rokok salah satunya adalah bisa menyebabkan kanker paru-paru, namun hal tersebut tidak bagi perokok aktif saja namun perokok pasif perlu menghindari asap rokok. Ada berbagai macam cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif salah satunya adalah menghindari kawasan penuh rokok.

Nikotin dalam Rokok

Nikotin yang terkandung di dalam rokok juga menimbulkan dampak yang tidak baik, efek bahaya nikotin rokok saah satunya yaitu berupa gangguan saraf simpatis yang dapat berakibat meningkatnya kebutuhan oksegen miokard, nikotin ini juga berakibat melepas adrenalin, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen jantung, dan menyebabkan irama jantung menjadi terganggu. Selain itu Nikotin jga mengganggu sistem kerja saraf otak dan dapat merangsang terjadinya penggumpakan darah ke dinding pembuluh darah. Sementara itu, karbonmonoksida yang dikandung oleh rokok menimbulkan desaturasi hemoglobin, menurunkan persediaan oksigen sehingga tempat oksigen di hemoglobin akan digantikan oleh CO, melepaskan oksigen dan juga menyebabkan cepat terjadinya pengapuran dinding pembuluh darah.

Masih banyak lagi kandungan rokok yang akan membahakan kesehatan manusia. Nikotin dan karbonmonoksida, serta kandungan- kandungan rokok lainnya yang berada di dalam asap rokok dapat merusak endotel atau dinding dalam pembuluh darah. Selain itu, asap rokok juga mempengaruhi profil lemak. Kadar kolesterol perokok terbukti lebih tinggi daripada kadar kolesterol yang bukan perokok. Selain mengganggu kesehatan tubuh dan paru-paru, rokok juga bisa mengganggu bagi kesehatan jantung. Berkut ini bahaya rokok bagi jantung manusia yang harus anda ketahui :

  1. Menimbulkan Kerusakan Jantung

Kandungan rokok ternyata berpengaruh terhadap kesehatan tubuh pemakainya terutama jantung dan paru-paru. Sudah banyak diberitakan di media bahwasannya merokok itu merupakan salah satu cara mengundang kematian dini. Bukan hanya di media elektronik, namun juga di berbagai media cetak bahkan di sampul  rokok sendiri sudah dilengkapi dengan bahaya- bahaya merokok dan juga akibat yang dapat ditimbulkan dari merokok. Hal ini karena ternyata kandungan berbagai zat dalam rokok mampu merusak organ tubuh manusia. Memang kerusakan tidak dapat dilihat secara fisik, namun jika dilihat dengan menggunakan alat medis, dapat ditemukan kerusakan- kerusakan yang terjadi pada organ tubuh manusia.

Organ orang yang perokok terutama jantung dan paru-paru akan berwarna lebih gelap dan juga kotor daripada organ manusia yang bukan perokok. Melalui alat medsis dapat diketahui bahwasannya organ perokok akan berwarna lebih gelap seperti terbakar api hingga gosong. Dari gambar ini diketahui jelas bahwa memang rokok dapat merusak organ tubuh manusia dan jantung manusia. Yang harus ditegaskan disini adalah asap rokok yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa merusak pembuluh darah jantung sehingga jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca : Penyebab penyakit jantungSayuran untuk lemah jantung

  1. Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

Tahukan Anda bahwa berbagai penyakit berat bisa muncul hanya karena akibat dari merokok. Penyakit berat itu bisa menyebabkan kerusakan arteri jantung sebab penyempitan yang dialami oleh arteri tersebut. Akibatnya terjadilah kekurangan oksigen pada jantung sebab aliran darah yang membawa oksigen pada jantung terganggu alirannya. Jantung merupakan pusat kehidupan manusia. Akibatnya detak jantung meemah bahkan terhenti. Jika jantung manusia sudah tidak berdetak, maka matilah manusia tersebut. Namun jika jantung manusia masih dapat berfungsi namun tidak semestinya atau tidak ditempatnya maka hidup manusia pun juga tidak akan normal.

Sponsors Link

Percaya atau tidak rokok ini mampu membuat jantung rusak dan fungsi jantung menjadi kacau balau. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan jantung dapat ditimbulkan karena pengonsumsian rokok ini. Dan penyakit yang berhubungan dengan jantung ini yang mana ditimbulkan karena rokok merupakan penyakit yang berat.

Baca : Pertolongan pertama serangan jantungGejala gagal jantung Gejala penyakit jantung

  1. Penyakit Jantung Koroner

Merokok terbukti merupakan salah satu alat pemanggil ajal. Hal ini karena salah satu efek merokok adalah menyebabkan serangan jantung koroner yang merupakan pembunuh kelas kakap di Indonesia. Seorang perokok beresiko 2 hingga 4 kali lipat lebih besar terkena jantung koroner daripada orang lain yang bukan perokok. Resiko ini semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan juga jumlah rokok yang dihisap. Hal ini membuktikan bahwa kandungan ribuan zat yang ada di dalam rokok dapat menjadikan penyebab timbulnya jantung koroner. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa faktor resiko merokok bekerja sinergis dengan berbagai faktor lain seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi terhadap penyakit jantung koroner.

Baca : Jenis-jenis penyakit jantungBahaya jantung koronerGejala jantung koroner

Zat Berbahaya Dalam Rokok

Bahaya bahaya tersebut muncul berkaitan dengan zat berbahaya yang ada di dalam rokok. Rokok adalah hisapan yang nikmat bagi orang yang memang sudah kecanduan olehnya. Rokok dengan segudang kenikmatan ini ternyata mengandung berbagai zat yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Tentu saja zat tersebut adalah zat- zat yang bersifat berbahaya atau membayakan atau merugikan bagi manusia. Berikut ini zat berbahaya yang ada pada rokok yang harus anda waspadai :

  1. Nikotin

Kandungan pertama yang dapat ditemui dalam roko dan juga yang paling berbahaya dan paling terkenal adalah nikotin. Zat nikotin yang ada pada rokok ini berasal dati tembakau yang merupakan bahan baku pembuat rokok. Nikotin ini sangat berbahaya dan merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker serta merusak struktur DNA.

Baca : Cara membersihkan paru paru dari nikotin secara alami

  1. Benzene

Kandungan zat selanjutnya yang ada di dalam rokok adalah benzene. Benzene ini merupakan bahan petrokimia yang biasanya digunakan untuk men-dry clean pakaian. Kandungan benzene juga merupakan karsinogen yang kemudian dapat menyebabkan kanker darah.

  1. Arsenik

Arsenik merupakan jenis logam yang dapat dengan mudah meracuni darah. Banyak kasus yang terjadi akibat keracunan arsenik dan banyak orang yang meninggal. Karena akumulasi arsenik yang ada di dalam tubuh, maka kemampuan sel untuk memperbaharui diri menjadi terganggu.

  1. Tar

Tar ini merupakan zat karsinogenik atau yang menyebabkan terjadinya kanker dan munculnya ketika rokok dibakar. Tar ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, impotensi, penyakit jantung , bronkitis, penyakit darah, enfisema, serta pada ibu yang hamil dapat mengganggu kehamilannya beserta janinnya.

Baca : Bahaya tar rokok

sponsored links
  1. Aseton

Zat ini merupakan bahan kimia yang terdapat pada cairan penghilang cat kuku. Aseton yang terhirup melalui udara pada akhirnya akan bersemayam di paru- paru. Banyangkan jika paru- paru Anda mengandung aseton, bagaimana jadinya?

  1. Karbonmonoksida

Asap rokok 5% dari kandungannya adalah karbonmonoksida atau CO. karbonmonoksida ini merupakan gas beracun yang bisa menempel di sel darah merah serta dapat mengganggu pengangkutan oksigen dalam darah yang mengakibatkan timbulnya kerusakan pada paru- paru serta beresiko terkena penyakit jantung koroner.

  1. Amonia

Jika Anda pernah mencium bau pembersih toilet, maka pada saai itu Anda juga mencium aroma amonia. Zat ini menyebabkan kepala perokok menjadi pusing, namun sekaligus juga menyebabkan kecanduan pada rokok.

  1. Kadminum

Zat ini merupakan satu dari sekian jenis logam yang digunakan untuk membuat baterai. Bagi orang yang biasa merokok, kadminum ini pada akhirnya akan mengendap dan tersimpan di lapisan ginjal sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan ginjal.

  1. Nitrogen Oksida

Nitrogen oksida ini merupakan satu dari sekian banyak zat yang dihasilkan dari asap rokok dan terdapat pula asap polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan- kendaraan di jalan dan juga dihasilkan oleh pabrik. Zat ini merupakan gas beracun yang dapat menyebabkan radang paru- paru.

  1. Kromium

Zat ini merupakan sejenis logam. Kromium juga merupakan logam yang terbukti mengekibatkan kanker. Kromium ini dapat menempel pada DNA dan dapat pula merusak DNA tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa kromium bersifat berbahaya untuk tubuh.

  1. Naftalena

Jika Anda menggunakan kapur barus untuk mengusir serangga dan tikus, itu artinya Anda sudah memanfaatkan Naftalena dengan baik. Rokok juga mengandung bahan ini, jadi dapat dibayangkan Anda menghisap kapur barus dari mulut Anda.

  1. Hidrogen Sianida

Sianida merupakan jenis racun yang paling cepat bereaksi di dunia. Ketika dikombinasikan atau dicampur dengan hidrogen, zat ini mampu merusak silis di saluran bronkial dan paru- paru.

  1. Timbal

Timbal ini merupakan logam yang bersifat karsinogen. Kenaikan kadar timbal di darah ini dapat mengakibatkan keracunan yang berakibat pula pada kematian.

Baca : Dampak bahaya keracunan timbal bagi kesehatan

  1. Kumarin

Kumarin merupakan zat adiktif organik pada bahan tambahan makanan yang sekarang ini sebenarnya sudah dilarang pemakaiannya oleh dunia. Namun tetap saja di gunakan dalam membuat rokok.

Itulah beberapa dampak bahaya rokok bagi jantung manusia. Oleh sebab itu ada baiknya kita semua menghindari rokok dan asap rokok agar terhindar dari berbagai macam bahaya rokok.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 02nd, April 2016 / 15:00 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung