Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Cara Mengobati Gagal Ginjal Secara Alami Tanpa Cuci Darah

ads

Gagal ginjal adalah suatu penyakit ginjal di mana fungsi ginjal telah memburuk sehingga gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, serta protein dapat dialami oleh penderitanya. Jika otot kerap kram, mengalami sulit tidur, sakit kepala, sakit punggung di bagian atas, sesak napas serta bau mulut, itu adalah sebagian dari ciri-ciri gagal ginjal paling menonjol dan umum. Adakah cara mengobati gagal ginjal tanpa cuci darah yang bisa menjadi referensi Anda sekalian?

Perlu diketahui bahwa penyakit ginjal tak bisa disembuhkan dari sudut pandang dokter dan fokus dari kebanyakan perawatan adalah untuk menghambat serta mencegah supaya penyakit tidak berkembang parah secara cepat. Perawatan yang ada juga biasanya bertujuan supaya rasa sakit yang dirasakan penderita menjadi reda. Pengobatan yang tersedia juga memiliki tujuan hanya untuk membuat risiko munculnya penyakit komplikasi berkurang.

(Baca juga: bahaya gagal ginjal)

1. Berhenti Merokok

Merokok tak hanya menjadi pemicu dari infeksi pernapasan, bahkan kegiatan merokok dapat menyakiti organ ginjal Anda. Memang merokok itu sendiri tidaklah ada kaitannya langsung dengan kesehatan ginjal yang memburuk, tapi fungsi ginjal yang menurun bisa dikarenakan dari efek merokok di mana banyak bahan kimia berbahaya memenuhi tubuh. Merokok akan memberikan efek buruk bagi jantung yang tadinya sehat menjadi kehilangan fungsinya, dan bila kebiasaan ini terus berlanjut, ginjal adalah organ berikutnya yang akan dibuat semakin buruk fungsi dan kesehatannya.

(Baca juga: penyakit akibat merokok)

2. Membuat Ramuan Rambut Jagung, Alang-alang, dan Kumis Kucing

Rupanya rambut jagung dapat menjadi bahan alami yang baik untuk pengobatan para penderita gagal ginjal apabila dikombinasikan dengan kumis kucing serta alang-alang. Caranya termasuk sangat sederhana, yaitu dengan menyiapkan 1 genggam padat rambut jagung, lalu juga 11-15 lembar daun kumis kucing dan akar alang-alang yang dibutuhkan sekitar 3 jengkal. Bersihkan semua bahan tersebut sebelum mengolahnya menjadi ramuan obat.

Setelah dicuci, Anda dapat mencampurkan 600 ml air putih untuk merebus semua bahan bermanfaat tersebut. Tunggu sampai mendidih dan tersisa tinggal 300 ml saja. Biarkan dulu kurang lebih 15 hingga 30 menit agar ramuan tidak begitu panas, baru Anda bisa meminumnya. Sekali konsumsi dianjurkan 100 ml dan Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan minum sehari 3 kali.

(Baca juga: penyebab gagal ginjal)

3. Membuat Ramuan Bawang Putih, Jeruk Nipis dan Bawang Bombay

Kebanyakan para penderita gagal ginjal sama sekali tak tertolong karena dokter pun pada umumnya bakal angkat tangan sebab tergolong mustahil untuk menyembuhkan gagal ginjal secara total. Hanya saja, ramuan tradisional dengan 3 bahan alami yang mudah ditemukan ini kiranya bisa menyelamatkan ginjal Anda yang telah berkondisi parah.

Caranya adalah dengan menyediakan jeruk nipis 3 buah, bawang bombay 2 siung saja, lalu bawang putih tunggal 11 siung. Kemudian sesudah Anda mencucinya, blenderlah semua bahan jadi satu, bahkan Anda bisa menggunakan jeruk nipis sekulit dan bijinya tanpa harus mengupas dan mengeluarkan bijinya. Mengonsumsi ramuan ini sebelum makan 3×1 sendok makan setiap harinya akan memberikan hasil terbaik bagi ginjal Anda dan bisa juga dijadikan cara mencegah sakit ginjal.

4. Menggunakan Daun Sukun

Telah diteliti bahwa daun sukun adalah bahan alami yang dapat mengobati gagal ginjal tanpa penderita harus cuci darah. Kondisi ginjal pun diketahui dapat dikembalikan seperti semula fungsinya karena adanya kandungan flavonoid, tanin, serta asam hidrosianat; bahkan riboflavin dan aseticolin juga akan membantu pemulihan kondisi ginjal. Selain ginjal, penyakit kardiovaskuler serta penyakit diabetes mampu diatasi juga dengan daun sukun ini.

Caranya tidak akan ribet karena Anda hanya perlu menyiapkan daun sukun beberapa lembar saja yang kemudian Anda bisa cuci bersih lebih dulu. Selanjutnya, daun tersebut bisa direbus dengan air secukupnya dan biarkan sampai mendidih; pastikan bahwa dalam air tersebut daun telah hancur. Tinggalkan beberapa waktu sampai benar-benar dingin, lalu disaring sehingga yang tersisa hanya air rebusannya saja. Minumlah sehari 2 kali (pagi dan sore hari setelah makan) demi hasil terbaik.

(Baca juga: jenis penyakit ginjal)

Sponsors Link

5. Mengonsumsi Mahkota Dewa

Mahkota dewa memiliki 4 kandungan penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang juga baik untuk cara mengobati gagal ginjal secara alami, yaitu saponin, alkaloid, polifenol, serta flavonoid. Alkaloid adalah senyawa yang mampu membantu proses detoksifikasi di mana racun-racun bakal terminimalisir. Polifenol adalah senyawa yang berperan sebagai anti alergi dan flavonoid memiliki peran sebagai antioksidan. Sementara untuk saponin, senyawa ini adalah anti-bakteri yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi mahkota dewa, gagal ginjal dapat dicegah dan kondisi pun akan dapat dibuat membaik. Bila gagal ginjal disertai dengan penyakit hepatitis B dan juga ada komplikasi penyakit hati atau liver, mahkota dewa bisa jadi solusinya. Mengonsumsi madu mahkota dewa, teh racik mahkota dewa, yang juga diimbangi dengan teh racik temulawak serta teh racik akar alang-alang.

(Baca juga: faktor penyebab gagal ginjal)

6. Mengonsumsi Daun Binahong

Daun binahong bisa ditanam oleh siapa saja dan manfaat dari tanaman ini juga begitu luar biasa banyak serta manjur. Tumbuhan merambat ini jika diambil bagian daunnya akan mampu memberikan manfaat baik bagi penderita ginjal untuk mengobati kondisi serius tersebut. Caranya tidak sulit, karena Anda hanya perlu merebus sekitar 10-15 gram daun binahong yang masih segar dengan air 1 gelas saja.

Setelah mendidih, air rebusan bisa langsung diminum. Atau cara lain yang bisa dipraktikkan adalah dengan menyeduh 1,5 gram daun binahong kering dengan menggunakan air mendidih 1 gelas. Untuk proses pengeringan daunnya sendiri, Anda bisa memanfaatkan oven yang suhunya mencapai 50 derajat Celsius dan biarkan sampai tersisa air 10 persennya. Mengonsumsi air rebusan atau seduhan daun binahong sehari 3 kali sebelum makan akan membawa dampak positif.

(Baca juga: ciri-ciri penyakit ginjal)

7. Menggunakan Daun Keji Beling

Beberapa dari Anda mungkin agaknya jarang mendengar daun keji beling yang bahkan tidak tahu bentuknya seperti apa. Daun ini dapat menjadi obat alami untuk penderita gagal ginjal karena kandungan vitamin B2, B1 serta vitamin C-nya; tak lupa juga adanya asam silat, fosfor, ferum, natrium, serta zat kalsium. Cara penggunaannya tidaklah sulit karena Anda hanya memerlukan daun keji beling 5 tangkai saja untuk direbus bersama 4 gelas air.

Tunggulah sampai air rebusan mendidih dan tersisa hingga 2 gelas saja. Setelah itu, tunggu agar menjadi hangat sebelum Anda bisa meminumnya. Dalam perawatan kesehatan ginjal Anda, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan minum setiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas. Volume darah pada ginjal akan ditingkatkan oleh kandungan natriumnya, sedangkan asam silatnya mampu mengikat air pada ginjal.

(Baca juga: gejala penyakit ginjal)

8. Menurunkan Berat Badan

Bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker berisiko kematian, bahkan termasuk gagal ginjal yang bahkan dokter pun tidak mampu menyembuhkannya. Bobot tubuh yang tak dapat dikendalikan bisa menaikkan potensi penyakit ginjal yang tentunya dikaitkan dari penyakit yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, contoh nyata adalah penyakit diabetes melitus dan juga hipertensi/darah tinggi. Oleh sebab itu, diet menurunkan berat badan sangat dianjurkan supaya dapat mencegah terkena kanker ginjal juga.

9. Menghindari Minuman Bersoda

Sepertinya sudah diketahui umum bahwa minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal, maka sudah pasti minuman bersoda dimasukkan ke dalam daftar pantangan makanan dan minuman Anda. Kebanyakan kasus gagal ginjal kronis awalnya adalah dari munculnya infeksi ginjal di mana penderita terlalu sering dan banyak mengonsumsi minuman ringan bersoda yang berbahan pengawet dan kimia. Dalam jangka waktu lama terus-terusan mengonsumsi jenis minuman ini, fungsi ginjal lama-kelamaan akan rusak, apalagi jika penderita tidak mengimbangi konsumsi minuman soda dengan air putih yang cukup.

(Baca juga: penyebab batu ginjal dan pengobatannya)

10. Mengonsumsi Bawang Putih

Agar kondisi ginjal dapat berangsur membaik, Anda bisa mengonsumsi bawang putih ekstrak per harinya. Selain dibuat ramuan dengan mengombinasikannya bersama bahan-bahan alami lainnya, bawang putih juga bisa dikonsumsi sendiri atau ditambahkan ke makanan Anda. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena ada bahaya bawang putih mentah bila dimakan dalam takaran banyak.

11. Menggunakan Daun Sirsak

Untuk merawat kondisi ginjal Anda, siapkan daun sirsak beberapa lembar saja yang kemudian bisa dicuci bersih. Tuang air secukupnya ke dalam sebuah wadah, lalu rebuslah air sampai mendidih sebelum daun sirsak bisa dimasukkan paling tidak 3 sampai 5 lembar saja. Jika sudah mendidih, air rebusan daun sirsak dapat Anda saring lebih dulu, baru setelah itu bisa diminum saat ramuan telah menjadi hangat. Mengonsumsinya 2-3 kali setiap hari sampai akhirnya ginjal Anda pulih.

(Baca juga: hidup dengan satu ginjal)

12. Mengonsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sangat terkenal akan manfaatnya yang segudang untuk kesehatan, bahkan juga rupanya sangat berguna menyehatkan ginjal. Minyak zaitun yang benar-benar murni dan asli adalah yang terbaik karena di dalamnya kaya akan antioksidan yang bisa Anda gunakan juga untuk memasak sehari-hari. Dalam proses pengobatan gagal ginjal, diet adalah salah satu cara alami yang disarankan dan minyak zaitun termasuk sumber makanan tepat supaya diet berhasil dan ginjal dapat pulih kembali.

1 sendok makan minyak zaitun adalah takaran yang pas di mana dengan takaran tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai kandungan terbaik untuk tubuh, seperti lemak tak jenuh tunggal, asam lemak anti-inflamasi serta asam oleat yang akan memberikan perlindungan tubuh dari oksidasi. Peradangan dan segala yang membuat ginjal tak sehat akan dicegah dengan baik oleh kandungan polifenol di dalam minyak ini. Selain memperbaiki ginjal, risiko penyakit jantung dan kanker juga dapat dikurangi.

(Baca juga: penyebab penyakit ginjal)

13. Mengonsumsi Apel

1 buah apel ukuran sedang beserta kulitnya bisa dikonsumsi setiap hari karena apel tak hanya melindungi Anda dari penyakit kanker, jantung, mencegah konstipasi maupun menurunkan kolesterol tinggi, tapi juga berguna untuk merawat kondisi ginjal yang tidak sehat. Apel menjadi buah wajib yang ada di menu diet Anda sehari-hari dan akan semakin berkhasiat ketika Anda memakannya mentah. Tapi mengonsumsi apel rebus, apel panggang atau membuat jus apel juga sangat diperbolehkan karena apapun pengolahannya, Anda akan tetap bisa merasakan manfaat besar dari buah ini sebagai cara mencegah penyakit ginjal.

14. Mengonsumsi Bunga Kol

Dalam diet Anda untuk mengobati gagal ginjal, bunga kol adalah salah satu sumber makanan yang boleh dinikmati. Selain kaya akan vitamin C, serat dan juga folat adalah zat yang juga berkadar tinggi di dalam bunga kol. Dengan merebus atau mengukusnya, lalu ditambahkan dengan rempah-rempah aman seperti bubuk kari, kunyit, dan lada, Anda sudah bisa menikmatinya. Tak hanya organ ginjal yang dapat dirawat dengan baik oleh jenis sayuran ini, tapi manfaat bunga kol ini juga mampu mencegah kerusakan membran sel serta DNA oleh zat beracun.

(Baca juga: cara menjaga agar ginjal tetap sehat)

15. Menghindari Minuman Beralkohol

Sama kasusnya dengan mengonsumsi minuman bersoda, meminum minuman beralkohol terlalu sering dalam jumlah yang banyak dan menjadikan hal ini kebiasaan akan merusak fungsi ginjal cepat atau lambat. Minuman beralkohol sangat tidak bermanfaat bagi tubuh, dan efek buruknya akan cepat dirasakan oleh pengonsumsinya ketika tidak mengonsumsi banyak air putih sebagai penyeimbangnya. Diabetes adalah penyakit yang juga bakal mampu menyebabkan ginjal mengalami kerusakan apabila konsumsi alkohol tidak dapat dikendalikan.

Kondisi yang bisa diakibatkan oleh konsumsi alkohol setiap hari tanpa mendapat asupan cairan dari air putih cukup adalah membesarnya ginjal. Ketika ginjal mengalami pembesaran, maka otomatis fungsi hormon normal tubuh akan dipengaruhi. Gagal ginjal kronis bisa terjadi jika tidak segera menghentikan kebiasaan tak sehat satu ini.

16. Mengonsumsi Kubis

Bahan makanan yang juga ramah terhadap ginjal, apalagi yang tengah melakukan pengobatan gagal ginjal adalah kubis dengan kandungan fitokimianya yang tinggi. Senyawa ini ada juga di sayuran serta buah lainnya di mana tugasnya adalah untuk melindungi tubuh dari segala bentuk radikal bebas sehingga akan membantu mencegah adanya kerusakan organ. Tak hanya baik untuk merawat ginjal, kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik, bahkan kanker pun akan dilawan juga oleh zat fitokimia.

Kubis adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan beragam nutrisi, termasuk asam folat, vitamin B6, serat, vitamin C serta vitamin K. Walau kubis bisa dibeli dengan harga murah yang juga diketahui memiliki kadar kalium rendah, kubis bisa diandalkan oleh para penderita gagal ginjal, sakit jantung dan kanker untuk mendukung proses penyembuhan menjadi lebih sempurna melalui diet.

(Baca juga: gejala batu ginjal)

17. Minum Air Putih yang Banyak

Banyak minum air putih sudah terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh, termasuk bagian ginjal. Dengan terapi air putih setidaknya 2 liter per hari, walau kemungkinan mengobatinya hingga sembuh sangat kecil, tubuh akan senantiasa terhidrasi dan air yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu agar ginjal dapat membuang racun-racun yang ada pada tubuh Anda. Air jugalah yang memiliki peran penting dalam mempertahankan konsentrasi serta volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengendalikan suhu tubuh sehingga perawatan ginjal akan lancar.

18. Menghindari Konsumsi Obat tanpa Resep Dokter

Dalam mengonsumsi obat medis apapun, hindari konsumsi jika Anda tidak diberi resepnya oleh dokter karena kemungkinan besar dapat menaikkan risiko parahnya kondisi ginjal Anda. Segala jenis obat kimia tentu setelah dikonsumsi akan melalui ginjal sehingga ginjal perlu menyaringnya, namun apabila ginjal sendiri sudah kurang begitu berfungsi, beban racun malah justru bisa bertambah. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk menuruti resep dokter dan mengonsumsi obat dengan dosis yang sudah ditetapkan oleh ahli medis ketimbang menentukan dosis sendiri.

(Baca juga: cara mencegah batu ginjal)

19. Menghindari Menahan Buang Air Kecil

Ginjal mempunyai peran utama sebagai penyaring darah dan saat proses ini terjadi, segala cairan limbah, kotoran, serta racun yang tertimbun di bagian kandung kemih penting untuk segera dibuang. Walau daya tampung dari kandung kemih sendiri cukup besar untuk urin, tapi kandung kemih telah terisi sekitar 120 sampai 150 ml dengan urin ketika timbul hasrat untuk buang air kecil.

sponsored links

Bila hasrat tersebut Anda coba abaikan dan tidak segera pergi ke kamar kecil untuk membereskannya, akibatnya kandung kemih makin membentang yang jauh dari kapasitas normalnya sehingga proses filtrasi ginjal akan terganggu. Jadi, selama masa perawatan pun diharapkan Anda menghindari bahaya menahan kencing terlalu lama.

20. Mengonsumsi Salmon

Jenis ikan ini sudah terbukti dapat memberikan protein dengan kualitas tinggi kepada pengonsumsinya. Lemak anti-inflamasi juga ada di dalam ikan salmon yang kita semua kenal dengan istilah omega-3 sehingga termasuk salah satu makanan yang mengandung omega-3 paling tinggi. Memang kanker dan sakit jantung adalah 2 penyakit serius yang diketahui mampu diatasi dengan mengonsumsi ikan salmon karena lemak sehatnya dapat berperang melawan penyakit-penyakit tersebut.

Namun kandungan omega-3 di dalam ikan ini memiliki kemampuan dalam menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga kolesterol HDL tinggi. Perlu diingat bahwa obesitas berikut tekanan darah tinggi akibat LDL tinggi merupakan faktor pemicu dari terjadinya gagal ginjal juga. Dengan makan ikan, Anda berarti mengobati gagal ginjal secara alami melalui perubahan pola hidup dan pola makan sehat.

21. Meminimalkan Penggunaan Obat Penghilang Rasa Sakit

Penderita gagal ginjal mungkin akan terlalu bergantung pada obat penghilang rasa sakit supaya rasa nyeri yang dialami dapat diredakan. Namun sebenarnya penting bagi Anda untuk tidak terlalu sering mengandalkan obat penghilang rasa sakit dengan meminimalkan penggunaannya, seperti acetaminophen, ibuprofen, naproxen serta aspirin. Ginjal akan mengalami masa buruk ketika Anda mengonsumsi salah satu dari obat tersebut karena justru obat-obat tersebut malah dibuktikan mampu membuat risiko kanker ginjal naik.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan ginjal secara alami)

22. Mengurangi Konsumsi Protein Hewani

Membatasi konsumsi makanan sumber protein hewani adalah keputusan paling tepat karena saat Anda mengonsumsinya, termasuk daging merah, maka beban metabolisme yang ada di ginjal akan meningkat. Saat asupan protein terlalu banyak, hal ini justru membebani organ ginjal untuk bekerja lebih keras dan ginjal akan makin rusak nantinya. Jadi, selama perawatan dan pemulihan, batasilah konsumsinya karena Anda memerlukan protein yang lebih berkualitas dari bahan makanan lainnya dengan porsi yang seimbang dan cukup untuk memberikan nutrisi bagi tubuh.

(Baca juga: makanan pantangan bagi penderita penyakit ginjal wajib dihindari)

23. Menghindari Teh dan Kopi

Teh dan kopi bukanlah termasuk minuman bersoda maupun minuman mengandung alkohol, lalu mengapa harus dihindari? Ingat bahwa pada kedua jenis minuman terdapat kandungan kafein yang bisa membuat tekanan darah mudah naik. Saat tekanan darah naik, ada tekanan atau beban tambahan yang Anda berikan pada ginjal apalagi bila terlalu sering mengonsumsi teh dan kopi dalam porsi yang lebih dari sewajarnya.

Teh dan kopi mampu merusak ginjal, maka untuk cara mengobati gagal ginjal agar membaik, keduanya tidak boleh dikonsumsi untuk lebih amannya. Meski ada manfaat kopi bagi kesehatan yang telah ditemukan, ini berlaku ketika mengonsumsinya dengan takaran yang benar dan untuk kondisi penyakit tertentu.

(Baca juga: efek bahaya kafein bagi tubuh)

24. Beristirahat Malam Cukup

Tak hanya untuk pengobatan gagal ginjal, semua penyakit tentu akan lebih cepat membaik ketika Anda mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Tidur yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan karena proses perbaikan kerusakan jaringan tubuh terjadi di malam hari saat Anda beristirahat, dan ini berlaku pula untuk organ ginjal. Tubuh memerlukan waktu untuk proses perbaikan tersebut, maka selama perawatan dan masa pengobatan, tidur 8 jam sehari pada waktu malam sangat disarankan dan ini seharusnya juga menjadi prioritas Anda.

(Baca juga: ciri-ciri kurang tidur yang cukup)

25. Mengurangi Konsumsi Garam

Untuk benar-benar membuat kondisi ginjal lebih baik, konsumsi garam dapat dibatasi secara lebih ketat karena bagaimanapun tubuh manusia tetap memerlukan natrium yang berasal dari garam supaya fungsi tubuh tetap normal dan berjalan semestinya. Ginjal akan terbebani apabila Anda mengonsumsi garam terlalu berlebihan yang pada akhirnya malah memicu tekanan darah tinggi. Tak hanya ginjal yang kena imbasnya, organ lain juga akan terkena dampak buruk bila Anda sampai hipertensi.

Penting untuk Anda ketahui bahwa tekanan darah di tubuh secara keseluruhan rupanya lebih rendah daripada tekanan darah pada ginjal. Oleh karena itu, garam hanya perlu dikonsumsi 5 gram saja per harinya dan tidak lebih dari itu. Atau, bila Anda khawatir akan bahaya konsumsi garam berlebih dan bahwa takaran tersebut kurang tepat untuk masa perawatan Anda, konsultasikan dengan dokter.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 22nd, April 2016 / 16:26 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal