Sponsors Link

19 Obat Herbal Batu Ginjal Mujarab

Sponsors Link

Batu ginjal adalah sebuah penyakit yang bisa menyerang seseorang ketika di dalam ginjal terjadi penimbunan mineral serta asam garam. Tidak hanya tertimbun, keduanya juga bisa mengeras dan akhirnya membentuk batu ginjal. Banyak cara untuk bisa mengatasi masalah ini, termasuk dengan jalan operasi, tapi bagaimana dengan obat herbal batu ginjal? Adakah obat herbal yang bisa diandalkan?

ads

(Baca juga: perbedaan sakit ginjal dan batu ginjal)

1. Daun Alpukat

Daun alpukat jelas adalah salah satu bahan alami atau herbal yang paling gampang untuk ditemui di sekitar Anda. Untuk menyembuhkan batu ginjal, daun alpukat ini dapat Anda coba gunakan karena memang ramuannya nanti akan secara efektif mengobati penyakit tersebut.

  • Caranya: Sediakan daun alpukat segar sebanyak 7 lembar saja, lalu juga bersama dengan air panas sebanyak 100 ml. Daun alpukat ini bisa Anda seduh bersama air panas lalu air seduhannya dapat Anda minum setiap harinya. Sehari 2 kali akan jauh lebih baik, yakni setiap pagi serta sore hari dan buktikan keefektifannya sebagai obat alami.

2. Kumis Kucing

Pernah mendengar akan tanaman kumis kucing? Tentu sebagian orang sudah sangat familiar atau bahkan memilikinya di rumah. Sudah sangat terbukti bahwa kumis kucing dapat digunakan sebagai obat batu ginjal dan asam urat alami. Ingat bahwa pembentukan batu ginjal juga dapat dipicu oleh adanya asam urat yang mengalami gangguan pemecahan.

Karena sudah diteliti, tentu bukan omong-kosong bahwa tanaman ini dikatakan dapat menstimulasi organ ginjal supaya bisa mengeluarkan urine secara berlebih. Bahkan fungsinya pun dapat mengekskresi natrium dan ion lain yang ada di dalam tubuh supaya bisa keluar semua melalui urine. Telah dicoba terhadap tikus, kadar asam urat juga dapat berkurang berkat kumis kucing.

(Baca juga: penyakit ginjal)

3. Kacang Merah

Seperti yang kita tahu, kacang merah merupakan salah satu makanan yang mengandung serat tinggi meski termasuk dalam kacang-kacangan. Justru berkat kandungan seratnya yang kaya itulah, kacang merah dapat diandalkan sebagai obat herbal bagi penderita batu ginjal. Bahkan masalah kesehatan seperti gangguan kandung kemih juga bisa diatasi.

  • Caranya: Kacang merah bisa disediakan secukupnya untuk ditambahkan pada makanan sehari-hari Anda. Santaplah sup atau salad yang pasti sehat untuk pola hidup sehat Anda dan tambahkan kacang merah ke dalamnya supaya bisa lebih gampang mengonsumsi. Hanya saja, tak semua penderita batu ginjal mampu merasakan efektivitasnya, jika begitu langsung temui dokter atau coba obat herbal lainnya.

4. Mentimun

Ternyata mentimun yang biasanya mungkin Anda lalap atau jadikan sebagai masker wajah bermanfaat dalam mengatasi bahaya batu ginjal. Sudah diteliti pada tikus akan ekstrak buah mentimun ini bahwa tanaman ini sendiri punya kemampuan untuk melarutkan batu.

Karena tanaman mentimun sendiri sudah dibuktikan dapat membuat proses pelarutan batu lebih cepat, tentu sangat jelas bahwa bahan ini mampu menjadi obat herbal yang efektif. Bahkan Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai penurun potensi pembentukan batu. Artinya, mentimun juga baik bila Anda menggunakannya sebagai pencegah batu ginjal secara efektif.

(Baca juga: cara mencegah sakit ginjal)

5. Seledri

Banyak dari Anda pasti menggunakan seledri untuk pelengkap masakan, tapi tahukah Anda bahwa seledri ini bisa dijadikan obat batu ginjal? Ada sifat yang dinamakan dengan sifat antispasmodik di dalam seledri ini sehingga inilah yang membuat rasa nyeri yang disebabkan batu ginjal berkurang. Cara penggunaannya yang mudah dan bahan yang mudah didapat, Anda pasti memilih seledri untuk mencobanya.

  • Caranya: Anda bisa memilih untuk memakan seledri setiap hari secara langsung atau membuat jus seledri. Minuman jus seledri ini merupakan jus sehat yang berperan sebagai diuretik bagi tubuh. Dengan mengonsumsi obat herbal satu ini, jumlah urin yang keluar bakal lebih banyak dan batu pun akan keluar secara lancar.

6. Daun Gempur Batu

Satu lagi obat herbal yang tak boleh dilewatkan, yakni daun gempur batu, meski memang namanya kurang begitu familiar bagi Anda. Alasan mengapa daun ini begitu direkomendasikan adalah karena kandungan zat kaliumnya yang tinggi sehingga batu ginjal dapat hancur secara lebih mudah.

  • Caranya: Siapkan saja daun gempur batu sebanyak 7 lembar bersama semanggi hitam 30 gram, daun kembang buang 7 lembar dan air 800 cc. Rebus seluruh bahan ke dalam air tersebut lalu didihkan sampai sisa separuhnya. Saringlah dan tunggu suhunya lebih hangat sebelum Anda meminumnya 2 kali setiap hari.

(Baca juga: tanda-tanda penyakit ginjal)

ads

7. Ajwain atau Ajowan (Trachyspermum ammi)

Untuk batu ginjal, ada lagi obat herbal pilihan yang bisa Anda pertimbangkan, yakni ajwain atau ajowan ini. Telah dibuktikan bahwa obat herbal ini mampu menjadi penghilang rasa nyeri akibat batu ginjal maupun batu yang berada di saluran kemih. Sebagai solusi batu ginjal, bahan ini efektif karena memang di dalamnya ada sifat diuretiknya.

8. Delima

Selain memerhatikan pantangan batu ginjal, para penderitanya juga harus rajin minum obat dan delima bisa menjadi salah satu obat herbal ampuh. Ini semua berkat adanya sifat astringent tinggi di dalam buah ini yang mampu menjadi obat efektif penyakit batu ginjal. Mengonsumsinya setiap hari 1 buah saja atau dibuat jus akan mampu membuat batu ginjal lebih mudah keluar. Batu ginjal bakal jauh lebih gampang larut sehingga Anda tak usah takut lagi harus mengambil jalan operasi atau tidak.

(Baca juga: jenis penyakit ginjal)

9. Saxifraga ligulata

Masih ada satu lagi jenis tanaman yang bisa Anda andalkan bila memang Anda cukup mudah untuk menemukannya. Obat herbal dari tanaman ini pun dikatakan dapat menjadi pelarut batu ginjal secara efektif. Bahkan obat ini bisa juga dijadikan sebagai antiseptik kemih di mana ekstraknya pun memiliki sifat diuretik sehingga akan meningkatkan jumlah urine yang lebih banyak meski hanya dalam takaran kecil.

10. Daun Dadap

Pengobatan herbal yang tepat selanjutnya adalah daun dadap di mana bisa juga Anda jadikan sebagai alternatif. Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh daun dadap muda, seperti menjadi pelancar ASI, memperlancar datang bulan, serta membuat tidur lebih lelap hanya dengan memasaknya menjadi santapan sayuran nikmat.

  • Caranya: Untuk mengobati batu ginjal, sediakan daun dadap sebanyak 5 lembar bersama juga daun cocor bebek 3 lembar serta kunyit 3 potong rimpang saja. Tumbuklah ketiga bahan ini setelah dibersihkan, atau untuk lebih sederhananya dapat juga Anda blender sampai benar-benar halus. Obat ini bukan diminum, melainkan sebagai obat luar yang bisa mengurangi pembengkakan akibat cairan terlalu sering melewati bagian tubuh tersebut.

(Baca juga: gejala ginjal bermasalah)

11. Daun Kemangi

Untuk bahan alami selanjutnya, ada daun kemangi yang bisa menjadi tonik khusus bagi organ ginjal Anda dan mengobati batu ginjal secara efektif. Daun kemangi ini dapat dikonsumsi setiap harinya dalam diet Anda dengan cara membuat jus kemangi atau langsung mengunyah-ngunyahnya seperti saat makan lalapan. Batu akan dengan lebih cepat keluar dengan bantuan obat ini.

12. Semangka

Kelihatannya sederhana, semangka adalah buah berkandungan air banyak yang biasanya dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Semangka dengan kandungan kalsium dan juga karbonat serta fosfatnya mampu menjaga kesehatan Anda dengan baik. Batu ginjal pun dapat diobati dengan semangka oleh karena mineral kalium tersebut.

Untuk Anda yang kiranya menderita batu ginjal di mana batu tersebut masih dalam ukuran yang kecil, silakan coba untuk mengobatinya dengan semangka. Konsentrasi air pada semangka seperti yang kita tahu sangatlah tinggi sehingga mengonsumsinya rutin bakal membantu membilas batu untuk keluar lebih gampang. Untuk pencegahan juga sangat bermanfaat.

(Baca juga: cara mencegah penyakit ginjal)

13. Katumpangan Uler

Nama lain dari tanaman ini adalah rumput upas-upasan di mana sudah diteliti terhadap tikus bahwa tanaman ini mampu menurunkan enzim pensintesis oksalat. Bahkan sudah terbukti juga bahwa tanaman ini sangat baik dalam menjadi penanda deposisi kristal pada organ ginjal. Untuk penderita batu di saluran kemih, tanaman ini juga sama efektifnya.

14. Meniran Hijau

Obat herbal apa lagi yang dapat Anda pakai? Meniran hijau jangan sampai ketinggalan karena memang sebuah penelitian eksperimental di Brasil sudah membuktikan bahwa tanaman ini punya kemampuan dalam menghambat terbentuknya batu di banyak fasenya. Mulai dari tahapan penyatuan molekul kristal atau agregasi kristal, adanya kristal mengendap pada saluran tubular ginjal, serta fase di mana struktur dan komposisi kristal terbentuk.

Adanya kandungan baik di dalam tanaman ini bakal menjadi pencegah dari proses terbentuknya segala batu endapan. Pertumbuhan endapan kalsium pun bakal mampu dihambat berkat bantuan senyawa di dalam meniran hijau ini. Bahkan kristal-kristal juga selalu terjaga untuk terus terurai pada urine. Studi lain di India telah menyatakan pula bahwa kristal batu ginjal dapat dilarutkan sampai 56,8 persen oleh air ekstrak dari meniran hijau ini.

(Baca juga: pengobatan batu ginjal)

15. Daun Keji Beling

Meski namanya sedikit asing, daun keji beling ini sudah cukup banyak dan sering dimanfaatkan sebagai solusi banyak penyakit kronis. Tumbuhan perdu satu ini dikenal memiliki sifat antisipilis, anti-mikroba, antioksidan, serta anti-diabetes. Di dalam daun ini pun ada kandungan zat kalium yang bakal membantu proses pelarutan batu sehingga tak salah bila Anda memilih bahan ini untuk dijadikan obat herbal.

  • Caranya: Dalam menyembuhkan batu ginjal, Anda membutuhkan daun keji beling sebanyak 7 lembar, daun kumis kucing 40 lembar, meniran 5 batang, serta kunyit 1 potong rimpang saja. Seluruh bahan perlu dibersihkan lebih dulu sebelum akhirnya dapat Anda rebus bersama 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minumlah setelah air rebusan ini menjadi dingin; sehari 3 kali setiap hari adalah konsumsi yang dianjurkan.
Sponsors Link

16. Tanjung

Sebuah penelitian dilakukan pada tikus di India di mana tikus sudah dirangsang lebih dulu untuk dapat membentuk batu ginjal. Kemudian tanaman tanjung pun digunakan dengan mengambil bagian ekstrak alkoholnya yang ternyata dapat diandalkan untuk mengurangi potensi pembentukan batu ginjal. Bahkan tanaman ini diketahui mampu mengurangi kadar asam urat, ureum serta kreatinin pada darah.

17. Cuka Sari Apel

Ketika ciri-ciri batu ginjal sudah kelihatan atau dirasakan, cuka sari apel merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Karena mampu melarutkan batunya, cuka sari apel ini dipercaya efektif untuk mengobati batu ginjal hingga tuntas.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel yang organik 2 sendok makan saja, lalu masukkan dan campurkan ke dalam air hangat sebanyak 1 cangkir saja. Tambahkan pula madu murni sebanyak 1 sendok teh, barulah Anda Anda mengonsumsinya supaya batu cepat larut dan keluar. Obat herbal ini lebih sesuai digunakan bila ukuran batu masih terbilang kecil.

(Baca juga: gejala kencing batu)

18. Daun Sendok

Penelitian yang dilakukan di Malaysia telah membuktikan adanya senyawa terpenoid di dalam ekstrak daun sendok. Senyawa inilah yang dipercaya punya kemampuan besar untuk membuat pembentukan kristal kalsium oksalat lebih lambat dan terhambat. Hanya saja, memang masih harus ada penelitian lanjutan atau uji klinis untuk ekstrak tanaman ini sebagai obat batu ginjal.

19. Minyak Zaitun dan Jus Lemon

Kedua bahan ini patut untuk Anda kombinasikan karena minyak zaitun sendiri adalah bahan alami yang menyehatkan tubuh. Jeruk lemon pun adalah buah yang mengandung vitamin C super tinggi sehingga kandungan antioksidannya sudah tak usah ditanya lagi. Belum lagi adanya senyawa asam sitrat pada lemon bakal mendukung proses pemecahan dan pelarutan batu ginjal.

Dengan kedua bahan ini jugalah, Anda bakal mampu menghambat perkembangan batu ginjal menjadi lebih besar. Anda hanya perlu mencampur ¼ cangkir jus dan minyak zaitun dengan ukuran masing-masing disamakan, lalu bisa langsung diminum. Dalam sehari, Anda perlu meminumnya 3 kali dan lakukan pengobatan ini setiap hari sampai batu sungguh-sungguh larut dan berhasil keluar.

(Baca juga: tanda-tanda batu ginjal)

Demikianlah daftar obat herbal batu ginjal ampuh yang bisa Anda coba sendiri manfaatnya. Sebelum lebih berbahaya, batu ginjal harus diatasi sedini mungkin saat gejala sudah mulai tampak.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 12th, October 2016 / 13:02 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal