Sponsors Link

18 Gejala Gagal Ginjal Akut dan Kronis

ads

Gejala gagal ginjal harus diketahui oleh masyarakat luas agar bisa mendapatkan penanganan medis dengan segera. Ginjal meruupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Organ ini bisa mengalami berbagai macam gangguan bahkan mengalami disfungsi saat organ ini mengalami kerusakan. Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit ginjal yang ditandai dengan kegagalan ginjal dalam menjalankan fungsinya. Fungsi ginjal ada beragam, salah satunya adalah menyaring darah dalam urin agar tidak ikut dikeluarkan bersamaan dengan urin. Ginjal letaknya ada di bagian belakang perut tepatnya di kedua sisi belakang perut kanan maupun perut kiri. Kadang orang banyak yang tidak menyadari jika diirnya mengalami penyakit gagal ginjal. Berikut ini adalah gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai bagi kita semua :

  1. Nyeri Punggung Belakang

Ciri umum dari gejala gagal ginjal nyeri punggung di bagian belakang. Nyeri punggung di bagian belakang itu bisa berada di punggung kiri belakang maupun punggung kanan belakang. Nyeri punggung itu tidak akan menghilang dalam waktu yang lama. Jika sudah begini anda harus segera melakukan konsultasi kepada dokter umum.

Baca : Pengobatan gagal ginjalTanda tanda gagal ginjal

  1. Sering Buang Air Kecil

Gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah penderita sering kencing. Sayangnya sering kencing ini bukanlah tanda umum dari orang yang mengalami gagal ginjal. Sering kencing juga bisa menjadi tanda dari orang yang terkena diabetes. Ginjal yang tidak berfungsi dengan sempurna membuat orang tidak mampu menahan urin. Akibatnya dia akan sering buang air kecil pada saat siang hari maupun saat malam hari.

Baca : Obat herbal untuk diabetes –  Cara menurunkan gula darah tinggi

  1. Warna Urin Berubah

Fungsi ginjal salah satunya adalah menghasilkan urin. Oleh sebab itu saat ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya urin menjadi objek pengamatan saat pemeriksaan ginjal. Salah satu tanda atau gejala dari gagal ginjal adalah urin mengalami perubahan warna. Perubahan warna urin misalnya saja adalah urin orang yang ginjalnya normal berwarna kuning, sedangkan urin orang yang sudah terkena penyakit gagal ginjal, urinnya akan berubah menjadi keruh. Biasanya orang yang terkena gagal ginjal atau infeksi ginjal, warna urinnya menjadi kuning kecoklatan bahkan bisa menyerupai seperti warna soda. Tidak hanya itu saja, urin yang kerun dan kecoklatan pun bisa menjadi tanda penyakit ginjal lainnya misalnya saja adalah infeksi ginjal dan ginjal terkena virus. Ada yang mengatakan bahwa ginjal yang sehat akan mengeluarkan air seni berwarna kuning jernih. Memang ginjal yang sehat ditandai dengan warna urin yang kuning jernih namun air yang diminum mempengaruhi warna urin yang dikeluarkan.

Baca : Penyebab urin berwarna kuningMakanan yang rendah purin

  1. Urin Berbusa

Tanda penyakit gagal ginjal lainnya adalah urin yang berbusa. Sebenarnya penyebab air seni berbusa ini beragam dan salah satunya merupakan gejala dari gagal ginjal. Air seni yang berbusa bukanlah suatu kondisi yang normal namun merupakan tanda yang tidak normal. Penyebab lainnya dari air seni yang berbusa adalah buang air kecil dengan kecepatan yang tinggi, air seni orang yang mengalami dehidrasi, infeksi saluran kemih, adanya protein dalam urin, gejala gagal ginjal dan yang terakhir adalah hasil ejakulasi darii urin.

Baca : Fungsi tes urinAir seni berbusa

  1. Darah di Dalam Urin

Fungsi ginjal yang terganggu menyebabkan ginjal tidak bisa menyaring darah dalam urin secara sempurna, akibatnya saat buang air kecil urin yang ada di dalam tubuh manusia disertai dengan darah. Darah di dalam urin tidak boleh diepelekan, orang yng mengalaminya harus segera mendapatkan penanganan medis dengan segera. Selain menjadi salah satu gejala gagal ginjal, darah di dalam urin ini menjadi tanda seseorang mengalami batu ginjal.

Baca : Tanda tanda batu ginjalPerbedaan sakit ginjal dan batu ginjal

sponsored links
  1. Pembengkakan

Ciri khusus dari penyakit gagal ginjal adalah munculnya pembengkakan. Pembengkakan tersebut akibat penumpukan cairan di dalam tubuh penderita ginjal. Orang yang menderita gagal ginjal pembengkakan itu ada di bagian tubuhnya dan juga di bagian tungkainya. Fungsi ginjal adalah mengeluarkan cairan hasil sisa metabolisme tubuh manusia. Jika hasil sisa metabolisme itu tidak bisa dikeluarkan akibatnya metabolisme itu justru akan disimpan di dalam tubuh. Tubuh pun mengalami pembengkakakan. Jika ada yang mengalami gejala pembnegkakan tersebut sebaiknya segera diperiksakan ke dokter apakah pembengkakan tersebut murni karena penyakit gagal ginjal atau karena penyakit lainnya. Diagnosa yang tepat akan membuat pengobatan efektif untuk dilakukan. Jika diagnosa yang dilakukan salah, pengobatan pun menjadi meleset dan tidak efektif lagi untuk dilakukan.

  1. Mudah Lelah

Orang yang mengalami gagal ginjal sangat tidak dianjurkan untuk kelelahan sebab fisiknya mudah lemah. Tidak hanya itu saja, mudah lelah pun menjadi tand bahwa orang tersebut mengalami gagal ginjal. Memang gagal ginjal adalah penyakit yang kasat oleh mata, ketika belum parah, banyak orang yang tidak sadar bahwa penyakit yang dialaminya adalah gagal ginjal. Ginjal akan bekerja keras setiap harinya, ginjal juga akan memproduksi urin. Tidak hanya itu saja ginjal juga bekerja untuk membuat erythropoietin sejenis hormon yang berguna untuk memproduksi sel darah merah. Ketika ginjal rusak maka produksi hormon tersebut pun menjadi menurun sehingga produksi sel darah merah menjadi berkurang, tubuh juga akan kekurangan sel darah merah. Orang yang menderita gagl ginjal biasanya disertai dengan anemia. Oleh sebab itu pihak medis harus mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan seseorang menjadi anemia. Apakah karena kekurangan zat besi atau justru karena penyakit gagal ginjal.

Baca : Obat anemia aplastikBahaya kopi untuk penderita anemia

  1. Nyeri Otot

Tanda gagal ginjal lainnya adalah penderita ginjal itu akan merasakan nyeri otot. Hal itu dikarenakan adanya ketidakseimbangan elektrolit yang ada di dalam tubuh menyebabkan penderita gagal ginjal itu mengalami kelemahan otot. Mereka akan sering merasakan nyeri terutama di bagian tungkai. Untuk berjalan saja mereka merasakan kepayahan. Ditambah lagi dengan pembengkakan yang ada di tungkai membuat penderita gagal ginjal hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Baca : Gejala sakit ginjal pada wanitaPenyebab radang ginjal

  1. Kulit Terasa Gatal

Ciri khusus dari sakit ginjal ini adalah penderitanya merasakan gatal gatal di seluruh tubuh. Gatal gatal yang dialami oleh orang yang menderita sakit ginjal ini biasanya tidak bisa diredakan menggunakan obat gatal biasa. Ginjal bertugas sebagai pengambil partikel limbah yang ada di dalam darah manusia. Ketika ginjal tidak berfungsi hasil limbah di dalam darah manusia akan menyebar ke kulit dan imbah tersebut justru akan menyebabkan kulit terasa gatal. Tidak hanya itu saja, rasa gatal itu akan menyebabkan bercak gatal di atas kuit dan menyebar di daerah tungkai, punggung, kepala dan juga di dada manusia. Gatal yang sangat parah itu menjadi penyebab rasa tidak nyaman dan bisa membuat pasien tidak bisa melakukan kegiatan sehari hari. Krim atau oat gatal yang dijual bebas di pasaran tidak akan mampu meredakan rasa gatal ini sehingga hanya dokterlah yang mampu mengatasi gatal gatal ini.

Baca : Cara menghilangkan gatal di kulit kepalaPenyebab mata merah dan gatal

  1. Tidak Nafsu Makan

Gejala gagal ginjal lainnya yang menjadi ciri khusus dari pasien gagal ginjal adalah tidak nafsu makan. Tidak nafsu makan ini bukan disebabkan oleh keinginan tidak ingin mengkonsumsi makanan namun lebih di dorong pada orang tersebut ingin mengkonsumsi makanan yang disukainya namun mulutnya berasa logam. Mulutnya menjadi penyebab mengapa semua masakan yang dikonsumsi terasa busuk. Rasa busuk yang ada di dalam mulut penderita ginjal adalah akibat dari uremia. Uremia merupakan tahap akhir dari penyakit gagal ginjal.

Saat gagal ginjal sudah memasuki tahap parah, dia akan mengalami uremia ini. Limbah yang ada di dalam tubuh penderita ginjal sudah menumpuk dan gejala yang bisa terjadi adalah mulut merasakan tidak enak. Mulut terasa tidak enak itu seperti ada logam yang ada di dalam mulutnya. Semua makanan yang dicampurkan logam maupun minuman yang dicampurkan dengan logam pasti rasanya akan menjadi berbeda, begitupula dengan apa yang dialami oleh penderita ginjal. Semua makanan dan minuman itu seperti berbau busuk dan rasanya busuk. Saat tidak nafsu makan penderita ginjal akan kehilangan nutrisi dan gizi yang sebenarnya dibutuhkannya. Jika sudah begitu tubuh penderita gaga ginjal akan semakin kurus dan tidak ada energi yang ada di dalam tubuhnya. Tubuh penderita gagal ginjal akan semakin lemas dan tidak ada dayanya.

  1. Mual dan Muntah

Gejala gagal ginjal yang sudah parah adalah orang tersebut akan sering mengalami mual dan muntah. Memang gagal ginjal dikategorikan menjadi dua macam yaitu akut dan kronis. Saat sudah menjadi gagal ginjal kronis kualitas hidup penderita pun semakin menurun. Memang penderita gagal ginjal yang akut tidak akan mengalami mual dan muntah, penderita gagal ginjal akut masih memiliki nafsu makan yang baik berbeda dengan penderita gagal ginjal yang sudah kronis. Penderita gagal ginjal kronis yang sudah mengalami uremia dia akan mudah sekali merasakan mual bahkan juga muntah. Semua makanan yang masuk ke dalam mulutnya semua berasa busuk dan terasa busuk. Ha tersebutlah yang menyebabkan penderita gagal ginjal kronis sering mengalami mual dan muntah.

Baca : Penyebab mual setelah mengkonsumsi kopiPenyebab mual saat naik mobil

  1. Gangguan Bernafas

Gejala gagal ginjal kronis yang perlu diwaspadai adalah gangguan bernafas. Gangguan bernafas bisa berupa kesulitan bernafas, nafas pendek dan juga nafas terengah engah. Gejala gagal ginjal ini merupakan gejala gagal ginjal yang lumayan parah. Saat penderita gagal ginjal mengalami gangguan pernafasan itu artinya paru parunya sedikit tidak bekerja. Salah satu faktor orang yang menderita gagal ginjal kesulitan bernafas dikarenakan par parunya terendam oleh cairan limbah tubuh. Bisa kita umpamakan orang yang sedang berenang, kemudian dia tenggelam. Dia meminum banyak air dan air itu telah merendam paru parunya. Paru paru yang seharusnya berisi udara justru terisi dengan air. Akibatnya adalah orang tersebut akan susah bernafas kemudian tidak bisa tertolong lagi. Orang yang mengalami gagal ginjal penting sekali untuk melakukan cuci darah. Cuci darah yang dilakukan itu berguna untuk menggantikan fungsi ginjal, sehingga limbah yang seharusya dikeluarkan bisa dikeluarkan dan tidak menumpuk di dalam tubuh manusia. Penumpukan cairan itu akan menganggu fungsi organ yang lainnya.

Baca : Nafas pendek dan beratObat sesak nafas karena maag

  1. Kemampuan Otak Melemah

Saat gagal ginjal, penderita akan mengalami berbagai macam masalah. Misalnya saja otot dan saraf otak yang melemah. Saraf dan kemampuan otak yang melemah akan diikuti dengan memori yang melemah, daya ingat yang menurun serta masih banyak lagi lainnya. Hal tersebut disebabkan kurangnya aliran darah menuju ke otak yang kurang lancar. Akibatnya gangguan memori otak, daya pikir otak dan konsentrasi pun akan menjadi menurun.

Baca : Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasiMakanan penambah daya ingat

  1. Kedinginan

Orang yang mengalami gejala gagal ginjal akan sering mengalami kedinginan. Pada saat cuaca panas pun orang yang mengalami gagal ginjal akan mengalami kedinginan. Kedinginan bahkan sampai menggigil itu disebabkan oleh perubahan suhu tubuh yang mendadak di dalam tubuh penderita ginjal. Pada penderita gagal ginjal kronis, kedinginan dan menggigil itu merupakan tanda bahwa penderita gagal ginjal mengalami perubahan suhu tubuh. Hal itu diperparah denan banyaknya limbah cairan yang menumpuk di dalam tubuh penderita gagal ginjal tersebut.

Baca : Penyebab hipotermia

  1. Nyeri Dada

Gejala gagal ginjal lainnya yang perlu diwaspadai adalah munculnya nyeri dada. Nyei dada bukanlah gejala gagl ginjal yang spesifik sebab nyeri dada juga dikaitkan dengan gejala penyakit yang lainnya. Nyeri dada pada penderita gagal ginjal banyak disebabkan oleh penumpukan cairan yang memenuhi rongga dada akibatnya penderita gagal ginjal itu akan merasakan dada sesak bahka terasa nyeri.

  1. Susah Tidur

Gejala gagal ginjal lainnya adalah susah tidur. Susah tidur ini diakibatkan oleh ketidaknyamanan yang sering dialami oleh orang yang menderita gagal ginjal. Misalnya saja adalah gatal gatal di seluruh badan, bengkak dan lain sebagainya. Kondisi psikis orang yang menderita gagal ginjal pun tidak tenang, dia khawatir dengan pengobatan yang dijalaninya. Memang orang yang menderita gagal ginjal tidak akan melalui pengobatan yang mudah. Cuci darah setiap minggu atau setiap bulan bukanlah perkara yang mudah untuk dilalui.

Baca : Penyebab susah tidur malam hariCara mengobati susah tidur

Sponsors Link
  1. Disfungsi Ereksi

Gagal ginjal yang dialami oleh pria menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi. Pria yang mengalami gagal ginjal akan kesulitan untuk ereksi dibandingkan dengan pria yang tidak mengalami gagal ginjal. Oleh sebab itu bagi pria yang belum terkena gagal ginjal, sayangi ginjalmu sekarang juga dengan menerapkan pola hidup sehat dan suka mengkonsumsi cukup air putih.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Orang yang mengalami gagal ginjal akan menyebabkan penderitanya mengalami tekanana darah tinggi. Hal itu dikarenakan saat seseorang mengalami gagal ginjal, produksi sel darah merah di dalam tubuhnya menurun. Jumlah sel darah merah yang sedikit itu akan membuat jantung bekerja keras untuk bisa mengalirkan darah yang sedikit itu ke seluruh tubuh, dengan tekanan yang tinggi jantung mencoba memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah penderita gagal ginjal sering tinggi.

Baca : Bahaya udang untuk penderita hipertensiBahaya daun singkong bagi penderita hipertensi

Itulah beberapa gejala gagal ginjal yang perlu untuk kita semua ketahui. Ginjal adalah organ yang vital bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu mari mulai sekarang juga kita jaga kesehatan ginjal kita masing masing agar ginjal sehat dan bisa berfungsi secara normal.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 26th, September 2016 / 12:46 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal