Sponsors Link

16 Terapi Parkinson Secara Tradisional Dengan Mudah

ads

Penyakit parkinson biasa jamak menyerang para penderita pada usia cenderung sudah lanjut. Ada beberapa penyebab yang memicu biasanya lantaran berkurangnya kinerja fungsi persyarafan di otak sebagai sistem pengendali keseluruhan sistem jaringan di tubuh kita. Secara lebih lanjutnya sebelum membahas perihal ragam terapi untuk meringankan gejala yang diderita maka berikut ini mari kita simak terlebih dahulu daftar gejala khas yang menjadi penanda munculnya penyakit parkinson pada penderita.

Gejala khas dari penyakit Parkinson :

  1. Gemetaran atau tremor menjadi penanda khas utama dari penyakit satu ini. Serangannya bisa berhenti dan kambuh lagi utamanya juga menyerang pada area tangan dan jemari.
  2. Adanya indikasi penyakit Parkinson juga berpengaruh terhadap terhambatknya aktifitas dan kinerja penderita. Melakukan aktifitas sederhana pun akan cenderung membutuhkan usaha yang lebih keras. Semisal hanya untuk melangkah berjalan tanpa takut terjatuh ataupun berbicara pun penderita akan mulai merasakan adanya hambatan.
  3. Masalah pencernaan juga menyertai mulai dari kesulitan menelan makanan sampai berimbas pada konstipasi ataupun sembelit yang rentan terjadi.
  4. Gejala kepikunan juga berpotensi menyerang penderita disertai pula dengan tensi stres yang bisa lebih meningkat dan berpotensi merubah emosi serta kecenderungan perilaku penderita.
  5. Serangkaian gangguan kinerja syaraf dengan danya keluhan mati rasa dan sebagainya juga ikut menyertai dan juga serangan insomnia bisa lebih sering untuk dialami para penderita.

Baca juga: Gejala Parkinson

Penyakit Parkinson umumnya menyerang pada orang yang telah berumur dengan gangguan utama menyerang pada penurunan kinerja otak area khusus. Namun untuk mengurangi semakin parahnya keluhan yang menyerang berikut ini ada daftar beberapa opsi latihan terapi yang bisa coba diterapkan dalam keseharian demi meningkatkan kondisi kesehatan para penderita:

1.Dansa atau menari

Terapi yang satu ini merupakan suatu gerak ringan yang terlihat menyenagkan untuk dijalankan bagi para penderita penyakit Parkinson. Dibantu dengan alunan musik yang menemani akan semakin menambah semangat saat melakukan sesi terapi ini. Ada baiknya dipilihkan lagu pengiring dengan ragam ritme yang lebih bervariasi sehingga pelatihan pasien dalam terapi dapat bermanfaat lebih maksimal. Menari dengan diiringi musik dan didampingi ahli mampu mengurangi secara bertahap kemunculan tremor yang ada, membantu melatih pergerakan, keseimbangan, langkah serta juga memberikan energi positif dan pikiran menyenangkan bagi para pasien sehingga gejala depresi pada pasien dapat terhindarkan pula. Mempelajari untuk mengingat gerakan tarian misalnya juga sangat bagus dalam membantu melatih daya ingatan para penderita agar semakin meningkat.

Baca juga: Penyebab Otot Bergerak Sendiri

2.Latihan berlompat

Latihan melompat baik dengan dua kaki atau juga utamanya melompat ringan berantian dari kaki satu dengan kaki lain yang selanjutnya juga sangat bagus untuk melatih keseimbangan, pergerakan tubuh serta juga bermanfaat untuk melatih kemampuan para penderita dalam melakukan gerakan yang cenderung bervariatif.

Baca juga: Olahraga Lompat Tali bagi Wanita

3.Bersepeda

Latihan bersepeda pada penderita penyakit Parkinson disarankan untuk melatih pererakan tubuh penderita secara konsisten. Kekuatan dalam mengayuh sepeda juga bermanfaat untuk sesi terapi bagi para penderita. Tak hanya itu bersepeda juga bermanfaat untuk melatih sistem nafas dan juga organ jantung para penderita.

Baca juga: Cara Mencegah Parkinson

4.Berjalan

Anda bisa melakukan terapi jalan dengan manual ataupun dengan menggunakan treadmill. Atur sedemikian rupa untuk melakukan terapi jalan yang memiliki ritme kecepatan bervariasi. Hal ini akan semakin merangsang kinerja tubuh anda dalam bergerak dan melakukan langkah sebagai terapi anda. Tak hanya itu kinerja sistem syaraf, organ paru serta organ jantung pun juga dalam sekali waktu latihan dapat mendapat manfaat dari sesi terapi yang sedang anda jalankan. Latihan berjalan dengan langkah cenderung agak lebar juga terbukti dapat membantu memperbaiki kemampuan anda melangkah ketika sedang berjalan dan beraktifitas keseharian.

Baca juga: Penyebab Parkinson

Sponsors Link

5.Yoga

Berlatih yoga mampu memberikan efek ketenangan bagi para penderita penyakit Parkinson. Dan di samping itu pula gerakan dalam latihan yoga dapat pula dimanfaatkan untuk mengurangi gejala tremor yang muncul menjadi semakin diminimalisir secara lebih maksimal.

Baca juga: 22 Olahraga Meninggikan Badan Latihan Otot dan Senam

6.Golf

Sesekali meluangkan waktu anda untuk berlatih golf bisa jadi menyenangkan. Anda bisa sembari bersantai namun juga melakukan terapi demi perbaikan dari keluhan yang anda derita. Berlatih golf mampu merangsang agar gejala tremor dapat sebisa mungkin diminimalisir untuk tidak muncul semakin parah pada penderita penyakit Parkinson ini.

Baca juga: Cara Agar Nafas Panjang Saat Berlari

7.Pingpong atau tenis

Melakukan olahraga pertandingan layaknya pingpong ataupun tenis juga akan menjadi terapi yang mengasyikkan. Anda bisa ajak kerabat anda untuk berlatih bertanding dengan anda maka sesi olahraga dan terapi pun akan semakin terasa bersemangat. Olahraga untuki mengeluarkan keringat yang satu ini bagus juga untuk melatih pergerakan serta langkah anda dan demi usaha untuk meminimalisir semakin parahnya gejala tremor yang kemungkinan timbul menyertai.

Baca juga: Kurang Olahraga

8.Mendaki dengan tongkat

Anda memiliki opsi untuk berlatih mendaki dengan bantuan tongkat taupun secara kontinyu melakukan latihan naik ataupun turun tangga mungkin dengan bantuan berpegangan pada pinggiran tangga. Hal ini juga bagus dalam melatih kekuatan otot anda dan juga meningkatkan kemampuan anda dalam melangkah ataupun berjalan.

Baca juga: Olahraga untuk Diet

9.Menulis

Terapi menulis harus dilakukan dengan manual menggunakan pulpen ataupun pensil. Yakni dengan melatih tangan anda bergerak dan membuat tulisan mungkin dengan huruf yang cenderung besar dan juga secara ringan saja tanpa ada penekanan yang berlebihan. Anda juga bisa berlatih menggambar pola dan sebagainya. Ingat juga untuk mencoba menggerakkan keseluruhan lengan anda saat berlatih menulis dan jangan hanya gerakkan sebatas jemari anda saja. Hal ini akan berdampak bagus demi berlatih untuk lebih mengendalikan gejala tremor yang kemungkinan sering mendera pada anggota tangan anda.

10.Terapi bicara

Sanat penting bagi para penderita penyakit Parkinson untuk berlatih cara berbicara yang pelan, jelas dan juga keras. Kebanyakan kasus pada penderita penyakit satu ini mengalami permasalahan komunikasi lantaran menurunnya tingkat pemahaman lawan bicara lantaran rendahnya kemampuan penderita untuk mengutarakan maksudnya dengan lebih jelas. Untuk itulah butuh dibangun suatu mental yang lebih bagus untuk mampu mengutarakan maksud saat berkomunikasi secara lebih efektif dan membantu bagi kedua belah pihak baik bagi penderita maupun bagi lawan bicaranya.

Baca juga: Manfaat Terapi Ion

sponsored links

11.Tekhnik istirahat

Bukan rahasia umum jika para penderita penyakit satu ini erat berhubungan dengan susahnya dalam bermobilitas. Tak terkecuali pun saat akan berangkat idur beristirahat. Untuk mencari solusi hal ini jika anda ingin berangkat tidur dengan mandiri tanpa harus selalu membutuhkan pendampingan maka ada baiknya anda mulai menyediakan semacam pegangan yang dapat mempermudah langkah anda untuk terbaring pada tempat tidur anda. Gunakan kursi atau semacamnya di dekat dipan anda, berpegangan padanya dan gunakan untuk membantu anda berbaring untuk istirahat. Demikian pula saat anda ingin bangkit untuk bangun maka gunakan sedikit usaha lebih keras dengan menggerakkan tubuh anda, berguling atau berpegang pada suatu pegangan untuk kemudian bisa bersandar dan bangkit secara bertahap dan perlahan dari tidur anda.

Baca juga: Penyebab Susah Tidur

12.Menahan tremor

Pada suatu kali anda terserang keluhan tremor cobalah untuk menahannya, anda bisa mencoba berpegangan pada suatu benda sebagai tumpuan. Hal ini disarankan untuk mengurangi gejala tremor yang melanda dan telah terbukti bahwa tekanan tremor tersebut seiring waktu serta kontinuitas dapat semakin diringankan.

13.Menu makanan

Para penderita penyakit Parkinson akan cenderung rentan mengalami keluhan konstipasi ataupun sembelit. Maka dari itulah sangat dianjurkan untuk beralih pada ragam makanan alami yang kaya akan serat sehat layaknya bahan makanan dari buah dan sayur. Hal ini akan semakin menyehatkan serta melancarkan kinerja sistem cerna anda sehingga keluhan konstipasi pun dapat semakin diminimalisir secara alami. Tak lupa juga pilihkan ragam menu sehat yang mudah untuk membantu kelancaran pasien dalam berlatih terapi untuk semakin mudah dalam menelan. Karena hal ini juga tak kalah pentingnya demi pemenuhan nutrisi pada penderita serta lancaranya sistem cerna pasien secara keseluruhan dari proses awal sampai tahap akhirnya.

Baca juga: Menu Makanan Diet untuk Golongan Darah AB

14.Manajemen stres

Sebisa mungkin para penderita ini untuk menghindari ragam gangguan stres. Usahakan untuk selalu berpikiran positif dan juga kelilingi diri anda dengan kerabat yang senantiasa memberikan dukungan semangat bagi hidup anda. Hal ini sangat berperan utamanya untuk menjaga keadaan mood anda dan pada akhirnya hal ini akan membantu kemaksimalan serta keberhasilan progres yang sedang anda usahakan lewat ragam terapi yang anda jalani demi meningkatkan kondisi kesehatan anda.

Baca juga: Makanan untuk Menghilangkan Stres

15.Obat medis

Pengobatan medis dalam kasus penyakit ini dengan peresepan dari ahli medis ataupun dokter, jenis obat yang biasa diberikan yakni sejenis carbidopa-levadopa yang sangat membantu dalam produksi dopamin dalam tubuh anda karena pada dasarnya penyakit Parkinson sendiri bermula lantaran kurangnya jumlah produksi dopamin dalam tubuh kita. Selanjunya ada dopamine agonist yang mana bukannya berperan untuk menjadi dopamin penggati maka obat jenis satu ini hanya bertugas untuk memberikan efek yang sesuai dengan kinerja dopamin pada umumnya namun harus berhati-hati karena menimbulkan beberapa efek samping dari kinerja obatnya. Pemberian amantadine biasa diresepkan para dokter pada saat penyakit Parkinson menyerang pada tahap-tahap permulaan, dan tentunya masih ada juga terdaftar beberapa jenis resep obat sejenis lainnya sebagai opsi yang biasa diberikan dokter pada para pasien pengidap sakit Parkinson.

Baca juga: Efek Samping Obat Jangka Panjang

16.Pembedahan

Disebut dengan operasi Deep Brain Stimulation yang sejujurnya tidak mampu memberi banyak peningkatan terhadap kondisi pasien. Namun hal ini dilakukan pada kasus pasien tertentu yang memang tidak mengalami peningkatan dengan bantuan terapi obat-obatan. Di sisi lain ragam ancaman efek samping layaknya infeksi dan juga stroke merupakan beberapa daftar yang menjadikan opsi satu ini berada dalam urutan daftar penanganan pasien pada urutan paling terakhiran.

Baca juga: Jenis-jenis Operasi Bedah

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 02:45 Oleh :
Kategori : Parkinson