Sponsors Link

16 Ciri Ciri Gagal Ginjal Awal – Akut – Kronis

ads

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit kronis yang telah melewati beberapa tahap tertentu. Pada tahap awal biasanya gagal ginjal dimulai dengan kurangnya fungsi ginjal. Mungkin ginjal hanya berkurang fungsinya sekitar 20 persen saja. Namun karena tidak diperhatikan maka ginjal yang kurang berfungsi bisa menyebabkan kerusakan hingga mencapai 80 persen. Kondisi inilah yang disebut dengan masalah gagal ginjal. Gagal ginjal berarti juga bahwa ginjal sudah tidak mampu bekerja untuk menyaring semua cairan atau racun di dalam tubuh. Bahkan kondisi gagal ginjal bisa sangat parah karena terjadi akumulasi pada sistem peredaran darah.

Salah satu cara untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan melihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. Pengelolaan gejala yang muncul pada tahap awal bisa mencegah terjadinya gagal ginjal. Berikut ini ciri-ciri gagal ginjal yang perlu diperhatikan.

1. Perubahan Warna dan Pola Air Kencing

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring semua cairan dalam tubuh dan kemudian akan mengeluarkan lewat saluran kencing. Air kencing adalah zat buangan yang berasal dari tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah maka ada beberapa perubahan pola dan warna air kencing, seperti berikut ini.

  • Urin yang keluar memiliki banyak gelembung atau busa kecil hingga berat.
  • Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan untuk buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Urin yang keluar memiliki warna yang lebih pucat dan terlihat tidak sehat.
  • Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan sering buang air kecil dan dalam volume yang kecil.
  • Ada darah yang ditemukan pada urin.
  • Anda merasa seperti tertekan ketika buang air kecil, biasanya seperti rasa ingin mengejan karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.

Baca juga : Bahaya menahan kencingSering buang air kecilPenyebab sakit saat buang air kecilInfeksi saluran kencing

2. Tubuh Sangat Lelah

Ginjal memiliki sistem kerja yang memang sudah sangat teratur. Salah satunya adalah ginjal bisa membuat sebuah hormon yang disebut dengan nama eritropoietin. Ini adalah hormon yang bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah. Sel darah merah bekerja untuk metabolisme. Ketika ginjal gagal dalam membuat hormon ini maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga Anda akan merasa sangat lelah akibat tidak ada sel darah merah yang cukup untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah akan menyalurkan oksigen ke beberapa bagian termasuk otot dan otak. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal.

3. Tubuh Bengkak

Ciri awal gagal ginjal adalah tubuh yang akan mengalami pembengkakan. Kondisi bengkak bisa terjadi pada bagian pergelangan kaki, tangan, wajah dan betis. Kondisi ini disebabkan ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk dalam tubuh. Bersamaan dengan ciri selalu ingin buang air kecil dan volume yang sangat sedikit, maka gejala ini bisa menjadi lebih parah. Gejala ini juga sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang turun meskipun terlihat lebih gemuk.

4. Bau Mulut

Sponsors Link

Ketika ada banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh maka bisa menyebabkan Anda mengalami bau mulut yang tidak sedap. Kondisi inilah yang kemudian akan membuat mulut memproduksi banyak amonia dalam mulut. Biasanya gejala ini akan menjadi lebih buruk karena bau mulut menyebabkan lidah kehilangan kemampuan untuk mengecap rasa. Kemudian Anda mulai tidak menyukai beberapa makanan favorit dan bahkan berat badan akan terus menurun karena nafsu makan yang buruk.

Baca : Cara menghilangkan bau mulutPenyebab bau mulutPencegahan Bau MulutCara mengatasi bau mulut

5. Gatal dan Muncul Ruam Kulit

Ginjal memang memiliki fungsi untuk membuang semua racun dalam tubuh. Ketika ginjal memang sudah tidak kehilangan fungsinya maka bisa menyebabkan penumpukan limbah berlebihan dalam darah. Kondisi ini kemudian akan menjadi lebih parah karena limbah atau racun yang menumpuk menyebabkan gatal di sekujur tubuh dan muncul ruam kemerahan. Hal ini juga bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan mineral yang membuat jaringan kulit mengalami reaksi. Bahkan rasa gatal bisa dirasakan merasuk hingga ke bagian tulang, kulit yang mudah pecah dan luka yang terus muncul. Gejala ini membuat kondisi tubuh akan semakin melemah yang berarti sudah terlalu banyak racun dalam darah.

6. Gangguan Pencernaan (Mual dan Muntah)

Gangguan pencernaan seperti keinginan untuk mual dan muntah memang akan sering muncul. Gejala ini biasanya disertai dengan bau mulut yang sangat kuat. Gejala bau mulut yang cukup berat bisa menyebabkan mulut menjadi tidak nyaman. Tubuh penderita akan lebih terasa lemah karena nafsu makan juga akan menurun drastis. Bahkan keinginan muntah bisa bertahan sepanjang waktu hingga sama sekali tidak bisa makan.

7. Meriang

Tubuh yang terasa meriang akan muncul sepanjang hari pada tahap gejala awal. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen akibat tubuh yang tidak bisa memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup. Bagi penderita anemia maka rasa meriang bisa menjadi sangat parah. Rasa meriang bahkan bisa menyebabkan tubuh menggigil sangat kuat, meskipun tubuh sebenarnya demam atau terasa panas di luar. Meriang ini bisa terjadi pada siapa saja yang memang sudah merasakan beberapa gejala awal gagal ginjal.

8. Sulit Bernafas

Pada tahap awal maka penderita bisa mengalami kesulitan untuk bernafas. Hal ini bisa terjadi pada beberapa tahap mulai dari tahap awal hingga tahap yang lebih lanjut. Kegagalan tubuh untuk bisa bernafas dengan baik terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh akibat ginjal tidak bisa bekerja dengan baik telah masuk ke dalam rongga paru-paru. Kondisi inilah yang menyebabkan organ pernafasan tidak bisa bernafas dengan baik. Sementara penyebab yang lain adalah karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tidak banyak oksigen dalam darah yang membuat rasa sulit untuk bernafas dengan baik.

sponsored links

9. Punggung Atas Sakit

Biasanya gagal ginjal memang tidak menyebabkan rasa sakit pada tahap awal. Namun ketika fungsi ginjal sudah tidak sepenuhnya maka akan terasa sakit diare ginjal. Biasanya kondisi ini memang tidak bisa langsung dirasakan. Namun rasa sakit karena gagal ginjal sering terasa pada bagian punggung atas.Hal ini menandakan salah satu bagian ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Rasa sakit juga sering menyebabkan penderita tidak bisa menggerakkan badan tiba-tiba pada malam hari.

10. Sakit Kepala Berat

Sakit kepala ternyata bisa menjadi indikasi awal dari penyakit gagal ginjal. Sakit kepala awalnya memang tidak langsung akan terasa, namun jika terlalu sering terjadi maka bisa menjadi hal yang mengganggu aktifitas. Penyebabnya adalah ketika tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dalam jumlah cukup akibat kekurangan sel darah merah. Bahkan otak juga tidak bisa memiliki kadar oksigen dalam jumlah yang cukup. Sakit kepala akan menjadi lebih berat jika memang penderita juga bermasalah dengan anemia.

Baca : Penyebab sakit kepalaKepala Sering PusingKepala sering terasa berat

11. Sulit Konsentrasi

Banyak orang yang tidak menyadari ketika ada masalah konsentrasi dan ingatan maka itu adalah indikasi penyakit gagal ginjal. Hal ini bisa muncul ketika otak tidak mendapatkan jumlah oksigen yang cukup sehingga menyebabkan sel-sel syaraf dalam otak juga tidak bisa bekerja dengan baik. Gejala seperti tidak bisa mengingat aktifitas yang sudah dilakukan, kejadian tertentu dan tidak bisa bekerja dengan baik akan lebih sering muncul.

12. Sulit Tidur

Biasanya penderita gagal ginjal pada tahap awal akan merasakan gejala sulit tidur. Ginjal sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyaring cairan dengan benar, yang menyebabkan banyak racun dalam tubuh. Tubuh akan merasa tidak nyaman karena tekanan cairan dalam tubuh dan membuat tubuh tidak bisa istirahat dengan benar.Pada penderita gagal ginjal yang mengalami obesitas dan komplikasi penyakit kronis maka gejala bisa lebih parah.

Baca juga : Bahaya akibat kurang tidurEfek samping obat tidurBahaya tidak tidur di malam hariAkibat tidur larut malam

13. Busa dalam Urin

Gejala lain yang harus diperhatikan adalah ketika banyak busa yang ditemukan dalam urin. Busa terlihat seperti gelembung yang akan langsung terlihat ketika urin keluar. Penyebabnya adalah ada banyak protein yang sudah menumpuk dalam urin. Beberapa jenis protein yang paling sering ditemukan adalah seperti albumin.

14. Kram Otot

Penderita gagal ginjal juga bisa mengalami kram otot. Rasa kram otot bisa terjadi kapan saja namun paling sering pada malam hari. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang berasal akibat terjadi gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini biasanya paling dipengaruhi ketika tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat kurang.

15. Nafsu Makan Turun

Setelah tubuh mengalami beberapa gejala yang membuat tubuh tidak nyaman, maka tubuh juga akan terlihat lebih kurus. Hal ini disebabkan karena terjadi penurunan nafsu makan yang berlebihan. Ginjal yang buruk untuk menyaring semua racun menyebabkan ada banyak racun dalam tubuh. Racun telah mempengaruhi proses metabolism dalam tubuh. Hal ini sering menyebabkan penderita gagal ginjal juga merasa sangat frustasi.

16. Sekitar Mata Bengkak

Pembengkakan yang terjadi di sekitar mata bisa menjadi pertanda gagal ginjal yang sangat serius. Kemampuan ginjal untuk menyaring semua racun dalam tubuh sudah sangat buruk sehingga terjadi penumpukan protein berlebihan dalam tubuh. Protein yang sudah bocor di dalam tubuh akan membuat bengkak di bagian mata. Kondisi ini harus segera mendapatkan perawatan dokter.

Cara Mencegah Gagal Ginjal

  1. Jika Anda memiliki beberapa gangguan penyakit yang bisa menyebabkan potensi gagal ginjal, maka Anda harus mengendalikan kesehatan Anda. Beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal adalah seperti diabetes. Jadi Anda harus mengendalikan jumlah kadar gula dalam darah, memiliki asupan makanan yang sehat dan melakukan latihan secara rutin.
  2. Hilangkan kebiasaan merokok (baca : Bahaya merokok). Rokok mengandung nikotin yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Jadi Anda harus mencoba untuk menghentikan rokok dan melakukan pola hidup yang sehat.
  3. Konsumsi makanan yang sehat agar tubuh juga tetap sehat. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat bisa menurunkan resiko kolesterol tinggi sehingga bisa membantu agar tekanan darah normal. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan adalah seperti daging merah, mentega, keju dan kue kering.
  4. Hindari garam tinggi dalam masakan. Garam tinggi menjadi salah satu hal yang sangat buruk untuk ginjal. Ginjal bisa bekerja sangat keras untuk menyaring semua racun termasuk garam dalam tubuh. Karena itu penting untuk menghindari asupan garam berlebihan.
  5. Hindari kebiasaan minum alkohol. Alkohol bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi sangat buruk seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan potensi terkena gagal ginjal. Karena itu sebaiknya alkohol harus dihindari sepenuhnya (baca : bahaya alkohol).
  6. Lakukan kebiasaan yang baik seperti latihan secara rutin. Olahraga secara rutin bisa mengendalikan tekanan darah agar selalu normal, mengatasi tekanan darah tinggi dan menghilangkan lemak dalam tubuh. Jenis olahraga yang bisa dilakukan misalnya seperti jalan kaki, senam, atau berlari.

Bagi penderita penyakit gangguan ginjal sebaiknya memang melakukan pemeriksaan secara rutin. Langkah ini diperlukan untuk mengendalikan agar fungsi ginjal bisa dipantau secara terus menerus. Beberapa ciri-ciri gagal ginjal biasanya memang tidak disadari sepenuhnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 23rd, November 2015 / 09:06 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal