10 Gejala Awal Penyakit Ginjal dan Pencegahanya

Ginjal merupakan salah satu organ vital bagi tubuh manusia. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring darah yang selanjutnya akan disebarkan ke sleuruh bagian tubuh. Dalam proses penyaringan tersebut, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan juga mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Namun karena berbagai macam faktor (biasanya karena pola hidup tidak sehat) ginjal akan sangat rawan mengalami penurunan fungsi. Kerusakan ginjal bisa meliputi beberapa macam, di antaranya infeksi ginjal, gagal ginjal, kista ginjal, batu ginjal, bahkan kanker ginjal.

Namun sangat disayangkan gejala dari berbagai macam penyakit ginjal tersebut seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Untuk meningkatkan kewaspadaan sekaligus sebagai pedoman bagi anda untuk mengidentifikasi apakah anda menderita penyakit ginjal atau tidak berikut ini beberapa gejala awal dari penyakit ginjal.

1. Sulit Berkonsentrasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu fungsi ginjal adalah memisahkan darah dengan racun untuk selanjutnya racun yang telah dipisahkan dari darah akan dibuang keluar tubuh. Namun penurunan atau kerusakan fungsi ginjal sudah tentu akan mengganggu fungsi pemisahan racun tersebut. Apa akibatnya? Akibatnya tentu saja akan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh. Kondisi tersebut akan menyebabkan tubuh mudah lelah dan juga sulit untuk berkonsentrasi. Karena itulah jangan pernah menyepelekan kondisi tubuh jika anda merasa sulit berkonsentrasi.

(baca juga: penyebab orang jadi pelupacara meningkatkan konsentrasi)

2. Sulit Tidur

Gejala awal penyakit ginjal juga bisa ditandai dengan gejala sulit tidur ketika malam hari. Kondisi semacam itu sangat wajar terjadi ketika ada penumpukan racun di dalam tubuh. Bahkan kebanyakan penderita gangguan ginjal akan mengalami apnea tidur yang berujung pada gangguan tidur. Kondisi ini biasanya juga akan menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti obesitas dan juga diabetes karena sistem metabolisme tubuh akan terganggu ketika seseorang tidak memiliki istirahat yang cukup.

(Baca juga: penyebab tidak bisa tidurakibat kurang tidur)

3.Kulit Kering dan Gatal

Gejala awal lain dari penyakit ginjal adalah gangguan pada kulit, lebih tepatnya kulit kering dan gatal. Ginjal yang sehat normalnya akan bekerja dengan menghilangkan racun dari dalam tubuh, membantu memproduksi sel-sel darah merah, dan juga bekerja untuk tetap mempertahankan jumlah mineral yang tepat di dalam darah kita. Namun ketika ginjal mengalami kerusakan, jumlah mineral di dalam darah akan berkurang atau tidak mampu mencukupi kebutuhan tubuh kita. Kondisi tersebut sekaligus akan mengganggu keseimbangan nutrisi dan juga mineral di dalam darah. Jika hal tersebut terjadi maka sudah tentu akan berdampak buruk pada organ tubuh termasuk pada kulit. Kulit akan nampak kering karena kekurangan nutrisi. selain itu, penumpukan racun di dalam darah yang menumpuk di bawah kulit akan menyebabkan kulit gatal-gatal.

(baca juga: obat gatal-gatal)

4. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil terutama ketika malam hari juga menjadi gejala awal dari penyakit ginjal. Biasanya penderita gangguan ginjal akan sering buang air kecil pada malam hari namun dengan volume yang relatif sedikit. Dorongan untuk selalu buang air kecil tersebut terjadi karena filter yang ada di dalam organ ginjal mengalami kerusakan. Selain kerusakan ginjal, sering buang air kecil juga bisa menjadi gejala dari penyakit lain, seperti penyakit infeksi saluran kemih dan pembesaran prostat pada pria.


5. Kencing Berdarah

Gejala awal lainnya dari penyakit ginjal adalah urin yang bercampur dengan darah. Telah disebutkan di atas, ginjal berfungsi untuk memisahkan racun atau limbah-limbah dengan darah. Namun ketika filter ginjal mengalami kerusakan, darah yang seharusnya tetap disimpan di dalam tubuh justru bocor ikut keluar tubuh bersamaan dengan urin. Kondisi semacam itulah yang menyebabkan penderita gangguan ginjal akan mengalami kencing berdarah. Kencing berdarah biasanya menandakan adanya kerusakan ginjal berupa infeksi ginjal, batu ginjal, dan juga tumor ginjal.

6. Urin Berbusa

Apakah anda pernah mengalami suatu kondisi ketika urin yang anda buang berbusa (kondisi tersebut dapat diketahui ketika anda menyiram air kencing di toilet). Urin yang berbusa menandakan adanya protein di dalam urin. Adapun protein yang terkandung di dalam urin tersebut adalah albumin, protein yang bisa kita jumpai pada telur. Ginjal yang masih sehat normalnya akan menyimpan protein tetap di dalam tubuh. Kerusakan awal ginjal akan menyebabkan protein yang seharusnya disimpan di dalam tubuh justru bocor dan dibuang keluar tubuh bersama dengan urin.

7. Bengkak di Sekitar Mata

Pembengkakan di sekitar mata juga bisa menjadi gejala awal penyakit ginjal. Kondisi tersebut merupakan dampak dari banyaknya protein yang dibuang keluar tubuh bersama dengan urin. Jadi jika anda ingin mengetahui apakah tubuh kekurangan protein atau tidak anda bisa mengetahui dari lingkar mata anda. Jika lingkar mata anda membengkak bisa jadi kondisi tersebut karena tubuh kekurangan protein.

8. Pembengkakan pada Kaki

Gejala lain dari kerusakan ginjal yang paling mudah diidentifikasi adalah pembengkakan pada kaki. Penderita penyakit ginjal kebanyakan sering mengalami gejala ini. Jika kondisi tersebut terus berlanjut bisa jadi akan terjadi komplikasi yang menjalar ke organ jantung dan juga hati.

(baca juga: penyebab kaki bengkak)

9. Penurunan Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan memang bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun penderita gangguan ginjal biasanya akan mengalami gejala ini. Kondisi semacam ini muncul sebagai akibat dari penumpukan racun di dalam tubuh. Karena penurunan nafsu makan tidak selalu menandakan penyakit ginjal maka anda perlu memperhatikan gejala lain yang ditunjukkan oleh tubuh. Penurunan nafsu makan tersebut juga bisa terjadi karena rasa tidak nyaman di dalam tubuh.

(baca juga: cara meningkatkan nafsu makan)

10. Kram Otot

Fungsi ginjal yang tidak kalah penting adalah menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Fungsi ginjal yang terganggu secara otomatis akan menyebabkan elektrolit di dalam tubuh tidak seimbang. Salah satu elektrolit di dalam tubuh yang banyak menghilang adalah kalsium. Kekurangan kalsium akan menyebabkan kram otot.

Itulah beberapa gejala awal dari penyakit ginjal. Sebelum mengalami kerusakan sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk menjaga ginjal agar tetap sehat.

  • Mengkonsumsi makanan sehat bisa menjadi pilihan paling tepat. Pilihlah makanan yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh. Beberapa jenis asupan makanan yang disarankan seperti biji-bijian, sayuran, dan juga buah-buahan. akan lebih baik lagi jika anda mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak dan juga garam.
  • Mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Fungsi utama ginjal salah satunya adalah memastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Namun jika asupan cairan saja sudah kurang tentu ginjal akan kesulitan menjalankan tugas tersebut. Hasilnya ginjal akan mengalami kerusakan lebih cepat.
  • Hindari rokok dan juga minuman beralkohol. Minuman beralkohol dan juga merokok adalah dua kebiasaan buruk yang akan memperberat kerja ginjal. Kedua jenis kebiasaan buruk tersebut juga berpotensi besar menyebabkan kerusakan hati dan juga menyebabkan penyakit jantung.
  • Menjaga berat badan dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Rutin berolah raga akan membantu menjaga berat badan tetap ideal dan menghindarkan diri anda dari resiko obesitas. Selain itu, olah raga juga efektif untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih lancar sehingga racun-racun lebih mudah dibuang keluar tubuh.

Organ ginjal memang sangat penting. Kerusakan ginjal seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Karena itulah penting bagi anda untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan juga memperhatikan segala bentuk gejala yang ditunjukkan oleh tubuh. Jika tubuh mengalami berbagai macam gejala seperti yang disebutkan di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis.

, ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 20:51 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal