Sponsors Link

19 Tanda Tanda Gagal Ginjal Akut dan Kronis

ads

Banyak sekali jenis penyakit ginjal mulai dari batu ginjal, kista ginjal, kanker ginjal, hematuria, gagal ginjal dan penyakit ginjal lainnya. Setiap penyakit pasti memiliki gejala yang ditimbulkan. Yang  dimana gejala-gejala itu dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal yang akut. Selain memiliki gejala penyakit ginjal pasti juga memiliki ciri-ciri penyakit ginjal yang tak kalah pentingnya untuk diketahui sebagai alat untuk membuat ginjal terhindar dari semua penyakit ginjal itu.

1. Mata kaki menjadi bengkak

kaki bengak tak hanya menjadi ciri dari gejala penyakit gagal ginjal saja, namun ternyata kaki yang menjadi bengkak merupakan salah satu dari gejala asam urat tinggi yang cukup berbahaya. sehingga perlu diketahui sejak awal apa saja yang menyebabkan kaki bengkak, jangan sampai kaki bengkak itu bengkak karena ada hal-hal yang menganggu tubuh seperti asam urat, gagal ginjal dan koreseterol yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya. menjaga kesehatan memang penting. sehingga tubuh akan merasa sehat dan terus mau berkembang dengan baik sehingga tidak akan mersakan sakit yang akut akibat dari keteledoran drii sendiri.

2. Nyeri pada perut

perut pada penderita gagal ginjal akan merasakan nyeri. tentunya nyeri ini dikarenakan prosese yang dibentuk pada ginjal tersebut. sudah diketahui bahwa ginjal juga merupakan bagian dari perut itu sendiri, dimana ia akan merespon pada perut sehingga perut juga merasakan sakit akibat sulitnya proses pada ginjal itu sendiri. terkadang hal ini merupakan penyebab nyeri perut bagian bawah. dimana perut bagian bawah merupakan tempat ginjal bekerja.

3. Buang air kecil sedikit tapi sering

buang air kecil sebenarnya dibutuhkan oleh ginjal. ketika buang air kecil hanya sedikit-sedikit saja otomatis ginjal juga hanya mampu mengeluarkan sedikit-sedikit racun pada tubuh. karena sejatinya pada urinlah ginjal mampu mengeluarkan kotoran dan zat yang mengandung racun pada tubuh itu.

4. Anemia

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab anemia ketika seseroang sudah mengalami gagal ginjal maka anemia itu akan muncul. Anemia muncul karena kondisi pada tubuh ginjal tidak mampu untuk melakukan metabolime atau penjagaan dan penyeimbangan pada tubuh sehingga tubuh menderita anemia. Banyak sekali sebenarnya hal yang dapat diketahui mengenai anemia salah satunya adalah ciri-ciri anemia. Jika sudah menetahui ciri ciri dari anema maka segeralah memeriksakan diri kedokter agar segera ditangani penyakit anemia itu.

5. Merasa mual

mual adalah pertanda bahwa gejala asam lambung kumat lagi namun sejatinya tidak hanya itu saja yang menebabkan mal. tetapi tanda tanda gagal ginjal juga akan menyebabkan mual yang lebih parah dari pada asam lambung yang naik. karena gagal ginjal disebabkan karena tidak mampunya ginjal untuk merawat ginjal itu sendiri dan mengeluarkan racun yang cukup, sehingga racun-racun itu masih berada dalam ginjal sehingga ginjal mengeluarkan rasa mual tersebut.

6. Nafsu makan menjadi turun

turunnya nafsu makan menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan pada segalam macam penyakit. tak terkecuali gagal ginjal. nafsu makan menjadi turun pada saat orang menderta penyakit itu karena penyakit yang ditimbulkan mendorong keluar sehingga mulut menjadi tidak enak untuk makan. pada saat gagal ginjal pun mulut menjadi bau. hal ini juga disebabkan karena racun yang ada pada ginjal sehingga membuat mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap yang membuat setiap orang yang berada didekat penderita ginjal tidak kuat karena bau mulut yang dikeluarkan itu. untuk itu penderita gagal ginjal harus mau makan dan harus dipaksakan agar makan. hal ini bertujuan agar nafsu makan yang turun dapat naik lagi dan prosese penyembuhan pada gagal ginjal akan lebih cepat selesai.

7. Mengantuk atau tidak sadar

Sponsors Link

Perasaan ini sering sekali terjadi ketika mengalami gagal ginjal, perasaan ini merupakan salah satu tanda dari tanda-tanda umum yang sering terjadi. Pada saat penderita gagal ginjal ini mengalami hal tersebut biasanya penderita akan kekurangan konsentrasinya dalam melakukan aktifitas, sehingga ketika di panggil tidak dengar atau biasa dibilang sering melamun. Penderita gagal ginjal mengalami gejala ini seperti orang yang kehilangan kesadarannya. Orang yang kehilangan kesadaran ini disebabkan kaena penumpukan racun yang sudah terlampau banyak pada ginjal padahal urin yang digukan sebagai alat pengeluar racun tidak lagi berfungsi dengan maksimal.

8. Nafas menjadi sesak

nafas menjadi lebih sesak pada saat ginjal tidak dapat bereaksi dengan maksimal, oleh karena itu, ketika menderita sesak nafas, ketika sesak nafas sudah menyerang mulai lah mengatur jarak nafas agar cepat untuk kembali stabil

9. Mulut bau

Bau mulut ini dikaraneakan karena faktor makanan. Atau karena racun yang ada dalam ginjal sehingga menyebabkan bau mulut. tentu bau mulut itu akan menyebabkan penampilan tidak PD apalagi untuk bicara

10. Sakit kepala

kepala yang sakit ini disebabkan karena gagal ginjal yang merespon keseluruh tubuh sehingga membuat kepala menjadi terasa lebih sakit. apalagi ketika gagal ginjal itu sudah mencapai taraf akut. maka sakit kepala akan terus menyerang sampai gagal ginjal itu sembuh.

11. Sulit tidur

Tidur menjadi sulit didapatkan oleh penderita penyakit apapun itu baik itu sakit gigi, sakit perut atau maag, sakit jantung ataupun sakit gagal ginjal itu sendiri, sakit ini akan membuat tidur menjadi lebih sulit karena rasa sakit yang dirasakan yang membuat syaraf yang menyebabkan ketenangan sehingga mampu untuk tidur menjadi terganggu. hal ini tentu menyebabkan tubuh semakin tidak sehat. karena kondisi yang seharusnya membutuhkan waktu istirahat banyak menjadi berkurang akibat sulinya tidur pada penderita penyakit itu.

Tak hanya itu, sulit tidur atau kurang tidur dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya yang cukup berbahaya. jadi sebaiknya bisa atau tidak tidur tetap usahakan untuk tidur. Bantulah dengan obat tidur agar mampu untuk tidur lebih cepat dan lebih nyenyak, namun meskipun demikian jangan memberikan obat itu secara berlebihan apalagi bagi para penderita gagal ginjal. Hal tersebut dapat merusak ginjal itu sendiri sehingga bukan ginjal menjadi sembuh namun ginjal menjadi semakin rusak yang didapatkan.

12. Kram pada otot

otot, terutama otot bagian perut menjadi lebih mudah merasakan kram. hal ini disebabkan karena kondisi ginjal yang tidak sehat membuat ginjal harus bekerja keras. ibaratnya ginjal dalam tubuh terdapat 2 ginjal, jika salah satu dari kedua ginjal itu sakit tentu hal ini akan membuat ginjal menjadi harus bekerja lebih keras lagi. pekerjaan yang lebih keras itu dapat membuat rasa kram pada otot otot ginjal sehingga menyebabkan rasa sakit pada perut sendiri.

Ketika kram pada otot daerah perut maka lakukanlah peredaan pada perut itu sendiri. Misalkan dengan cara rebahan atau dengan cara duduk yang benar. karena hal ini akan membuat ginjal menjadi stabil lagi dalam bekerja. namun jika sudah tau dan mengalami gejala-gejala itu maka bantulah ginjal dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang tidak terlalu berat dengan ginjal itu.

sponsored links

13. Kencing berdarah

darah yang dikeluarkan pada saat kencing ini juga dapat dibilang berbahaya. darah yang dikeluarkan pada urin ini disebabkan karena pada ginjal tidak dapat menyeringnya dengan benar, sehingga menyebabkan saat kencing urin menjadi berdarah atau mengeluarkan darah itu.

14. Urin bau

Bau yang tak sedap yang dikeluarkan urin ini merupakan salah satu dari penyebab alami karena gagal ginjal yang didapatkan. hal ini karena kekentalan racun yang dikeeluarkan dari ginjal melalui urin sudah terlalu banyak sehingga menyebabkan urin berbau tidak sedap lagi. namun sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi air putih yang cukup

15. Keluar darah pada saat buang air besar

darah yang dikeluarkan ketika buang air besar sebenarnya sama alasannya dengna mengapa darah dapat keluar saat buang air kecil. hal ini disebabkan karena proses yang tidak stabil pada ginjal itu.

16. Gatal-gatal

gatal-gatal akan dirasakan pada kulit ketika mengalama gagal ginjal, karena gagal-gatal ini merupakan gejala dari gagal ginjal itu sendrii oleh sebab itu, untuk mengatasi gatal-gatal diperlukan obat gatal-gatal yang akan membantu untuk meredakat gatal-gatal pada kulit anda. sehingga kulit yang tadinya gatal-gatal akan berkurang rasa gatalnya. namun ketika menggunakan obat gatal-gatal tidak dapat menghilankan rasa gatal alangkah baiknya segera pergi kedokter saja. selain itu ketika gatal-gatal harus menghindari makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit agar kulit tidak semakin gatal nantinya.

17. Wajah lebih pucat

Bagi penderita gagal ginjal wajah akan lebih menampakan wajah yang pucat. Wajah pucat ini juga dikarenakan kekurangan darah. Jadi salah satu ciri-ciri kurang darah adalah wajah pucat. Ketika wajah sudah pucat dan tampak tidak sehat segeralah perbanyak minum air putih. Karena pada dasarnya air putih mampu untuk meredakan segala penyakit. Bahkan air putih juga salah satu minuman yang mampu menyembuhkan gejala gagal ginjal ini. Karena dengan air putih dapat dimanfaatkan untuk terapi air putih dimana semua itu akan aman digunakan terutama untuk ginjal penderita gagal ginjal itu.

18. Pembengkakan pada mata

Pembengkakan pada mata membuat terjadi kelainan yang terjadi pada mata yang dimana tentu hal itu membuat mata menjadi sulit untuk melihat. Dalam kesehatan mata diperlukan beberapa vitamin untuk menjaga kesehatan mata, salah satu dari vitamin itu adalah vitamin a karena vitamin A dipercaya mampu membantu menyehatkan mata kembali. Mata merupakan organ yang penting  yang terdapat pada tubuh. Karena mata menjadi pusat penglihatan apa-apa yang dilihat. Sedangkan gejala gagal ginjal ini dapat membuat mata buta, sehingga akan membuat mata mengalami permasalahan. Untuk itu jika mata sudah mulai bengkak usahakan agar segera mengkonsumsi vitamin a dan juga segera periksa ke dokter yang terpercaya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

19. Berat badan berkurang

Seorang yang mengalami gejala tanda tanda gagal ginjal akan kehilangan berat badannya karena pada dasarnya gagal ginjal merupakan salah satu dari penyebab berat badan turun drastis. Selain itu gagal ginjal akan membuat penderita menjadi malas atau kehilangan nafsu makannya sehingga otomatis berat badan akan berkurang secara drastis, padahal pada dasarnya orang yang sakit atau terkena penyakit gagal ginjal harus banyak makan agar metabolisme pada tubuh tetap sehat dan tetap menjadi kuat.

Bahkan dengan begitu tubuh yang mengalami gagal ginjal akan lebih mudah diatur dan lebih mudah sehat. Tak hanya berat badan turun. Tetapi tentu akan menyebabkan berat badan menjadi tidak ideal. Untuk mengetahui apakah berat badan ideal atau tidak dapat dilihat di kalkulator berat badan ideal yang dapat dilihat di halosehat.com ini.

Itulah gejala yang ditimbulkan oleh penyakit gagal ginjal. Oleh sebab itu segeralah periksakan diri kedokter ketika sudah mengalami gejala-gejala yang ditimbulkan diatas tadi. Dengan memeriksa sejak dini berarti membantu untuk mengetahui sejak dini apa yang terjadi dan dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidak akan ada penyakit akut yang terjadi nantinya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 12th, June 2016 / 04:39 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal