Sponsors Link

9 Pantangan Batu Ginjal

ads

Penyakit batu ginjal menjadi penyakit yang biasanya banyak terjadi pada lansia baik laki-laki maupun perempuan. Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang ditunjukkan dengan adanya kandungan batu berbentuk kristal yang keluar bersama urin. Kristal yang terus terbentuk dalam saluran sistem kemih bisa menjadi penghalang untuk aliran urin sehingga urin tidak bisa keluar total dari sistem kemih. Bahkan pada kondisi tertentu bisa menyebabkan infeksi pada bagian sistem kemih, saluran kemih, dan ginjal.

Penyakit ini akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga penderita sering membutuhkan perawatan. Tapi ini termasuk jenis penyakit yang masih bisa diobati pada tahap awal sebelum infeksi merusak ginjal atau menyebabkan gagal ginjal. Resiko terbanyak penyakit batu ginjal lebih banyak terjadi pada perempuan.


Tipe Batu Ginjal

Meskipun batu ginjal menunjukkan jumlah kristal dalam urin, namun pada dasarnya ada beberapa jenis penyakit batu ginjal. Dibawah ini adalah beberapa jenis atau tipe penyakit batu ginjal :

pantangan batu ginjal

  • Batu ginjal yang dibentuk dari kalsium dalam tubuh yang tidak pernah digunakan untuk pembentukan tulang dan memperkuat jaringan otot. Biasanya batu ginjal ini lebih sering ditemukan dalam zat oksalat atau fosfat.
  • Batu ginjal yang mengandung amonia atau magnesium. Batu ginjal ini lebih sering disebabkan karena adanya infeksi pada bagian sistem kemih atau infeksi saluran kencing.
  • Batu ginjal yang terbentuk karena tingginya kadar asam urat dalam urin. Zat asam yang terlalu banyak dalam urin menunjukkan adanya kelainan pada ginjal.
  • Batu ginjal yang terbentuk dari sistin, dan biasanya penyakit ini diturunkan dari orang tua atau keluarga dengan riwayat penyakit yang sama.


Penyebab Batu Ginjal

Ada beberapa orang yang tetap sehat dan ada beberapa orang yang menderita batu ginjal. Beberapa penderita merasa tidak ada kondisi yang berubah pada tubuh, sementara sebenarnya terjadi pembentukan batu atau lapisan kristal pada organ ginjal. Ginjal sangat penting untuk tubuh dan menjadi organ untuk menyaring semua zat masuk ke dalam tubuh. Ginjal juga masuk dalam sistem kemih.

Berikut ini adalah beberapa macam penyebab batu ginjal :

  • Batu ginjal bisa terbentuk karena produksi beberapa za yang berlebihan dalam tubuh seperti oksalat, asam urat, sistin, dan kalsium. Produksi yang terlalu banyak akan menyebabkan ginjal bekerja dengan kuat dan jika sepenuhnya tidak keluar bersama urin maka bisa menyebabkan pembentukan batu pada ginjal.
  • Konsumsi obat berlebihan atau obat yang memang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Orang tua yang sering mengkonsumsi obat karena gangguan penyakit tertentu seperti kanker, diabetes, darah tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit batu ginjal.
  • Konsumsi berbagai jenis zat kimia yang terdapat pada makanan dan minuman. Jenis zat tertentu misalnya zat aditif pada makanan untuk penguat rasa, juga bisa memicu terbentuknya batu ginjal karena bisa menyebabkan produksi oksalat yang berlebihan.


Penderita batu ginjal sering merasa tidak mengerti mengenai aturan makanan atau aktivitas yang seharusnya tidak bisa dilakukan atau sangat dilarang. Bahkan ada jenis makanan tertentu yang disarankan untuk penderita batu ginjal dan ada jenis makanan tertentu yang dilarang. Berikut ini adalah beberapa pantangan batu ginjal :

1. Konsumsi Kedelai dan Kacang-kacangan

Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Tapi sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

Sponsors Link

2. Konsumsi Tomat

Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

3. Konsumsi Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

4. Konsumsi Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, sehingga ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

5. Konsumsi Ikan

Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urar dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan resiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.

sponsored links

6. Konsumsi Produk dari Susu

Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.

7. Konsumsi Minuman Berkarbon dan Manis

Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan bahaya minuman bersoda juga harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis merupakan pantangan batu ginjal karena bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. kombinasi berbagai zat ini bisa meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

8. Makanan Mengandung Natrium dan Sodium

Makanan yang mengandung natrium (garam) dan sodium adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh semua penderita batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

9. Minuman Berkafein

Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

Jadi, pengendalian kondisi batu ginjal bisa dilakukan dengan menghindari berbagai jenis pantangan batu ginjal ini. Namun penderita yang telah sembuh dari batu ginjal tetap bisa memiliki kesempatan untuk terkena batu ginjal ulang. Jadi tetap cegah batu ginjal dengan diet makanan dan olahraga.


Banyak jenis batu ginjal yang biasanya sering diabaikan karena gejala awal yang mirip seperti jenis gangguan untuk punggung. Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa muncul dari awal hingga pada tahap tertentu :

  • Rasa sakit yang berlebihan dan muncul pada bagian belakang tubuh antara perut, pinggang hingga punggung atas. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang dimulai dari bagian tulang rusuk baik dari kanan atau kiri, kemudian akan menyebar ke bagian depan hingga ke pangkal paha.
  • Gangguan pencernaan akut seperti mual dan muntah yang bisa terjadi pada kondisi yang lebih parah.
  • Pendarahan yang terjadi pada urin baik dalam jumlah yang kecil maupun jumlah yang banyak.
  • Jika sudah terjadi infeksi pada urin maka bisa menyebabkan penderita demam, menggigil dan berkeringat pada malam hari.
  • Ditemukan kerikil atau kristal pada urin dan biasanya lebih sering ditemukan pada penderita batu ginjal karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh.
  • Selalu ingin merasa buang air kecil karena ada batu yang harus keluar bersama urin.


Batu ginjal menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa diobati. Namun tanpa menghindari pantangan batu ginjal dan perawatan yang tepat, maka batu ginjal bisa menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bahaya batu ginjal :

  • Rasa sakit yang sangat kuat karena ada batu yang harus keluar bersama urin. Urin biasanya akan keluar dengan warna yang lebih keruh seperti warna coklat.
  • Kerusakan ginjal permanen. Batu ginjal yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat dapat menyebabkan organ ginjal mengalami kerusakan seperti gagal ginjal.
  • Batu ginjal dapat menyebabkan masalah infeksi yang sangat berat pada saluran kemih dan infeksi parah pada ginjal.
  • Batu ginjal dapat menyebabkan infeksi darah yang tersebar ke semua organ dan bagian tubuh.


Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 06th, July 2015 / 02:49 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal