Sponsors Link

14 Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik

Sponsors Link

Penyebab gagal ginjal banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan gagal ginjal barulah akan diketahui gejalanya saat kondisinya sudah kronis. Gagal ginjal tidak boleh disepelekan, karena angka kematian akibat penyakit ini cenderung tinggi. Pola hidup dan pola makan yang salah bisa mempercepat resiko terkena penyakit ini.

ads

Seperti yang kita ketahui saat ini, ginjal adalah bagian vital bagi tubuh. Ginjal merupakan salah satu organ yang digunakan dalam sekresi manusia. Sistem urin akan melibatkan ginjal, dimana ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran yang berasal dari darah dan ginjal akan membuangnya bersamaan dengan air yang disebut dengan urin. Orang yang menderita gagal ginjal akan mengalami masalah dengan sistem urinnya.


Mengenal Ginjal Lebih Jauh

penyebab gagal ginjalAda yang belum mengetahui bagaimana struktur ginjal dan fungsinya. Letak ginjal ini ada di di sebelah kanan dan berada di kiri tulang belakang, selain itu ginjal letaknya ada di bawah limpa juga hati. Ginjal orang dewasa dan anak-anak memiliki perbedaan. Orang dewasa memiliki ginjal dengan panjang 11 cm, tebalnya sekitar 5cm, untuk beratnya sekitar 150 gram.

Darah juga akan mengaliri ginjal, darah melalui ginjal sebanyak 350 kali setiap harinya, lajunya sebanyak 1,2 liter setiap menitnya. Laju darah di dalam ginjal bisa menghasilkan sebanyak 125 cc fitrat glomerular. Laju dari gromerular inilah yang sering dites untuk mengetahui fungsi ginjal seseorang. Jika gromerular bisa menghasilkan jumlah fitrat yang normal bisa dikatakan ginjal memiliki fungsi yang normal, namun jika jumlah fitrat jauh dari angka normal bisa dikatakan fungsi ginjal telah terganggu.


Pengertian Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan organ ginjal yang memiliki penurunan fungsi. Penurunan fungsi yang paling parah adalah ginjal tidak mampu bekerja di dalam tubuh. Gagal ginjal bisa
menyerang siapa saja, tak pandang usia. Namun gagal ginjal sering dialami oleh orang dewasa terutama orang yang telah lanjut usia. Jika ginja sudah terganggu, ginjal tidak akan bisa menjalankan fungsi-fungsi seperti di bawah ini :

  • Ginjal tidak mampu melakukan sekresi, terutama sekresi yang mengeluarkan elektrolit yang ada di dalam tubuh.
  • Ginjal sudah tidak mampu lagi menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh.
  • Ginjal tidak mampu lagi menjaga keseimbangan zat kimia di dalam tubuh. Zat kimia itu adalah sodium dan kalium yang ada di dalam darah.
  • Ginjal tidak mampu lagi memproduksi urin.


Banyak orang yang tidak tahu apa saja yang menjadi penyebab gagal ginjal tersebut. Karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyebab penyakit tersebut, banyak yang tidak melakukan tindakan pencegahan. Pencegahan selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Dengan menghindari penyebabnya saja sama kita melakukan pencegahan terhadap penyakit ginjal. Berikut ini adalah yang bisa menyebabkan sakit ginjal :

1. Alkohol

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah bahaya alkohol. Orang yang terlalu sering dan terlalu banyak menenggak alkohol bisa memberatkan sistem kerja ginjal. Kandungan di dalam alkohol tidak bisa dicerna ginjal sehingga ginjal akan bekerja sangat keras untuk mencerna kandungan di dalam alkohol. Jika ginjal bekerja keras setiap harinya, fungsi ginjal pun akan mudah rusak dan terganggu.

2. Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Hal itu dikarenakan cairan sangat bermanfaat dalam proses sekresi ginjal. Cairan yang bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi adalah air putih murni yang telah matang. Sehingga orang yang kurang minum air putih bisa memberatkan kinerja ginjal saat melakukan sekresi. Jangan mengatasi dehidrasi dengan minuman selain air putih. Berikut ini yang menyebabkan seseorang terkena dehidrasi :

  • Berkeringat. Orang yang berkeringat akan mudah terkena dehidrasi. Salah satunya adalah orang yang bekerja di panasan, bekerja berat dan orang yang kerjanya terlalu banyak duduk.
  • Muntah. Saat muntah orang akan terasa lemas. Rasa lemas itu diakibatkan oleh banyaknya cairan yang keluar saat orang muntah.Untuk mengatasi rasa lemas itu orang yang habis muntah harus minum air yang cukup.
  • Diare. Saat diare orang akan mengeluarkan banyak cairan.
  • Demam. Saat demam orang akan kehilangan banyak cairan karena suhu tubuh yang panas akan mengeluarkan banyak cairan di dalam tubuhnya.

3. Hipovolemia

ads

Hipovelemia merupakan jumlah darah di dalam tubuh yang kurang. Penyebabnya adalah pendarahan yang hebat, pendarahan itu misalnya diakibatkan oleh menstruasi hebat, kecelakan, operasi atau tindakan bedah. Oleh sebab itu orang yang mengalami hipovelemia harus mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

4. Keracunan

Keracunan obat atau jamu menjadi salah satu penyebab gagal ginjal akut. Kandungan dalam obat maupun jamu tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Banyak kandungan dalam obat kimia yang tidak bisa diterima ginjal karena memberatkan kerja ginjal. Seperti efek samping aspirin, ibuprofen dan asetaminofen adalah obat yang paling berbahaya bagi ginjal.

5. Pukulan

Pukulan atau benturan yang keras pada organ ginjal bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Hal itu dikarenakan saat terkena pukulan, ginjal akan luka atau cidera. Luka dan cidera tersebut akan mengganggu kinerja ginjal. Jika sudah begitu resiko gagal ginjal pun bisa terjadi.

6. Minuman Energi

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman energi pun bisa menjadi penyebab gagal ginjal, karena kandungan karbonat dan berbagai bahan kimia di dalamnya bisa memberatkan kinerja ginjal. Dalam tahap ringan, orang yang sering mengkonsumsi minuman tersebut akan terkena infeksi atau radang ginjal. Namun dalam tahap yang serius infeksi itu bisa berubah menjadi gagal ginjal.

7. Darah Tinggi

Orang yang terkena darah tinggi bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal, hal itu dikarenakan orang yang memiliki darah tinggi tekanan darahnya tidak normal sehingga mengganggu fungsi ginjal. Darah sangat berperan penting dalam menghasilkan fitrat glorumelar.

8. Diabetes

Orang yang menderita diabetes mellitus juga rentan untuk terkena penyakit gagal ginjal. Hal itu dikarenakan insulin yang tidak berkualitas bisa memberatkan kinerja ginjal.

9. Saluran Kemih Tersumbat

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah terhambatnya saluran kemih. Alasannya adalah aliran urin akan berbalik ke ginjal pada orang yang saluran kemihnya tersumbat. Jika tekanannya semakin tinggi maka bisa menjadi penyebab kerusakan ginjal dan fungsi ginjal menjadi tidak berfungsi lagi.

10. Kanker Prostat

Salah satu hal yang menjadi penyebab gagal ginjal kronik adalah adanya kanker prostat. Kanker prostat bisa menghambat pengosongan di dalam kandung kemih. Jika kandung kemih kosong bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

11. Tumor Perut

Salah satu hal yang membuat seseorang terkena gagl ginjal adalah tumor perut. Tumor itu bisa menyebabkan tersumbatnya saluran kemih di dalam tubuh seseorang.

12. Batu Ginjal

Salah satu hal yang menyebabkan gagal ginjal adalah adanya batu ginjal. Batu di dalam ginjal akan menghalangi fungsi dan kinerja ginjal. Akibatnya jika hal itu terjadi terus menerus bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal.

13. Sepsis

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah adanya sepsis. Sepsis bisa menyebabkan sistem imun di dalam tubuh menjadi berlebihan, jika hal itu terjadi tubuh akan mudah terkena infeksi. Infeksi tersebut bisa menyebabkan peradangan dan bisa membuat ginjal menjadi rusak.

Sponsors Link

14. Tersumbatnya Pembuluh Darah

Jika pembuluh darah mengalami penyumbatan, fungsi dan kinerja ginjal pun akan menjadi terganggu. Hal itu dikarenakan dalam menjalankan fungsinya ginjal membutuhkan aliran darah. Jika pembuluh darah tersumbat akibatnya adalah aliran darah ke ginjal menjadi tidak lancar dan menyebabkan ginjal menjadi terganggu dan menjadi rusak.


Pencegahan

Mencegah itu lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Jika saat ini banyak orang yang merasa masa bodoh dengan kesehatannya, maka penyesalan selalu datang di belakang. Tidak ada penyesalan yang ada di awal namun yang ada hanyalah di belakang. Oleh sebab itu, benahi pola hidup anda dari sekarang. Jangan sampai menyesal ketika semuanya telah terlambat.

Berikut ini adalah cara mencegah dari penyakit gagal ginjal yang harus anda ketahui :

  • Banyak Minum Air Putih

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah sakit ginjal adalah dengan banyak minum air putih. Minum air putih bisa meringankan kinerja ginjal dalam melakukan sekresi, sedangkan jika orang yang kekurangan cairan bisa menyebabkan seseorang mudah terkena gagal ginjal dikarenakan menyulitkan kinerja dan fungsi ginjal. Minumlah air putih yang mengandung eletrolit sebanyak 8 gelas per harinya. Namun akibat terlalu banyak minum air putih juga fatal, jadi minumlah air secukupnya.

  • Hindari Alkohol

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah kerusakan ginjal adalah menghindari alkohol. Alkohol adalah minuman yang jika dikonsumsi dalam waktu yang lama bisa memberatkan ginjal. Hal itu dikarenakan berbagai macam kandungan yang ada di dalam alkohol bisa memberatkan kinerja ginjal. Ginjal yang diberatkan fungsinya secara terus menerus bisa mengalami kerusakan fungsi ginjal.

  • Olahraga Teratur

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah kerusakan ginjal adalah dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga yang tidak berat namun teratur dilakukan akan lebih memiliki manfaat dibandingkan dengan olahraga yang berat namun tidak teratur. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah dengan jalan santai atau jogging. Jogging bisa meningkatkan fungsi ginjal. Melakukan jogging yang tepat adalah di pagi hari, udara pagi bisa menyehatkan tubuh.

ika anda malas melakukan jogging, anda bisa melakukan olahraga berupa bersepeda ringan selama satu atau dua jam. Bersepeda adalah cara efektif untuk bisa mencegah penyakit ginjal.

  • Minum Air Sebelum Tidur

Meminum air sebelum tidur bisa digunakan untuk mencuci ginjal secara alami. Air yang masuk ke dalam tubuh bisa digunakan untuk membantu sekresi ginjal. Saat tidur pula, ginjal mengeluarkan kotoran-kotoran yang melekat pada ginjal. Dengan meminum air putih dipercaya bisa membentuk kerja ginjal dalam mengikat kotoran dan mengeluarkannya bersama dengan urin saat pagi hari.

  • Rebusan Daun Seledri

Ada pakar herbal yang mengatakan bahwa minum air rebusan daun seledri bisa mencuci ginjal dan membersihkan dari racun yang menempel padanya. Caranya sangat mudah sekali, yaitu berikut ini:

  1. Pilih daun seledri segar sebanyak 50 gram.
  2. Cuci bersih daun seledri menggunakan air yang mengalir.
  3. Potong daun seledri menjadi beberapa bagian.
  4. Rebus menggunakan 200 ml air.
  5. Tunggu sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih saring dan kemudian minum sebelum tidur.
  7. Lakukanlah selama seminggu sekali, ginjal anda akan terbebas dari racun atau toksin yang melekat pada ginjal.
  • Berhenti Merokok

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencegah gagal ginjal adalah berhenti merokok. Alasannya adalah kandungan nikotin dalam bahaya rokok dan berbagai macam zat berbahaya lainnya bisa melekat pada ginjal. Dalam proses yang lama, rokok bisa merusak ginjal dan mempengaruhi kinerja ginjal. Oleh sebab itulah jika anda ingin organ ginjal anda terhindar dari kerusakan berhentilah dalam merokok.


Pengobatan

Jika ginjal sudah rusak, diperlukan pengobatan yang serius untuk bisa membuat penderita ginjal bertahan hidup lebih lama. Berikut ini adalah cara mengobati penyakit ginjal :

  • Cuci Darah

Cara pertama untuk membuat penderita gagal ginjal tetap bertahan hidup adalah dengan melakukan cuci darah. Cuci darah ini wajib dilakukan. Jika tidak dilakukan tubuh penderita gagal ginjal akan semakin melemah dan tidak bisa bertahan hidup. Cuci darah yang dilakukan bisa membuat ginjal pada penderita ginjal tetap berfungsi meski tidak senormal ginjal orang yang tidak memiliki penyakit ginjal.

Darah sangat berperan dalam fungsi dan kinerja ginjal. Pada penderita gagal ginjal, darah di dalam tubuhnya menjadi kotor sehingga pasokan darah bersih jumlahnya sedikit. Padahal darah berfungsi dalam kinerja dan fungsi ginjal. Agar ginjal tetap berfungsi dilakukannya cuci darah dengan mengganti darah kotor di dalam tubuh penderita ginjal dengan darah bersih yang ditransfusikan ke dalam tubuh penderita ginjal. Cuci darah ini membutuhkan biaya atau dana yang mahal, padahal setiap minggunya dibutuhkan cuci darah sebanyak tiga kali atau bahkan dua kali seminggu.

Baca juga : efek samping cuci darah ginjal

  • Transplantasi Ginjal

Untuk mengobati penyakit gagal ginjal hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transplantasi ginjal. Transplantasi ginjal disebut dengan cangkok ginjal, cangkok ginjal menjadi pilihan sekaligus menjadi pengobatan bagi penderita gagal ginjal. Alasannya adalah cangkok ginjal bisa digunakan dalam mengatasi berbagai macam komplikasi yang bisa terjadi akibat gagal ginjal. Cangkok ginjal juga lebih diunggulkan dibandingkan dengan cuci darah. Cangkok ginjal juga memiliki keunggulan dalam hal prosedur, kualitas hidup bagi penderita ginjal, membuat penderita ginjal tidak tergantung pada fasilitas medis maupun dengan cuci darah.

Sayangnya cangkok ginjal tidak bisa dilakukan begitu saja, kendalanya ada di ginjal yang akan dicangkokkan. Sulit untuk menemukan ginjal yang cocok, selain itu mencari donor ginjal juga sangat sulit dilakukan. Tidak ada orang yang mau mendonorkan ginjalnya secara cuma-cuma, jika dia mau mendonorkan ginjalnya pasti ada suatu kondisi yang membuatnya mau mendonorkan ginjal. Berikut ini prosedur dalam melakukan cangkok ginjal :

  • Melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, melakukan rontgen jantung dan juga rontgen di bagian organ paru-paru.
  • Melakukan pemeriksaan tingkat dari kecocokan donor ginjal. Yang dilakukan pemeriksaan mencakup 3 aspek. Aspek tersebut adalah golongan darah, tipe organ dan juga dicek ulang dari penerima donor ginjal terhadap ada atau tidaknya infeksi maupun reaksi negatif di dalam tubuh.
  • Penerima donor harus menjaga kesehatan pikiran dan juga tubuhnya.
  • Meminum obat sesuai resep.
  • Diet dan juga melakukan olahraga secara teratur.
  • Memenuhi janji dengan tim dan juga perawat kesehatan.
  • Cukup istirahat.
  • Pikiran postif.


Pantangan

Banyak orang yang menjalani pantangan bagi penderita penyakit ginjal. Banyak yang menyangka jika minum air putih banyak pada penderita gagal ginjal bisa mengobati penyakit ginjal yang dideritanya. Anggapan itu adalah hal yang salah. Penderita ginjal memiliki fungsi ginjal yang terganggu karena ginjal sudah rusak. Saat ginjal sudah rusak, ginjal tidak bisa menerima cairan berlebihan.

Hal itu dikarenakan cairan berlebihan yang ditampungnya bisa membuat ginjal semakin bermasalah dan semakin kerja berat. Akibatnya fungsi ginjal pun semakin menurun. Oleh sebab itulah penderita gagal ginjal tidak boleh minum banyak cairan, bahkan air putih sekalipun. Kecuali jika orang normal ingin menjaga ginjalnya tetap sehat dan membuat fungsi ginjal berjalan dengan lancar bisa dengan cara minum air putih yang banyak.


Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 10th, June 2015 / 06:39 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal