Sponsors Link

20 Kebiasaan Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya

ads

Ginjal sudah tak diragukan lagi adalah organ penting pada setiap tubuh manusia di mana fungsinya adalah sebagai penyaring darah, pembuang toksin, penetral zat asam, penyerap mineral, penghasil urine, dan penghasil hormon. Itulah mengapa ketika ginjal tak terjaga dengan baik, maka fungsi-fungsi tersebut menjadi turun atau bahkan hilang.

Kerusakan ginjal dapat terjadi pada siapapun di mana ini bukanlah hal yang secara tiba-tiba. Ada berbagai kebiasaan penyebab gagal ginjal yang patut Anda ketahui agar dapat mengatasi berdasarkan dari penyebabnya. Kebiasaan-kebiasaan di bawah inilah yang dianggap wajar bagi sebagian orang yang padahal bisa merusak kesehatan ginjal sedikit demi sedikit.

(Baca juga: faktor penyebab gagal ginjal)

1. Konsumsi Minuman Beralkohol Terlalu Sering dan Banyak

Mengonsumsi minuman beralkohol sesekali saja tidak akan menjadi masalah, namun ketika terlalu sering dan pada kadar yang berlebihan, maka hal ini mampu mengancam kesehatan pengonsumsinya. Di luar sana bahkan ada minuman keras oplosan yang kita tidak tahu bahan-bahan apa yang sudah dicampur.

Tips: Ingat akan bahaya minuman keras bagi kesehatan agar Anda mampu membatasinya.

2. Kurang Minum Air Putih

Banyak orang malas untuk minum air putih terlalu banyak dan justru memilih untuk mengonsumsi minuman-minuman ringan dan manis. Padahal ketika tubuh tak mendapatkan asupan cairan cukup (8-10 gelas per hari), limbah racun yang ada di dalam tubuh bakal menimbun dan tak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Faktor ini jugalah yang menjadi pemicu kerusakan ginjal, khususnya pemicu gagal ginjal.

Tips: Mulailah untuk memiliki kebiasaan minum air putih cukup, yakni sesuai anjuran dan idealnya, 8-10 gelas atau 2 liter per hari.

3. Konsumsi Protein Hewani Terlalu Banyak

Protein hewani yang paling umum dan banyak dikonsumsi adalah daging merah di mana sebetulnya asupan terlalu banyak malah akan membuat beban metabolisme ginjal menjadi meningkat. Ginjal harus bekerja lebih keras ketika asupan protein yang dimasukkan ke dalam tubuh lebih banyak.

Tips: Gagal ginjal dapat terjadi dikarenakan ginjal mulai rusak di mana awal penyebabnya adalah dari konsumsi protein hewani berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk memperoleh protein berkualitas dari berbagai macam makanan, termasuk juga protein nabati. Jumlahnya pun diusahakan untuk seimbang dan cukup sebab protein amat penting bagi tubuh.

(Baca juga: cara mencegah sakit ginjal)

4. Konsumsi Garam Berlebihan

Supaya tubuh mampu menjalankan fungsi dengan lancar, maka garam dan natrium tentunya dibutuhkan. Hanya saja, asupan garam berlebihan juga bukan ide yang bagus untuk kesehatan. Selain asupan berlebih mampu menyebabkan tekanan darah tinggi, kebiasaan makan makanan asin bisa membebani ginjal.

Tips: Penting untuk kita semua ketahui di sini bahwa tekanan darah yang ada pada organ ginjal pada dasarnya justru lebih tinggi ketimbang tekanan darah pada tubuh secara menyeluruh. Mengonsumsi garam secara benar dan sehat itu adalah di bawah 5 gram per harinya sehingga Anda perlu mulai membatasi.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri Berlebihan

Ada sebagian orang yang dengan mudahnya mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri ketika merasakan sakit atau nyeri sedikit saja. Apabila nyerinya tak begitu menyiksa, jangan lantas sedikit-sedikit langsung meminum obat semacam ini. Gejala gagal ginjal dapat lama-lama muncul ketika Anda terbiasa minum obat ini.

Tips: Contoh obat yang paling banyak dikonsumsi dari jenis penghilang nyeri adalah aspirin dan obat jenis ini mampu menjadi penyebab kerusakan parah tak hanya di ginjal, tapi juga pada organ hati. Terbiasa mengandalkan obat pereda nyeri tidaklah baik, jadi kalau memang Anda merasa tak nyaman akan kondisi nyeri tertentu, ke dokter dan konsultasikanlah.

(Baca juga: obat ginjal bengkak)

6. Kurang Asupan Mineral dan Vitamin

Makan sembarangan tampaknya sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di dunia ini. Tanpa peduli apakah makanan/minuman yang dikonsumsinya kaya akan nutrisi atau tidak, orang-orang hanya akan berfokus pada apakah rasa makanan/minuman itu enak dan mengenyangkan.

sponsored links

Rupanya makanan bersih, enak dan memuaskan saja tidaklah cukup, karena Anda perlu vitamin dan mineral dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika organ dalam tubuh kita mengalami defisiensi mineral dan vitamin, maka ginjal juga akan ikut terkena dampak buruknya. Hal ini bakal menaikkan risiko gagal ginjal, apalagi kalau sampai:

7. Sering Menahan Kencing

Karena sedang tanggung mengerjakan pekerjaan, kerap kali saat hasrat untuk buang air kecil datang justru malah ditahan. Mungkin menahan kencing bukan hanya menjadi kebiasaan yang disebabkan oleh kesibukan pekerjaan. Alasan lain yang paling sering adalah dikarenakan sedang berada di tengah perjalanan. Menahan kencing rupanya bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal dan meningkatkan potensi terkena gagal ginjal. Keluarnya urine yang ditahan justru bisa menekan ginjal dan membuatnya terbeban.

Tips: Kebiasaan dalam jangka panjang seperti ini bakal menyebabkan batu ginjal dan inkontinensia juga sehingga Anda perlu segera ke kamar mandi bila memang sudah terasa ingin buang air kecil.

(Baca juga: gejala infeksi ginjal)

8. Minum Kopi Berlebihan

Seperti halnya garam dan alkohol, segala sesuatu yang asupannya terlalu berlebihan mampu membahayakan kesehatan tubuh. Kopi yang berlebihan pun tak hanya menjadi faktor peningkat potensi tekanan darah tinggi serta jenis-jenis penyakit jantung. Tekanan tambahan pada ginjal pun dapat disebabkan oleh konsumsi kopi berlebih. Banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi terlalu banyak dalam sehari karena menganggap bahwa kopi mampu menambah tenaga. Padahal sebetulnya, konsumsi kopi yang berlebihan mampu merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

Tips: Konsumsi kopi sah-sah saja, tapi ketahui takaran yang tepat supaya justru bisa bermanfaat untuk tubuh.

9. Minum Teh Berlebihan

Sama dengan kopi, teh adalah sejenis minuman berkafein tinggi di mana jika berlebihan dalam konsumsinya malah bisa meningkatkan risiko penyakit, tak terkecuali gagal ginjal. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian kopi, bahaya teh bagi kesehatan pun sama saja di mana kalau terlalu banyak dan sering bisa merusak organ ginjal.

10. Sering Begadang dan Kurang Tidur

Sangat penting bagi setiap orang untuk memperoleh kualitas tidur yang baik dan cukup, yakni per malamnya 7-9 jam. Ketika seseorang mengalami yang namanya kurang tidur kronis, penyakit ginjal seperti gagal ginjal pun akan membayangi. Malam hari adalah waktunya tidur dan saat tidur adalah waktunya bagi proses perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, tak terkecuali bagian ginjal.

(Baca juga: pantangan gagal ginjal kronik)

11. Konsumsi Gula Berlebihan

Tak hanya menjadi penyebab diabetes atau kadar gula darah naik, konsumsi gula yang terlalu sering dan banyak bakal meningkatkan pula risiko gagal ginjal. Telah dibuktikan oleh sebuah studi ilmiah bahwa seseorang yang mengonsumsi 2 atau lebih minuman manis per harinya bisa menghasilkan protein pada urine.

Urine dengan kandungan protein dikenal sebagai tanda awal dari kondisi ginjal yang mengalami kerusakan. Tanda bahwa ginjal tidak sehat salah satunya adalah ketika protein keluar bersama urine di mana ini artinya ginjal tak berfungsi maksimal seperti seharusnya.

12. Mengabaikan Infeksi Umum

Saat tubuh terkena penyakit flu dan radang tenggorokan, biasanya hal ini dianggap ringan sehingga banyak penderitanya yang bakal membiarkan kondisi ini begitu saja. Penyakit ini tampak sederhana, tapi bila dibiarkan juga bakal membuat tubuh super lelah.

Tips: Ketika kondisi-kondisi semacam ini tak diobati segera, apalagi membiarkan dalam waktu lama ditambah kurangnya cairan tubuh dan istirahat, risiko gagal ginjal pun menghantui. Maka obati dan dapatkan istirahat cukup.

13. Terlalu Sering Minum Obat Kimia

Bukan hanya obat jenis anti nyeri saja yang perlu dikhawatirkan mampu menaikkan risiko gagal ginjal. Obat kimia apapun bila diminum terlalu sering bakal membahayakan organ ginjal. Perlu diketahui bahwa obat-obat kimia dapat memberikan berbagai efek samping yang buruk bagi tubuh, khususnya apabila diminum tanpa resep dokter.

Tips: Tak hanya menyebabkan gagal ginjal, kerusakan hati pun adalah ancaman; jadi mengapa tak mencoba beralih ke obat herbal saja?

Sponsors Link

14. Kurang Olahraga

Aktivitas fisik yang kurang ternyata juga bisa menjadi peningkat risiko gagal ginjal. Jadi untuk memberikan perlindungan bagi ginjal, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur.

Tips: Olahraga yang ringan-ringan saja akan jauh lebih baik, seperti berjalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, atau peregangan setiap hari.

15. Merokok

Tak usah diragukan lagi kalau merokok adalah kebiasaan yang mampu mengancam hidup seseorang. Bahaya merokok bagi kesehatan termasuk sangat besar dan kegiatan ini pun dihubung-hubungkan dengan arthrosclerosis, yakni pengerasan dan pembuluh darah sehingga memengaruhi suplai darah yang seharusnya terkirim ke seluruh organ tubuh.

Tips: Fungsi ginjal otomatis bakal ikut menurun karena kebiasaan ini, jadi tak salah bila Anda memutuskan untuk membatasi atau langsung berhenti.

(Baca juga: cara mencegah sakit buah pinggang)

16. Minum Minuman Bersoda Berlebihan

Minuman manis, minuman beralkohol dan minuman berkafein adalah contoh minuman-minuman yang sebetulnya tak masalah untuk dikonsumsi, asalkan kadar konsumsinya tepat dan tidak berlebihan. Kebiasaan minum minuman bersoda setiap hari dan terlalu berlebihan mampu merusak fungsi ginjal di mana ginjal tak lagi mampu melakukan penyerapan nutrisi apalagi menyaringnya dengan lancar.

17. Minum Obat Tidak secara Rutin

Ketika seseorang sudah memiliki gangguan kesehatan berupa diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi, kedua kondisi ini mampu memicu gagal ginjal. Jadi, potensi kerusakan fungsi ginjal dapat meningkat ketika Anda:

  • Melewatkan konsumsi obat diabetes.
  • Melewatkan konsumsi obat darah tinggi.

Tips: Maka dari itu, lindungilah organ-organ tubuh Anda yang vital dengan meminum obat yang sudah diresepkan dokter.

18. Tidak Mengecek Kadar Tekanan Darah

Banyak orang mengabaikan kadar tekanan darah dan membiasakan diri untuk tidak peduli. Anda perlu tahu bahwa tekanan darah tinggi dapat menjadi pemicu dari kerusakan ginjal, termasuk juga bahaya gagal ginjal.

Tips: Melakukan pengecekan kadar tekanan darah secara rutin bakal membantu dalam mengurangi potensi terkena gagal ginjal.

(Baca juga: makanan sehat untuk ginjal)

Kebiasaan-kebiasaan penyebab gagal ginjal ini adalah yang paling kerap dilakukan dan paling dianggap wajar. Kurang asupan air putih adalah kebiasaan paling buruk bagi kesehatan ginjal, jadi mulailah untuk menjalani hidup sehat dari sekarang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 15th, February 2017 / 13:08 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal