Sponsors Link

16 Penyebab Gagal Ginjal Akut Wajib Diketahui

Sponsors Link

Mungkin Anda kerap mendengar tentang gagal ginjal akut tapi tak tahu apa itu gagal ginjal akut dan bedanya dengan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal pada level akut merupakan sebuah kondisi di mana seseorang memiliki ginjal yang rusak tanpa diduga alias terjadi secara tiba-tiba. Ketika rusak, maka itu artinya ginjal pun tak mampu berfungsi normal.

ads

Saat ginjal tak dapat melakukan proses penyaringan limbah kimiawi dari darah secara tiba-tiba, inilah yang dinamakan dengan gagal ginjal akut. Padahal penumpukan dari limbah kimiawi tersebut mampu menjadi kerugian bagi organ lainnya di dalam tubuh untuk bisa melakukan fungsinya dengan baik. Jadi memang gagal ginjal akut ini merupakan penyakit yang diwaspadai, sebab keadaan ini dapat juga terjadi sebagai bahaya penyakit kronis lain.

Saat gagal ginjal akut tak ditangani secara tepat dan cepat, maka cedera permanen pun bisa terjadi di mana ginjal berisiko tak lagi bisa berfungsi selamanya. Untuk dapat mengobati secara tepat, maka tak ada salahnya untuk mengintip apa saja kemungkinan penyebab gagal ginjal akut berikut.

(Baca juga: tanda awal gagal ginjal akut)

1. Penyakit Diabetes

Diabetes atau penyakit gula merupakan salah satu penyakit menahun atau kronis di mana hal ini terjadi saat kelenjar ludah perut atau pankreas tak lagi menghasilkan insulin secara cukup. Diabetes juga kerap dikenal sebagai sebuah kondisi penyakit di mana ini bisa terjadi saat tubuh tak menggunakan insulin secara efektif.

Penyakit ini dapat diketahui ketika kadar gula darah berada di atas normalnya dan rupanya diabetes yang tak tertangani dengan baik mampu menjadi penyebab dari gagal ginjal akut. Hal ini berpotensi besar karena ketika terlalu tingginya kadar gula darah, otomatis performa jantung pun makin meningkat sehingga berakibat pada fungsi ginjal yang menurun dan memicu gagal ginjal akut.

2. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan sebuah penyakit atau keadaan di mana adanya material yang keras ada di dalam ginjal dan bentuknya menyerupai batu. Asal material tersebut pun diketahui dari sisa-sisa zat limbah yang ada dalam darah yang seharusnya oleh ginjal disaring. Namun, zat-zat tersebut malah mengristal dan mengendap seiring waktu.

Penyakit batu ginjal ternyata juga mampu menjadi faktor peningkat risiko gagal ginjal akut. Ingat bahwa batu ginjal mampu menjadi faktor dari luka pada ginjal dan tentunya hal ini pun nantinya sangat bisa berpengaruh terhadap fungsi ginjal yang kemudian tak menjadi optimal.

Karena ada batu ginjal, saluran kencing pun menjadi tersumbat di mana ini pun berakibat pada gagal ginjal. Gagal ginjal akut berpotensi dialami seseorang yang punya riwayat batu ginjal, maka dari itu ada baiknya untuk menuntaskan pengobatan batu ginjal supaya gagal ginjal akut tidak terjadi.

(Baca juga: tanda-tanda gagal ginjal)

3. Penyakit Jantung

Tak hanya ginjal, jantung pun merupakan organ vital pada tubuh manusia dan fungsi utama dari jantung ini adalah sebagai pemompa sekaligus pengalir darah yang membawa oksigen agar tersebar ke seluruh tubuh. Jenis-jenis penyakit jantung memang termasuk beragam dan di Indonesia sendiri diketahui 35 persen angka kematian rupanya diakibatkan oleh penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner maupun serangan jantung adalah yang paling populer dan paling banyak diderita, berikut juga angin duduk yang menyerang secara mendadak. Masalahnya, penyakit jantung mampu menjadi penyebab dari timbulnya kondisi gagal ginjal akut. Hal ini sangat berpotensi tinggi apabila penyakit jantung tidaklah diatasi secara tepat dan berjangka panjang.

Pada sejumlah orang yang menderita penyakit jantung yang sudah pada tahap parah, maka ada potensi besar bagi orang tersebut untuk mengidap penyakit ginjal, terutama gagal ginjal akut. Ketika sudah parah, penyakit jantung ini disebabkan oleh pembuluh darah yang dihambat oleh plak di mana kemudian akhirnya menjadi penghambat bagi darah sehingga tak bisa menuju jantung.

Dari peredaran darah dan penyebarannya yang tak begitu lancar dan terhambat oleh plak tersebutlah akhirnya tak bisa mendukung kinerja jantung. Dampaknya bisa sampai ke organ tubuh lain, tak terkecuali ginjal yang tak memperoleh aliran darah cukup untuk melakukan fungsinya. Karena kehilangan atau penurunan fungsi, gagal ginjal akut pun terjadi.

4. Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi

Gagal ginjal akut juga dapat berpotensi terjadi ketika seseorang mengalami darah tinggi alias hipertensi. Hipertensi merupakan sebuah keadaan kronis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah di pembuluh darah bersih atau dinding arteri. Untuk mengetahui apakah Anda mempunyai darah tinggi, tentunya pengukuran tekanan darah perlu dilakukan.

Jika tak tahu bagaimana cara untuk mengukur tekanan darah dan tak mengerti prosedur pemeriksaannya, maka sebaiknya Anda coba minta tolong kepada dokter untuk proses pemeriksaan. Ada baiknya untuk para orang dewasa memeriksakan tekanan darah secara rutin demi mencegah penyakit-penyakit kronis, yakni paling tidak 5 tahun sekali.

Tekanan darah tinggi mampu menyebabkan gagal ginjal akut karena ginjal mampu menjadi lelah dalam bekerja karena tekanan darah yang melonjak. Ginjal akan selalu bekerja tanpa henti untuk membuat tubuh manusia senantiasa dalam kondisi yang baik. Namun, bekerja terlalu keras juga tak bagus untuk kesehatan ginjal kita.

ads

Ginjal juga bisa menjadi lemah dan lelah sehingga fungsinya pun lama-kelamaan menurun dan bisa hilang. Lelahnya ginjal dapat disebabkan oleh tekanan darah yang naik secara drastis. Sebetulnya, risiko hipertensi bisa dikurangi, yakni dengan berolahraga, makan makanan bergizi dan mengurangi berat badan apabila memang obesitas. Sebelum menjadi makin buruk, turunkan kadar tekanan darah tinggi.

(Baca juga: ciri-ciri gagal ginjal)

5. Efek Obat Tertentu

Ginjal mampu kehilangan fungsinya juga dikarenakan konsumsi obat-obatan tertentu. Anda perlu mengetahui bahwa obat kimia jika dikonsumsi terlalu sering apalagi dalam jangka panjang itu tidaklah baik. Walau memang efeknya dikenal bagus dalam meringankan gejala kondisi kesehatan yang Anda alami, efek kandungan obat kimia bisa membahayakan ginjal.

Apabila menderita penyakit ringan yang dengan istirahat cukup saja sudah bisa menanganinya, maka tak perlu minum obat. Sedikit-sedikit minum obat hanya akan membawa Anda pada kondisi ginjal Anda makin buruk, apalagi jika tak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup setiap hari. Jika sedang sakit, memakai ramuan herbal akan jauh lebih dianjurkan.

6. Kurang Minum Air Putih

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa kebanyakan orang yang berakhir dengan cuci darah karena ginjalnya bermasalah adalah berawal dari kurangnya minum air putih. Kebiasaan tersebut perlu digantikan dengan rajin minum air putih. Anda bisa menghindari bahaya dehidrasi juga dengan minum air putih 2 liter banyaknya per hari.

Tubuh manusia pada dasarnya membutuhkan cairan dan itu kita dapatkan dari air putih di mana cairan ini merupakan yang paling baik dan sehat. Ketika tubuh tak memperoleh cairan yang cukup, maka otomatis tubuh pun menjadi lemas tak bertenaga. Selain ginjal memburuk, penyakit apapun mudah menyerang tubuh.

7. Gangguan Hati

Tak hanya jantung, organ liver atau hati kita merupakan salah satu organ vital dan ada sejumlah penyakit yang berkaitan dengan hati mampu menyebabkan gagal ginjal akut. Ketika fungsi hati terganggu, banyak yang tidak tahu bahwa ini juga berpengaruh terhadap kinerja dan fungsi ginjal kita.

Hati yang sedang mengalami masalah pada fungsinya pasti kemudian akan mudah mengakibatkan penyakit hepatitis atau sirosis hati dan sebagainya. Organ hati yang tak sehat kemudian bisa menjadikan ginjal ikut tidak sehat. Maka dari itu, satu saja organ tubuh kita tak dalam kondisi baik, organ lainnya pun turut terkena imbasnya.

(Baca juga: minuman penyebab gagal ginjal)

8. Rendahnya Volume Darah

Ketika volume darah di dalam tubuh rendah dan hal ini terkadi secara berkepanjangan, maka ini bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan ginjal. Darah dengan volume rendah pada umumnya dapat diakibatkan oleh diare berlebihan, dehidrasi yang sudah pada tahap parah, muntah, dan perdarahan. Karena kondisi-kondisi tersebut memengaruhi volume darah, diharapkan Anda bisa mengeceknya.

9. Kerusakan Langsung pada Organ Ginjal

Gagal ginjal akut merupakan penyakit ginjal yang bisa disebabkan oleh kerusakan langsung di organ tersebut. Kerusakan ini tentunya selalu ada penyebabnya dan aktor yang meningkatkan risiko kerusakan langsung pada ginjal antara lain adalah glomerulonefritis, gumpalan darah, timbunan kolesterol, obat tertentu, infeksi, thrombotic thrombocytopenic purpura, dan multiple myeloma.

10. Gangguan Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan bagian dalam tubuh manusia yang mendukung fungsi setiap organ tubuh. Saat pada pembuluh darah terjadi gangguan, khususnya yang mengalirkan darah ke ginjal, otomatis ginjal mengalami penurunan fungsi. Contoh gangguan pembuluh darah di sini adalah penyumbatan maupun pembengkakan pada pembuluh darah yang mengalirkan darah dan mengedarkan oksigen ke ginjal.

11. Kurangnya Jumlah Darah yang Jantung Pompa

Saat jumlah darah ada di bawah normal, terutama yang dipompa oleh jantung, ini bisa saja menyebabkan gagal ginjal akut apabila tak segera ditangani. Biasanya penurunan atau kurangnya jumlah darah terjadi sebagai akibat dari gagal fungsi hati maupun gagal jantung. Itulah alasan mengapa menjaga kesehatan jantung serta hati juga merupakan kewajiban yang perlu dilakukan.

(Baca juga: bahaya gagal ginjal)

Faktor Lain Penyebab Gagal Ginjal Akut

Selain dari yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa kemungkinan yang mampu menyebabkan gagal ginjal akut pada seseorang. Berikut ini bisa disimak apa saja faktor yang meningkatkan potensi ginjal kehilangan fungsinya.

  1. Cairan pewarna – Pada umumnya, cairan ini adalah cairan yang pemakaiannya sering dilakukan pada proses sinar X dan uji pencitraan tubuh dan banyak juga digunakan untuk proses sinar-X.
  2. Mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi – Banyak orang sangat menyukai makanan asin karena kurang asin sedikit bisa-bisa kurang lezat. Namun, hal ini berpotensi meningkatkan tekanan darah yang akhirnya malah berimbas pada kondisi kesehatan ginjal yang lama-kelamaan bisa menjadi lemah.
  3. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi – Sama seperti makanan bergaram tinggi, mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi hanya akan membuat jantung tidak sehat karena penimbunan kolesterol jahat. Belum lagi tekanan darah tinggi juga dipicu dari makanan ini sehingga berpengaruh pada fungsi ginjal yang menurun.
  4. Mengonsumsi alkohol – Ada banyak orang tahu bahwa bahaya minuman keras bagi tubuh sangatlah tinggi, tapi tak banyak yang mengetahui jika gagal ginjal akut juga disebabkan oleh alkohol. Tak hanya kesehatan sistem saraf otak saja yang bakal dipengaruhi, alkohol yang berlebihan juga tak bagus bagi ginjal dan menurunkan fungsinya.
  5. Sering merokok – Ginjal dapat menurun fungsinya juga dikarenakan kebiasaan merokok secara aktif. Tentunya merokok merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan tekanan darah juga, dan ujung-ujungnya membuat risiko gagal ginjal akut pun meningkat. Ketahui bahaya merokok bagi kesehatan serta penyakit akibat merokok apa saja yang berpotensi menyerang tubuh Anda.
Sponsors Link

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk mengobati gagal ginjal akut, hal ini akan didasarkan pada penyebab dari gagal ginjal tersebut. Faktor berapa lama penderita telah mengalami gagal ginjal akut pun turut menjadi pertimbangan apa pengobatan yang terbaik. Ketika dokter yang menangani, penderita biasanya akan dianjurkan untuk ke dokter ahli ginjal saja.

  • Mengonsumsi air putih yang banyak, atau dengan takaran idealnya, yakni 8-10 gelas per hari supaya tidak dehidrasi (dehidrasi merupakan salah satu bahaya akibat kurang minum air putih).
  • Menangani infeksi pemicu gagal ginjal tahap akut.
  • Memeriksa darah untuk mengetahui tingkat garam dan kreatinin pada tubuh.
  • Tidak melanjutkan pengobatan apapun yang kiranya bisa meningkatkan potensi penyebab gagal ginjal akut.

Untuk mencegah supaya gagal ginjal akut tidak menjadi kronis atau parah, setiap orang perlu menempuh pemeriksaan darah. Di bawah ini juga merupakan langkah untuk bisa mengurangi risiko gagal ginjal akut dan kronis beserta langkah untuk bisa membuat kesehatan ginjal terjaga.

  • Pola hidup sehat selalu menjadi kunci dari kesehatan organ dalam tubuh kita, termasuk berolahraga, melakukan tips diet sehat (mengonsumsi makanan bernutrisi), serta mendapatkan kualitas tidur yang cukup setiap hari.
  • Jika mengonsumsi obat pereda nyeri di mana obat ini biasanya adalah obat bebas tanpa resep, selalu taati instruksinya.
  • Lakukan konsultasi dengan dokter supaya gangguan ginjal dapat diantisipasi dari awal. Dokter biasanya bakal memberikan anjuran dan nasehat dalam menjaga kesehatan tubuh supaya penyakit tak mudah menyerang.

(Baca juga: pengobatan gagal ginjal)

Demikian penyebab gagal ginjal akut dan sekilas informasi mengenai pengobatan dan pencegahannya yang kiranya mampu membantu Anda lebih waspada. Sebelum kondisi ginjal makin serius, perhatikan pola hidup Anda dan mulailah gaya hidup yang baik, sehat serta seimbang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 28th, February 2017 / 02:37 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal