Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Bahaya Gagal Ginjal – Gejala dan Pencegahannya

ads

Penyakit gagal ginjal adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan gagalnya fungsi ginjal untuk tubuh. Kondisi gagal ginjal bisa terjadi pada orang yang sudah menderita penyakit tertentu dan gagal ginjal menjadi resiko atau bahaya dari penyakit ginjal tersebut. Namun gagal ginjal juga bisa terjadi pada orang yang sebelumnya sehat namun tidak merasakan gejala sehingga terlanjur menyebabkan kerusakan ginjal.

Proses Gagal Ginjal

Gagal ginjal dimulai ketika ginjal tidak bisa melakukan fungsinya yaitu menyaring semua produk limbah dari darah. Kondisi ini menyebabkan ginjal sama sekali tidak mampu untuk menyaring sehingga, banyak zat berbahaya yang terus menumpuk pada ginjal. Jika kondisi ini terus terjadi maka kerusakan ginjal bisa menjadi lebih parah dan kemudian akan merusak sistem darah dalam tubuh. Gagal ginjal dapat dipicu oleh beberapa sebab seperti:

  • Penyakit yang menyebabkan aliran darah dalam tubuh tidak seimbang
  • Kerusakan awal pada ginjal yang tidak mendapatkan perawatan
  • Terjadinya penyumbatan pada bagian ureter sehingga semua limbah yang berasal dari ginjal tidak bisa keluar sepenuhnya.

Meskipun penyakit gagal ginjal bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat, namun dalam kondisi normal penyakit ini juga menyebabkan beberapa gejala. Berikut ini gejala gagak ginjal :

  • Tanpa sebab khusus tiba-tiba jumlah urin sangat kecil, tapi beberapa orang bisa tetap memiliki jumlah urin yang normal
  • Munculnya bengkak tanpa sebab pada bagian kaki
  • Penyebab sering mengantuk dan selalu ingin tidur
  • Gangguan pernafasan
  • Tubuh menjadi lebih lelah
  • Depresi dan bingung
  • Mual, muntah dan demam
  • Nyeri dan penyebab dada sakit

Bahaya Gagal Ginjal

Mendengar tentang penyakit gagal ginjal pasti sudah sangat menakutkan. Banyak penderita gagal ginjal yang harus membutuhkan cuci darah sepanjang hidup. Selain itu, penyakit gagal ginjal juga dapat menyebabkan beberapa bahaya. Berikut ini bahayanya :

1. Kegagalan pernafasan – Penyakit gagal ginjal bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada bagian organ paru-paru. Cairan yang terus menumpuk pada paru-paru akan menghambat pernafasan sehingga sering menyebabkan nyeri pada dada dan sulit untuk bernafas.

Cairan yang terdapat paru-paru ini bisa menyebabkan :

2. Peradangan jantung – Peradangan jantung terjadi ketika lapisan yang berada di sekitar jantung mengalami peradangan karena infeksi yang berlanjut. Infeksi ini memang disebabkan karena ginjal tidak berfungsi kemudian membuat aliran darah dari jantung ke semua bagian tubuh juga tidak berjalan dengan lancar.

Sponsors Link

Kondisi peradangan jantung ini perlu diwaspadai, karena bisa terjadi pula karena :

3. Penurunan Fungsi Otot – Penurunan fungsi otot terjadi ketika cairan dan elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Masalah ini disebabkan karena ginjal tidak berfungsi kemudian suplai cairan dalam tubuh juga akan mengalami masalah. Selain itu, penurunan fungsi otot juga bisa menyebabkan tubuh memiliki kalium dalam kadar yang tinggi sehingga bisa menyebabkan berbagai komplikasi.

Penurunan fungsi otot ini juga bisa terjadi karena :

4. Gagal ginjal tetap – Kerusakan ini akan menyebabkan ginjal sama sekali tidak berfungsi. Penderita gagal ginjal tetap akan membutuhkan proses cuci darah secara rutin untuk membuang semua racun dalam darah dan zat berbahaya dari tubuh. Jika penderita tidak ingin melakukan cuci darah maka harus menemukan organ ginjal yang tepat untuk menjalani proses transplantasi.

Bagi penderita penyakit ginjal, diharapkan untuk menjaga organ ginjalnya agar tidak menjadi rusak parah. Berikut ini diantaranya :

5. Kematian – Kematian bisa disebabkan karena komplikasi gagal ginjal yang sudah parah. Ini adalah salah satu resiko paling tinggi dari gagal ginjal.

Diet dan Gaya Hidup Penderita Gagal Ginjal

Penderita gagal ginjal bisa mempertahankan kondisi pada tahap tertentu agar tidak semakin parah. Makanan dan minuman memiliki pengaruh yang sangat besar untuk tingkat gagal ginjal.


Berikut ini adalah beberapa cara diet untuk semua penderita gagal ginjal :

1. Makanan Rendah Kalium

Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalium dalam jumlah yang rendah atau kecil. Makanan dengan kalium yang rendah akan membantu pekerjaan ginjal agar tidak menjadi lebih berat. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah seperti apel, anggur, stroberi, kacang hijau dan kubis. Makanan yang harus dihindari adalah seperti jeruk, kentang, pisang, tomat dan bayam.

2. Konsumsi Makanan Rendah Fosfor

Fosfor adalah salah satu mineral yang dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan memicu reaksi alergi untuk kulit. Penderita gagal ginjal harus memilih makanan yang memiliki kandungan fosfor rendah seperti susu, keju, dan berbagai jenis kacang-kacangan. Fosfor yang tinggi dalam tubuh juga dapat memicu kerusakan ginjal.

3. Hindari Makanan Tinggi Garam

Berbagai jenis makanan yang mengandung garam akan sangat berbahaya untuk ginjal. Garam akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dan selain itu kristal dari garam dapat menumpuk pada ginjal. Berbagai jenis garam mulai dari garam meja dan garam untuk memasak memang harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Untuk mengendalikan asupan garam sebaiknya penderita gagal ginjal lebih baik mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri.


Penderita gagal ginjal pada dasarnya tetap bisa menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Namun diperlukan beberapa cara gaya hidup sehat untuk mengelola penyakit gagal ginjal :

  • Hindari memakai obat luar yang tidak diresepkan oleh dokter yang merawat penderita. Konsumsi obat yang banyak mengandung zat tertentu seperti ibuproven dan acetamiopen bisa menyebabkan gagal ginjal menjadi lebih parah.
  • Kendalikan jumlah kadar gula dalam darah untuk menjaga ginjal tetap berfungsi dengan baik.
  • Hindari stress dan tertekan karena stres dan tertekan bisa menyebabkan hipertensi sehingga bisa memicu kondisi gagal ginjal semakin memburuk
  • Hindari konsumsi bahaya alkohol karena minuman keras akan merusak ginjal dengan cepat.
  • Tetap mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat untuk memelihara kesehatan ginjal
  • Jalani hidup dengan bahagia dan tetap melakukan latihan dalam porsi yang kecil
  • Hindari bahaya merokok karena tembakau bisa menyebabkan efek yang sangat serius untuk gagal ginjal


Tips Mencegah Gagal Ginjal

Sponsors Link

Cara terbaik agar tidak terkena gagal ginjal adalah dengan memelihara kesehatan ginjal. Penyakit gagal ginjal lebih banyak disebabkan karena penyakit awal seperti hipertensi, stroke dan diabetes. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah gagal ginjal :

1. Kendalikan kadar gula dalam darah – Anda bisa mulai dengan membatasi asupan makanan yang mengandung kalori (gula) tinggi. Tapi jika sudah menjadi penderita diabetes sebaiknya lakukan diet secara ketat kemudian periksa gula darah secara teratur.

2. Kendalikan tingkat kolesterol dalam tubuh – Hindari terlalu banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol seperti lemak pada daging merah. Lemak pada ikan yang banyak mengandung zat omega 3 sangat disarankan.

3. Selalu olahraga – Latihan secara teratur untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Anda bisa memulai dengan berjalan kaki, lari atau berenang. Olahraga juga sangat penting untuk semua organ dalam tubuh Anda.

4. Jangan terbiasa menambahkan garam untuk makanan – Anda bisa menggantinya dengan sumber perasa lain seperti kecap. Garam sangat buruk untuk ginjal karena bagian dari kristal natrium bisa menyebabkan penumpukan pada ginjal sehingga bisa memicu kerusakan ginjal.

5. Selalu mencukupi jumlah air mineral untuk tubuh – Kebutuhan air untuk tubuh paling tidak sebanyak 3 liter per hari. Tubuh memerlukan banyak air untuk mencegah dehidrasi, mengendalikan metabolisme tubuh dan membuat tubuh tetap segar.

6. Jangan pernah menahan buang air kecilBahaya menahan kencing merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal parah. Ketika menahan buang air kecil maka ginjal akan bekerja keras karena mungkin kandung kemih sudah mencapai batas maksimal antara 120 hingga 150 ml.

Bahaya gagal ginjal memang sangat beresiko. Semua penderita gagal ginjal bisa mengalami bahaya tersebut dan tergantung pada beberapa kondisi kesehatan secara umum. Selain itu, pencegahan terhadap gagal ginjal adalah langkah paling mudah yang bisa dilakukan sebelum penyakit ini benar-benar menyerang tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 14th, September 2015 / 05:00 Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal