Sponsors Link

10 Cara Mencegah Batu Ginjal Secara Alami

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang bertanggung jawab untuk menyaring semua jenis cairan dalam tubuh termasuk racun yang masuk ke dalam tubuh. Air dan racun akan disaring dari darah oleh ginjal, sehingga kita bisa membuang zat yang tidak terpakai bersama dengan urin. Karena itulah ginjal memiliki peran yang sangat besar dalam kesehatan dan sistem tubuh.

ads

Proses Pembentukan Batu Ginjal

Proses terbentuknya batu ginjal diawali oleh fungsi penting dari ginjal itu sendiri. Ginjal menyaring semua mineral dan berbagai zat asam yang tercampur dengan darah dan urin. Ketika ada banyak zat berbentuk seperti kristal maka ini akan mendorong terbentuknya batu ginjal. Beberapa pendorong terbentuknya batu ginjal adalah sebagai berikut :

  • Kalsium berlebihan yang tidak diserap oleh tubuh dan terdapat pada urin
  • Asam urat yang terlalu tinggi
  • Urin yang mengandung asam sangat tinggi sehingga bersifat alkali
  • Gangguan sistem metabolisme karena tubuh mendapatkan kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi
  • Konsumsi berbagai jenis obat tertentu yang bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu berat

Meskipun batu ginjal banyak dialami oleh semua orang, terutama untuk orang lanjut usia atau dewasa, ternyata batu ginjal bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal :

1. Minum Banyak Air

Minum banyak air mineral sangat bagus untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Ketika anda banyak minum air maka ginjal akan terus bekerja untuk menyaring semua cairan itu. Hal ini mungkin akan membuat anda sering buang air kecil. Proses ini akan membuat semakin kecil jumlah mineral yang menumpuk pada ginjal karena keluar dari tubuh bersama dengan urin. Minum banyak air disarankan untuk orang yang bekerja penuh, melakukan banyak latihan dan semua kegiatan yang membuat anda banyak mengeluarkan keringat.

Berikut ini seputar informasi tentang konsumsi air minum :

2. Jangan Terlalu Sering Sauna

Kegiatan untuk mengeluarkan keringat memang sangat baik untuk tubuh. Keringat juga berarti bisa membuang semua racun dalam tubuh. Tapi ketika terlalu sering melakukan sauna untuk mengeluarkan keringat, maka juga bisa menyebabkan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat maka hanya sedikit urin yang dikeluarkan. Bahaya sauna ini membuat ginjal kurang mendapatkan pasokan air sehingga banyak mineral yang menumpuk di ginjal. Proses ini sangat berhubungan dengan pembentukan batu ginjal.

Sponsors Link

3. Konsumsi Sumber Kalsium dan Oksalat Bersama

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium dan oksalat secara bersamaan sangat baik untuk mencegah batu ginjal. Hal ini terjadi ketika sebenarnya proses penyerapan kalsium dan oksalat memang terjadi dalam satu waktu. Usus dan ginjal akan mendapatkan sari makanan dari sumber makanan yang mengandung oksalat dan kalsium. Jadi konsumsi kedua jenis kebutuhan nutrisi ini bersamaan bisa mencegah batu ginjal.

Beberapa sumber makanan yang mengandung oksalat adalah seperti kacang-kacangan, biji-bijian, coklat dan teh. sementara makanan yang mengandung oksalat dalam kadar yang sangat tinggi adalah seperti buah bit, ubi jalar, bayam dan kacang. Konsumsi sumber oksalat tanpa kalsium bisa menyebabkan batu ginjal.

4. Diet Rendah Natrium tanpa Mengurangi Kalsium

Biasanya banyak orang menghindari kalsium tinggi karena kalsium dianggap menjadi pantangan batu ginjal. Tapi sebuah penelitian membuktikan bahwa sebenarnya kalsium bukan penyebab batu ginjal. Namun konsumsi kalsium dengan tetap angka natrium tinggi, memang bisa menyebabkan batu ginjal. Jadi yang harus dilakukan adalah tetap mengkonsumsi kalsium dan mengurangi natrium. Selain itu, sumber makanan yang banyak mengandung kalsium harus selalu dikonsumsi dengan sumber oksalat

5. Hindari Makanan dengan Purin Tinggi

Jenis batu ginjal yang terbentuk dari bahaya asam urat memang sangat menakutkan. Kondisi ini paling sering dialami oleh penderita asam urat tinggi. Untuk mencegahnya maka harus menghindari konsumsi berbagai jenis makanan penyebab asam urat yang mengandung purin dalam jumlah tinggi seperti daging merah, jeroan, kerang dan beberapa makanan laut. Lebih baik jika Anda mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan produk dari susu dengan kandungan lemak yang rendah.

6. Batasi Gula

Minuman manis memang sangat nikmat dan terkadang bisa memulihkan tenaga dengan cepat. Namun jenis gula yang terbuat dari sirup gula atau pemanis buatan bisa menyebabkan batu ginjal. Gula pemanis bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal karena kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Ginjal tidak memiliki kemampuan kuat untuk menyaring fruktosa secara terus-menerus dan ini menyebabkan batu ginjal terbentuk dalam ginjal. (Baca juga : gula darah tinggi)

7. Hindari Alkohol

Bahaya alkohol bisa menyebabkan masalah yang sangat serius untuk ginjal Anda. Alkohol berpotensi menyebabkan batu ginjal karena, alkohol bisa masuk ke dalam aliran darah. Selain itu, alkohol juga bisa menjadi penyebab asam urat sehingga ginjal menjadi lebih bermasalah. Konsumsi air mineral lebih baik daripada ginjal.

ads

8. Batasi Protein Hewani

Berbagai jenis makanan yang mengandung protein hewani memang sangat lezat dan sering menggoda semua orang. Tapi tanpa Anda sadari ternyata berbagai jenis makanan yang mengandung daging merah, unggas, makanan laut, telur, dan berbagai jenis makanan dari hewan bisa meningkatkan pembentukan batu ginjal. Bahkan makanan yang mengandung protein terlalu tinggi juga bisa meningkatkan kadar asam sitrat. Kondisi ini biasanya terbentuk dalam urin dan tidak mampu disaring oleh ginjal. Jadi pilih jenis protein yang alami dari buah dan sayuran.

9. Batasi Suplemen Vitamin C

Suplemen vitamin C memang paling banyak dikonsumsi sebagai sumber vitamin tambahan. Namun ternyata kandungan senyawa dalam suplemen vitamin C bisa menyebabkan pembentukan oksalat dalam tubuh. Oksalat tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal, terutama oksalat dari suplemen dan bukan oksalat alami dari buah dan sayuran. Jadi, lebih baik konsumsi makanan yang mengandung vitamin C daripada suplemennya.

10. Batasi Kafein

Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein memang sangat terbiasa dikonsumsi dan menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Namun mengkonsumsi kafein yang berlebihan bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Resiko ini menjadi lebih tinggi pada orang yang sudah menderita batu ginjal. Bahaya kafein berkaitan dengan pembentukan mineral padat dalam ginjal dan tidak dapat disaring sepenuhnya oleh ginjal.

Gejala Batu Ginjal

Biasanya penderita batu ginjal memang tidak menyadari bahwa ada proses yang tidak normal dalam tubuhnya. Namun dalam kondisi tertentu beberapa tanda awal dari terbentuknya batu ginjal juga mudah ditemukan. Beberapa gejala yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri yang sangat sakit pada salah satu sisi seperti dibagian bawah tulang rusuk.
  • Nyeri semakin terasa dan kembali menurun ke bagian perut bawah dan bahkan sampai ke bagian selangkangan
  • Urin memiliki warna yang lebih keruh dan terkadang baunya tidak enak atau bau busuk
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Tubuh terasa sakit dan disertai dengan mual dan muntah
  • Demam tanpa alasan dan tidak seperti ketika demam karena flu
  • Keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus ( Baca juga : penyebab sering buang air kecil)

Tidak semua gejala batu ginjal yang terjadi, menimbulkan batu ginjal dengan jenis yang sama. Hal ini karena beberapa orang bisa menderita batu ginjal karena sebab yang berbeda. Berikut ini adalah empat jenis batu ginjal yang sangat umum dalam dunia medis :


Batu Ginjal Kalsium

Batu ginjal kalsium adalah jenis batu ginjal yang terbentuk dari pembentukan kalsium oksalat dalam tubuh. Orang yang sering mengkonsumsi sumber oksalat tanpa bersamaan dengan kalsium lebih banyak menderita jenis batu ginjal ini. Sumber makanan tinggi oksalat antara lain seperti buah, sayuran hijau tua dan coklat.


Batu Struvit

Batu struvit adalah jenis batu ginjal yang disebabkan karena hasil dari infeksi saluran kencing. Kondisi ini paling sering ditemukan pada wanita, karena jarak organ yang sangat dekat. Infeksi bisa menjalar masuk ke bagian ginjal yang bisa menyebabkan batu ginjal.


Batu Asam Urat

Batu asam urat menjadi salah satu hasil dari tingginya asam urat dalam tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan karena kesalahan metabolisme dalam tubuh yang mempengaruhi produksi asam dalam tubuh. Konsumsi makanan tinggi oksalat juga bisa memicu batu ginjal ini.


Batu Cistin

Ini adalah salah satu jenis batu ginjal yag disebabkan karena tingginya produksi asam amino jenis cistin. Ini termasuk jenis batu ginjal yang langka dan hanya dialami oleh sebagian orang saja.


Menjalani diet dan gaya hidup sehat adalah kunci utama untuk menghindari pembentukan batu ginjal. Penyakit ini memang sangat menakutkan, karena sering kali kerusakan ginjal parah menjadi fase yang paling akhir. Namun ada banyak orang yang sembuh dari batu ginjal dengan melakukan perawatan rutin. Jadi, mulai sekarang anda bisa memutuskan maka jalan terbaik untuk mencegah batu ginjal dan memelihara ginjal dengan baik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 08th, October 2015 / 09:10 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal