Sponsors Link

13 Cara Mencegah Sakit Ginjal (No.1 Favorit Saya)

Sponsors Link

Banyak orang yang bertanya mengenai, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Hal ini didasari bahwa kasus penyakit ginjal semakin tinggi. Banyak orang mulai terkena masalah kesehatan ginjal dari usia muda hingga orang lanjut usia. Ginjal merupakan organ yang sangat penting untuk menyaring cairan, limbah dan racun dalam tubuh. Kemudian hasil olahan ginjal akan disalurkan ke ureter dan menjadi urin. Seperti inilah semua racun dalam tubuh Anda akan keluar. Jika ginjal bermasalah maka tubuh kita akan berisi banyak racun dan masalah keseimbangan cairan dalam tubuh dengan gejala penyakit ginjal pada umumnya.

ads

Penyakit ginjal bisa menyebabkan kerusakan fungsi ginjal secara permanen yang disebut gagal ginjal. Gagal ginjal memerlukan perawatan serius seperti cuci darah dan cara menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah sakit ginjal :

  1. Minum Cukup Air

Air sangat penting untuk tubuh karena akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan merupakan cara mencegah sakit ginjal. Ginjal yang sehat membutuhkan air yang cukup untuk membuat ginjal bisa bekerja dengan baik. Kekurangan air mineral bisa menyebabkan ginjal bermasalah karena ginjal tidak bisa bekerja. Konsumsi air mineral yang disarankan sekitar 3 liter per hari. Minum hanya sekitar 4 gelas per hari bisa menyebabkan ginjal bermasalah dan ciri ciri penyakit ginjal. Anda bisa menggunakan gelas dengan volume khusus agar tahu, berapa jumlah air yang sudah masuk ke tubuh Anda.

  1. Hindari Banyak Garam dalam Makanan

Mungkin Anda lebih suka makanan yang asin. Tapi makanan yang mengandung banyak garam bisa menyebabkan masalah ginjal. Garam akan membuat tubuh Anda membutuhkan banyak air dan ini memaksa ginjal untuk bekerja terlalu keras. Jika tubuh Anda tidak menyerap banyak air maka ginjal akan melambat dan rusak. Selain itu terlalu banyak garam bisa menyebabkan potensi penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua jenis penyakit ini juga akan menyebabkan masalah komplikasi untuk ginjal.

  1. Olahraga

Kebiasaan melakukan olahraga secara teratur akan membantu ginjal Anda bisa bekerja dengan baik. Olahraga akan membuat gerakan fisik secara teratur. Kemudian gerakan ini akan memacu jantung bekerja untuk memompa darah ke semua bagian tubuh. Selain itu olahraga akan membantu menjaga berat badan secara alami dan merupakan cara menjaga agar ginjal tetap sehat. Hal ini juga bisa menjauhkan tubuh Anda dari resiko penyakit diabates. Beberapa jenis olahraga yang sangat disarankan misalnya  jalan kaki, lari, senam, aerobik, yoga dan bersepeda. Hindari olahraga yang terlalu keras karena bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan otot yang membuat resiko kerusakan ginjal.

  1. Hindari Berlebihan Obat dan Suplemen

Jika Anda sakit dan harus minum obat, maka lakukan dengan cara yang bijak. Hindari minum obat tanpa resep dokter dalam waktu yang lama. Hindari kebiasaan minum suplemen kesehatan yang berlebihan. Obat dan suplemen yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan ginjal bekerja sangat keras. Kemudian juga membuat ginjal terlalu banyak menyaring racun dan limbah yang akan dikeluarkan lewat tubuh. Selain itu jika Anda mendapatkan obat dari dokter, maka tanyakan mengenai efek samping terutama efek samping untuk ginjal dan juga dapat menyebabkan bahaya kekurangan kalsium bagi tubuh.

  1. Hindari Merokok

Kebiasaan merokok memang sangat umum di masyarakat. Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa kebiasaan dan bahaya merokok juga bisa merusak ginjal. Rokok mengandung bahan nikotin yang bisa menjadi racun berbahaya untuk tubuh.

Sponsors Link

Nikotin akan masuk secara langsung lewat pembuluh darah. Kemudian bisa menyebabkan aliran darah ke ginjal menurun dan ginjal tidak bisa bekerja karena tidak memiliki cukup darah. Hal ini bisa membuat ginjal tidak bekerja secara optimal. Selain itu rokok juga bisa menyebabkan masalah untuk ginjal karena meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes dan jantung.

  1. Pemeriksaan Ginjal Secara Teratur

Langkah pencegahan jenis jenis penyakit ginjal untuk orang yang sudah terkena komplikasi seperti tekanan darah tinggi, jantung dan diabetes memang lebih detail. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan ginjal secara teratur. Pemeriksaan ginjal akan membuat Anda melihat kondisi kesehatan ginjal yang sebenarnya. Mengingat beberapa penyakit tersebut memang bisa meningkatkan resiko penyakit ginjal. Selain itu pemeriksaan ginjal akan membuat langkah perawatan yang lebih cepat jika diketahui ginjal bermasalah.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Langkah lain yang harus dilakukan adalah menjaga agar kadar gula darah tetap teratur. Anda bisa melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara teratur, baik yang sudah terkena diabetes atau yang belum. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar gula darah, seperti:

  • Mengurangi makanan dan minuman yang terlalu manis.
  • Hindari terlalu banyak konsumsi karbohidrat halus.
  • Olahraga secara teratur.
  • Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Kurangi asupan garam yang berlebihan.
  1. Jaga Kondisi Tekanan Darah

Penyakit tekanan darah tinggi memang bisa menyebabkan penyakit ginjal. Kerusakan ginjal paling sering disebabkan karena masalah penyakit ginjal. Tekanan darah yang normal adalah sekitar 120/80. Lebih dari itu atau kurang dari angka tersebut bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan Anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah, seperti:

  • Melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur.
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin atau mengandung garam.
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis.
  • Olahraga secara teratur.
  • Usahakan untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayuran yang penuh vitamin dan nutrisi lain.
ads
  1. Hindari Terlalu Banyak Minuman Berkarbonasi

Minuman yang mengandung karbon atau soda sebaiknya diminum dalam jumlah yang terbatas. Minuman ini biasanya dikemas dengan berbagai rasa namun menggunakan perasa buatan. Selain itu minum yang mengandung karbon akan membuat ginjal bekerja sangat keras. Hal inilah yang akan membuat ginjal tidak bisa bekerja dengan baik. Konsumsi minuman yang mengandung karbon secara terus menerus bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Anda tetap bisa mengkonsumsi minuman ini namun dalam jumlah yang terbatas.

  1. Hindari Terlalu Banyak Snack

Snack atau makanan ringan memang makanan yang banyak disukai. Namun snack biasanya mengandung berbagai bahan tambahan seperti garam, bahan pengawet, bahan perasa makanan, dan zat tambahan lain. Terlalu banyak mengkonsumsi snack bisa menyebabkan ginjal bekerja sangat keras, dan akibatnya akan merusak ginjal. Selain itu snack yang mengandung garam juga bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi yang bisa merusak ginjal. Anda tetap bisa mengkonsumsi snack namun jangan sampai berlebihan.

  1. Hindari Terlalu Banyak Lemak

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang digoreng dan mengandung lemak memang banyak disukai. Makanan ini lezat dan mudah dimasak. Namun mengkonsumsi lemak yang berlebihan membuat tubuh mendapatkan banyak kolesterol. Kolesterol bisa menyebabkan beberapa resiko penyakit seperti masalah untuk jantung dan kenaikan berat badan berlebihan. Bahkan terlalu banyak lemak atau kolesterol bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Semua jenis penyakit ini bisa menyebabkan keluhan untuk ginjal dan mengurangi kerja ginjal.

  1. Hindari Alkohol

Alkohol memang bukan termasuk minuman konsumsi utama di Indonesia. Namun memang ada orang yang terbiasa minum alkohol. Ternyata kebiasaan minum alkohol juga bisa merusak atau melemahkan kesehatan ginjal. Alkohol akan masuk ke dalam tubuh dan zat ini akan terbawa oleh darah lewat pembuluh darah. Ketika terlalu banyak alkohol maka bisa menyebabkan pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik. Alkohol akan meningkatkan resiko penyakit seperti gangguan jenis jenis penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas. Semua penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti kerusakan ginjal.

  1. Kurangi Makanan Cepat Saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji memang banyak dilakukan, karena ini dianggap sangat praktis. Anda tidak perlu memasak dan semuanya mudah didapatkan. Namun beberapa jenis makanan cepat saji cenderung kurang sehat jika dikonsumsi berlebihan. Makanan cepat saji mengandung beberapa zat yang berlebihan, seperti garam dan lemak dan akam memberikan dampak bahaya makanan cepat saji.  Umumnya bumbu garam dan penyedap rasa ditambahkan untuk menambah rasa makanan. Sementara daging diolah dengan cara digoreng sehingga menambah lemak. Kemudian jenis daging juga mengandung lemak. Jadi makanan ini akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, kolesterol berlebihan, dan jantung. Penyakit ini bisa mengarah ke gangguan ginjal.

Cara alami untuk memelihara kesehatan ginjal memang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun kesadaran untuk memelihara ginjal memang harus disadari dari diri sendiri. Terlebih untuk orang yang sudah memiliki riwayat penyakit komplikasi termasuk penyakit ginjal.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 22nd, January 2016 / 07:38 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal