19 Cara Pengobatan Batu Ginjal secara Medis dan Alami

Batu ginjal terjadi diakibatkan oleh adanya mineral dan asam garam yang menumpuk dan mengeras di dalam ginjal. Kabar baiknya, batu ginjal merupakan sebuah kondisi penyakit yang dapat ditangani dan disembuhkan, baik itu dengan pengobatan medis maupun herbal. Mengonsumsi obat-obat tertentu, tak mengonsumsi banyak air putih, atau penyakit tertentu mampu memicu munculnya batu ginjal.

Pengobatan batu ginjal biasanya adalah dengan operasi namun bila ukuran batu ginjal sudah cukup besar yang diameternya telah mencapai 0,6 sentimeter atau lebih sehingga saluran kemih penderita tersumbat. Untuk mengobati batu ginjal, ada cara medis dan herbal yang bisa dipertimbangkan seperti yang hendak diulas pada kesempatan ini.

(Baca juga: ciri-ciri batu ginjal)

1. ESWL

ESWL merupakan singkatan dari Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy yang adalah prosedur pengobatan dengan tujuan menghancurkan batu ginjal. Pada prosesnya, ahli medis akan memakai gelobang suara frekuensi tinggi atau ultrasound. Setelah hancur, dipastikan serpihan-serpihan batu ginjal bisa keluar dari tubuh secara lebih gampang.

2. Bedah Terbuka

Sebagai salah satu jenis penyakit ginjal yang mengganggu, apalagi ketika ukuran batu sudah membesar, bedak terbuka dapat menjadi pengobatan yang diperlukan. Meski jarang, namun pengobatan metode ini termasuk baik dalam mengangkat batu ginjal. Pada prosedurnya, akan dibuat sayatan di permukaan kulit pada punggung sehingga proses pengangkatan batu ginjal oleh dokter bedah lebih gampang.

(Baca juga: perbedaan sakit ginjal dan batu ginjal)

3. PCNL

PCNL juga diketahui sebagai Percutaneous Nephrolithotomy di mana tujuan dari metode pengobatan ini adalah untuk menghancurkan batu ginjal. Pada prosesnya, dokter bedah akan menciptakan sayatan kecil di permukaan kulit yang tak jauh dari area ginjal. Nephroscope adalah nama alat yang dimasukkan untuk membuat batu ginjal besar pecah dan akhirnya dapat diangkat. Namun cara ini akan dilakukan apabila ESWL tak dapat ditempuh (biasanya oleh penderita obesitas).

4. Ureteroskopi

Metode pengobatan atau solusi penanganan ini adalah dengan mengangkat batu ginjal lewat ureteroskop. Alat tersebut bakal dokter bedah masukkan melalui kandung kemih dan uretra ke ureter. Batu akan mulai dihancurkan sesudah mengetahui letak tepatnya dengan laser atau instrumen lain. Metode ini bakal dipilih ketika batu terdeteksi ada di dalam ureter dan terjebak di sana.

(Baca juga: pantangan batu ginjal)

5. Mentimun

Telah diteliti bahwa ekstrak mentimun mampu membuat pelarutan batu lebih cepat. Bahkan mentimun yang biasanya dibuat acar atau berkhasiat merawat kulit juga bisa menurunkan risiko pembentukan batu di bagian ginjal. Jadi selain bisa digunakan sebagia pengobatan, mentimun adalah metode tepat untuk mencegah timbul batu ginjal.

6. Ajowan atau Ajwain

Mungkin Anda pernah mendengar akan Trachyspermum ammi, dan memang telah terbukti pula bahwa obat herbal ini mampu dimanfaatkan ketika tanda-tanda batu ginjal sudah mulai muncul. Rasa nyeri akibat batu ginjal bakal dapat dihilangkan dengan menggunakan obat ini. Karena tanaman ini mengandung diuretik, jadi batu ginjal dapat ditangani secara alami dan aman.

7. Saxifraga ligulata

Masih ada lagi tanaman yang telah dibuktikan keampuhannya dalam membuat batu ginjal larut dengan cepat. Bahkan di dalam tanaman ini ada sifat antiseptik kemih tinggi yang bisa diandalkan oleh para penderita batu ginjal. Ekstrak dari tanaman inilah yang dapat dimanfaatkan hanya dalam takaran sedikit saja karena efek diuretiknya yang ringan. Berkat tanaman ini, banyak penderita batu ginjal mampu meningkatkan produksi urin mereka.

(Baca juga: bahaya batu ginjal)

8. Rumput Upas-upasan

Pernah mendengar nama tanaman rumput upas-upasan atau katumpangan uler? Telah melalui sebuah penelitian, tanaman ini bila dikonsumsi mampu menurunkan enzim pensintesis oksalat. Dari kemampuannya itulah, penanda deposisi kristal pada organ ginjal akan dihilangkan. Tanaman ini sudah terbukti efektivitasnya dalam mengobati batu yang berada di saluran kemih.

9. Meniran Hijau

Jenis tanaman satu ini sudah terbukti mampu membuat pembentukan batu terhambat dan ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian di Brasil. Pada tanaman ini, ada senyawa yang mampu mendukung pencegahan terbentuknya batu endapan. Bahkan kabar baiknya lagi adalah pertumbuhan endapan kalsium dapat dihambat dan kristal-kristal akan dibuat tetap terurai pada urin.

(Baca juga: gejala kencing batu)

10. Kumis Kucing

Kumis kucing adalah tanaman yang sangat baik digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat dan batu ginjal. Ingat bahwa pembentukan batu ginjal dapat berasal dari adanya gangguan pada proses pemecahan asam urat. Tanaman ini akan menstimulasi ginjal agar urin dapat keluar lebih banyak dan natrium serta ion lainnya mampu terekskresi supaya dapat keluar lewat urin.

11. Tanjung

Di India, sudah ada penelitian yang dilakukan pada seekor tikus di mana tikus ini sengaja dirangsang untuk menciptakan batu pada ginjal, dan ternyata dengan tanaman tanjung pembentukan batu ginjal dapat dikurangi. Secara signifikan, ekstrak alkohol dari tanaman tersebut mampu membuat kadar asam urat, kreatinin, serta ureum yang ada pada darah menurun.

(Baca juga: makanan penghancur batu ginjal)

12. Daun Sendok

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Malaysia, ditelitilah senyawa terpenoid dari ekstrak tanaman daun sendok. Sudah ada dugaan sebelumnya bahwa senyawa tersebut memiliki kemampuan dalam membuat pembentukan kristal kalsium oksalat terhambat dan bahkan ukurannya pun dapat terpengaruh. Kristal yang diketahui menjadi bahan dasar batu ginjal itu perlu dihambat dalam proses pembentukannya. Hanya saja, memang masih harus ada uji klinis lanjutan terhadap manusianya langsung tentang efektivitas dari zat tersebut.

13. Cuka Sari Apel

Mungkin banyak juga yang tak mengira bahwa cuka sari apel juga baik untuk mengobati batu ginjal selain dari kolesterol tinggi. Fungsi dari cuka sari apel ini adalah sebagai pelarut batu ginjal. Jadi, hanya dengan mencampurkan cuka sari apel organik sebanyak 2 sendok makan ke dalam secangkir air hangat bersama juga sesendok teh madu, Anda bisa meminumnya untuk mengobati batu ginjal. Selama batu masih dalam ukuran kecil, pengobatan herbal ini dijamin efektif.

(Baca juga: madu untuk penderita batu ginjal)

14. Semangka

Karena mengandung magnesium fosfat dan karbonat serta kalsium, jelas semangka ini baik untuk kesehatan. Untuk mengatasi batu ginjal, semangka juga sangat berkhasiat dengan kandungan kaliumnya. Dengan tingginya konsentrasi air di dalamnya, batu akan terbilas dari ginjal selama batu tersebut masih dalam ukuran yang keci. Tak hanya bisa mengobati, semangka juga bagus untuk mencegah batu ginjal.


15. Daun Kemangi

Bila Anda membutuhkan tonik untuk ginjal dan ingin mengobati batu ginjal secara alami, daun kemangi menjadi salah satu pilihan terbaik. Daun kemangi ini adalah bahan alami yang akan membantu mendorong batu untuk keluar dari saluran kemih. Baik Anda meminum teh kemangi atau membuat jus kemangi, keduanya sah-sah saja dan boleh dikonsumsi setiap hari.

(Baca juga: penyebab batu ginjal dan pengobatannya)

16. Delima

Sifat astringent di dalam buah delima cukup tinggi dan inilah yang bisa penderita batu ginjal andalkan dalam mengobati batu ginjal. Anda boleh memakan 1 buah delima setiap harinya atau segelas jus delima secara rutin agar batu ginjal dapat dikeluarkan. Batu ginjal akan menjadi larut dan akhirnya bakal keluar dari dalam tubuh sehingga Anda tak perlu mengambil jalur operasi.

17. Minyak Zaitun dan Jus Lemon

Kombinasi kedua bahan ini sangat luar biasa dan secara alami mampu mengobati batu ginjal dengan kandungan asam sitrat pada lemonnya yang bisa memecah batu ginjal dan menghambat perkembangannya. Hanya dengan mencampurkan jus lemon sebanyak seperempat cangkir lalu ditambahkan dengan minyak zaitun dengan takaran sama, ramuan bisa Anda campur hingga rata dan bisa diminum rutin kemudian. Pengobatan ini perlu dilakukan secara rutin sehari 3 kali, obat ini tak usah dilanjutkan apabila batu sudah bisa keluar.

(Baca juga: gejala batu ginjal)

18. Seledri

Selain dapat menjadi bahan masakan, Anda boleh juga menjadikan seledri sebagai obat batu ginjal alami nan ampuh. Ada sifat antispasmodik di dlama seledri yang akan membantu membuat rasa sakit berkurang akibat batu ginjal. Buatlah jus seledri mentah karena ini dapat dijadikan diuretik sehingga mampu memperbanyak jumlah urin serta melancarkan pengeluaran batunya.

19. Kacang Merah

Mengandung kaya akan serat, kacang merah ternyata dapat secara efektif mengobati batu ginjal atau gangguan pada kesehatan kandung kemih. Tambahkanlah kacang merah ke dalam salad atau sup Anda sehingga lebih mudah untuk mengonsumsinya dan memperoleh khasiatnya secara langsung. Namun ada kalanya kacang merah ini tak mempan bagi beberapa penderita batu ginjal, jadi jika tak berefek, silakan langsung ke dokter untuk mengonsultasikannya.

(Baca juga: tanda-tanda gagal ginjal)

Itulah pengobatan batu ginjal secara medis dan alami yang bisa Anda lirik dan coba pertimbangkan. Pilih cara pengobatan yang tepat agar batu ginjal dapat diobati sampai tuntas.

, , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 12:00 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal