Sponsors Link

8 Minuman Penyebab Gagal Ginjal Akut

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ vital pada setiap tubuh manusia dan terdiri dari 2 bagian. Ginjal memiliki peran sebagai pembersih darah dan penjaga keseimbangan mineral serta garam di dalam darah. Tekanan darah juga dapat dikendalikan berkat ginjal, jadi bisa dibayangkan ketika ginjal mengalami gagal fungsi atau kerusakan yang efeknya pasti berdampak pada seluruh tubuh.

ads

Ketika ginjal tak berfungsi dengan baik seperti terkena penyakit ginjal, penderita gagal ginjal tak akan mampu secara lancar melakukan buang air kecil. Bila diabaikan, tubuh bakal hilang keseimbangannya dan bisa cepat lelah pula dalam menjalani segala kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Untuk itulah, Anda perlu mengenali setiap minuman penyebab gagal ginjal akut seperti di bawah ini.

(Baca juga: ciri-ciri gagal ginjal – jenis penyakit ginjal)

1. Kopi

Kafein merupakan zat yang berbahaya untuk organ ginjal, apalagi kalau sampai mengonsumsinya secara berlebihan. Kafein paling banyak dijumpai tentunya ada pada kopi dan banyak orang menggemari atau bahkan kecanduan kopi. Ada banyak orang yang seharinya bisa mengonsumsi beberapa cangkir kopi.

Asupan kafein yang terlalu banyak tak bagus untuk kesehatan, karena selain menjadi faktor penyebab dari tekanan darah tinggi, kafein juga bisa memicu gagal ginjal. Banyak juga yang sudah membuktikan bahwa kafein pada dasarnya pun menjadi penyebab batu ginjal sehingga ginjal rusak dan tak berfungsi. Oleh sebab itu, mulailah untuk membatasi asupannya 1 cangkir saja setiap hari.

2. Teh

Bicara tentang minuman yang menyebabkan gagal ginjal, jelas teh tak boleh ketinggalan karena kandungan kafeinnya pun cukup tinggi. Selain kopi, teh pun banyak dikonsumsi orang di mana dalam sehari bisa berkali-kali dan bergelas-gelas. Tampaknya memang nikmat, tapi hal ini tak baik untuk kesehatan ginjal Anda.

Kafein pada teh juga bisa menyebabkan infeksi di bagian organ ginjal, apalagi kalau mengonsumsinya secara berlebihan. Supaya mencegah kerusakan fungsi ginjal, lebih baik Anda mengimbangi minum teh dengan minum air putih juga 8-10 gelas seharinya. Setiap setelah minum teh, pastikan Anda minum air putih yang juga bisa mencegah bahaya dehidrasi.

(Baca juga: bahaya gagal ginjal)

3. Minuman Soda

Tak hanya kopi dan teh saja yang populer, tapi minuman bersoda alias minuman berkarbonasi juga banyak yang menggemari. Ada pula sebagian orang yang setiap sehabis makan malah memilih untuk minum air soda ketimbang air putih. Minuman bersoda yang tak diimbangi air putih maka bisa berakibat buruk bagi ginjal.

Kandungan gula pada minuman bersoda sangat tinggi dan itulah mengapa minuman ini menjadi salah satu pemicu sakit ginjal paling sering. Bahaya akibat kurang minum air putih dan kebanyakan minum minuman bersoda bisa merusak ginjal yang vital bagi tubuh. Soda murni malah jauh lebih aman karena hanya terdiri dari karbondioksida dan air saja dengan kandungan gula jauh lebih sedikit.

4. Minuman Berenergi

Sama halnya dengan minuman bersoda, minuman berenergi juga mengandung kadar gula sangat tinggi. Minuman energi juga termasuk di dalam kategori minuman berkarbonat sehingga bila terlalu berlebihan dalam mengonsumsi akan menjadikan ginjal kehilangan fungsinya karena mengalami kerusakan.

Minuman berenergi memang menawarkan energi lebih kepada pengonsumsinya ketika sedang loyo dan letih, namun bila setiap kali Anda mengandalkan minuman ini, maka yang terkena dampak negatifnya adalah ginjal. Apabila sudah menjadi kebiasaan, cobalah untuk membatasi dan juga konsumsilah minuman soda murni yang lebih aman. Imbangi pula dengan minum banyak air putih agar ginjal tak cepat rusak.

(Baca juga: tanda-tanda gagal ginjal – cara mencegah sakit ginjal)

Sponsors Link

5. Minuman Kemasan

Minuman kemasan tak jauh beda dari minuman berenergi maupun minuman bersoda karena kandungan gulanya tak kalah tinggi. Oleh karena itulah, banyak orang yang terlalu sering dan banyak mengonsumsi minuman kemasan akan mengalami gagal ginjal, obesitas atau bahkan juga diabetes.

Minuman dalam bentuk kemasan rata-rata juga banyak disukai anak-anak karena rasanya yang beraneka ragam dan manis sesuai dengan selera mereka. Namun bila tak memerhatikan konsumsinya, tak hanya berat badan yang bisa naik drastis, ginjal pun bisa rusak lama-kelamaan. Sah-sah saja untuk mengonsumsi minuman seperti itu, asalkan diimbangi dengan minum air putih secara rutin dan sesuai yang dianjurkan.

6. Susu

Bukankah susu adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi sehingga baik untuk tubuh dan tulang? Ya, hal itu tentu sudah tak usah dipungkiri lagi, tapi susu juga perlu Anda waspadai sebagai minuman yang dapat menyebabkan gagal ginjal dan batu ginjal.

Justru karena kandungan kalsiumnya yang super tinggi itulah yang cukup membahayakan juga bagi tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan. Kesehatan ginjal dapat terganggu saat Anda memenuhi asupan kalsium secara berlebih. Segala produk olahan susu pun sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi terlalu banyak, seperti roti susu dan keju karena mampu memengaruhi cara kerja ginjal.

(Baca juga: faktor penyebab gagal ginjal)

7. Minuman Coklat

Coklat sama seperti teh dan kopi yang mengandung kafein cukup tinggi sehingga meminum atau memakannya secara berlebih pun tak akan bagus untuk kesehatan ginjal. Asupan kafein yang terlalu banyak dari minuman coklat bisa menjadi penyebab kerusakan atau gagal ginjal. Ini karena kafein bisa memicu adanya infeksi pada organ tersebut.

Sponsors Link

Banyak orang sangat menyukai coklat karena menurut penelitian, coklat sangat efektif dalam meredakan stres. Namun ketika Anda mengonsumsinya secara berlebih dan terus-menerus, coklat dapat mengakibatkan kenaikan tekanan darah serta gula darah. Batasi asupannya dan imbangi pula dengan minum air putih setiap harinya 8-10 gelas agar ginjal tetap sehat.

8. Minuman Berpemanis Buatan

Minuman kemasan adalah contoh minuman yang banyak menggunakan pemanis buatan dan untuk itulah Anda dianjurkan untuk tidak terlalu sering dan banyak mengonsumsinya. Ginjal dapat terganggu akibat konsumsi minuman dengan pemanis buatan dalam kadar yang berlebihan. Kandungan kimia pada pemanis buatan sangatlah tinggi sehingga akan menyebabkan penyakit ginjal.

Demi mencegah agar ginjal tetap baik fungsinya, Anda sebaiknya meminum minuman manis yang dibuat dari campuran tebu atau madu murni. Manisnya memang manis alami, tapi tentu saja terjamin lebih aman ketimbang meminum minuman berpemanis buatan yang berkadar gula tinggi. Selain penyakit ginjal, tentu obesitas dan diabetes merupakan ancaman berikutnya.

(Baca juga: gejala gagal ginjal – pengobatan gagal ginjal)

Itulah sejumlah daftar minuman penyebab gagal ginjal paling umum yang Anda wajib waspadai takarannya saat mengonsumsi. Konsumsi secara berlebih tak baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama bagi kinerja organ ginjal. Ikuti tips diet sehat dan perbanyak minum air putih daripada minuman yang lain-lain agar organ tubuh tetap sehat dan baik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 30th, December 2016 / 02:30 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal