Sponsors Link

14 Makanan Sehat Untuk Paru-Paru Basah

ads

Paru-paru basah atau yang juga sering disebut dengan pneumonia merupakan infeksi atau peradangan yang dialami oleh paru-paru. Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Paru-paru basah juga bisa dipicu  dengan menghirup zat-zat kimia berbahaya. Penderita paru-paru basah memiliki kantung paru-paru yang dipenuhi oleh cairan atau nanah yang menyebabkan suplai oksigen ke paru-paru terganggu.

Paru-paru basah seringkali ditandai dengan batuk berdahak yang disertai dengan darah. Sistem pernapasan juga sering terganggu dan terkadang akan timbul rasa nyeri pada dada. Gejala lain yang sering mengikuti paru-paru basah adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, dan juga nyeri otot. Paru-paru basah juga sering menyebabkan penurunan nafsu makan sehingga penurunan kesehatan penderitanya juga terjadi.

Seseorang yang memiliki kebiasaan hidup tidak sehat sangat rentan terkena paru-paru basah. Sebut saja orang-orang yang sering merokok dan mengkonsumsi alkohol, kedua kategori ini sangat rentan terkena paru-paru basah. Selain itu, seseorang dengan gangguan medis tertentu juga bisa terkena paru-paru basah, seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang-orang yang mengidap penyakit kronis tertentu, seperti penyakit asma, penyakit jantung, HIV, kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

Untuk mengobati paru-paru basah, dapat dilakukan dua macam metode, yakni dengan pengobatan secara medis dan juga dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang direkomendasikan

Makanan untuk Penderita Paru-paru Basah

Seseorang yang menderita paru-paru basah sangat dianjurkan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, paru-paru basah terjadi karena infeksi dan juga peradangan yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan juga jamur yang menyebabkan paru-paru basah. Adapun beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi dan sangat dianjurkan untuk penderita paru-paru basah adalah:

1. Anggur

anggur merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin C. Keduanya bekerja dengan mengehentikan perkembangan virus, bakteri, dan juga jamur yang menyebabkan paru-paru basah. Mengkonsumsi anggur juga akan melancarkan peredaran darah serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri sehingga mencegah gangguan jantung.

Baca juga: Akibat kelebihan antioksidanMakanan yang mengandung antioksidan

2. Apel

Apel adalah buah yang bisa Anda konsumsi jika Anda menderita paru-paru basah. Tidak hanya baik untuk kesehatan paru-paru saja, mengkonsumsi apel juga dapat meningkatkan kesehatan organ hati. Bahkan, masyarakat yang hidup di negara-negara barat memberikan semboyan “satu buah apel setiap hari akan menjauhkan diri dari dokter”.

3. Buah Delima

Buah delima atau yang sering disebut dengan buah pome merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Mengkonsumsi buah delima secara langsung atau dengan cara dijus akan meningkatkan pertahanan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Kandungan antioksidan dalam buah delima juga berguna untuk melawan sekaligus menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan jamur penyebab paru-paru basah.

4. Buah Berry

Beberapa jenis buah berry seperti blueberry, raspberry, ataupun balckberry merupakan asupan yang bisa membersihkan paru-paru dari berbagai jenis penyakit. Buah berry kaya akan kandungan flavonoid, karotenoid, lutein, dan zeaxanthin. Keempatnya merupakan antioksidan alami yang sangat efektif menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan jamur dalam paru-paru. Selain itu, flavonoid, karotenoid, lutein, dan zeaxanthin juga sangat efektif untuk embersihkan racun-racun yang ada di dalam paru-paru.

Sponsors Link

5. Buncis

Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang juga kaya akan kandungan antioksidan. Selain baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, mengkonsumsi buncis juga akan menurunkan resiko terkenan gangguan jantung dan juga kanker.

6. Buah sehat dan Sayur yang Mengandung Karotenoid

Buah dan sayur yang mengandung karotenoid merupakan asupan yang paling efektif untuk menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan jamur di dalam paru-paru. Tidak hanya itu, karotenoid juga berguna untuk mencegah gangguan jantung dan juga penyakit kanker. Beberapa buah dan sayur yang mengandung banyak karotenoid adalah wortel, ubi jalar, sayuran berwarna hijau gelap, dan tomat. Selain baik untuk mencegah berbagai penyakit, mengkonsumsi berbagai jenis sayur dan buah tersebut juga akan meningkatkan kesehatan mata Anda.

7. Makanan dengan Kandungan Asam Lemak Omega 3

Selama ini makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 lebih dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga untuk meningkatkan perkembangan sel-sel otak. Ternyata, makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 tidak hanya memberikan manfaat seperti yang telah disebutkan itu saja. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 ternyata juga baik bagi penderita paru-paru basah. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung asam lemak omega 3 juga akan mencegah penyakit kanker paru-paru. Adapun beberapa makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 di antaranya ikan salmon, tuna, trout, kacang-kacangan, dan juga biji rami.

Baca juga Makanan yang mengandung Omega 3

8. Makanan yang Kaya akan Kandungan Asam Folat

Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat seperti  bayam, asparagus, buah jeruk, kacang, dan alpukat juga sangat disarankan bagi Anda yang menderita paru-paru basah.  Selain baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, tahukah Anda bahwa makanan yang mengandung banyak asam folat juga sangat baik bagi Anda yang menderita anemia? Asam folat merupakan komponen utama yang akan membentuk sel-sel darah merah. Jadi, tidak hanya kesehatan paru-paru saja yang Anda peroleh, resiko untuk terkena anemia juga dapat dihindari.

Baca juga:

9. Makanan dengan Kandungan Vitamin

Makanan yang sangat dianjurkan untuk penderita paru-paru basah selanjutnya adalah makanan yang mengandung banyak vitamin C. Anda dapat memperoleh manfaat vitamin C dari beberapa jenis buah, seperti jeruk,  buah kiwi, stroberi, anggur, nanas, dan mangga.

Baca juga:

sponsored links

10. Bawang Putih

Bawang putih ternyata tidak hanya berguna sebagai bahan tambahan pada masakan saja. Bawang putih mengandung zat bernama allicin yang berguna sebagai anti inflamasi dan bermanfaat untuk melawan infeksi dan juga mengurangi peradangan di area paru-paru. Zat allicin pada bawang putih juga sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita asma dan juga kolesterol tinggi.

Baca juga Bahaya bawang putih mentahEfek samping bawang putih

11. Jahe

Untuk mendapatkan manfaat jahe, anda bisa menambahkan jahe pada setiap masakan atau mengkonsumsinya dalam bentuk minuman. Jahe akan memberikan efek yang baik bagi paru-paru Anda. Selain itu, mengkonsumsi jahe juga akan memberikan rasa rileks bagi tubuh sehingga stres dapat ditekan dan peredaran darah menjadi lebih lancar.

12. Kunyit

Makanan yang baik bagi kesehatan paru-paru selanjutnya adalah kunyit. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang berguna untuk menghilangkan berbagai jenis toksin dan juga infeksi yang ada di dalam paru-paru.

13. Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan salah satu mineral yang paling penting untuk mencegah terjadinya gangguan paru-paru. Bahkan magnesium menjadi salah satu komponen terpenting untuk proses penyembuhan penyakit paru-paru. Untuk memperoleh manfaat dari magnesium, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, pisang, ikan dan, buah-buahan kering. 

Baca juga

14. Air Putih

Air putih juga menjadi komponen penting bagi paru-paru Anda. Dengan mengkonsumsi air putih maka sirkulasi darah Anda ke seluruh tubuh akan lebih lancar.

Baca juga Efek kekurangan air putihAkibat kelebihan air putih

Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Paru-paru Basah

Tidak semua jenis makanan baik bagi penderita paru-paru basah. Beberapa jenis makanan berikut ini sebaiknya Anda hindari karena bisa jadi akan meningkatkan infeksi pada paru-paru.

  • Ikan asin mengandung zat nitrosamin. Zat nitrosamin tersebut merupakan zat yang memicu terjadinya peradangan pada seluruh tubuh Anda. Mengkonsumsi ikan asin sama saja meningkatkan peradangan pada paru-paru sehingga penyakit paru-paru basah justru semakin parah. Tidak hanya itu, ikan asin bisa jadi juga menjadi mediator bagi perkembangan berbagai virus yang menyebabkan peradangan di bagian paru-paru.
  • Daging kambing juga mengandung zat nitrosamin. Di atas telah disebutkan bahwa zat nitrosamin akan menyebabkan peradangan yang lebih parah. Tidak hanya itu saja, daging kambing juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga dapat memicu gangguan kardiovaskuler.
  • Minuman beralkohol memiliki kandungan racun yang akan merusak berbagai organ di dalam tubuh, tidak terkecuali paru-paru. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minuman beralkohol lebih rentan terkena pneumonia.
  • Terasi bisa jadi menjadi makanan favorit Anda. Namun, ada baiknya Anda menghindari makanan yang satu ini jika tidak ingin menderita gangguan paru-paru. Terasi mengandung rhodamin B yang akan memicu peradangan.
  • Minuman bersoda sebaiknya juga Anda hindari. Selain tidak baik bagi paru-paru, minuman bersoda juga bisa memicu gangguan pada sistem pencernaan.

Demikian beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi dan juga harus Anda hindari jika Anda menderita paru-paru basah. Beberapa metode melalui pengaturan asupan makanan di atas juga harus anda dukung dengan pola hidup yang sehat. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok maka ada baiknya hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Untuk meningkatkan kebugaran dan juga peredaran darah, Anda juga bisa rutin melakukan olah raga ringan setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, dan juga yoga. Jika paru-paru basah Anda terasa sangat menyiksa maka ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan medis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, April 2016 / 07:29 Oleh :
Kategori : Paru Paru Basah