Sponsors Link

34 Makanan Penyebab Batu Ginjal untuk Diwaspadai

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan pada ginjal yang bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa menjadi penyebab sejumlah penyakit kronis. Sementara itu, perlu diingat lagi bahwa ginjal adalah organ vital tubuh manusia yang berperan dalam mengeluarkan sekaligus menjadi penyaring limbah dalam tubuh.

ads

Ketika pola makan dan minum kita tak terjaga dengan baik, maka ginjal pun bisa menjadi sasaran penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Batu ginjal tak terbentuk begitu saja, ada sejumlah makanan penyebab batu ginjal sekaligus juga sejumlah minuman yang patut untuk Anda tahu dan juga waspadai.

Baca juga:

  1. Sarden

Batu ginjal bisa terjadi atau terbentuk di dalam tubuh dikarenakan asupan makanan yang mengandung zat purin tinggi. Purin sendiri adalah senyawa organik yang memang dikenal baik dapat mendukung peningkatan aroma. Sarden adalah contoh sumber makanan yang kaya purin di mana jika Anda sudah berisiko tinggi terkena batu ginjal dan sering-sering mengonsumsinya, maka batu ginjal pun bisa terbentuk secara lebih mudah.

  1. Daging Merah

Daging juga merupakan makanan lainnya yang kelihatannya baik dan aman-aman saja namun mampu menaikkan risiko terkena batu ginjal. Daging merah merupakan makanan yang memang menjadi salah satu jenis makanan yang manusia perlu konsumsi supaya nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Hanya saja, penting juga untuk mengingat bahwa daging kaya akan protein yang bila dikonsumsi terlalu banyak tanpa diimbangi dengan diet sehat akan mampu menjadi pemicu gangguan kesehatan pada ginjal. Karena limbah protein tak mudah dibuang dari tubuh, ini akan memberikan tekanan pada ginjal dan akhirnya membentuk batu ginjal karena adanya kandungan asam urat tinggi juga.

  1. Minuman Berkarbonasi

Beberapa jenis minuman pun ada yang tak sebaiknya dikonsumsi berlebihan karena berisiko membentuk batu ginjal secara mudah di dalam tubuh. Minuman karbonasi adalah yang paling banyak diminati namun sangat perlu dibatasi. Bukan hanya batu ginjal, tapi risiko penyakit ginjal pun menjadi cukup besar karena konsumsi berlebihan akan minuman jenis ini.

Banyak orang yang belum tahu atau tak menyadari minuman apa saja yang termasuk di dalam kategori minuman karbonasi. Berikut ini adalah contohnya:

  • Minuman berenergi
  • Minuman soda
  • Minuman jus kemasan

Kelihatannya memang menyenangkan bukan menikmati minuman jus kemasan? Namun terlalu sering juga tak bagus untuk kesehatan ginjal apalagi kalau tak diimbangi dengan konsumsi air putih cukup.

(Baca juga: cara mencegah batu ginjalbahaya batu ginjal pengobatan batu ginjal)

  1. Garam

Garam merupakan kebutuhan tubuh setiap manusia juga, namun ketika terlalu berlebihan akhirnya dapat menjadi hal berbahaya bagi kesehatan. Makanan yang mengandung sodium tinggi memang banyak digemari, namun sayangnya hal ini mampu mengancam kesehatan tubuh.

Sodium yang biasanya ada dalam garam akan memperbesar potensi menderita batu ginjal karena asupan sodium yang sangat tinggi bakal menjadi pemicu kadar kalsium pada urine yang meningkat. Makanan-makanan di bawah inilah yang patut untuk Anda batasi mulai dari sekarang karena tinggi garam/sodium:

Sponsors Link

  • Sereal instan
  • Mie instan
  • Kacang-kacangan yang telah melalui proses diasinkan.
  • Saus
  • Kecap
  • Sosis
  • Ham
  • Nugget
  • Bacon
  • Makanan kaleng

Ada banyak kasus batu ginjal yang pembentukannya dipicu oleh kalsium yang terlalu banyak diasup oleh tubuh. Bukan lantas berarti kalsium harus sama sekali tak dikonsumsi karena pada dasarnya tubuh juga tetap memerlukan kalsium sebagai salah satu mineral penting yang melindungi dan menjaga kesehatan tulang.

Kalsium yang ada makanan tak akan membuat risiko batu kalsium oksalat meningkat, ini semua karena kalsium pada saluran pencernaan berpotensi besar untuk memiliki ikatan dengan oksalat yang berasal dari makanan. Hal inilah yang diduga mampu menjadi pencegah oksalat untuk masuk ke aliran darah serta saluran kencing sehingga tak memicu pembentukan batu ginjal.

Untuk yang sudah positif menderita batu kalsium oksalat, jangan ragu untuk tetap mengonsumsi kalsium karena tubuh tetap membutuhkan mineral ini untuk tulang dan gigi. Demi keamanan kesehatan Anda, cobalah konsultasikan dengan dokter tentang kadar asupan yang benar. Pada umumnya, orang-orang yang pernah menjadi penderita batu ginjal akan mengonsumsi setidaknya 800 mg/hari.

ads
  1. Makanan yang Mengandung Oksalat

Batu ginjal dapat terbentuk karena terbiasa juga mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan oksalat. Oksalat sendiri sebetulnya dihasilkan oleh tubuh kita sendiri, yakni dari hasil sampingan pemecahan vitamin C. Tapi masalahnya, jumlah oksalat pada urine kita akan meningkat ketika terus-menerus mengonsumsi makanan kaya oksalat.

Oksalat yang terlalu banyak jumlahnya kemudian mampu menjadi dengan kalsium dan akhirnya justru memicu pembentukan batu kalsium oksalat. Itulah alasan mengapa Anda perlu mulai mempertimbangkan untuk membatasi makanan-makanan beroksalat tinggi di bawah ini:

  1. Pemanis Buatan

Pemanis buatan memang membuat makanan atau minuman menjadi jauh lebih nikmat, namun sakarin atau jenis pemanis buatan lainnya mampu menaikkan potensi Anda menderita batu ginjal. Ingat bahwa di dalam pemanis buatan ada kandungan kimia yang dapat menyebabkan batu ginjal maupun penyakit ginjal. Alangkah lebih disarankan untuk menggantinya dengan tebu atau madu yang lebih alami.

  1. Kafein

Bukan hanya tekanan darah tinggi saja yang mampu disebabkan oleh konsumsi kafein yang berlebih, melainkan juga batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya. Kafein tak hanya mendukung pembentukan batu ginjal, tapi juga ikut menjadi penyebab munculnya infeksi di bagian ginjal.

Tanpa diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, kafein mampu membuat Anda menderita sakit ginjal. Kasus kerusakan ginjal sudah cukup banyak di mana penyebabnya juga banyak yang dikarenakan konsumsi kafein tanpa minum air putih yang banyak setiap harinya.

Contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi dan teh di mana teh ini juga masih termasuk di dalam makanan/minuman yang mengandung oksalat tinggi. Kafein memang menjadi hal utama yang akan dicari ketika ingin begadang, namun terlalu sering hanya akan merugikan diri sendiri, terutama organ ginjal Anda.

(Baca juga: perbedaan sakit ginjal dan batu ginjalcara mencegah penyakit ginjalpantangan batu ginjal)

  1. Karbohidrat Murni

Pembentukan batu ginjal tak hanya terjadi karena zat purin atau kalsium yang menumpuk bersama pada urine. Karbohidrat murni pun bisa menjadi penyebab secara tak langsung. Batasilah makanan-makanan berkarbohidrat murni seperti:

  • Tepung halus
  • Gula
  • Nasi putih
Sponsors Link

Membatasi makanan-makanan tersebut adalah cara tepat agar batu ginjal tak mudah terjadi. Ini karena karbohidrat murni mengandung insulin yang cukup tinggi di mana inilah yang memicu infeksi saluran kencing dan otomatis berpotensi juga membentuk batu ginjal.

  1. Produk Susu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalsium mampu menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Kalsium merupakan mineral paling tinggi di dalam produk susu dan itulah mengapa susu menjadi sumber makanan yang sangat dianjurkan untuk menyehatkan tulang serta gigi. Kalsium berlebih dari susu juga bisa berbahaya untuk kesehatan ginjal Anda. Berikut ini adalah produk-produk susu yang bisa dibatasi:

  • Roti susu
  • Susu
  • Keju
  1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebih bukan hanya mengancam kesehatan sistem saraf otak, melainkan juga bisa membuat ginjal dan hati mengalami kerusakan. Fungsi normal ginjal yang penting bagi kelangsungan hidup kita dapat terganggu oleh efek alkohol.

Risiko batu ginjal dapat meningkat karena mengonsumsi alkohol dalam takaran yang berlebihan. Oleh karena itu, supaya batu ginjal tak gampang terbentuk karena konsumsi alkohol, imbangi dengan mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar ginjal tetap sehat. Batasi konsumsinya lebih dulu kalau Anda belum bisa menghentikan kebiasaan minum secara langsung.

Baca juga:

Demikianlah sejumlah daftar makanan penyebab batu ginjal yang kiranya masuk di dalam daftar makanan dan minuman untuk dibatasi mulai dari sekarang jika Anda rentan terkena batu ginjal.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 07th, July 2017 / 02:22 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal